Pluang Hadirkan Produk Investasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang, saya perlu mengatur keuangan sedemikian rupa agar ketika terjadi sesuatu yang menyulitkan, keuangan masih menopang untuk dapat melanjutkan kehidupan. Selain ajeg dengan dana darurat, pilihan pilihan investasi pun sudah mulai dilirik. Investasi tanah dan emas pun jadi pilihan namun tidak dapat dilakukan dengan banyak dan cepat mengingat dana yang diperlukan juga tidak sedikit. Mencoba investasi lain seperti saham, hmee.... terus terang saya masih banyak nggak ngertinya. Sampai akhirnya, perbincangan tentang ragam investasi mulai terbuka dengan rekan kerja.

"Eh, lu udah nyobain investasi nggak? Gue lagi pengen coba coba nih!" Saya mulai membuka obrolan.

“Saya udah nyobain sih beberapa investasi termasuk saham,” ucapnya.

“Saham? Wuih, canggih! Saya juga mulai tertarik nih, tapi nggak paham paham banget. Ngeri risikonya!”

“Cobain aplikasi Pluang deh!”

“Aplikasi Pluang? Kenapa harus Pluang?” Saya bertanya heran.

“Ya, lu searching aja. Cobain juga download aplikasinya!”

“Baiklah!” 

Karena mulai penasaran dengan investasi di bidang saham dan investasi lainnya, saya mencari detail informasi terkait Pluang bahkan hingga ikut virtual zoom bersama co-founder Pluang Claudia Kolonas untuk mengenal lebih dalam apa itu Aplikasi Pluang, keuntungan, dan resikonya.


Pluang:  Produk Investasi Pertama dengan Akses ke Saham AS 

Pluang adalah aplikasi investasi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat memberikan akses kepada nasabah untuk berinvestasi pada indeks saham Amerika S&P 500 melalui Pluang S&P 500 (Micro E-Mini S&P 500 Index Futures). Jadi, ketika kamu membeli produk ini, kamu membeli produk berjangka S&P pada Chicago Merchantile Exchange (CME) dengan tanggal penyelesaian pada bulan berjalan. 

Nah, Pluang ini bertujuan untuk meluncurkan produk produk inovatif untuk membuka akses lebih luas kepada masyarakat Indonesia terhadap produk keuangan berjangka multilateral di Indonesia.

Bagi Pluang, tujuan diluncurkannya produk ini adalah membuka akses lebih luas kepada            masyarakat Indonesia terhadap produk keuangan mancanegara, dengan mudah, aman, dan          terjangkau. Setelah sebelumnya Pluang sukses meluncurkan produk​tabungan Emas Digital​” ujar Claudia Kolonas, co-founder Pluang. 

Nah, ngomongin CME atau Chicago Mercantile Exchange, ini adalah bursa pasar global yang merupakan bursa derivatif terbesar di dunia. CME menawarkan berbagai produk perdagangan dalam berbagai kelas aset termasuk produk agrikultur, mata uang, energi, suku bunga, logam dan indeks saham. Kerennya CME ini telah menang berbagai penghargaan dunia selama 6 tahun berturut-turut menjadi bursa terbaik di dunia dengan pertumbuhan tercepat di dunia oleh Brand Finance. Hebat kan?


Apa itu Indeks S&P 500?

Mungkin kalian bertanya tanya apa itu Indeks S&P 500, sebelumnya mari kita mengetahui apa itu pengertian dari indeks. Indeks adalah kumpulan portofolio sekuritas yang mewakili pasar tertentu sebagai patokan yang menunjukkan kinerja pasar. Contoh sederhananya, untuk mengukur kinerja pasar ekuitas di Indonesia acuan yang akan dilihat adalah indeks IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Jadi, setipe dengan IHSG, adalah alat yang digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham di AS. Indeks ini mewakili 500 perusahaan publik terpilih di Amerika Serikat. Saat ini, kapitalisasi pasar dari S&P 500 adalah sekitar 30.5T atau setara 70-80% dari kapitalisasi pasar saham AS. Untuk mengenal lebih terkait serba serbi Indeks S&P 500 cek di sini ya! (https://blog.pluang.com/artikel/sp-500/).

Kenapa acuannya Amerika Serikat? Seperti yang banyak orang ketahui AS adalah negara dengan ekonomi terbesar di dunia sejak tahun 1871 dan diprediksi akan terus tumbuh. Nah, selama 10 tahun terakhir saham AS telah berkinerja kuat sebagaimana yang ditunjukkan oleh indeks S&P 500.

Keunggulan utama dari S&P 500 adalah diversifikasi karena dapat eksposur kepada 500 saham secara sekaligus sehingga resiko lebih rendah dibanding pembelian satu saham. Selain itu, hanya perusahaan terpilih dan memenuhi syarat yang dapat masuk ke dalam indeks ini. 

Pada umumnya perusahaan-perusahaan tersebut harus memenuhi beberapa kualifikasi antara lain:

  1. Memiliki kantor pusat yang berlokasi di AS.

  2. Melaporkan laba positif selama empat  triwulan terakhir.

  3. Memiliki kapitalisasi pasar sama dengan atau lebih dari USD 3,7 Miliar

  4. Telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun. 



Nah, bicara soal perusahaan, ada 10 konstituen terbesar di S&P 500 berdasarkan bobot. Kesepuluh perusahaan tersebut adalah Apple, Microsoft, Amazon, Facebook, Google, Google, Bershire Hathaway, Jhonson Jhonson, Visa, dan P&G.


Kinerja dan Imbal Hasil Indeks S&P 500


Grafik di atas menunjukkan kinerja 5 tahun dari Indeks S&P 500. Peningkatan Indeks S&P 500 menunjukkan adanya tren positif di pasar ekuitas AS secara keseluruhan meski beberapa saham dalam indeks mungkin tidak memiliki kinerja sebaik yang lain. Indeks juga  menunjukkan volatilitas saat terjadinya bear market seperti saat terjadinya Covid 19 di bulan April lalu.


Grafik di atas menunjukkan kinerja 3, 5, dan 10 tahun dari Indeks S&P 500. Peningkatan indeks S&P 500 menunjukkan bahwa ada tren positif secara umum di pasar ekuitas AS secara keseluruhan dalam jangka waktu panjang.

Untuk mengetahui tentang Pasar Saham di Amerika Serikat, kalian bisa klik di sini (link https://blog.pluang.com/cerdascuan/pasar-saham-amerika/)


Risiko Berinvestasi pada Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Kadang ini yang bikin kita berpikir ulang dalam melakukan investasi. Namun, semua bentuk investasi pastinya memiliki risikonya masing-masing. Sama halnya dengan indeks S&P 500 juga memiliki risiko. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan para investor. Diantaranya, volatilitas pasar mungkin akan terjadi menjelang pemilihan presiden AS di bulan November. 

Nah, produk Micro E-Mini S&P 500 Index Future ini cocok untuk investasi jangka panjang, dan tidaklah disarankan pembelian Pluang S&P 500 jika ada kebutuhan dana yang mendesak dalam jangka waktu pendek. Jadi selain memiliki profil risiko sedang hingga tinggi, produk ini juga direkomendasikan untuk investor yang telah memiliki pengalaman investasi. Selain itu, pergerakan indeks S&P 500 sering kali berlawanan dengan emas, jadi diversifikasi             antara dua kelas aset tersebut dapat dipertimbangkan. 


Keamanan Berinvestasi lewat Pluang? 

Pluang by PG Berjangka memiliki izin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). PALN adalah kegiatan penawaran Kontrak dan menyalurkan Amanat Nasabah untuk Kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh Bursa. Aturan itu dibuat untuk menumbuhkan industri multilateral dalam dunia perusahaan berjangka di Indonesia, dan PG Berjangka berkomitmen membantu misi BAPPEBTI tersebut. 


Pada prosesnya, dana yang diterima untuk pembelian (Micro E-Mini S&P 500               Index Future) akan langsung diteruskan ke akun segregate PG Berjangka, dan kemudian kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga transaksi nasabah aman dan terjangkau.  

Tidak hanya aman dan terjangkau, Pluang juga memberikan satu lagi kelebihan yang paling             dibutuhkan masyarakat di era digital ini yaitu kepraktisan.  

Di aplikasi Pluang, proses investasi Pluang S&P 500 dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam 3 ketukan. Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara ​realtime yang artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana. 


Cara Investasi di Pluang S&P 500 

Yang pertama perlu kalian lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Pluang di Playstore. Produk ini dalam dolar AS, namun jangan khawatir kita dapat membelinya dengan dua pilihan yakni menggunakan saldo rupiah ataupun dolar AS. Jika membeli dengan saldo rupiah maka akan dikonversi ke dolar AS terlebih dahulu. Kalian dapat memulai berinvestasi di Pluang dengan membeli satu unit senilai sekitar US$34, namun harga ini bergerak terus mengikuti indeks acuan.



Langkah-langkah dalam berinvestasi Pluang S&P 500 di aplikasi Pluang adalah…

  1. Download Aplikasi Pluang

  2. Kemudian registrasi seperti biasa, masukkan nomor telepon, nama sesuai dengan KTP.

  3. Pilih fitur Indeks lalu pilih S&P 500

  4. Setelah diklik akan muncul harga per unit satuannya. Jika kalian ingin melanjutkan pembelian klik buy. Akun kalian sudah harus terverifikasi ya (akan diminta NIK dan foto KTP).

  5. Indeks S&P 500 sudah anda beli dengan jumlah unit sesuai pilihan.

Gimana mudah sekali bukan? Selain sederhana, aplikasi Pluang memberikan kepraktisan kita dalam melakukan investasi. Cukup dengan menggunakan telepon genggam pintar, kita dapat mulai berinvestasi.

Nah, buat kalian yang penasaran dengan aplikasi Pluang. Langsung deh download aplikasinya.

Atau, untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap kalian dapat menghubungi email: ​media@pluang.com​ atau bisa juga melalui  WhatsApp di ​+62 811-8283-545 .

Mumpung ada Pluang nih yang baru meluncurkan Micro E-Mini S&P 500 Index Futures dengan investasi yang aman, terjangkau dan pastinya praktis. Langsung ikut investasi!




1 komentar

  1. Wah jadi tau ttg aplikasi Pluang yaa Mas Erfano... Bs punya mengakses aplikasi keuanga mancanegara n emas digital juga

    BalasHapus