Senin, 11 Maret 2019

10 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba


Sudah pernah berkunjung ke Bogor?
Secara administratif, Bogor itu terletak di Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang dekat dengan Jakarta membuat Bogor jadi tempat tujuan wisatawan untuk berlibur ditambah lagi suhu di Bogor yang sejuk dan pemandangan alam  yang indah dan juga  beragam, sehingga banyak pilihan ketika mengunjungi Bogor.
Di tengah kota, Bogor menyuguhkan Kebun Raya Bogor dan banyak museum (Museum Zoologi, Museum PETA). Ke pinggiran Sentul, ada hutan pinus Gunung Pancar dengan pemandian air panas dan beberapa curug. Di Puncak Bogor ada perkebunan teh dan beberapa taman bermain seperti Taman Safari dan Taman Matahari  yang bisa disinggahi. Semuanya beragam dan lengkap.
Selain pemandangan alam, Bogor juga dikenal dengan ragam kuliner nikmatnya. Mulai dari yang khas tradisional hingga yang taste international. Mulai makanan berat hingga makanan ringan. Mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Semua ada dan patut kalian coba kalau berkunjung ke Bogor.
Nah, makanan apa saja yang kudu alias wajib dinikmati selama di Bogor? Berikut 10 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba.
10 Makanan Khas Bogor Yang Wajib di Coba jika Berkunjung ke Bogor
1.    Tauge Goreng
Tauge goreng adalah sajian makanan khas Bogor. Seperti namanya, hidangan ini berbahan baku tauge mentah yang direbus dengan tambahan mie kuning, tahu goreng dan bumbu tauco.
Di beberapa tempat di Bogor, kamu akan dengan mudah menemukan abang penjual tauge goreng seperti di Ruko Bogor Permai, Pasar Anyar, IPB Baranang Siang, Ngesti Padjajaran dan lainnya.
Saat memesan, kita dapat melihat langsung abang penjual tauge goreng yang sedang meracik sajian ini. Tauge mentah dimasak di wadah berisi air panas. Cara membolak-balik tauge seperti sedang menggoreng, makanya sajian ini dikenal dengan nama tauge goreng.
Yang buat tauge goreng itu nikmat adalah bumbu tauconya. Jadi kalau bumbu tauconya enggak nendang tauge gorengnya juga nggak bakalan nendang. Jadi bisa dikatakan kunci dari tauge goreng itu terletak di bumbu tauconya.
2.    Roti Unyil
Ini salah satu makanan yang juara enaknya. Yap, roti unyil. Roti dengan beragam isian ini bentuknya emang mungil-mungil. Jadi sekali ambil, sekali hap masuk ke dalam mulut. Secara rasa, roti unyil nggak jauh berbeda dengan roti-roti yang ada, bedanya lebih ke ukurannya saja.
Roti unyil di Bogor yang paling terkenal adalah Roti Unyil Venus, outletnya ada di samping Lippo Ekalos. Setiap akhir pekan outlet Roti Unyul Venus ini ramai dikunjungi wisatawan yang sengaja membeli untuk oleh-oleh Bogor atau camilan selama perjalanan pulang.
3.    Soto Bogor
Ada dua jenis soto yang bisa kamu nikmati kalau berkunjung ke Bogor yaitu soto mie bogor dan soto kuning khas bogor. Dua-duanya enak, berkuah dan cocok disantap saat hujan turun.
Soto mie bogor terdiri dari mie, daging, kikil, kol, tomat dan yang unik ditambah risol. Kemudian disiram dengan kuah soto. Tabur dengan bawang goreng dan siapkan jeruk nipis. Soto kuning bogor terdiri dari daging, jeroan, kikil, kemudian disiram dengan kuah santan kental berwarna kuning karena diwarnai dengan kunyit. Lantas ditaburi bawang goreng dan emping goreng dan perasan jeruk nipis.
Untuk soto kuning di Bogor, yang paling dikenal adalah soto kuning Pak Yusup dan Soto Kuning M. Yusuf di Jalan Surya Kencana Bogor.
4.    Lapis Talas Bogor
Selain roti unyil yang melegenda. Di tahun 2011, lapis bogor berbahan tepung talas mulai bermunculan. Yang paling konsisten adalah Lapis Bogor Sangkuriang (LBS) yang bisa dikatakan pioner dalam hal produk lapis bogor yang menggunakan bahan dasar tepung talas. Nah, LBS sendiri sekarang ini sudah memiliki 9 varian rasa termasuk di dalamnya LBS original, LBS kopi susu dan varian lainnya.
Lapis Bogor Sangkuriang ini sudah menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Bogor. Jadi kalau kalian sempat berkunjung ke Bogor, kalian bisa coba dan membelinya untuk oleh-oleh.
Ada beberapa store LBS yang tersebar di penjuru Bogor. Namun jika kalian tidak ada waktu, LBS membuka layanan antar ekspres. Atau jika kalian enggak mau repot banyak toko toko kecil yang menjual lapis bogor.
5.    StikTalas Bogor
Talas bogor adalah salah satu bahan pangan lokal yang banyak dibudidayakan petani di Bogor. Makanya beberapa oleh-oleh khas Bogor atau makanan khas Bogor berbahan dasar talas. Salah satunya adalah stik talas. Umbi talas yang telah dibersihkan dipotong memanjang menyerupai stik kemudian digoreng. Ada tiga warna stik talas yang biasanya dijual warna putih dengan rasa asin, warna kuning (direndam dengan pewarna kuning) rasanya juga asin, dan stik talas balado dengan rasa pedas.
Stik talas ini tersedia di beberapa swalayan tertentu. Di Bogor biasanya ada di Ngesti Swalayan dan Grand Swalayan. Di pasar-pasar, stik talas juga tersedia. Di penjual makanan kering seperti keripik, stik talas juga ada. Biasanya di tempat-tempat wisata, stik talas tersedia sebagai oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu makan dan bawa pulang.
6.    Seupan Taleus (Talas Kukus)
Seperti yang tadi dijelaskan. Melimpahnya talas di Bogor membuat industri kuliner di Bogor enggak jauh-jauh dari talas. Salah satu lagi yang bisa kamu coba adalah seupan taleus atau talas kukus. Seupan taleus yang cukup terkenal berada di Jalan Surya Kencana, di depan Grand Swalayan.
Seupan taleus umumnya adalah umbi talas dipotong-potong serupa dadu kemudian dikukus dan diberi parutan kelapa di atasnya. Dimakan selagi hangat, nikmat sekali. Patut untuk dicoba!
7.    Roti Bogor Permai
Kalau yang ini salah satu roti yang cukup melegenda di Bogor. Berdiri sejak tahun 1963, Roti Bogor Permai memiliki keunggulan sendiri dan tidak kalah dengan roti-roti modern di pusat perbelanjaan.
Outlet Roti Bogor Permai terletak di Jalan Sudirman bersebelahan dengan Bogor Junction. Roti yang ditawarkan beraneka, ada roti isi pisang, keju, cokelat hingga roti gambang khas Bogor Permai juga tersedia. Selain menjual roti, di outlet Bogor Permai juga menjual aneka oleh-oleh khas daerah. Ada juga restoran di outlet ini yang menjual beragam makanan, yang paling enak di Restoran Bogor Permai adalah mie cap gomehnya.
Selain di outlet, Roti Bogor Permai juga dapat ditemukan di beberapa mall seperti Botani Square.
8.    Doclang
Makanan khas Bogor yang enggak kalah enaknya adalah doclang. Biasanya hidangan ini dimakan saat sarapan. Doclang ini cukup mudah ditemui di perkampungan-perkampungan di Bogor.
Doclang ini adalah sajian makanan yang terbuat dari ketupat, tahu goreng yang dipotong-potong, dan disiram dengan bumbu kacang encer. Kemudian ditaburi bawang goreng dan dinikmati dengan kerupuk.  Beberapa doclang biasanya ada telur rebus sebagai tambahan. Seporsi doclang untuk sarapan sekitar delapan hingga 15 ribuan.
9.    Asinan
Ini makanan yang juga sangat khas di Bogor. Asinan ini terbuat dari buah-buahan juga sayur-sayuran yang direndam dalam kuah asinan yang rasanya asam pedas. Buah yang digunakan untuk asinan cukup banyak jenisnya, ada nanas, kedondong, pepaya, mangga, bengkuang, sedangkan sayuran yang digunakan untuk asinan adalah tauge, kol, wortel, selada dan mentimun.
Kuah asinan biasanya terbuat dari cabai, gula, asam, dan garam. Di Bogor ada beberapa asinan yang unik selain asinan sayuran dan buah-buahan. Asinan jagung bakar khas Bogor. Kalau kamu penasaran dan pengen coba bisa mencarinya di sekitaran Jalan Surya Kencana. Di sepanjang jalan ini, banyak diperoleh aneka asinan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Selain asinan di Surya Kencana, kamu dapat memperoleh asinan di sekitara Terminal Baranang Siang atau samping Ngesti Padjajaran.
10. Dodongkal
Salah satu penganan khas Bogor yang juga bisa kalian nikmati saat berkunjung ke Bogor adalah dodongkal. Dodongkal ini sejenis jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras dengan tambahan gula, keduanya dikukus kemudian disajikan dengan bentuk kerucut seperti nasi tumpeng. Untuk mencicipinya, dodongkal ini akan dibelah dan dipotong.
Di beberapa daerah di Bogor, dodongkal mudah ditemukan di jalan-jalan. Rasanya yang manis dan harum khas tepung beras membuat dodongkal enak disajikan dengan teh hangat atau kopi. Kalau kamu berkunjung ke Bogor, wajib deh nyobain dodongkal ini.
***
Nah itu dia, 10 makanan yang wajib kalian coba kalau berkunjung ke Bogor. Kalau enggak bisa semuanya, minimal satu atau dua makananlah yang bisa kalian coba, biar ada kesan yang dirasa tak hanya menikmati keindahan pemandangan di Bogor juga kenikmatan rasa kulinernya.
Demikianlah sepuluh makanan khas Bogor yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Bogor. Semoga tulisan ini bermanfaat! Terima kasih...

2 komentar:

  1. Menarik dalam mencoba setiap kuliner di daerah. Bahkan untuk urusan nama, bahan baku biasanya akan ada cerita di balik itu. Dan jika diulik lebih dalam, cerita demi cerita adalah kekuatan kuliner itu sendiri yang tidak terpisahkan.
    Saya belum pernah ke Bogor, namun cerita tentang beberapa makanannya sudah sampai di telinga dan mara melalui buku dan video-video yang sedikit kurang ajar memamerkannya. Membuat aku mupeng luar biasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Tiyuh...
      banyak kisah di balik setiap makanan. Banyak sejarah yang terkandung di setiap makanan yang ada. Apalagi makanan tradisional di daerah-daerah wuih... banyak kisah serunya.
      Main-mainlah ke Bogor mbak... ntar aku traktir nyobain berbagai makanan khas Bogor. sekalian ntar dibawa pulang untuk oleh-oleh Bogor he... he... he....

      Hapus

7 Cara Agar Tetap Awet Muda

Hai para pembaca yang budiman.....