Kamis, 26 September 2019

Kopi Lampung


Bicara soal kopi kita pasti akan bertanya, dari mana asal kopi itu berada? Nah, di Indonesia banyak sekali daerah-daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi. Sebut saja Aceh, Toraja, Bali dan Lampung.  Sebagai ulun (baca: orang) Lampung bangga dong karena kopi Lampung lumayan dikenal khalayak ramai dan menjadi salah satu kopi yang diminati.


Banyaknya kedai-kedai kopi yang muncul di kota metropolitan membuat budidaya kopi menjadi angin segar bagi petani-petani kita khususnya petani kopi. Tren anak muda yang menghabiskan waktu dengan nongkrong di kedai-kedai kopi atau para pekerja yang menghabiskan waktu istirahat di warung kopi, membuat bisnis kopi ini begitu menjanjikan.
Saya tinggal di Lampung dari kecil, tepatnya di Kotabumi, ibu kota dari kabupaten Lampung Utara.  Ibu saya yang bukan petani membuat kami tidak memiliki lahan yang cukup untuk berkebun. Ada sih lahan yang lumayan tapi palingan untuk menanam sayur mayur, menanam pohon pisang, beternak ayam dan entog (bebek manila), dan jika ada lahan lebih biasanya akan ditanami singkong. Siklus singkong yang cepat menghasilkan umbi di umur delapan bulan membuat banyak orang lebih memilih untuk bertanam singkong. Lebih menguntungkan apalagi jika harga singkong sedang tinggi.

Di tempat saya, kesuburan tanahnya cukup subur. Padahal tipikal tanah di Sumatera itu biasanya kurang subur, tapi tidak di Kotabumi. Segala sayur mayur (kecuali sayuran yang tumbuh di daerah dingin seperti brokoli dan wortel) tidak dapat tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan tanaman lain buah-buahan seperti mangga, rambutan dengan jenisnya yang beraneka ragam tumbuh dengan sangat baik dan berbuah rutin setiap musimnya.

Balik lagi ke kopi, tetangga saya punya lumayan banyak pohon kopi di belakang rumahnya. Kebetulan tanahnya luas banget, berhektar-hektar. Setelah saya selidiki, ternyata jenis kopi yang bisa tumbuh di daerah saya adalah kopi robusta. Biasanya pohonnya lumayan besar dan daunnya lebar. Nama robusta sendiri berasal dari kata “robust” yang artinya kuat. Biji kopi robusta memang memiliki rasa yang kuat dan lebih pahit dibandingkan kopi yang lain seperti arabika. Nah, Indonesia ini jadi salah satu negara penghasil kopi terbesar jenis robusta di dunia.

Bunga Kopi

Yang saya suka kalau musim bunga kopi bermekaran, warna putih bunga kopi biasanya akan mengeluarkan wangi harum yang semerbak. Enak dan menenangkan dan itu moment yang paling saya suka. Apalagi kalau lagi musim buah-buahan, rambutan sama jambu. Udah deh, betah berlama-lama di belakang rumah tetangga. Bunga kopi kadang suka dimainin anak-anak cewek buat masak-masakan.

Bunga kopi yang lolos dari bahan untuk masak-masakan anak cewek biasanya akan menjelma menjadi pentil kecil buah yang menghijau dan lama kelamaan akan membesar lalu berubah warna menjadi merah. Kalau sudah merah gitu, kami kadang suka memakannya. Daging buah kopi yang tipis rasanya manis. Itu barangkali yang membuat binatang luwak suka. Cuma biji kopi yang dagingnya sudah kami seruput biasanya kami buang.

Kalau sudah banyak kopi yang berwarna merah. Tetangga suka memetiknya tanpa memilah. Maksudnya buah kopi yang berwarna hijau juga ikut serta bercampur dengan buah kopi warna merah. Biasanya tetangga dapat beberapa karung dan dijemur di halaman rumah. Buah kopi yang tadinya berwarna merah dan hijau lama-lama mengering dan berwarna coklat.


Ibu yang pecinta kopi biasanya akan beli biji kopi dari tetangga yang kopinya sudah mulai mengering. Kulit kopi akan dilepas melalui penggilingan yang sudah ada, emak biasanya menyuruh ikam atau kakak untuk ke penggilingan.

Setelah kulit biji terpisah, biji kopinya dijemur sebentar lalu  disangrai sampai berwarna gelap. Tapi enggak boleh gosong. Biar kopi nggak berasa pahitnya, sama ibu biasanya ditambah beras saat disangrai. Cuma cara ini buat beberapa orang enggak suka karena keotentikan rasa kopi berkurang. Kopi yang sudah disangrai biasanya ditumbuk dengan menggunakan tumbukan tradisional yaitu tumbukan dari kayu yang dilubangi tengahnya, penumbuknya juga dari kayu. Orang Lampung biasanya menyebutnya lesung.

Setelah halus kopi yang sudah ditumbuk akan disaring dan akan disimpan ibu di dalam toples buat stok di dapur beberapa bulan. Biasanya kalau ada tamu, minuman kopi jadi sajian utama. Sampai sekarang kebiasaan minum kopi yang dibuat sendiri masih berlangsung. Orang Lampung jarang minum kopi sachet, nggak kopi banget.

Kalau menyeduh kopi kan biasanya pakai gula. Ada yang unik kalau gula putih di rumah enggak ada. Ibu biasanya akan minum kopi dengan gula merah. Jadi gulanya digigit terus kopinya diseruput. Kebiasaan ini enggak cuma ada di Lampung doang sih, di beberapa daerah di Indonesia juga ada.

Saat event kompetisi produk kopi tingkat internasional digelar di Paris Oktober kemarin, 23 produk kopi Indonesia berhasil memborong penghargaan. Dan Kopi Lampung AEKI D’Lampung berhasil dapat bronze gourmet.  Kompetisi ini diikuti lebih dari 170 produsen kopi di seluruh dunia loh. Nah, Indonesia berhasil jadi negara kedua yang memperoleh penghargaan terbanyak setelah Kolombia. Keren kan dan membanggakan.

Meskipun Kopi Lampung sudah terkenal sampai mancanegara, tapi sayang sungguh disayang saya enggak bisa minum kopi. Terhalang sakit maag, tapi kalau sesekali bolehlah, paling perut kembung sedikit ha... ha... ha...

Minum kopi paling enak kalau ada temannya. Biasanya ibu akan minum kopi dengan rebusan pisang atau pisang goreng, singkong rebus atau singkong goreng atau biasanya minum kopi dengan hidangan biskuit. Kalau sempat ibu biasanya membuat keripik pisang khas Lampung dari pisang kepok yang ditanam di belakang rumah. Pisang yang sudah tua (belum matang dan berwarna hijau) ditebang, kemudian dikupas dan diiris tipis-tipis dan digoreng.

Udah deh kalau minum kopi sambil mengunyah keripik pisang, rasanya juara banget. Nganik bangik deh pokoknya!


Setiap mudik lebaran ke Lampung dan balik lagi ke perantauan, saya biasanya akan bawa kopi lampung untuk oleh-oleh. Beberapa merek biasanya ikam bawa dan dibagikan ke rekan kerja. Biasanya kopi Lampung jadi oleh-oleh rebutan khususunya untuk bapak bapak.

Kalau kalian pengen banget nyobain kopi lampung. Sekarang mah gampang bisa pesan di online shop. Atau pesan dari teman-teman yang sedang berkunjung ke Lampung. Sekalian pesan keripik pisang juga. Terus makan saat menunggu senja di beranda rumah ditemani rintik hujan dan lagu-lagu tahun 90-an. Juara!

Baiklah, demikian sekelumit tentang kopi Lampung. Saya belum cerita banyak tentang seluk beluk dan daerah mana saja yang jadi penghasil kopi di Lampung. Tapi setidaknya tulisan ini ngasih gambaran sedikit betapa pentingnya kopi untuk masyarakat Lampung khususnya ibu saya ha... ha... ha....

Sampai jumpa di tulisan tentang Kopi Lampung dari sudut pandang lain dan makanan khas lainnya. Terima kasih sudah membaca!

Senin, 23 September 2019

Kemenangan Kodi Lee di America's Got Talent Season 14

Kodi Lee wins America's Got talent
Kodi Lee dan pianonya
Gemuruh penonton di studio terdengar tatkala seorang wanita paruh baya dengan anak remaja masuk menuju panggung performance. Wanita paruh baya tersebut menuntun remaj tersebut yang memegang tongkat. Saat di hadapan juri sebelum perform, sang remaja tersebut terlihat menggerak-gerakan kepalanya dan tersenyum sekilas sembari tetap memegang tongkatnya.

“Hai. Selamat datang,” ucap salah satu juri.

“Hello!” jawab sang anak remaja.

“Welcome to America's Got Talent. What’s your name?” tanya juri lagi.

“I’m Kodi,” jawab remaja tersebut dengan gaya yang begitu khas. “I’m Kodi Leee,” lanjutnya lagi, masih dengan gaya yang khas ditambah ucapan panjang di kata terakhir.

“Hai Kodi!” ucap juri. “Berapa umurmu?” tanyanya lagi.

“I’m twenty two years old,” jawab Kodi masih dengan gaya yang begitu khas. Gaya yang tidak asing bagiku.

“Who are you, Miss?” tanya juri lain. Kali ini mengarah pada wanita paruh baya.

“I’m mom. I’m Tina Lee,” jawab wanita itu yang ternyata adalah ibu dari Kodi Lee.

“Hai Tina!” Beberapa juri menyapa sang ibu.

“Apa yang akan kamu lakukan kali ini?” tanya juri kepada Kodi Lee.

“I’m gonna sing A Song For You on the piano,” tanya Kodi Lee masih dengan intonasi yang begitu khas.

“Tina, dapatkah kamu ceritakan tentang Kodi Lee?”

“Kodi adalah tunanetra dan penyandang autis,” jawab ibunya kemudian menjelaskan tentang Kodi Lee yang tertarik dengan musik.



Aku mengangguk. Ada haru yang tiba-tiba merasuk kemudian tanpa diijinkan air mata mulai mengalir perlahan di pipi. Aku dapat merasakan bagaimana perjuangan seorang ibu untuk anak-anak penyandang autis.

“Kamu siap, Kodi Lee?” tanya juri.

“Yes, I’m readyy,” jawab Kodi Lee kemudian sang ibu menuntun Kodi Lee menuju ke piano.

Sesaat sebelum tampil, sang ibu berbisik memberi motivasi dan semangat kepada Kodi Lee. Setelah itu, sang ibu bergeser ke samping panggung bergabung dengan host dan saudara Kodi Lee.

Kodi Lee pun tampil menyanyikan lagu A Song For You sembari bermain piano.

Aku terhenyak. Saat Kodi Lee mulai menyanyikan lirik awal, suaranya saat bicara dengan bernyanyi benar-benar jauh berbeda. Saat bernyanyi suara Kodi Lee terdengar jelas artikulasinya, intonasi pada setiap lirik juga terdengar begitu tepat. Jika orang melihat Kodi Lee saat bernyanyi pasti tidak dapat menebak jika Kodi Lee adalah penyandang autis.

Penonton di studio bertepuk gemuruh. Jajaran juri terlihat terperangah melihat Kodi bernyanyi.  Simon Cowell terlihat bengong, seperti tidak percaya. Begitu pula dengan juri yang lain. Sang ibu dan saudara Kodi yang melihat dari samping panggung terlihat berair mata. Masuk ke pertengahan hingga akhir lagu, beberapa juri mulai meneteskan air mata. Saat lagu berakhir, semua juri memberikan standing ovation, begitu juga penonton.

Aku yang melihat penampilan Kodi kembali berurai air mata ha... ha... ha... . Sesunggukan. Ada emosi yang mengaduk-aduk. Aku teringat akan beberapa muridku yang juga penyandang autis. Aku teringat bagaimana perjuangan orangtua mereka untuk terus bertahan dan membuat anak-anak mereka diterima masyarakat dan tidak diolok-olok.
Kodi Lee dan Garbrielle Union
Juri memberikan komentar mereka pada Kodi Lee. Semua juri terpukau dengan aksi Kodi. Suasana makin haru ketika salah satu juri Gabrielle Union menekan tombol Golden Buzzer. Kodi Lee melompat bahagia ketika host berteriak, “Kodi Lee, selamat kamu mendapatkan Golden Buzzer dan langsung lolos ke babak berikutnya.”

***
Masuk ke babak perempat final, Kodi Lee menyanyikan lagu Bridge Over Troubled Water masih dengan memainkan pianonya. Di awal-awal lagu, suara rendah Kodi Lee terdengar begitu manis. Tidak banyak penyanyi yang dapat bernyanyi di nada-nada rendah. Masuk ke pertengahan lagu, Kodi mulai memainkan dinamika. Bahkan di beberapa bagian, Kodi Lee mengeluarkan kemampuannya dengan bermain falset dan suara di nada tinggi.  Penonton terpukau, juri terpukau. Standing ovation kembali diberikan. Dan, Kodi Lee berhasil melaju ke babak semifinal.

Di babak semifinal, kali ini Kodi Lee membawakan lagu milik Calum Scott yang bertajuk You Are The Reason. Masih memukau. Kemampuan Kodi Lee benar-benar diberikan. Beberapa kali Kodi memberikan ornamen-ornamen membuat lagu You Are The Reason mengalun makin indah.

Penampilan Kodi Lee yang terus memukau bukan saja karena teknik bernyanyinya yang mumpuni namun Kodi mampu menghadirkan nyawa di setiap lagu yang dinyanyikan apalagi Kodi bernyanyi sambil memainkan piano, tambah terasa nyawa dan rasa yang hadir.

Jadi, wajar saja setiap penampilan Kodi Lee, juri dan penonton di studio tidak segan memberikan standing ovation. Dan penonton di rumah tidak segan memberikan votenya untuk Kodi Lee sehingga ia mampu melaju ke babak final.

Lagu Lost Without You dipilih Kodi Lee untuk dnyanyikan di babak final. Soal penampilan sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Selalu memukau.

Kemenangan Kodi Lee
Saat pengumuman pemenang America's Got Talent Season 14

 “The winner 1 million dollars is.... “ ucap host kemudian sekali lagi melihat ke arah kertas. “Kodi Lee...,” teriak host. Kodi Lee yang digandeng sang ibu melombap-lompat bahagia.

“It so amazing,” jawab Kodi Lee saat ditanya kemenangannya.

Perjuangan Kodi Lee di America’s Got talent season 14 terlihat lancar tanpa halangan yang berarti. Kenapa aku bilang begitu, Kodi Lee yang bernama lengkap Kodi Taehyun Lee sudah terlatih sejak lama dalam bernyanyi dan bermain musik.  Jadi wajar saja setiap penampilannya selalu memukau.

Namun di balik memukaunya penampilan Kodi Lee, ada sang ibu yang sejak awal audisi menemani Kodi.  Kodi yang dilahirkan dari pasangan Amerika Korea diketahui menyandang autis saat berumur empat bulan.

Mengetahui anaknya menyandang autis Tina Lee sang ibu tidak tinggal diam. Beragam terapi pun dilakukan hingga pilihan yang mengerucut pada musik membuat Kodi Lee bertahan hingga sekarang.

Keteguhan, kesabaran, dan ketangguhan Tina Lee dalam mengarahkan Kodi Lee patut diapresiasi. Patut menjadi inspirasi tidak hanya bagi orangtua yang memiliki anak penyandang autis atau keterbatasan lainnya namun untuk semua orangtua di seluruh dunia.

Penampilan terakhir Sang Juara, Kodi Lee kembali menyanyikan lagu You are The Reason milik Calum Scott. Namun kali ini, Kodi tidak sendiri, ia menyanyikan lagu ini dengan Leona Lewis yang merupakan juara X Factor Inggris tahun 2016.

I'd climb every mountain
And swim every ocean
Just to be with you
And fix what I've broken
Oh, 'cause I need you to see
That you are the reason

Penampilan Kodi Lee saat Audisi di Youtube America's Got Talent
***

Kamis, 19 September 2019

Sepuluh Lagu Terbaik Tulus


Setuju kalau saya bilang, Tulus adalah salah satu penyanyi terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Semenjak kemunculannya di tahun 2011, kehadiran Tulus seperti angin segar untuk industri musik Tanah Air. Selain memiliki suara merdu dengan teknik yang mumpuni, Tulus juga jago dalam menciptakan lagu. Lagu yang diciptakannya pun memiliki kualitas di atas rata-rata lagu-lagu  yang beredar. Notasi lagu dan lirik dengan penggunaan diksi yang apik membuat lagu-lagu Tulus tidak gampang dicerna dan mencerdaskan tentunya. Penggunaan kata-kata yang menarik, video klip yang digarap tim Tulus juga tidak tanggung-tanggung, sarat akan makna dengan selalu memerhatikan estetika.


Kecerdasan Tulus dalam menggarap setiap lagu membuat namanya makin disegani di industri musik. Beberapa penghargaan bergengsi di Indonesia berhasil ia sabet. Di perhelatan Anugerah Musik Indonesia, album Gajah dan Monokrom hampir memborong semua piala bergengsi termasuk lagu terbaik-terbaik dan karya produksi terbaik terbaik.
Saya mulai “rajin” mendengar lagu-lagu Tulus saat album Gajah beredar. Sebelumnya lagu Tulus di album pertama yang saya dengar adalah Sewindu dan Teman Hidup, itu juga hanya sekenanya. Awalnya, saya berpikir kalau kehadiran Tulus dengan lagu-lagu yang kurang dapat dicerna akan menyulitkannya untuk diterima dengan baik di industri musik Indonesia. Namun, makin ke sini, Tulus hampir masuk ke semua kalangan. Lagunya disetel di radio-radio, beberapa musisi jalanan pun tidak segan untuk menyanyikan lagunya, acara-acara musik pun tidak absen untuk memutar lagu-lagunya. Hampir semua lagu Tulus hits dan masuk ke tangga lagu.

Dari puluhan lagu Tulus yang sudah dirilis di tiga album maupun lagu kolaborasi, ada sepuluh lagu terbaik Tulus versi saya (catat versi saya). Terus terang sangat sangat sulit menentukan lagu Tulus mengingat semua lagu Tulus emang keren-keren. Apa saja sepuluh lagu terbaik Tulus?


1.    Ruang Sendiri
Ruang Sendiri adalah salah satu lagu yang ada di album Monokrom. Lagu ini dibuat video klipnya setelah lagu Pamit yang menjadi single perdana dan andalan. Ruang Sendiri bercerita tentang hubungan yang perlu jeda untuk menikmati kesendirian. Kalau emak-emak, perlu me time di tengah kesibukan mengatur rumah tangga. Bapak-bapak perlu ruang sendiri bersama teman-temannya tanpa pasangan untuk menikmati hobi dan kesenangan sendiri.

Perhatikan lirik-lirik di awal lagu ini....

Beri aku kesempatan tuk bisa merindukanmu
Jangan datang terus
Beri juga aku ruang bebas dan sendiri
Jangan ada terus...

Aku butuh tahu
Seberapa ku butuh kamu
Percayalah rindu itu baik untuk kita

2.    Monokrom
Kalau dibilang, lagu ini adalah lagu yang membuat hati saya terenyuh. Tulus mampu menghadirkan keindahan lagu dan lirik yang tak kalah indah. Lagu Monokrom adalah lagu yang bercerita tentang ucapan terima kasih seorang anak terhadap kedua orangtuanya. Sesederhana itu sebenarnya, hanya seperti yang saya bilang sebelumnya, Tulus memberikan kekuatan di melodi dan lirik.

Simaklah di bagian reffrein

Di mana pun kalian berada
Kukirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku
dan banyak kenangan indah
Kau melukis aku


3.    Manusia Kuat
Kalau bicara soal motivasi, sepertinya lagu ini cocok untuk kalian nikmati. Tempo lagu yang sedikit cepat dan lirik yang membangkitkan energi juang dihadirkan di lagu Manusia Kuat ini. Lagu ini juga sangat-sangat pas untuk teman-teman yang kerap jadi korban perundungan (bullying), teman-teman berkebutuhan khusus. Video klip Manusia Kuat pun dibuat begitu menarik dengan tetap memerhatikan seni dan estetika namun tetap menghibur dan memotivasi.

Manusia-manusia kuat Itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat Itu kita
Manusia-manusia kuat Itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat Itu kita

4.    Sewindu
Pernah mendengar lagu-lagu patah hati? Bagaimana liriknya? Kerapkali lagu galau karena putus cinta atau diduakan berlirik berdarah-darah. Namun berbeda dengan Sewindu Tulus, lagu ini adalah lagu tentang patah hati yang ditulis dengan melodi dan lirik berkelas. Kenapa saya menyebutnya demikian coba perhatikan beberapa perumpamaan-perumpamaan di lagu ini....

Sesaat dia datang pesona bagai pangeran
Dan beri kau harapan bualan cinta di masa depan
Dan kau lupakan aku semua usahaku
Semua pagi kita, semua malam kita

Indah bukan?

5.    Teman Hidup
Lagi cari pasangan hidup? Lagu ini rasanya tepat menggambarkan bagaimana bersyukurnya mendapatkan pasangan hidup. Beberapa kali lagu ini saya nyanyikan di depan istri saya. Apalagi saat bagian lirik yang ini....

Bila di depan nanti
Banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku, kupunya kamu
Selamanya akan begitu....

Nada tinggi dan lirik yang emosional membuat saya bergetar saat menyanyikan bagian ini.


6.    Tukar Jiwa
Pernah naksir sama seseorang tapi bingung cara mengungkapkan betapa kagumnya, betapa sayangnya kamu terhadap seseorang itu? Lagu Tukar Jiwa ini cocok sekali menggambarkan “cinta diam-diam” yang kamu miliki. Seperti pada bagian lirik ini....

(Coba sehari saja)
Coba satu hari saja kau jadi diriku
(Kau akan mengerti)
Kau akan mengerti bagaimana 'ku melihatmu
Mengagumimu
Menyayangimu
Dari sudut pandangku
Dari sudut pandangku

Gemes banget pastinya, mengagumi dan mencintai seseorang namun enggak bisa berbuat banyak. 

7.    Sepatu
Ah, ini juga, lagu yang buat hati saya meleleh. Tulus mampu menganalogikan kegunaan sepatu dalam sebuah hubungan manusia. Sayangnya hubungan itu seperti harapan yang sama sekali tidak akan terealisasikan. Sadar ingin bersama-sama namun karena satu dan lain hal tidak memungkinkan.

Kita sadar ingin bersama
Tapi tak bisa apa-apa
Terasa lengkap bila kita berdua
Terasa sedih bila kita di rak berbeda
Di dekatmu kotak bagai nirwana
Tapi saling sentuh pun kita tak berdaya

Sebenarnya Sepatu adalah lagu galau yang dikemas seapik mungkin sehingga rasa galaunya terobati dengan lirik dan melodi yang unik.

8.    Gajah
Masa kecil adalah masa yang paling indah, hubungan pertemanan juga begitu seru meskipun beberapa mengesalkan. Apalagi kalau waktunya bertengkar, berbagai macam olokan akan keluar mulai dari mengejek badan hingga nama orangtua dibawa-bawa. Saat itu kesalnya minta ampun, namun ketika diingat-ingat saat dewasa bakalan membuat tersenyum sendiri. Lagu Gajah ini hadir saat masa-masa kecil Tulus yang menyenangkan dan mengesalkan tentunya. Saat kecil, tubuh Tulus yang bongsor membuatnya dijuluki gajah oleh teman-temannya. Namun julukan itu ternyata adalah doa, gajah adalah hewan dengan daya ingat yang kuat.

Waktu kecil dulu mereka menertawakan
Mereka panggilku gajah
(Kumarah ...) Kumarah
Kini ku baru tahu puji di dalam olokan
(Mereka ingatku marah)
Jabat tanganku panggil aku gajah
Kau temanku kau doakan aku
Punya otak cerdas aku harus tangguh
Bila jatuh gajah lain membantu
Tubuhmu disituasi rela jadi tamengku


9.    Diaroma
Tahu arti diaroma? Diaroma adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Jika dilihat dari melodi dan lirik, lagu ini sedikit sulit diterjemahkan. Namun kalau menurut saya, lagu ini berkisah tentang hubungan yang jalan di tempat dan berakhir pada ketidakbersamaan.

Sakit hatimu karena aku
Sakit membekas dalam, jadi bagian sejarah
Tak ada kesempatan untuk berkilah
Untuk selamanya masa itu menguasaimu
Harusnya cerita ini bisa berakhir lebih bahagia
Tapi kita dalam diorama
Harusnya sisa masaku buat indah menukar sejarah
Tapi kita dalam diorama
Diorama

10. Jangan Cintai Aku Apa Adanya
Kalau banyak lirik lagu tentang cintaiku apa adanya, Tulus membantah itu semua lewat lagu ini. Jangan Cintai Aku Apa Adanya berkisah tentang satu pasangan yang menerima satu sama lain tanpa menuntut ini dan itu. Justru sang laki-laki minta dicintai dengan menuntut sesuatu agar kehidupanbisa lebih baik, itulah laki-laki sejati.


Video klip lagu ini digarap dengan alur cerita yang sederhana namun kena di hati. Bagaimana perjuangan seorang suami dalam memberikan nafkah untuk keluarganya. Epik sekali, sangat-sangat menyentuh....

Saya suka bagian lirik ini....
Aku....
Ingin lama jadi petamu
Aku....
Ingin jadi jagoanmu
OohOooh
Jangan cintai aku apa adanya
Jangan....
Tuntutlah sesuatu
Biar kita jalan ke depan
Dalem banget kan?
***
Demikianlah sepuluh lagu terbaik tulus versi erfano.com. Kalau menurut kamu, lagu Tulus yang mana yang terbaik?

Rabu, 11 September 2019

Kemana pun Kamu Pergi Mulai dengan Grab For Business


 ***
Jika kau tidak memikirkan keselamatan bumi
Setidaknya peduli sesekali
Kurangi pakai kendaraan pribadi
Bawa wadah sendiri
Atau....
Berhenti nyinyir orang yang peduli

Tulisan di instagram itu saya baca persis ketika sedang menunggu kendaraan online. Isu soal kembali ke hidup go green memang sudah digadang-gadang sejak lama. Sejak bumi sudah mulai pongah dengan tingkah manusia. Salah satu yang dikampanyekan adalah memilih kendaraan umum untuk berpergian.

Sudah sejak lama, saya adalah salah satu penggemar kendaraan umum. Selain alasan go green, menggunakan kendaraan umum lebih efisien dalam menjangkau tempat saat berpergian. Meskipun saya akui, beberapa kendaraan umum di negeri ini kurang maksimal dalam “memanjakan” penggunanya.

Grab for Business membantu perusahaan dan profesional
Grab for Business

Hadirnya kendaraan online, terus terang membuat saya bahagia. Pengguna cukup dimanjakan dengan hadirnya mobil pribadi yang kebersihannya terjaga. Atau ojek motor yang biaya perjalanannya sudah diketahui pengguna, sehingga driver tidak semena-mena dalam menentukan harga.

Penggunaan kendaraan online tidak hanya saya lakukan untuk aktivitas pribadi. Saya juga memanfaatkan kendaraan online untuk aktivitas kantor atau bisnis. Penggunaan kendaraan online untuk urusan kantor dan bisnis jelas memudahkan urusan saya, sehingga saya sering menggunakan jasa ini untuk urusan kantor.

Namun, bukti atau nota dalam menggunakan jasa kendaraan online yang kurang detail, sejujurnya lumayan menyusahkan saya terutama dalam membuat laporan keuangan.
***

Untuk divisi media
Ditunggu laporan keuangannya ya!

Menjelang akhir bulan, pesan whatsapp bagian keuangan muncul untuk mengingatkan. Dan seperti biasa, saya juga sudah menyiapkan laporan keuangan lengkap dengan nota-nota belanja selama satu bulan. Namun ada hal yang mengganjal saya, beberapa nota terpaksa tidak ada atau diganti dengan secarik kertas bertuliskan keterangan dan biaya yang dikeluarkan dan tanda tangan saya.

Dan, kebanyakan nota yang terpaksa tidak ada adalah keterangan dari transportasi online. Kalaupun ada tidak terlalu detail melakukan perjalanan dari mana ke mana. Seringnya saya menggunakan ojek online dengan biaya yang tidak seberapa. Itu membuat saya akhirnya terkadang tidak memasukkan biaya transportasi dalam laporan.

“Fan, tanda bukti transportasi online kok cuma kertas biasa?” Pertanyaan itu yang selalu terlontar di bagian keuangan ketika mereka memeriksa laporan bulanan divisi media.

“Iya, soalnya agak susah kalau minta langsung ke mamang drivernya ribet gitu.” Saya menjawab. “Jadi saya tulis di kertas dan kutanda tangani.” Saya melanjutkan.

Biasanya bagian keuangan akan memaklumi. Cuma bagi saya terlihat kurang profesional saja menyerahkan laporan keuangan dengan kuitansi buatan sendiri.

Grab for Business
Saya langsung mengiyakan ketika undangan “Ngobrol Produktif bareng Grab” masuk ke email. Sebagai pengguna kendaraan online, grab adalah salah satu yang sering saya gunakan dalam berpergian.

Banyak ilmu dan informasi yang saya dapatkan di acara ini. Grab yang telah menjangkau 300 lebih kota di 8 negara di Asia Tenggara, nyatanya tidak hanya menjalankan bisnis untuk menghasilkan profit, namun benar-benar “memanusiakan” pelanggan dan drivernya. Beberapa video yang menggambarkan kepedulian Grab terhadap driver membuat saya salut seperti driver wanita yang akan diumrohkan. Luar biasa!

Langkah Jauh Grab untuk Pelanggannya

Grab yang merupakan jasa kendaraan online nomor satu di Asia Tenggara selalu memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Salah satunya untuk urusan perjalanan bisnis atau kantor, Grab membuat Grab for Business.

Layanan Grab for Business ini memudahkan perusahaan atau profesional dalam melakukan perjalanan bisnis, bukti pembayaran dan proses klaim melalui Grab for Business. Hal ini membuat perusahaan dapat mengontrol dan mengendalikan anggaran terutama dalam hal transportasi. Perusahaan dapat memesan grab untuk karyawan mereka dan tamu dengan fitur Grab for Business. Setiap minggu atau bulan grab memberikan Grab Rewards dengan berbagai hadiah menarik. Selain itu, perusahaan juga dapat memanjakan tamu atau klien dengan menggunakan Grab Gifts yang dapat disesuaikan penggunaannya (jenis layanan, waktu, lokasi, frekuensi penggunaan, penamaan kode promo dan pastinya nilai voucher).

Adanya Grab Express pada fitur Grab for Business  juga memudahkan perusahaan dalam melakukan pengiriman dokumen. Keamanan dengan fitur pelacakan dan bukti pengiriman membuat layanan Grab Express patut untuk digunakan.

Fitur Concierge pada Grab for Business merupakan layanan transportasi web booking yang memudahkan perusahaan dalam menggunakan layanan grab tanpa menggunakan aplikasi grab. Layanan ini juga dapat digunakan di beberapa perjalanan dalam waktu yang bersamaan.

Cara Mengaktifkan Grab For Business

Dalam mengaktifkan grab for business ini sangatlah mudah.
1. Buka menu profil pada aplikasi grab kamu
2. Pilih “Add a business” di bawah profil kamu
3. Ikuti petunjuk untuk menyaipak Profil Bisnis
4. Saat anda sudah siap, pesan perjalanan bisnis anda.

Mudah bukan?

Selain keuntungan di atas, melalui Grab for Business ini menawarkan promo periode periode tertentu (promo tiap hari, tiap minggu dan tiap bulan).

Setelah mengubah setting akun menjadi akun bisnis, saya mencoba untuk menggunakan Grab for Business ini. Saya pun memilih laporan mingguan untuk mendapatkan reward setiap bulannya. Melalui program GrabMazing race, akan ada kesempatan untuk memenangkan Samsung Galaxy Watch Active bagi 10 pengguna tag bisnis terbanyak.

Perjalanan saya dimulai dari kantor saya menuju ke salah satu universitas swasta di Bogor. Memang sih tidak ada bedanya naik grab bike personal dengan grab bike bisnis, sama-sama ramahnya, sama-sama mudahnya. Namun seperti yang saya tuliskan di awal semakin sering menggunakan grab melalui grab for business akan membuat kans kita untuk dapat rewards lebih besar.

Setelah selesai melakukan perjalanan. Email yang saya gunakan untuk mendaftar Grab for Business berbunyi, Your Grab E-Receipt subjeknya, memperlihatkan pesanan saya secara detail mulai dari jenis kendaraan, lokasi penjemputan, lokasi tujuan, memo perjalanan dan tentu saja biaya perjalanan. Dan ini yang saya butuhkan sebagai salah satu nota transportasi untuk laporan keuangan nanti.
 Tanda terima yang dikirim via email

Saya masih sebatas menggunakan Grab for Business untuk melakukan perjalanan bisnis. Belum menggunakan fitur-fitur keren lainnya untuk menunjang urusan bisnis seperti Grab Express, Concierge dan Grab Gift. Namun, perjalanan masih banyak. Berpergian untuk keperluan kantor kerap dilakukan. Jadi masih banyak kesempatan kesempatan untuk menggunakan fitur di Grab for Business.

***

Yuuk, gunakan Grab for Business untuk aktivitas bisnis atau kantormu. Dan... rasakan manfaatnya serta nikmati promo dan rewardnya!


Padang Rumput Savana di Puru Kambera, Sumba.

Pergi ke Sumba tentunya menjadi salah satu impian seseorang. Ya, meski nggak semua orang juga tentunya. Seperti yang sudah tersebar di medi...