Halaman

Rabu, 13 Maret 2019

10 Oleh-oleh Makanan Khas Lampung

Hai pembaca blog aku semuanya....
 
Siapa yang pernah berkunjung ke Lampung?  Kalau bicara jarak, enggak jauh-jauh amat dari Pulau Jawa terutama Jakarta.  Lewat tol lalu nyeberang via kapal laut sekitar 3 jam dilanjutkan dengan tol lagi ke pusat Kota Bandar Lampung.
Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Lampung sudah mulai bebenah terkait dengan pengembangan wisata dan sentra oleh-olehnya. Harusnya sih dari dulu, bertahun-tahun merantau dan bolak balik ke Lampung, perkembangan pembangunan Lampung belum terlalu menggembirakan. Apalagi kekayaan alam dan potensi di Lampung enggak kalah keren dengan daerah-daerah lain. Sayang aja sih nggak dimaksimalkan.
Salah satu daerah yang mulai menggeliat pengembangan potensi wilayahnya adalah Kabupaten Pasewaran. Banyak pantai-pantai di kawasan kapupaten ini yang mulai digarap dan dirapikan, sebut saja Pantai Sari Ringgung dan Pantai Pahawang yang mulai menjadi destini wisata di Lampung.
Tak hanya Pasewaran, Kabupaten Krui yang memiliki garis pantai menghadap ke samudera Hindia juga mulai bebenah. Pantai-pantai di Krui mulai dirapikan dan menjadi tujuan wisata yang menarik dan pantas untuk dikunjungi.
Selain, sektor pariwisata yang mulai dibenahi, kuliner Lampung juga mulai banyak dikenal dan menjadi pilihan oleh-oleh. Nah, apa saja sih kuliner khas Lampung yang dapat kalian jadikan oleh-oleh?

1.    Kerupuk Kemplang
Bicara soal kerupuk kemplang, Lampung dikenal sebagai sentranya. Walaupun di daerah lain seperti Palembang, Bangka Belitung ada tapi kemplang Lampung jadi primadona. Kemplang yang merupakan jenis kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bahan ikan. Kemplang dibentuk bulat atau lonjong kemudian dipanggang. Kerupuk ini dimakan dengan tambahan sambal yang khas, biasanya sambal terasi.
Banyak jenis kemplang yang bertebaran dijual di pinggir jalan dan toko-toko. Namun sesuai dengan jargon Ada Uang Ada Barang, kemplang dengan harga yang lumayan biasanya memang rasa ikannya terasa sekali, sambalnya juga nendang enaknya.
Dari penampakan kemplang yang terbuat dari ikan, ukurannya lebih kecil dan terlihat padat dan liat. Sambalnya juga padat dan lebih sedikit. Kalau kemplang abal-abal biasanya bentuknya lebar, terlihat ringan atau tidak padat, sambalnya juga terlihat tidak meyakinkan.

2.    Keripik Pisang Coklat
Sumber daya alam di Lampung yang kaya membuat tanaman pisang mudah sekali tumbuh dan berkembang biak. Hampir di setiap rumah pasti memiliki pohon pisang. Segala jenis pisang tumbuh dengan baik. Salah satu jenis pisang yang banyak dibudidayakan adalah pisang kepok. Pisang ini adalah jenis pisang yang enak untuk dijadikan keripik.
Berbagai macam merk keripik pisang akan mudah ditemukan di toko-toko dan supermarket. Sama seperti kemplang, ada harga bakalan ada barang, keripik pisang dengan kualitas pisang dan coklat yang baik akan membuat harga jualnya lebih tinggi.
Selain keripik pisang coklat, banyak varian lain yang bisa dijadikan pilihan antara lain keripik pisang rasa keju, rasa susu, rasa stroberi dan original.

3.    Kopi Lampung
Lampung adalah salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia. Jenis kopi yang banyak dibudidayakan di Lampung adalah jenis kopi Robusta. Kopi jenis ini mudah dibudidayakan karena keadaan geografis Lampung yang mendukung.
Kalian bisa memilih kopi dengan merk-merk tertentu di toko oleh oleh yang banyak tersebar di Bandar Lampung. Tapi kopi yang enak memang langsung beli di petani kopinya.

4.    Terasi Lampung
Lampung tak hanya dikenal dengan kopi dan keripiknya, terasi atau belacan dari Lampung wajib dijadikan oleh-oleh. Rasa dari terasi Lampung enggak kalah bangiknya alias enaknya dengan terasi yang berasal dari Bangka Belitung atau terasi Cirebon. Pusat pembuatan terasi Lampung tersebar di Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa daerah di kabupaten Pasewaran.
Jika kalian berkunjung ke Lampung, tidak ada salahnya jika berkunjung ke tempat makan dan mencoba sambal terasi khas Lampung dengan ikan dan lalap. Makanan ini dinamakan Seruit Lampung. Namun, agak sulit jika makanan ini dibawa untuk oleh-oleh. Setidaknya dengan membawa terasi Lampung, kalian bisa mencoba membuatnya di rumah.

5.    Sambal Lampung
Orang Lampung asli adalah pecinta sambal. Di rumah, setiap hari menu sambal akan selalu tersedia. Ada sambal terasi ada juga sambal original. Kenikmatan sambal lampung tidak perlu diragukan lagi. Kalian dapat membelinya di toko oleh-oleh. Karena sambal Lampung kini sudah ada dalam kemasan botol.

6.    Kue Khas Lampung
Setiap perhelatan atau acara adat di Lampung, beberapa kue khas pasti bakalan ada. Salah satu kue khas Lampung yang melegenda adalah kue lapis legit. Kue lapis legit ini rasanya manis sekali karena terdiri dari campuran gula, telur dan tepung yang dipangang berlapis-lapis.
Selain lapsi legit, kue yang patut kalian coba adalah lekak ketan. Kue ini juga mirip dengan lapis legit, hanya saja tepungnya adalah tepung dari beras ketan. Dodol Lampung juga bisa jadi pilihan, biasanya dodol Lampung berwarna hitam karena dibuat dengan memakai tepung ketan hitam.
Untuk kue khas Lampung dapat ditemukan di toko-toko kue yang menjual aneka kua basah. Kue basah ini bisa bertahan sekitar 3 hari. Jadi jika kalian melakukan perjalanan pulang kurang dari 3 hari, kue kue ini bisa dijadikan oleh-oleh.

7.    Durian Lampung
Salah satu buah yang banyak terdapat di Lampung adalah buah durian. Biasanya di area area perkampungan, pohon durian tumbuh liar. Durian yang dijual rata-rata durian yang jatuh dari pohon sehingga kualitasnya terjamin. Selain itu, durian yang dijual di pinggir jalan harganya murah meriah.
Bagi kalian pecinta durian, berkunjunglah ke Lampung saat musimnya. Dijamin deh puas bertubi-tubi.

8.    Pempek Lampung
Orang pasti mengenal pempek makanan khas dari Palembang. Nah, di Lampung pempek juga jadi cemilan keseharian bahkan pempek kadang jadi menu sarapan di pagi hari. Ajib nggak tuh!
Nah, di bandar Lampung ada beberapa kedai pempek yang rekomendasi. Ada pempek Tenda Biru yang bisa jadi pilihan buat kamu, bisa makan di tempat atau dibawa untuk oleh-oleh.  Ada juga pempek 123 yang cukup terkenal karena kelezatannya. Khusus untuk pempek 123 cukup bawa saja, tidak direkomendasikan untuk makan di tempat. Pelayanan pempek 123 payah, tidak sesuai dengan lezat pempeknya. Banya review yang bercerita bagaimana payahnya pelayanan mereka terhadap konsumen yang datang.

9.    Sekubal atau Segubal
Sekubal atau segubal adalah salah satu makanan khas Lampung yang sudah jarang keberadaannya. Biasanya makanan ini disajikan saat hari raya dan acara pernikahan. Sekubal terbuat dari ketan yang ditanak terlebih dahulu, kemudian dicetak dan disusun lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, dikukus atau direbus.
Sekubal atau segubal ini enak jika dimakan dengan rendang atau dengan sajian sambal terasi. Juara enaknya!
10. Bakso Sony
Salah satu makanan olahan yang terkenal banget di Lampung dan wajib dikunjungi adalah Bakso Sony. Rasa daging pada baksonya terasa sekali. Konon, daging sapi yang digunakan untuk bakso diternakkan, sehingga kualitasnya terjaga.
Di Bandar Lampung, bakso sony ini ada beberapa cabangnya. Setiap cabang selalu ramai dikunjungi. Selain dapat makan di outlet-outlet yang tersedia, bakso sony ada dalam kemasan yang divakum. Jadi kamu dapat membawanya sebagai salah satu oleh-oleh khas Lampung.
Nah, itu dia sepuluh oleh-oleh kuliner khas Lampung yang patut kalian coba dan bawa pulang untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Lampung. Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat!

Salam






Tidak ada komentar:

Posting Komentar