Minggu, 22 April 2018

Menabung Untung Milyaran Rupiah di Sobatku


Menabung sudah menjadi bagian hidup saya dari sejak kecil. Tidak seperti sekarang, dulu saya menabung dengan menggunakan bambu yang dipotong di antara dua bukunya. Lalu di gergaji sedikit untuk membuat lubang. Uang koin atau kertas dimasukkan ke dalam tabungan dari bambu. Jika beruntung, orangtua akan membelikan tabungan besar dari plastik. Saat itu, bagi saya menabung menjadi sesuatu yang sangat membanggakan.

Seiring bertambahnya umur dan teknologi yang semakin maju, menabung semakin mudah. Saat SMP saya menabung di bank lewat guru.  Ketika memegang buku tabungan, buncahan rasa bangga dan keinginan untuk konsisten menabung menguat di sanubari.

Beranjak kuliah dan memasuki dunia kerja, saya memiliki beberapa tabungan dari beberapa bank. Hasil tabungan, akhirnya dapat mengantarkan saya untuk membeli rumah lewat KPR, uang di tabungan cukup untuk membayar uang muka dan administrasi.

Saya masih menabung hingga sekarang, apalagi gaji ditransfer lewat bank yang sudah disepakati. Proses transaksi pun semakin mudah dengan adanya mobile banking, namun jika ada masalah saya tetap harus ke kantor bank. Ini menyulitkan bagi saya, mengingat saya juga harus bekerja dan agak sungkan jika harus ijin dari tempat bekerja. Belum lagi, hari dan jam operasional bank sama dengan tempat bekerja. Jadi tidak fleksibel kan?

Hari Sabtu kemarin, 21 April 2018 tepat di Hari Kartini, saya menghadiri sebuah acara pengundian di Alfamart Sempur.  Rupanya acara pengundian tersebut diselenggarakan oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM) melalui Sobatku (Simpanan Online Sahabatku). Dan rupanya lagi ini adalah pengundian tahap ketiga (kemana saja saya selama ini) ha... ha... ha... Undian nggak main-main karena total undian milyaran rupiah.

Saat melihat pengundian, saya ngiler dengan hadiah yang diberikan yakni uang tunai 100 juta untuk satu pemenang, empat paket umroh, uang tunai 10 juta, 5 juta dan 1 juta. Ini merupakan periode undian dari bulan Januari hingga Maret 2018. Tidak saja acara pengundiannya yang seru, Sahabat UKM juga memberikan hadiah kejutan bagi warga Bogor yang hadir. Hadiah berupa uang tunai, voucher belanja Alfamart menjadi daya tarik bagi warga Sempur. Acara pengundian juga diramaikan dengan acara jalan santai dan lomba pakaian adat anak (yang juga dapat hadiahnya).

Bapak Djamaludin, nasabah Sobatku menang undian 10 juta


Awalnya saya bingung, apa sih Sobatku itu? Sesuai dengan kepanjangannya yaitu Simpanan Online Sahabatku, nasabah dapat membuka rekening dan menyimpan uangnya di Sobatku melalui telepon genggam pintar (smart phone). Saya coba membuka aplikasinya yang tersedia di playstore, cara membuat rekeningnya mudah sekali. Ada form yang harus diisi yaitu nama, nomor hp, alamat email, tanggal lahir dan pin, nomor KTP, foto KTP dan foto diri bersama KTP. Minimum saldo tidak ada, namun maksimal dibatasi 20 juta. Satu KTP dapat membuka 5 rekening dengan nomor handphone yang berbeda. Selain pin, untuk keamanan layanan menyediakan pertanyaan keamanan dan konfirmasi melalui sms. Oh ya, nomor handphone menjadi nomor rekening. Jadi mudah diingat dan gampang diakses.


Begini penampakan kalau sudah punya rekening di Sobatku.

Keuntungan membuka Sobatku adalah, nasabah dapat melakukan beragam transaksi dengan mudah dan fleksibel. Tarik setor tunai dapat dilakukan di belasan ribu gerai Alfamart yang waktu pelayanannya memudahkan bagi saya yang bekerja. Jadi sepulang bekerja saya dapat mampir dan menabung. Transaksi berupa pembelian pulsa, pembayaran TV berbayar, top up saldo ojol, transfer ke bank lain, membayar PLN dapat dilakukan melalui aplikasi Sobatku. 

Selain transaksi yang mudah dan fleksibel, keuntungan lainnya yang diperoleh nasabah yaitu pengundian Grand Prizes dengan hadiah terbang umroh, menang 100 juta yang dengan total undian milyaran rupiah yang diundi setiap tiga bulan sekali. Kenapa pengundian tahap 3 ini diadakan di Bogor, tujuannya agar mendorong masyarakat luas untuk dapat mewujudkan impiannya dengan cara menabung di Sobatku sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan bagi masyarakat di Indonesia. 
          Bapak Ceppy sedang menjelaskan tentang Sobatku kepada awak blogger dan media.

Acara pengundian ini dihadiri oleh Bapak Ceppy Y. Mulyana selaku ketua KSP Sahabat Mitra Sejati, dihadiri juga oleh Ibu Yelly Siriwan Aramserewong selaku perwakilan dari Sampoerna Strategic Group dan pejabat dinas terkait. Ibu Yelly hadir karena program Sobatku yang diluncurkan Juli 2017 didukung sepenuhnya oleh Bank Sahabat Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.

Gegap gempita para pemenang membuat saya turut bahagia. Bagaimana tidak, menabung di Sobatku tidak dikenakan biaya (tidak seperti di bank pada umumnya). Saldo kita bisa lihat melalui aplikasi. Segala bentuk transaksi tinggal pilih di menu. Zaman sudah berubah, sudah seharusnya transaksi melalui perbankan juga harus semakin fleksibel seperti Sobatku ini.


 Koperasi... Jaya Jaya!

Akhirnya, saya membuka aplikasi Sobatku dan mulai menabung. Semakin banyak menabung semakin banyak poin yang terkumpul. Poin yang terkumpul dapat menentukan kita dapat undian yang mana. Siapa tahu jika beruntung, di undian berikutnya nama saya disebut, “Selamat untuk Erfano mendapatkan uang 100 juta rupiah!” Semoga!

Mari menabung di Sobatku! Nabung Untung Milyaran Rupiah. Mau? Cek di playstore dan kunjungi website Sobatku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Me Time Bersama Zea

“Aku jatuh cinta 'Tuk kesekian kali Baru kali ini kurasakan Cinta sesungguhnya” (Lagu Cinta - Dewa 19) Lebay sih kayaknya...