Yeaay Sebentar Lagi Ramadhan



Tahun demi tahun bulan Ramadhan akan semakin maju, jika tahun 2019 yang lalu Bulan Ramadhan jatuh pada bulan Mei. Pada tahun 2020 ini, Ramadhan jatuh di bulan April. Hal ini bisa dan wajar terjadi karena bulan Ramadhan mengikuti penanggalan tahun Hijriah yang hari di setiap bulannya paling banyak 30 hari. Berbeda dengan tahun Masehi yang bebeberapa bulan, harinya mencapai 31 hari.

Tahun 2019, Bulan Ramadhan dimulai pada 6 Mei 2019 hingga 4 Juni, sedangkan tahun 2020, bulan Ramadhan akan dimulai pada 24 April hingga 23 Mei 2020. Majunya lumayan kan?

Banyak hal menarik yang biasanya hanya ada di Bulan Ramadhan. Walau tetap ya, di bulan ini segala mecam bentuk ibadah di nomor satukan, tapi banyak hal hal unik yang cuma ada di bulan suci ini. Salah satu yang menarik perhatianku adalah kuliner di Bulan Ramadhan. Tetep ye, yang dibahas kulinernya.

Pasar Kaget.
Wajar enggak wajar sih, di bulan Ramadhan orang yang berpuasa biasanya akan lebih konsumtif dibandingkan bulan bulan yang lain. Menahan diri buat enggak makan selama seharian membuat beberapa orang yang berpuasa terkesan balas dendam. Apalagi ya hadirnya pasar kaget yang menghidangkan ragam jajanan umum hingga yang khas membuat kita yang berpuasa menjadi kalap. Setuju enggak?

Pasar Keget yang menjual iftor untuk ta’jil atau berbuka menjamur begitu saja. Di beberapa daerah, pemerintah setempat bahkan menyediakan tempat khusus untuk pasar kaget ini. Kotabumi, Lampung Utara contohnya di pusat kotanya terdapat pasar kaget yang sengaja disiapkan dan dibuka sekitar jam 2 siang hingga maghrib.

Di Bogor, penjual iftor selain berada di satu titik, biasanya menyebar di segala titik. Maksudnya hampir sepanjang jalan, di pinggir jalan akan mudah ditemui para penjaja iftor.

Makanan Khas Ramadhan.
Ngomongin soal kuliner khas di Bulan Ramadhan, kurma biasanya akan muncul dengan ragam varian. Era modern seperti sekarang, rasanya tidak sulit menemukan ragam jenis kurma. Kalau dulu, kurma yang hadir hanya jenis tertentu, satu dekade ini kurma mulai muncul dari banyak daerah di Timur Tengah. Sebut saja kurma Tunisia, kurma ajwa (kurmanya Nabi Muhammad SAW), kurma mesir, kurma ruthob, kurma khalas, kurma lulu dan jenis kurma lainnya.

Selain kurma, yang tidak dapat dilewatkan selama bulan Ramadhan adalah kuliner khas daerah yang banyak muncul ketika Ramadhan. Sebut saja jajanan pasar, segala jenis gorengan, segala bentuk kolak, minuman tradisional yang segar. Semua itu akan memanjakan lidah tak hanya bagi yang berpuasa, yang tidak berpuasa juga. Ngaku deh!

Di beberapa daerah seperti Bogor, mie khasnya yaitu mie glosor akan mudah sekali ditemukan. Mie glosor akan begitu klop untuk dinikmati bersama gorengan dan sambal kacang. Di Lampung, segala jenis pempek dan turunannya seperti rujak tahu, lenggang juga akan mudah sekali ditemui saat Ramadhan. Belum lagi jajanan khas lainnya seperti sekubal (ketan yang dibentuk dan dibungkus daun pisang), kue lapis legit yang biasanya hanya muncul di hari besar dan hajatan, jajanan jajanan khas ini akan benar benar mudah ditemukan saat Ramadhan. Benar-benar menggiurkan....

Bicara soal ekonomi, tentu saja hadirnya pasar kaget dan munculnya kuliner khas ini akan menguatkan sektor perekonomian. Apalagi bagi orang berpuasa, porsi berbuka yang biasanya hanya satu porsi akan membengkak menjadi lebih dari satu porsi. Ya kan? Ujungnya kita lebih konsumtif saat puasa.

Satu sisi roda perekonomian semakin menguat, di sisi lain “kadang” kehadiran pasar kaget ini menjadi ajang “balas dendam” sehingga nilai nilai dalam berpuasa akan terasa semakin samar.

Kalau menurutku sih, Kembali lagi pada personal masing-masing. Tujuan dalam menjalankan ibadah puasa untuk apa. Yang jelas  sebentar lagi Ramadhan akan tiba dan saatnya untuk merencanakan target target di Ramadhan. Bismillaah...

Selain kuliner yang ngangenin di bulan Ramadhan adalah kegiatan kegiatan yang memang cuma ada di bulan suci ini. Sebut saja sholat tarawih, sahur, buka bersama dan kegiatan kegiatan khas lainnya.

Penutup nih ya, Bulan Ramadhan memang banyak hal unik yang muncul. Salah satunya kuliner khas Ramadhan yang menggoda, tapi apapun itu tujuan utama dalam berpuasa memang harus kambali diluruskan. Dan semoga kita bisa mengambil hikmah dalam berpuasa.

Dan.... Semoga kita disampaikan dan mampu menyelesaikan Ramadhan tahun 2020 dengan keadaan sehat ya. Aamiin.

Tidak ada komentar

Posting Komentar