Rabu, 13 Maret 2019

10 Oleh-oleh Makanan Khas Lampung

10 Oleh-oleh Khas Lampung
Hai pembaca blog aku semuanya....
 
Siapa yang pernah berkunjung ke Lampung?  Kalau bicara jarak, enggak jauh-jauh amat dari Pulau Jawa terutama Jakarta.  Lewat tol lalu nyeberang via kapal laut sekitar 3 jam dilanjutkan dengan tol lagi ke pusat Kota Bandar Lampung.
Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Lampung sudah mulai bebenah terkait dengan pengembangan wisata dan sentra oleh-olehnya. Harusnya sih dari dulu, bertahun-tahun merantau dan bolak balik ke Lampung, perkembangan pembangunan Lampung belum terlalu menggembirakan. Apalagi kekayaan alam dan potensi di Lampung enggak kalah keren dengan daerah-daerah lain. Sayang aja sih nggak dimaksimalkan.
Salah satu daerah yang mulai menggeliat pengembangan potensi wilayahnya adalah Kabupaten Pasewaran. Banyak pantai-pantai di kawasan kapupaten ini yang mulai digarap dan dirapikan, sebut saja Pantai Sari Ringgung dan Pantai Pahawang yang mulai menjadi destini wisata di Lampung.
Tak hanya Pasewaran, Kabupaten Krui yang memiliki garis pantai menghadap ke samudera Hindia juga mulai bebenah. Pantai-pantai di Krui mulai dirapikan dan menjadi tujuan wisata yang menarik dan pantas untuk dikunjungi.
Selain, sektor pariwisata yang mulai dibenahi, kuliner Lampung juga mulai banyak dikenal dan menjadi pilihan oleh-oleh. Nah, apa saja sih kuliner khas Lampung yang dapat kalian jadikan oleh-oleh?

Bicara soal kerupuk kemplang, Lampung dikenal sebagai sentranya. Walaupun di daerah lain seperti Palembang, Bangka Belitung ada tapi kemplang Lampung jadi primadona. Kemplang yang merupakan jenis kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bahan ikan. Kemplang dibentuk bulat atau lonjong kemudian dipanggang. Kerupuk ini dimakan dengan tambahan sambal yang khas, biasanya sambal terasi.
Banyak jenis kemplang yang bertebaran dijual di pinggir jalan dan toko-toko. Namun sesuai dengan jargon Ada Uang Ada Barang, kemplang dengan harga yang lumayan biasanya memang rasa ikannya terasa sekali, sambalnya juga nendang enaknya.
Dari penampakan kemplang yang terbuat dari ikan, ukurannya lebih kecil dan terlihat padat dan liat. Sambalnya juga padat dan lebih sedikit. Kalau kemplang abal-abal biasanya bentuknya lebar, terlihat ringan atau tidak padat, sambalnya juga terlihat tidak meyakinkan.

2. Keripik Pisang Coklat
Sumber daya alam di Lampung yang kaya membuat tanaman pisang mudah sekali tumbuh dan berkembang biak. Hampir di setiap rumah pasti memiliki pohon pisang. Segala jenis pisang tumbuh dengan baik. Salah satu jenis pisang yang banyak dibudidayakan adalah pisang kepok. Pisang ini adalah jenis pisang yang enak untuk dijadikan keripik.
Berbagai macam merk keripik pisang akan mudah ditemukan di toko-toko dan supermarket. Sama seperti kemplang, ada harga bakalan ada barang, keripik pisang dengan kualitas pisang dan coklat yang baik akan membuat harga jualnya lebih tinggi.
Selain keripik pisang coklat, banyak varian lain yang bisa dijadikan pilihan antara lain keripik pisang rasa keju, rasa susu, rasa stroberi dan original.

Lampung adalah salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia. Jenis kopi yang banyak dibudidayakan di Lampung adalah jenis kopi Robusta. Kopi jenis ini mudah dibudidayakan karena keadaan geografis Lampung yang mendukung.
Kalian bisa memilih kopi dengan merk-merk tertentu di toko oleh oleh yang banyak tersebar di Bandar Lampung. Tapi kopi yang enak memang langsung beli di petani kopinya.

4.    Terasi Lampung
Lampung tak hanya dikenal dengan kopi dan keripiknya, terasi atau belacan dari Lampung wajib dijadikan oleh-oleh. Rasa dari terasi Lampung enggak kalah bangiknya alias enaknya dengan terasi yang berasal dari Bangka Belitung atau terasi Cirebon. Pusat pembuatan terasi Lampung tersebar di Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa daerah di kabupaten Pasewaran.
Jika kalian berkunjung ke Lampung, tidak ada salahnya jika berkunjung ke tempat makan dan mencoba sambal terasi khas Lampung dengan ikan dan lalap. Makanan ini dinamakan Seruit Lampung. Namun, agak sulit jika makanan ini dibawa untuk oleh-oleh. Setidaknya dengan membawa terasi Lampung, kalian bisa mencoba membuatnya di rumah.

5. Sambal Lampung
Orang Lampung asli adalah pecinta sambal. Di rumah, setiap hari menu sambal akan selalu tersedia. Ada sambal terasi ada juga sambal original. Kenikmatan sambal lampung tidak perlu diragukan lagi. Kalian dapat membelinya di toko oleh-oleh. Karena sambal Lampung kini sudah ada dalam kemasan botol.

6. Kue Khas Lampung
Setiap perhelatan atau acara adat di Lampung, beberapa kue khas pasti bakalan ada. Salah satu kue khas Lampung yang melegenda adalah kue lapis legit. Kue lapis legit ini rasanya manis sekali karena terdiri dari campuran gula, telur dan tepung yang dipangang berlapis-lapis.
Selain lapsi legit, kue yang patut kalian coba adalah lekak ketan. Kue ini juga mirip dengan lapis legit, hanya saja tepungnya adalah tepung dari beras ketan. Dodol Lampung juga bisa jadi pilihan, biasanya dodol Lampung berwarna hitam karena dibuat dengan memakai tepung ketan hitam.
Untuk kue khas Lampung dapat ditemukan di toko-toko kue yang menjual aneka kua basah. Kue basah ini bisa bertahan sekitar 3 hari. Jadi jika kalian melakukan perjalanan pulang kurang dari 3 hari, kue kue ini bisa dijadikan oleh-oleh.

7. Durian Lampung
Salah satu buah yang banyak terdapat di Lampung adalah buah durian. Biasanya di area area perkampungan, pohon durian tumbuh liar. Durian yang dijual rata-rata durian yang jatuh dari pohon sehingga kualitasnya terjamin. Selain itu, durian yang dijual di pinggir jalan harganya murah meriah.
Bagi kalian pecinta durian, berkunjunglah ke Lampung saat musimnya. Dijamin deh puas bertubi-tubi.

8. Pempek Lampung
Orang pasti mengenal pempek makanan khas dari Palembang. Nah, di Lampung pempek juga jadi cemilan keseharian bahkan pempek kadang jadi menu sarapan di pagi hari. Ajib nggak tuh!
Nah, di bandar Lampung ada beberapa kedai pempek yang rekomendasi. Ada pempek Tenda Biru yang bisa jadi pilihan buat kamu, bisa makan di tempat atau dibawa untuk oleh-oleh.  Ada juga pempek 123 yang cukup terkenal karena kelezatannya. Khusus untuk pempek 123 cukup bawa saja, tidak direkomendasikan untuk makan di tempat. Pelayanan pempek 123 payah, tidak sesuai dengan lezat pempeknya. Banya review yang bercerita bagaimana payahnya pelayanan mereka terhadap konsumen yang datang.

9. Sekubal atau Segubal
Sekubal atau segubal adalah salah satu makanan khas Lampung yang sudah jarang keberadaannya. Biasanya makanan ini disajikan saat hari raya dan acara pernikahan. Sekubal terbuat dari ketan yang ditanak terlebih dahulu, kemudian dicetak dan disusun lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, dikukus atau direbus.
Sekubal atau segubal ini enak jika dimakan dengan rendang atau dengan sajian sambal terasi. Juara enaknya! 
10. Bakso Sony
Salah satu makanan olahan yang terkenal banget di Lampung dan wajib dikunjungi adalah Bakso Sony. Rasa daging pada baksonya terasa sekali. Konon, daging sapi yang digunakan untuk bakso diternakkan, sehingga kualitasnya terjaga.
Di Bandar Lampung, bakso sony ini ada beberapa cabangnya. Setiap cabang selalu ramai dikunjungi. Selain dapat makan di outlet-outlet yang tersedia, bakso sony ada dalam kemasan yang divakum. Jadi kamu dapat membawanya sebagai salah satu oleh-oleh khas Lampung.
Nah, itu dia sepuluh oleh-oleh kuliner khas Lampung yang patut kalian coba dan bawa pulang untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Lampung. Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat!

Salam






Selasa, 12 Maret 2019

Ini Dia 5 Penyanyi Cowok Era Kini yang Jago Bikin Lagu



Beberapa waktu yang lalu, aku sudah membahas tentang lima penyanyi cewek yang jago bikin lagu. Di tulisan kali ini, aku mau membahas lima penyanyi cowok yang selain jago nyanyi juga jago bikin lagu. Nah, sebelum aku review mereka satu per satu, aku akan kasih gambaran sedikit tentang penyanyi cowok di Indonesia, sepengetahuanku tentunya.
Tahun 90-an bisa dikatakan masa emas musik di Indonesia. Beragam macam gendre musik hadir dengan seabreg musisi yang ikut andil di dalamnya. Hampir semua gendre musik waktu itu hidup dan berjalan beriringan. Musik pop, rock, dangdut, tradisional, musik anak-anak muncul memeriahkan industri musik Indonesia.
Musik pop rock masih menjadi primadona dan melahirkan banyak penyanyi-penyanyi bagus, di jajaran penyanyi cowok ada Glenn Fredly yang muncul dengan lagu karangan Yovie Widianto yang berjudul Cukup Sudah. Kemunculan Glenn cukup menggebrak di akhir tahun 90an. Tahun-tahun sebelumnya, ada Yana Julio, Katon Bagaskara yang mengeluarkan album dan lagu-lagu andalan. Kemudian ada Deddy Dores yang kehadirannya membuat Nike Ardila dikenal sebagai salah satu penyanyi wanita berpengaruh di Indonesia hingga saat ini. Yang konsisten di dekade sebelumnya, ada Iwan Fals dan Chrisye yang terus berkarya hinga tahun 2000an.
Di jajaran musik dangdut, ada Meggy Z yang karyanya dikenal khalayak ramai, Irvan Mansyur, Mansyur S, Imam S. Arifin, Jaja Miharja, Yus Yunus, Jonny Iskandar, Hamdan ATT, Dayu AG lumayan sering mengeluarkan lagu-lagu dan menjadi hits. Sedangkan di jajaran penyanyi anak-anak, ada Joshua Suherman, Geofani, Bondan Parkoso, Erwin “Jempol Kakiku” dan penyanyi anak cowok lainnya.
Masuk ke tahun 2000-an, penyanyi cowok masih menjadi pemikat di industri musik Indonesia. Glenn Fredly, Iwan Fals, Chrisye masih rutin mengeluarkan single. Kemudian ada Ari Lasso yang mengeluarkan debut perdana setelah keluar dari grup band Dewa 19, kala itu Ari Lasso mengeluarkan lagu Jika yang berduet dengan Melly Goeslaw. Setelah itu Ari Lasso mengeluarkan lagu dari album perdananya berjudul Misteri Illahi. Di tahun-tahun berikutinya ada Rio Febrian yang hingga album ketiga lagu-lagunya seperti Bukan Untukmu, Tiada Kata Berpisah, Aku Bertahan, Jenuh merajai chart musik di Indonesia. Lalu ada Marcell yang menggebrak lewat lagu Semusim dan Firasat. Kemudian ada Tompi, dan Ello. Di akhir tahun 2000an muncul Afgan dan Vidi Aldiano. Jajaran penyanyi cowok juga dihiasi dari ajang-ajang pencarian bakat seperti Akademi Fantasi Indosiar (AFI) dan Indonesian Idol, nama-nama seperti Delon, Judika, Mike Mohede, Lucky Oktavian, Dirly, Ihsan cukup diterima di industri musik Indonesia.
Tahun 2010an, penyanyi cowok masih didominasi penyanyi dari tahun 2000-an seperti Judika, Afgan dan Vidi Aldiano. Namun tahun 2010an, muncul penyanyi-penyanyi baru, sebut saja Tulus, Virzha, Rizky Febian, Teddy Aditya, Anji (sebelumnya bergabung di grup band Drive), Kuntoaji, Sandy, Shondoro, Sandy Canester, Teza Sumendra,  Rendhy Pandugo, hingga muncul juga penyanyi asal Brunei yang ikut meramaikan blantika musik Indonesia yaitu Jaz.
Era digital yang makin pelik di tahun 2010an membuat produsen musik berhati-hati sekali dalam memproduseri seorang penyanyi. Kalau dekade-dekade berikutnya, penyanyi hanya dituntut bersuara bagus dana berpenampilan menarik, soal lagu dan produksi album diserahkan label musiknya, sehingga banyak pencipta-pencipta lagu yang menjadi andalan untuk kesuksesan seorang penyanyi. Meskipun tidak semua penyanyi mengandalkan pencipta lagu. Glenn Fredly contohnya, salah satu albumnya meledak di pasaran karena beberapa lagu ia ciptakan berdasarkan pengalaman cintanya. Tahun 2010-an, penyanyi tidak hanya  dituntut bersuara bagus dan berpenampilan menarik, namun harus pintar juga membuat lagu. Bahkan beberapa penyanyi lebih memilih jalur indie dengan menciptakan, memproduseri lagu mereka sendiri.
Dari banyaknya penyanyi pria, aku akan merangkum lima penyanyi cowok yang selain jago dalam olah suara juga jago dalam membuat lagu. Penyanyi cowok ini yang muncul di tahun 2010an ya...
1.    Tulus

Kehadiran Tulus dalam industri musik di Indonesia adalah angin segar. Bagaimana tidak ketika banyak penyanyi menyanyikan lagu dengan lirik cinta dan patah hati. Tulus hadir dengan menghadirkan lagu-lagu beragam tema dengan lirik puitis dan menggugah, meskipun tema yang diangkat adalah tema cinta, namun Tulus mampu mengemasnya dalam sudut pandang lain
Album perdana Tulus, dirilis tahun 2011, lagu seperti Sewindu, Teman Hidup merajai tangga lagu di Indonesia. Lagu Sewindu adalah lagu tentang patah hati, namun Tulus mengemasnya tanpa harus menggunakan lirik yang berdarah-darah. Penggunaan diksi yang tidak umum membuat lagu-lagu Tulus terdengar begitu istimewa.
Selang tiga tahun kemudian, Tulus mengeluarkan album keduanya yang bertajuk Gajah. Di album ini Tulus mulai dikenal lebih luas lagi sebagai salah satu penyanyi terbaik Indonesia. Sebagian besar materi di album ini, ia ciptakan sendiri. Lagu berjudul Sepatu, Gajah dan Jangan Cintai Aku Apa Adanya adalah lagu-lagu hits yang merajai chart di Indonesia.
Melalui album Gajah ini, Tulus mendapatkan banyak penghargaan seperti penghargaan di Anugerah Musik Indonesia (AMI 2015), dari enam nominasi, Tulus berhasil mendapatkan lima penghargaan, di antaranya penghargaan karya produksi terbaik terbaik untuk lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya dan album terbaik terbaik untuk Album Gajah.
Dua tahun berikutnya, Tulus kembali mengeluarkan album. Kali ini ia mengeluarkan album ketiganya yang berjudul Monokrom. Banyak hits yang diraih di album Monokrom kali ini, lagu Pamit, Ruang Sendiri, Tukar Jiwa, Monokrom, Manusia Kuat, Langit Abu-abu menjadi track yang merajai berbagai macam chart. Berkat album ini, Tulus menggondol banyak penghargaan di AMI 2017, sebanyak 5 piala berhasil dibawa pulang. Di ajang penghargaan Indonesian Choice Awards yang diadakan NET Tv, rentang tahun 2016 hingga 2018, Tulus berhasil membawa lima piala.
Selain lagu dengan melodi yang menarik, lirik yang puitis dan apik. Hal lain yang membuat Tulus menjadi penyanyi di atas rata-arat adalah video klip yang digarap. Setiap lagu yang dirilis videonya dibuat dengan kesungguhan dan tidak asal-asalan. Setiap video klip dibuat dengan benar-benar memikirkan konsep dan estetika.
2.    Kunto Aji

Selepas mengikuti Indonesian Idol season lima, Kunto Aji yang saat itu berhasil menempati posisi 4, karir bermusiknya seolah jalan di tempat. Namun bakat musik rupanya tidak lepas darinya, tahun 2014 lagu Terlalu Lama Sendiri berhasil menunjukkan kapasitas bermusik seorang Kunto Aji.
Lewat lagu Terlalu Lama Sendiri, Kuntoaji berhasil meraih penghargaan di Indonesia maupun di luar negeri seperti Planet Muzik. Album perdananya Generation Y dirilis setahun setelah Terlalu Lama Sendiri hadir, lagu-lagu seperti Mercusuar dan Akhir Bulan menjadi lagu andalannya.
Tahun 2018, Kunto Aji merilis album kedua berjudul Mantra Mantra. Lagu-lagu seperti Rehat, Topik Semalam dan Konon Katanya menjadi lagu andalan di album ini. Album Mantra Mantra didapuk menjadi salah satu album terbaik di tahun 2018.
Yang keren dari seorang Kunto Aji adalah hampir semua materi lagu di albumnya ia kerjakan sendiri. Lirik lagu-lagunya pun tidak melulu soal cinta namun banyak bercerita tentang kehidupan di zaman sekarang. Lirik di setiap lagunya memiliki diksi yang kuat dan bercerita. Inilah salah satu kekuatan dari Kunto Aji.
3.    Rizky Febian

Banyak yang tidak menyangka jika Rizky Febian yang merupakan anak sulung dari komedian Sule ini memiliki musikalitas di atas rata-rata. Lagu Kesempurnaan Cinta yang ia ciptakan di tahun 2015 berhasil menggebrak industri musik di Indonesia. Lagu Kesempurnaan Cinta berhasil merajai chart di radio-radio dan chart di platform musik seperti itunes. Lewat lagu ini beberapa penghargaan berhasil ia raih, salah satunya di Indonesian Choice Awards NET TV 2016, Rizky berhasil meraih penghargaan sebagai pendatang terbaru dan Song Of The Year.
Tahun berikutnya, Rizky kembali merilis lagu Penantian Cinta, tahun berikutnya Lagu Cukup Tahu dan Sweet Talk (feat Sheryl Sheinafia dan Chandra Liow). Tahun 2018, Rizky lumayan produktif merilis beberapa single seperti Indah Pada Waktunya ft Aisyah Aziz, Hargai Cinta, Berpisah Itu Mudah (feat Mikha Tambayong).
Akhir tahun 2018, Rizky Febian merilis album berjudul Jejak dengan salah satu lagu andalannya Menari. Di album ini Rizky beberapa materi lagu ia kerjakan beberapa sisanya ia kerjakan dengan musisi lain.
4.    Rendy Pandugo

Sebagai seorang musisi, Rendy punya potensi besar di industri musik di Indonesia. Suara yang terdengar “laki” banget, jago main gitar pastinya buat hati para cewek-cewek meleleh. Saya tahu tentang Rendy ketika ia merecycle lagu Sheila On 7 yang berjudul Kisah Klasik Untuk Masa Depan. Kemudian, di tahun 2016 Rendy merilis single berjudul I Don’t Care. Kalau hanya mendengar dari radio, pasti banyak yang mengira I Don’t Care dinyanyikan penyanyi luar.
Album perdana Rendy Pandugo “The Journey”  dirilis tahun 2017, cukup mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Lagu andalan di album ini, selain lagu I Don’t Care adalah lagu Silver Rain. Lagu ketiga yang berjudul By My Side dirilis sekaligus menjadi soundtrack untuk Film Susah Sinyal. Video klip yang digarap untuk lagu By My Side terlihat berbeda dengan video klip yang dirilis orang Inonesia, video klip lagu By My Side terlihat taste internasionalnya.
5.    Teddy Adhitya

Jujur, aku tidak terlalu mengikuti kiprah Teddy. Namun yang saya tahu Teddy adalah penyanyi muda yang selain jago nyanyi juga jago buat lagu. Tahun 2016 Teddy sempat merilis lagu berjudul In Your Wonderland dan Let Me. Di tahun 2018, ia merilis album bertajuk Nothing Is Real. Berkat lagu In Your Wonderland, Teddy berhasil meraih penghargaan pendatang baru terbaik di AMI 2017. Kiprah Teddy mungkin belum secemerlang Tulus atau Rizky Febian, tapi melihat musikalitasnya kita berharap Teddy juga mampu terus mewarnai industri musik di Indonesia.
***
Demikianlah lima penyanyi cowok era sekarang yang jago buat lagu. Lagu yang dibuat pun memiliki pasar dan sudut pandang sendiri. Sebenarnya ada bebeapa penyanyi cowok yang mulai menciptakan lagu sendiri seperti Afgan dan Vidi Aldiano, namun saya rasa lima penyanyi yang saya sebutkan di atas benar-benar mewakili dan jago dalam membuat lagu.
Terima kasih.

Senin, 11 Maret 2019

10 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba


Sudah pernah berkunjung ke Bogor?
Secara administratif, Bogor itu terletak di Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang dekat dengan Jakarta membuat Bogor jadi tempat tujuan wisatawan untuk berlibur ditambah lagi suhu di Bogor yang sejuk dan pemandangan alam  yang indah dan juga  beragam, sehingga banyak pilihan ketika mengunjungi Bogor.
Di tengah kota, Bogor menyuguhkan Kebun Raya Bogor dan banyak museum (Museum Zoologi, Museum PETA). Ke pinggiran Sentul, ada hutan pinus Gunung Pancar dengan pemandian air panas dan beberapa curug. Di Puncak Bogor ada perkebunan teh dan beberapa taman bermain seperti Taman Safari dan Taman Matahari  yang bisa disinggahi. Semuanya beragam dan lengkap.
Selain pemandangan alam, Bogor juga dikenal dengan ragam kuliner nikmatnya. Mulai dari yang khas tradisional hingga yang taste international. Mulai makanan berat hingga makanan ringan. Mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Semua ada dan patut kalian coba kalau berkunjung ke Bogor.
Nah, makanan apa saja yang kudu alias wajib dinikmati selama di Bogor? Berikut 10 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba.
10 Makanan Khas Bogor Yang Wajib di Coba jika Berkunjung ke Bogor
1.    Tauge Goreng
Tauge goreng adalah sajian makanan khas Bogor. Seperti namanya, hidangan ini berbahan baku tauge mentah yang direbus dengan tambahan mie kuning, tahu goreng dan bumbu tauco.
Di beberapa tempat di Bogor, kamu akan dengan mudah menemukan abang penjual tauge goreng seperti di Ruko Bogor Permai, Pasar Anyar, IPB Baranang Siang, Ngesti Padjajaran dan lainnya.
Saat memesan, kita dapat melihat langsung abang penjual tauge goreng yang sedang meracik sajian ini. Tauge mentah dimasak di wadah berisi air panas. Cara membolak-balik tauge seperti sedang menggoreng, makanya sajian ini dikenal dengan nama tauge goreng.
Yang buat tauge goreng itu nikmat adalah bumbu tauconya. Jadi kalau bumbu tauconya enggak nendang tauge gorengnya juga nggak bakalan nendang. Jadi bisa dikatakan kunci dari tauge goreng itu terletak di bumbu tauconya.
2.    Roti Unyil
Ini salah satu makanan yang juara enaknya. Yap, roti unyil. Roti dengan beragam isian ini bentuknya emang mungil-mungil. Jadi sekali ambil, sekali hap masuk ke dalam mulut. Secara rasa, roti unyil nggak jauh berbeda dengan roti-roti yang ada, bedanya lebih ke ukurannya saja.
Roti unyil di Bogor yang paling terkenal adalah Roti Unyil Venus, outletnya ada di samping Lippo Ekalos. Setiap akhir pekan outlet Roti Unyul Venus ini ramai dikunjungi wisatawan yang sengaja membeli untuk oleh-oleh Bogor atau camilan selama perjalanan pulang.
3.    Soto Bogor
Ada dua jenis soto yang bisa kamu nikmati kalau berkunjung ke Bogor yaitu soto mie bogor dan soto kuning khas bogor. Dua-duanya enak, berkuah dan cocok disantap saat hujan turun.
Soto mie bogor terdiri dari mie, daging, kikil, kol, tomat dan yang unik ditambah risol. Kemudian disiram dengan kuah soto. Tabur dengan bawang goreng dan siapkan jeruk nipis. Soto kuning bogor terdiri dari daging, jeroan, kikil, kemudian disiram dengan kuah santan kental berwarna kuning karena diwarnai dengan kunyit. Lantas ditaburi bawang goreng dan emping goreng dan perasan jeruk nipis.
Untuk soto kuning di Bogor, yang paling dikenal adalah soto kuning Pak Yusup dan Soto Kuning M. Yusuf di Jalan Surya Kencana Bogor.
4.    Lapis Talas Bogor
Selain roti unyil yang melegenda. Di tahun 2011, lapis bogor berbahan tepung talas mulai bermunculan. Yang paling konsisten adalah Lapis Bogor Sangkuriang (LBS) yang bisa dikatakan pioner dalam hal produk lapis bogor yang menggunakan bahan dasar tepung talas. Nah, LBS sendiri sekarang ini sudah memiliki 9 varian rasa termasuk di dalamnya LBS original, LBS kopi susu dan varian lainnya.
Lapis Bogor Sangkuriang ini sudah menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Bogor. Jadi kalau kalian sempat berkunjung ke Bogor, kalian bisa coba dan membelinya untuk oleh-oleh.
Ada beberapa store LBS yang tersebar di penjuru Bogor. Namun jika kalian tidak ada waktu, LBS membuka layanan antar ekspres. Atau jika kalian enggak mau repot banyak toko toko kecil yang menjual lapis bogor.
5.    StikTalas Bogor
Talas bogor adalah salah satu bahan pangan lokal yang banyak dibudidayakan petani di Bogor. Makanya beberapa oleh-oleh khas Bogor atau makanan khas Bogor berbahan dasar talas. Salah satunya adalah stik talas. Umbi talas yang telah dibersihkan dipotong memanjang menyerupai stik kemudian digoreng. Ada tiga warna stik talas yang biasanya dijual warna putih dengan rasa asin, warna kuning (direndam dengan pewarna kuning) rasanya juga asin, dan stik talas balado dengan rasa pedas.
Stik talas ini tersedia di beberapa swalayan tertentu. Di Bogor biasanya ada di Ngesti Swalayan dan Grand Swalayan. Di pasar-pasar, stik talas juga tersedia. Di penjual makanan kering seperti keripik, stik talas juga ada. Biasanya di tempat-tempat wisata, stik talas tersedia sebagai oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu makan dan bawa pulang.
6.    Seupan Taleus (Talas Kukus)
Seperti yang tadi dijelaskan. Melimpahnya talas di Bogor membuat industri kuliner di Bogor enggak jauh-jauh dari talas. Salah satu lagi yang bisa kamu coba adalah seupan taleus atau talas kukus. Seupan taleus yang cukup terkenal berada di Jalan Surya Kencana, di depan Grand Swalayan.
Seupan taleus umumnya adalah umbi talas dipotong-potong serupa dadu kemudian dikukus dan diberi parutan kelapa di atasnya. Dimakan selagi hangat, nikmat sekali. Patut untuk dicoba!
7.    Roti Bogor Permai
Kalau yang ini salah satu roti yang cukup melegenda di Bogor. Berdiri sejak tahun 1963, Roti Bogor Permai memiliki keunggulan sendiri dan tidak kalah dengan roti-roti modern di pusat perbelanjaan.
Outlet Roti Bogor Permai terletak di Jalan Sudirman bersebelahan dengan Bogor Junction. Roti yang ditawarkan beraneka, ada roti isi pisang, keju, cokelat hingga roti gambang khas Bogor Permai juga tersedia. Selain menjual roti, di outlet Bogor Permai juga menjual aneka oleh-oleh khas daerah. Ada juga restoran di outlet ini yang menjual beragam makanan, yang paling enak di Restoran Bogor Permai adalah mie cap gomehnya.
Selain di outlet, Roti Bogor Permai juga dapat ditemukan di beberapa mall seperti Botani Square.
8.    Doclang
Makanan khas Bogor yang enggak kalah enaknya adalah doclang. Biasanya hidangan ini dimakan saat sarapan. Doclang ini cukup mudah ditemui di perkampungan-perkampungan di Bogor.
Doclang ini adalah sajian makanan yang terbuat dari ketupat, tahu goreng yang dipotong-potong, dan disiram dengan bumbu kacang encer. Kemudian ditaburi bawang goreng dan dinikmati dengan kerupuk.  Beberapa doclang biasanya ada telur rebus sebagai tambahan. Seporsi doclang untuk sarapan sekitar delapan hingga 15 ribuan.
9.    Asinan
Ini makanan yang juga sangat khas di Bogor. Asinan ini terbuat dari buah-buahan juga sayur-sayuran yang direndam dalam kuah asinan yang rasanya asam pedas. Buah yang digunakan untuk asinan cukup banyak jenisnya, ada nanas, kedondong, pepaya, mangga, bengkuang, sedangkan sayuran yang digunakan untuk asinan adalah tauge, kol, wortel, selada dan mentimun.
Kuah asinan biasanya terbuat dari cabai, gula, asam, dan garam. Di Bogor ada beberapa asinan yang unik selain asinan sayuran dan buah-buahan. Asinan jagung bakar khas Bogor. Kalau kamu penasaran dan pengen coba bisa mencarinya di sekitaran Jalan Surya Kencana. Di sepanjang jalan ini, banyak diperoleh aneka asinan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Selain asinan di Surya Kencana, kamu dapat memperoleh asinan di sekitara Terminal Baranang Siang atau samping Ngesti Padjajaran.
10. Dodongkal
Salah satu penganan khas Bogor yang juga bisa kalian nikmati saat berkunjung ke Bogor adalah dodongkal. Dodongkal ini sejenis jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras dengan tambahan gula, keduanya dikukus kemudian disajikan dengan bentuk kerucut seperti nasi tumpeng. Untuk mencicipinya, dodongkal ini akan dibelah dan dipotong.
Di beberapa daerah di Bogor, dodongkal mudah ditemukan di jalan-jalan. Rasanya yang manis dan harum khas tepung beras membuat dodongkal enak disajikan dengan teh hangat atau kopi. Kalau kamu berkunjung ke Bogor, wajib deh nyobain dodongkal ini.
***
Nah itu dia, 10 makanan yang wajib kalian coba kalau berkunjung ke Bogor. Kalau enggak bisa semuanya, minimal satu atau dua makananlah yang bisa kalian coba, biar ada kesan yang dirasa tak hanya menikmati keindahan pemandangan di Bogor juga kenikmatan rasa kulinernya.
Demikianlah sepuluh makanan khas Bogor yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Bogor. Semoga tulisan ini bermanfaat! Terima kasih...

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...