Kamis, 31 Mei 2018

Manjakan Lidah, Mata dan Telinga di Waroenk Talubi Kuliner Bogor, Juaranya Nasi Uduk.

Oma...
Apa yang terbayang di benak kita jika mendengar kata oma? Senyum yang menawan, kehangatan perhatian dan tentu saja nikmatnya sajian makanan buatan Oma yang dinanti-nanti. Hal inilah yang membuat banyak orang terutama cucu-cucu merindukan kehadiran Oma. Merindukan berlibur di rumah Oma. Merindukan nikmatnya makanan buatan Oma.

Bagi saya, Oma salah satu sosok terbaik yang pernah ada. Saat masa kecil ketika berkunjung ke rumah Oma di kampung, hal yang saya rindukan adalah pergi ke kebun untuk mengambil jeruk yang sudah masak. Selain itu, tentu saja saya merindukan masakan Oma yang tiada duanya, ikan gabus panggang khas Lampung.

Berangkat dari sinilah, sebuah tempat kuliner Bogor baru Waroenk Talubi “Waroenk Nasi Uduk Ayam Bakar Talubi” hadir tidak hanya menawarkan makanan dan minuman dengan cita rasa yang nikmat namun juga kehangatan khas Oma mulai dari tempat yang nyaman dan kekinian, juga memanjakan telinga dengan hadirnya lagu-lagu khas di zaman Oma.

Waroenk Talubi dibuka untuk umum tanggal 28 April dengan membuat sebuah gebrakan yang tidak main-main. Bayangkan 1000 (baca: seribu) porsi nasi uduk lengkap diberikan cuma-cuma kepada pengunjung selama dua hari. Tak heran saat grand opening, antrean dan antusias masyarakat begitu besar dalam mengunjungi Waroenk Talubi.
 Grand Opening 1000 piring gratis

Resep Turun Temurun

Warisan harta sepertinya sudah menjadi hal yang biasa, namun warisan berupa resep turun temurun merupakan hal yang istimewa. 

“Dulu saat kami berkunjung ke rumah Oma, kami dihidangkan banyak makanan buatan Oma. Masakan Oma terutama nasi uduk ayam bakar dengan bumbu racikan Oma, nikmatnya luar biasa, sangat berbeda dengan ayam bakar lainnya. Ayam gorengnya juga nikmat sekali dengan kremesan basah atau kering di atasnya,” ucap Mbak Ellen cucu Oma sekaligus pengelola Waroenk Talubi. “Biasanya kami disuapin Oma, perhatian Oma dan enaknya masakan beliau membuat kami tak berhenti untuk minta tambah,” kenang Mbak Ellen. “Untuk itu, rasa nikmat maskaan Oma membuat kami sebagai cucu Oma kompak ingin melestarikan resep turun-temurun ini dengan membuka Waroenk Talubi,” tutupnya sembari tersenyum.


 Mbak Ellen bercerita tentang kenangan tentang Oma dan Waroenk Talubi
Tak hanya nasi uduk ayam bakar dan ayam goreng, menu masakan lainnya juga tersedia. Ada nasi pecel, babat sapi, usus sapi, limpa sapi, dan aneka jeroan. Bagi kalian penyuka sayuran, tenang.... Waroenk Talubi juga menyiapkan hidangan dari sayuran seperti sayur pecel, urap, bakwan jagung dan lalapan. Itu baru menu makanan, menu minumannya juga tak kalah seru, teh tawar hingga teh manis baik yang dingin maupun hangat tersedia. Yang spesial, ada es kelapa muda, es jeruk kelapa muda, es dawet, dan es cincau hijau. Untuk pecinta kopi, Waroenk Talubi menghadirkan kopi hitam.
 Menu Andalan di Waroenk Talubi "Nasi uduk Ayam Bakar dan Ayam Goreng"

Serasa Di Rumah Oma
Tak hanya menu satuan yang dijual, Waroenk Talubi juga menawarkan paket-paket istimewa ala Oma yang jika kita pesan tak hanya cucu Oma asli yang terkenang, kita “cucu-cucu” lain juga akan terkenang dan akan merasa sedang berada di rumah Oma.

  • Paket Disuapin Oma
Menyebut nama paket ini sungguh bakalan terkenang sama Oma dan ibunda di rumah. Apapun makanannya jika Oma yang suapin pasti nikmatnya luar biasa. Di Waroenk Talubi Paket Disuapin Oma menghadirkan tiga menu. Menu pertama nasi pecel dengan tahu, tempe, peyek dan teh. Menu kedua nasi uduk dengan tahu, tempe, telur dan teh. Menu ketiga nasi uduk dengan kepala ayam, ampela ayam, usus ayam dan teh.
Paket Disuapin Oma ini aman sekali di kantong karena harganya murah meriah. Cukup merogoh kocek Rp. 10.000,-.

  • Paket Ingat Oma
Cinta kasih Oma kepada anak dan cucu-cucunya pastinya tidak akan tergantikan sepanjang masa. Indahnya senyuman, kehangatan perhatian dan nikmatnya makanan membuat cucu-cucu akan mengenang Oma sebagai orang yang akan selalu dicintai.  Menu di Paket Ingat Oma ada dua menu istimewa, yaitu nasi uduk ditambah ayam goreng, tahu, tempe dan teh hangat. Menu kedua nasi uduk ditambah babat goreng, paru goreng dan teh hangat.
Paket Ingat Oma yang istimewa ini cukup merogeh kocek Rp.20.000,- saja. 

  • Paket Kangen Oma dan Paket Sayang Oma
Ada dua paket lainnya yang tidak kalah istimewa yakni Paket Kangen Oma dan Paket Sayang Oma. Untuk Paket Kangen Oma dengan menu nasi uduk, ditambah ayam bakar, tahu, tempe dan teh hangat cukup merogoh kocek Rp.22.000,-. Paket Sayang Oma, lebih spesial karena menu yang ditawarkan adalah nasi uduk dengan ayam bakar, babat goreng, urap dan teh hangat dengan harga Rp. 27.000,- saja.
 Harga makanan ramah di kantong. Mau satuan atau paket, tinggal pilih?
Harga Murah Meriah
Pilihan menu yang beragam dengan paket-paket istimewa tidak bakalan menguras kantong kita. Harga yang murah meriah ini membuat saya bertanya-tanya, “Kok bisaa?”
“Itu karena kami ingin semua sahabat Talubi dapat mencoba racikan bumbu masakan Oma yang nikmat. Sehingga jangan heran jika kami menjual paket mulai dari Rp. 10.000,-.”

Ini Yang Juara: Nasi Uduk Ayam Bakar Talubi
Dari semua menu yang ada, menurut saya ini adalah menu yang paling juara. Nasi uduk yang dihidangkan dengan ayam bakar, tahu, tempe, dan teh hangat beserta lalapan dan sambal bawang dan sambal kacang.

Nasi Uduk: aroma rempah serai dan salam dengan santan dari kelapa segar terasa menggoda. Belum lagi taburan bawang goreng di atasanya. Nasi uduknya saja juaraaa!
Ayam Bakar: Saat mencoba pertama kali saya langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak tekstur daging yang utuh tapi saat dicoba lembut sekali. Rasanya? Bumbu dengan rasa gurih manis meresap hingga ke dalam daging ayam. Racikan bumbu Oma dengan tambahan terasi dalam racikan dan dioles sebelum dibakar membuat rasanya semakin memikat. Nikmat sekali!
Tahu dan tempe: Meskipun ini hanya pelengkap namun Waroenk Talubi tidak main-main menyajikannya. Ukuran tahu dan tempe yang cukup besar dan tahu Yunyi yang digunakan membuat sajian nasi uduk ini semakin istimewa.
Sambal bawang: Makan nasi uduk memang tidak lengkap jika tidak menggunakan sambal. Di Waroenk Talubi, sambal yang digunakan adalah sambal bawang. Rasa gurih berpadu dengan rasa pedas membuat saya yang menikmati hidangan ini makin bergairah.
Sambal kacang: ini juga yang juara, sambal yang tidak terlalu kental  juga tidak terlalu cair dengan sambal kacang yang gurih pedas membuat nafsu makan saya semakin memuncak. Nikmat sekali.


 Penampakan nasi uduk ayam bakar yang menggoda


Interior Yang Kekinian
Mendengar sajian makanan nasi uduk kita pasti akan terkenang tempat makan di pasar yang suasana di dalamnya panas, sumpek, padat dan sedikit kumuh dan berantakan. Tak heran jika kadang kita meminta penjualnya untuk membungkus nasi uduk yang dipesan dan menikmatinya di rumah.

Jika berkunjung ke Waroenk Talubi, kita tidak hanya dimanjakan dengan nikmatnya hidangan dengan rasa yang istimewa, namun mata kita juga dimanjakan dengan interior yang indah dan kekinian, suasana tempat yang nyaman, kursi dan meja yang ditata sedemikian rapi. Nyaman sekali.

Waroenk Talubi terdiri dari tiga bagian ruang dengan dua lantai. Lantai pertama terdiri dari dua bagian ruang, ruang sebelah kanan adalah tempat pusat oleh-oleh khas Bogor yaitu Bika Bogor Talubi, bika yang terbuat dari talas dan ubi. Masih di lantai pertama, ruang sebelah kiri merupakan tempat memesan makanan Waroenk Talubi, ada beberapa meja dan kursi yang tersedia jika ingin makan di bawah. Interiornya? Kekinian pokoknya, set sepeda tempo doeloe terpajang manis di dinding, belum lagi quote berupa pesan Oma kepada kita semua memberikan makna terdalam sebagai masukan dalam kehidupan kita.
 Interior Menarik di Lantai Bawah
Quote berupa pesan Oma yang menyejukkan
Di lantai atas adalah tempat menikmati hidangan juga. Meja kursi tertata begitu rapi. Di dinding-dindingnya terdapat aksesoris cantik dan quote Oma, membuat pengunjung tidak tahan dalam mengambil foto untuk selfie atau wefie. Jika kalian perokok, ada kursi dan meja yang disediakan di luar di lantai dua. Kalian bisa menikmati makanan sambil merokok sembari melihat jalanan Surya Kencana yang ramai.
 Interior Kekinian di Lantai Atas

Kesimpulannya, Waroenk Talubi jadi tempat asik untuk kumpul-kumpul, konkow atau mengadakan acara perayaan seperti ulang tahun dan reunian.
 Konkow Seru bersama teman atau keluarga

Nuansa Lagu 60an, 70an hingga 80an
Selain dimanjakan lidah dan mata. Telinga  kita juga akan dimanjakan dengan lagu-lagu ala Oma. Sebut saja lagu dari Koes Plus, lagu-lagu karangan Eyang Titiek Puspa seperti Bimbi, Gang Kelinci membuat suasana semakin menegaskan “Serasa Di Rumah Oma.”

Jangan merasa lagu Oma ketinggalan zaman dan nggak kekinian. Lagu-lagu yang diputar boleh lagu zaman baheula tapi didengarkan di masa kini tetap terasa kekiniannya karena lagu-lagu Oma adalah lagu-lagu abadi yang dapat masuk ke semua kalangan di semua zaman. 
Lagu Oma, beberapa lagu Eyang Titiek Puspa (Sumber youtube)


Lokasi Macet?
Lokasi Waroenk Talubi di Jalan Surya Kencana Bogor adalah daerah macet. Namun tenang, akses yang tergolong mudah membuat tempat ini gampang dijangkau.Jika takut macet, lokasi Waroenk Talubi dapat diakses dengan angkot 02 jurusan Sukasari. Namun jika bawa mobil sendiri, Waroenk Talubi menyediakan parkiran yang cukup luas dan muat untuk beberapa mobil (bisa muat 10 mobil loh).

Waroenk Talubi beroperasi pukul tujuh pagi hingga 10 malam, jadi jika penasaran ingin mencoba hidangan khas Oma dan tidak mau terjebak macet bisa mencoba saat sarapan tiba karena biasanya jalan Surya Kencana tidak terlalu padat di pagi hari.

Kalau kalian dari Bogor atau kota lain, selain makan di Waroenk Talubi, kalian bisa juga membeli oleh-oleh khas Bogor seperti bika yang terbuat dari talas dan ubi.

Yuuklah Kuy!
Masih penasaran juga? Kalian dapat kepoin akun instagramnya @waroenktalubi atau facebooknya di fanpage  Waroenktalubi. Biasanya akan ada promo dan bagi-bagi voucher potongan harga hingga voucher gratis.

Kalau kata saya sih, Waroenk Talubi sebagai salah satu kuliner Bogor yang wajib dikunjungi. Selain lidah yang akan dimanjakan dengan makanan dari resep istimewa Oma, mata kita juga akan dimanjakan dengan interior yang mengagumkan, dan telinga kita akan dimanjakan dengan lagu-lagu Oma yang enak didengar. Jadi berkunjung ke Waroenk Talubi, seperti kata pepatah sekali dayung, dua tiga pulau terlewati. Jadi, tunggu apalagi? Yuuklah kuy!
 Yuuklah Kuy!

Waroenk Talubi Kuliner Bogor
Jl. Surya Kencana No.278. (sebelah Gang Aut)
RT.001 RW.005 Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor.
Jawa Barat 16123

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...