Senin, 23 September 2019

Kemenangan Kodi Lee di America's Got Talent Season 14

Kodi Lee wins America's Got talent
Kodi Lee dan pianonya
Gemuruh penonton di studio terdengar tatkala seorang wanita paruh baya dengan anak remaja masuk menuju panggung performance. Wanita paruh baya tersebut menuntun remaj tersebut yang memegang tongkat. Saat di hadapan juri sebelum perform, sang remaja tersebut terlihat menggerak-gerakan kepalanya dan tersenyum sekilas sembari tetap memegang tongkatnya.

“Hai. Selamat datang,” ucap salah satu juri.

“Hello!” jawab sang anak remaja.

“Welcome to America's Got Talent. What’s your name?” tanya juri lagi.

“I’m Kodi,” jawab remaja tersebut dengan gaya yang begitu khas. “I’m Kodi Leee,” lanjutnya lagi, masih dengan gaya yang khas ditambah ucapan panjang di kata terakhir.

“Hai Kodi!” ucap juri. “Berapa umurmu?” tanyanya lagi.

“I’m twenty two years old,” jawab Kodi masih dengan gaya yang begitu khas. Gaya yang tidak asing bagiku.

“Who are you, Miss?” tanya juri lain. Kali ini mengarah pada wanita paruh baya.

“I’m mom. I’m Tina Lee,” jawab wanita itu yang ternyata adalah ibu dari Kodi Lee.

“Hai Tina!” Beberapa juri menyapa sang ibu.

“Apa yang akan kamu lakukan kali ini?” tanya juri kepada Kodi Lee.

“I’m gonna sing A Song For You on the piano,” tanya Kodi Lee masih dengan intonasi yang begitu khas.

“Tina, dapatkah kamu ceritakan tentang Kodi Lee?”

“Kodi adalah tunanetra dan penyandang autis,” jawab ibunya kemudian menjelaskan tentang Kodi Lee yang tertarik dengan musik.



Aku mengangguk. Ada haru yang tiba-tiba merasuk kemudian tanpa diijinkan air mata mulai mengalir perlahan di pipi. Aku dapat merasakan bagaimana perjuangan seorang ibu untuk anak-anak penyandang autis.

“Kamu siap, Kodi Lee?” tanya juri.

“Yes, I’m readyy,” jawab Kodi Lee kemudian sang ibu menuntun Kodi Lee menuju ke piano.

Sesaat sebelum tampil, sang ibu berbisik memberi motivasi dan semangat kepada Kodi Lee. Setelah itu, sang ibu bergeser ke samping panggung bergabung dengan host dan saudara Kodi Lee.

Kodi Lee pun tampil menyanyikan lagu A Song For You sembari bermain piano.

Aku terhenyak. Saat Kodi Lee mulai menyanyikan lirik awal, suaranya saat bicara dengan bernyanyi benar-benar jauh berbeda. Saat bernyanyi suara Kodi Lee terdengar jelas artikulasinya, intonasi pada setiap lirik juga terdengar begitu tepat. Jika orang melihat Kodi Lee saat bernyanyi pasti tidak dapat menebak jika Kodi Lee adalah penyandang autis.

Penonton di studio bertepuk gemuruh. Jajaran juri terlihat terperangah melihat Kodi bernyanyi.  Simon Cowell terlihat bengong, seperti tidak percaya. Begitu pula dengan juri yang lain. Sang ibu dan saudara Kodi yang melihat dari samping panggung terlihat berair mata. Masuk ke pertengahan hingga akhir lagu, beberapa juri mulai meneteskan air mata. Saat lagu berakhir, semua juri memberikan standing ovation, begitu juga penonton.

Aku yang melihat penampilan Kodi kembali berurai air mata ha... ha... ha... . Sesunggukan. Ada emosi yang mengaduk-aduk. Aku teringat akan beberapa muridku yang juga penyandang autis. Aku teringat bagaimana perjuangan orangtua mereka untuk terus bertahan dan membuat anak-anak mereka diterima masyarakat dan tidak diolok-olok.
Kodi Lee dan Garbrielle Union
Juri memberikan komentar mereka pada Kodi Lee. Semua juri terpukau dengan aksi Kodi. Suasana makin haru ketika salah satu juri Gabrielle Union menekan tombol Golden Buzzer. Kodi Lee melompat bahagia ketika host berteriak, “Kodi Lee, selamat kamu mendapatkan Golden Buzzer dan langsung lolos ke babak berikutnya.”

***
Masuk ke babak perempat final, Kodi Lee menyanyikan lagu Bridge Over Troubled Water masih dengan memainkan pianonya. Di awal-awal lagu, suara rendah Kodi Lee terdengar begitu manis. Tidak banyak penyanyi yang dapat bernyanyi di nada-nada rendah. Masuk ke pertengahan lagu, Kodi mulai memainkan dinamika. Bahkan di beberapa bagian, Kodi Lee mengeluarkan kemampuannya dengan bermain falset dan suara di nada tinggi.  Penonton terpukau, juri terpukau. Standing ovation kembali diberikan. Dan, Kodi Lee berhasil melaju ke babak semifinal.

Di babak semifinal, kali ini Kodi Lee membawakan lagu milik Calum Scott yang bertajuk You Are The Reason. Masih memukau. Kemampuan Kodi Lee benar-benar diberikan. Beberapa kali Kodi memberikan ornamen-ornamen membuat lagu You Are The Reason mengalun makin indah.

Penampilan Kodi Lee yang terus memukau bukan saja karena teknik bernyanyinya yang mumpuni namun Kodi mampu menghadirkan nyawa di setiap lagu yang dinyanyikan apalagi Kodi bernyanyi sambil memainkan piano, tambah terasa nyawa dan rasa yang hadir.

Jadi, wajar saja setiap penampilan Kodi Lee, juri dan penonton di studio tidak segan memberikan standing ovation. Dan penonton di rumah tidak segan memberikan votenya untuk Kodi Lee sehingga ia mampu melaju ke babak final.

Lagu Lost Without You dipilih Kodi Lee untuk dnyanyikan di babak final. Soal penampilan sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Selalu memukau.

Kemenangan Kodi Lee
Saat pengumuman pemenang America's Got Talent Season 14

 “The winner 1 million dollars is.... “ ucap host kemudian sekali lagi melihat ke arah kertas. “Kodi Lee...,” teriak host. Kodi Lee yang digandeng sang ibu melombap-lompat bahagia.

“It so amazing,” jawab Kodi Lee saat ditanya kemenangannya.

Perjuangan Kodi Lee di America’s Got talent season 14 terlihat lancar tanpa halangan yang berarti. Kenapa aku bilang begitu, Kodi Lee yang bernama lengkap Kodi Taehyun Lee sudah terlatih sejak lama dalam bernyanyi dan bermain musik.  Jadi wajar saja setiap penampilannya selalu memukau.

Namun di balik memukaunya penampilan Kodi Lee, ada sang ibu yang sejak awal audisi menemani Kodi.  Kodi yang dilahirkan dari pasangan Amerika Korea diketahui menyandang autis saat berumur empat bulan.

Mengetahui anaknya menyandang autis Tina Lee sang ibu tidak tinggal diam. Beragam terapi pun dilakukan hingga pilihan yang mengerucut pada musik membuat Kodi Lee bertahan hingga sekarang.

Keteguhan, kesabaran, dan ketangguhan Tina Lee dalam mengarahkan Kodi Lee patut diapresiasi. Patut menjadi inspirasi tidak hanya bagi orangtua yang memiliki anak penyandang autis atau keterbatasan lainnya namun untuk semua orangtua di seluruh dunia.

Penampilan terakhir Sang Juara, Kodi Lee kembali menyanyikan lagu You are The Reason milik Calum Scott. Namun kali ini, Kodi tidak sendiri, ia menyanyikan lagu ini dengan Leona Lewis yang merupakan juara X Factor Inggris tahun 2016.

I'd climb every mountain
And swim every ocean
Just to be with you
And fix what I've broken
Oh, 'cause I need you to see
That you are the reason

Penampilan Kodi Lee saat Audisi di Youtube America's Got Talent
***

21 komentar:

  1. aku penasaran sama aksi Kodi Lee ini, Mas Dan sambil baca ini aku dengerin musiknya yg nyanyikan lagu Song For You. Slaut sama motivasi yg diberikan Ibunya Kodi Kesuksesannya juga berkat ibundanya, TFS mas, jadi tahu sama sosok Kodi Lee ini

    BalasHapus
  2. terimakasih saat mengulas kodi lee...
    saya pun terharu bacanya..

    ngomong2 udah liat claucia emanuella santoso di the voice German?
    saya juga terharu, juri2 juga terharu hiks..

    BalasHapus
  3. Langsung meluncur ke youtube buat nonton aksinya. Kata siapa anak spesial tidak bisa berprestasi? Semua bisa asal orangtuanya care akan kebutuhan si anak. Semua anak itu hebat.

    BalasHapus
  4. LUAR BIASAAAA
    Terharu banget ya Kak kalo menyaksikan penampilan sosok hebat nan inspiring ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Aku udah lama banget nggak ngikutin acara ini. Bener-bener speechless sama penampilannya kodi lee, he's amazing!

    BalasHapus
  6. Dengan kekurangan seperti itu, pastinya ada kelebihan yang luar biasa, namun hanya ibu yang dapat mengeluarkan kelebihan itu, orang lain hanya tau kekurangan saja.

    BalasHapus
  7. Habis baca ini langsung meluncur pinisirin lihat aksi Kodi Lee dong. Luar biasa banget ya, beruntung banget dia mempunyai ibu yang optimis menemani perjalanan hidupnya

    BalasHapus
  8. Saya baru tau kodi Lee dari postingan mas erfano.
    Ibunya luar biasa ya mas..
    mas erfano emang guru utk penyandang disable?
    Salt juga buat mas yang sabar dan telaten menghadapi anak-anak special ♥

    BalasHapus
  9. Ikut terharu membacanya. Semoga ini nenginspirasi ibu-ibu lain yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk terus berjuang sehingga lahir kodi2 yang lain.. Aamiin..

    BalasHapus
  10. Saya baru tau Kodi ini dari postingan Mas Erfano. Saya terakhir nonton yang finalisnya dua gadis cilik dan yang menang yang punya boneka dengan suara perut. Langsung saya nonton youtube-nya nih, Mas.

    BalasHapus
  11. Horeeeeee yu didi it Kodi. Semoga semakin banyak anak - anak "luar Biasa" yang terinspirasi untuk maju dan menemukan bakat mereka.

    BalasHapus
  12. Saya nonton videonya dulu br komen, hikss... Kodi Lee is great!! His mom also an awesome mom. Ada saja kelebihan yg Allah kasih buat orang² spt Kodi Lee ini ya.. luar biasa. Tfs ya Mas Erfano

    BalasHapus
  13. Aku jadi kepo banget setelah baca artikel ini. Langsung browsing dan kepoin video2nya. Tfs yaa

    BalasHapus
  14. America's Got Talent selalu menemukan talent yang luar biasa. Dan Kodi Lee bikin saya speechless dan nangis nonton videonya. Thanks for sharing Mas...inspiratif sekali Kodi lee, Ibu dan keluarganya ini.

    BalasHapus
  15. Oh aku sempat liat performancenya yang diupload di FB mas, emang keren yaaa. Tapi lebih keren lagi kyknya ortunya tuh yang berhasil membuat anaknya kyk gtu. Btw sekolahnya Mas Erfano itu di mana sih lokasinya? Jauh dr Cilebut gak? Aku lg mumet nyari sekolah anak buat tahun depan haha

    BalasHapus
  16. Kerenn ya sgt berbakat, usaha mmg gak kan mengkhianati kok. Orangtuanya pasti bangga yak, anak nya berhasil

    BalasHapus
  17. Kerenn ya sgt berbakat, usaha mmg gak kan mengkhianati kok. Orangtuanya pasti bangga yak, anak nya berhasil

    BalasHapus
  18. Bisa dibayangkan, bagaimana emosi teraduk saat mendengar tentang keadaan Kodi Lee dan suaranya. Saya jadi ingin mencari tahu tentangnya. Sematan youtube tak bisa saya buka karena sinyal sedang mengajak bermain.
    Oh ya, semoga muridnya menemukan karya yang membanggakan dan membuktikan bahwa penyandang autis juga bisa berprestasi.

    BalasHapus
  19. Performance nya luar biasa, tapi aku tetap suka banget sama riana sang magician itu, sayang dulu dia gak lolos Amerika got talent

    BalasHapus
  20. Luar biasa, dibalik prestasinya yang keren salut sama ibunya yang sangat mendukung bakat Kodi

    BalasHapus
  21. Salut dengannya, dengan keterbatasan & kelebihannya dia berani lho, sama sekali ga ada rasa minder, percaya dirinya kuat

    BalasHapus

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...