Ide Baru, Varian Baru, Lapis Sangkuriang Kopi Susu


“Ada dua jenis kekuatan besar yang bisa mengguncangkan dunia: gempa dahsyat dan ide-ide besar.” (Mehmet Murat Ildan).

Bicara soal makanan oleh-oleh khas daerah, pikiran kita akan tertuju pada dua hal, makanan tradisional dan makanan kekinian yang sengaja dibuat sebagai perwakilan sebuah daerah meski secara kekhasan belum mewakili. Menjamurnya usaha-usaha makanan untuk oleh-oleh, membuat persaingan semakin bergelora. Belum lagi, para publik figur yang ikut serta meramaikan usaha ini.

Sama dengan daerah-daerah lainnya, Bogor juga memiliki seabrek oleh-oleh baik yang tradisional maupun yang kekinian. Stik talas, roti gambang, roti unyil jadi primadona makanan yang dibawa sebagai oleh-oleh. Kue kekinian pun tak kalah sebut saja lapis bogor dengan beragam merk, bolu talas, strudel dan kue bolu khas artis. 



Lapis Bogor yang menggunakan talas sebagai bahan utama juga telah banyak merknya. Namun, dari sekian banyak merk yang ada, hanya beberapa yang melekat di benak masyarakat baik masyarakat Bogor maupun luar Bogor. Dan, Lapis Bogor Sangkuringlah yang paling diingat. 

Kenapa bisa demikian?

Lapis Bogor Sangkuriang (LBS) yang berdiri sejak 2011 menjadi pelopor awal lahirnya lapis bogor-lapis bogor lainnya. Dalam menghadapi persaingan sengit, Lapis Bogor Sangkuriang tak kalah cerdik untuk tetap memimpin. Bicara soal rasa, LBS mampu mempertahankan citarasa yang enak dengan tekstur yang lembut. Selain itu, ide-ide terus dilakukan LBS sebagai kesadaran diri untuk keluar dari zona nyaman.



Ide-ide yang diterjemahkan dalam kreativitas dapat dilihat dari acara launching varian baru yakni Lapis Bogor Sangkuriang rasa kopi susu. 

Launching yang dilaksanakan di Stadion Pakansari ini benar-benar luar biasa meriahnya. Panggung utama yang menghadirkan hiburan, booth untuk pembelian satu gratis satu, photobooth,  kompetisi video di instagram, lomba platting berbahan utama LBS kopi susu dan yang spektakuler adalah 500 platting untuk memecahkan rekor MURI.


Saat masuk ke lokasi, kita akan disuguhi keramaian pengunjung yang lalu lalang ke booth dan sekitaran panggung. Di booth sebelah kiri, anteran panjang telah mengular. Masyarakat begitu antusias karena dapat membeli satu LBS gratis satu LBS bersama pasangannya. Bersebrangan dengan booth penjualan, ada booth pendaftaran lomba video di instargam. Di panggung utama dan tenda, puluhan orang telah bersiap untuk mengikuti lomba platting sekaligus memecahkan rekor MURi untuk 500 platting.


Acara dibuka dengan berbagai sambutan dari petinggi-petinggi LBS, dari dinas pertanian Bogor dan dari perwakilan MURI. Setelah itu, launching varian baru dibuka dengan Tari Jaipong, masing-masing penari membawa satu dus varian kopi susu. Kemudian, petinggi lBS, perwakilan dari dinas pertanian dan MURI serta chef membelah lapis bogor varian kopi susu secara bersama-sama. Lapis Bogor Sangkuriang varian kopi susu resmi dilaunching.


Acara masih belanjut, keseruan dimulai saat perlombaan platting yang diikuti kategori pelajar dan ibu PKK. Kompetisi platting diberi waktu 30 menit. Seluruh peserta begitu antusias karena hadiahnya juga lumayan membuat antusias.





Sembari menunggu, panitia juga menyiapkan meja untuk pemecahan rekor platting. Jadi, peserta yang datang dapat ikut serta untuk platting makanan.

Sekitar sore hari jam 3, pengumuman demi pengumuman diinformasikan. Kompetisi video di instagram dan kompetisi platting. Dilanjutkan dengan pengumuman akan diperoleh atau tidaknya rekor MURI kategori platting terbanyak berbahan dasar kue lapis.
 

Dan... ternyata, rekor MURI tidak didapatkan. Sayang sekali. Karena sebanyak 562 platting berbahan LBS varian kopi susu ini ternyata telah memecahkan rekor dunia. Yap, rekor dunia! Sehingga perwakilan MURI akhirnya memberikan sertifikat dengan predikat rekor dunia. Selamat! Acara ditutup dengan foto bersama yang dilakukan tidak hanya sekali, namun berkali-kali.

Varian Baru, Inovasi Baru.

LBS rutin menghadirkan berbagai varian rasa untuk melengkapi keinginan konsumennya. Varian kopi susu ini adalah bagian dari inovasi yang terus dilakukan oleh LBS. Tidak hanya rutin mengeluarkan varian rasa baru, namun ide-ide kreatif peluncuran produk baru juga menjadi sesuatu yang penting agar kesadaran masyarakat akan kehadiran variasi baru tergugah. 

Lapis Bogor Sangkuriang telah membuktikan bahwa untuk menjadi pemimpin pasar dengan tagline pertama dan terbesar bukan saja usaha produksi lalu memasarkan. Namun, perlu ide-ide besar yang detail untuk menggugah kesadaran walau sebagain besar masyarakat Bogor dan luar Bogor akan menjawab Lapis Bogor Sangkuriang tatkala pertanyaan oleh-oleh Bogor yang akan dibeli.

Dan sesuailah dengan quote pada awal tulisan ini, salah satu kekuatan yang bisa mengguncang dunia adalah ide-ide besar. Dan Lapis Bogor Sangkuriang telah melakukan itu! Selamat!