Cerita Livina: Mobil Favorit Orangtua


Transportasi umum di Indonesia yang belum memadai dengan standar dan kualitas yang sama membuat banyak keluarga lebih memilih untuk memiliki mobil sendiri. Terlebih sarana transportasi umum di daerah-daerah yang masih jauh dari harapan.

Kampung halaman saya berada di Lampung, tepatnya salah satu kabupaten yang terletak di utara Lampung. Transportasi di kampung halaman hanya ada angkutan kota yang beroperasi dari pagi hingga sore, selebihnya hanya ada ojek yang hanya “berani” beroperasi pagi hingga menjelang sore. Jika ada keperluan mendesak, atau harus berangkat malam atau dini hari, satu-satunya kendaraan yang dijadikan andalan adalah mobil. 

Bicara soal kendaraan, mobil sepertinya sudah menjadi salah satu barang yang tidak lagi masuk dalam kebutuhan tersier namun sudah masuk menjadi kebutuhan sekunder (Setidaknya ini yang saya lihat di perkotaan, khususnya domisili saya Kota Bogor). Bagaimana tidak, mobilitas kegiatan manusia makin meningkat dan beragam. Kebutuhan mobil tidak lagi untuk bekerja atau berbelanja, lebih dari itu mobil digunakan untuk beragam hal seperti arisan, liburan, mudik ke kampung halaman hingga untuk mengantar dan menjemput anak ke sekolah.
#CeritaLivina Mobil Favorit Orangtua Murid

Bertahun-tahun menjadi guru di Sekolah Alam Bogor, saya mengamati banyak hal termasuk anak-anak yang diantar oleh jemputan maupun yang diantar langsung oleh orangtua. Saat saya pegang kelas bawah, biasanya saya akan mengantar anak-anak hingga parkiran. Selain mengantar mereka, saya menyapa anak-anak dan memastikan mereka masuk ke dalam jemputan atau menunggu kedatangan orangtua yang masih di perjalanan menuju ke sekolah.

Nah, moment mengantar anak ke jemputan atau bertemu orangtua adalah salah satu moment yang menarik. Saya biasanya akan mengamati orangtua yang menjemput dan mengendarai mobil. Banyak orangtua yang membawa mobil dengan merk dan jenis mobil tertentu. Namun, kebanyakan jenis-jenis mobil tertentu yang digunakan, mobil keluarga yang designnya keren dan muat untuk banyak anggota keluarga. Salah satu yang sering saya temui dan dimiliki banyak orangtua adalah Mobil Nissan Livina.

Mobil Nissan Livina biasanya dibawa ibu-ibu yang tidak sekadar mengantar atau menjemput anak, juga digunakan untuk banyak kegiatan ibu rumah tangga dengan seabrek kegiatan seperti berbelanja ke pasar, arisan ikut acara amal, antar jualan ke pelanggan dan membereskan kegiatan sekolah (khususnya bagi Komite Sekolah).

Pernah, saya menumpang salah satu mobil Livina milik orangtua murid saat akan menjenguk salah satu guru yang sedang dirawat. Saat menaiki mobil, kelegaan ruang terasa sekali. Posisi kursi terasa begitu nyaman. Saat mobil melaju, kenyamanan makin terasa.

Jujur, bicara mengenai dunia otomotif seperti mobil saya masih awam. Bagi saya, kalau naik kendaraan yang enak dan nyaman itu sudah cukup, enggak peduli apapun jenis dan merknya. Beberapa kali saya naik mobil dengan menggunakan kendaraan online, beberapa mobil terasa kurang nyaman dimulai dari kursi yang kurang leluasa, perpindahan mobil yang smooth (maaf, saya kurang paham antara gigi, kopling, mobil manual dan mekanik). Yang saya tahu saat supir mengendarai, kenyamanan mobil bakal dirasakan penumpang.

Di lain waktu, saya kembali menumpang mobil Livina milik orangtua lain. Kali ini orangtua mengajak belanja untuk keperluan acara sekolah yang dibuat oleh Komite Sekolah. Saat naik, kenyamanan Livina kembali terasa. Kursi yang leluasa dan nyaman, dan saat mobil menembus jalanan terasa begitu smooth. 

Saya pikir kenyamanan sebuah mobil tergantung pengendara atau supirnya, namun dugaan saya tidak tepat. Mobil adalah penentu utama kenyamanan dalam berkendara dan itu ada di Livina he..he..he...

Pernah saya iseng, bertanya kepada orangtua mengapa memilih Livina. Orangtua menjawab dengan begitu antusias.

“Saya pilih Livina, enak bawanya, pak,” jawab salah satu orangtua yang memiliki Livina.

“Kalau ada apa-apa, servicenya gampang banget. Terus muat banyak untuk saya, suami, anak-anak dan nenek kakeknya anak-anak,” jawab orangtua lain.

“Design mobil keluaran Nissan keren keren, pak. Apalagi yang Livina. Terus kalau bawa mobil ini ringan, enggak berat. Apalagi tipikal emak-emak kayak saya, pak, bantu banget,” ucap orangtua yang lain.

Saya mengangguk, emang terasa sih kenyamanan dan kemudahan Livina.
GIIAS 2019

Jodoh memang enggak bakal ke mana. Kalau kata Afgan sih jodoh pasti bertemu. Saat ada undangan perhelatan GIIAS 2019 dengan teman “Cerita Livina”, saya buru-buru mendaftar, berharap terpilih dan mengenal lebih dekat tentang mobil Nissan Livina.

Hari Senin yang lalu, saya berkesempatan untuk datang ke pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show, GIIAS 2019 di ICE BSD.Acara yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 28 Juli 2019 ini menghadirkan mobil-mobil dari brand-brand terkenal di Indonesia, termasuk Nissan.

Menuju GIIAS tidaklah sulit, saya lebih memlilih naik kereta api dari Bogor. Pertama saya naik KRL ke Tanah Abang, lalu dilanjutkan naik kereta ke arah Parung Panjang. Saya berhenti di stasiun Rawa Buntu. Saat keluar dari stasiun, shuttel bus gratis menuju ke ICE BSD sudah tersedia. Saya buru-buru mendaftar, beberapa menit kemudian bus datang dan membawa saya ke ICE BSD.

All New Nissan Livina

Ketika masuk ke ICE BSD, saya terperangah. Ini pameran yang luar biasa kerennya, pantas saja timeline di facebook maupun instagram ramai membincangkan gelaran GIIAS ini dan banyak juga teman-teman dan orangtua di sekolahku yang menanti-nanti gelaran ini.

Saya menuju pameran mobil produksi Nissan. Akan ada talkshow yang dihadiri oleh Donna Agnesia host, pemain sinetron dan bintang iklan, yang juga BA dari Nissan Livina. Dan... saya baru tahu, ternyata Nissan Livina mengeluarkan produk baru yaitu All New Livina dengan keunggulan-keunggulan yang berbeda dengan pendahulunya.



Nah, apa saja keunggulan Grand Livina ini. Berikut ulasannya....
Body dan Design Eksterior
Untuk body, sekilas mirip salah satu mobil tertentu. Namun body baru All New Livina ini terlihat lebih tangguh dan elegan. All New Nissan Livina mempunyai body yang lebih besar dengan panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm (1700 mm untuk tipe VE AT dan VL AT), sedangkan wheelbase berukuran 2.775mm. Untuk Ground Clearance, jarak ke tanah 200-205 mm, tergantung model dan ukuran velg. Untuk lampu, Livina terbaru ini menggunakan Dual LED Signature with DRL.
Mesin
Untuk mesin All New Nissan Livina menggunakan mesin 1.499 cc dengan tenaga 104 ps pada 6000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4000 rpm sedangkan transmisi menggunakan manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan.
Design Interior
Untuk urusan kabin, Livina terbaru mempunyai banyak saku untuk menyimpan barang. Saku saku tersebut ada di belakang kursi depan, di bawah kursi baris kedua  dan di kursi baris ketiga. Nah, yang keren lagi semua kursi dapat dilipat hingga 90 derajat, sehingga barang yang akan dibawa dapat lebih banyak namun kenyamanan pengemudi masih terjaga.
Untuk kursi, Livina terbaru ini menggunakan jok kulit sebagai pembungkus kursi. Terlihat lebih elegan kan? Nah, Livina ini bisa muat 7-8 orang loh (termasuk supir)
Fitur-fitur Keren
Secara fitur, Livina terbaru ini begitu memuaskan. Fitur hiburan dengan Varian Highway Star (HWS), All New Livina memiliki head unit 7-inci layar sentuh dengan konektivitas ponsel pintar secara Android Auto dan Apple Carplay. Selain itu, tersedia pula sambungan Bluetooth dan koneksi USB. Keren kan?
Fitur lainnya yang enggak kalau keren adalah fitur dalam memudahkan pengendara dalam menjaga keselamatan diri. Fitur seperti smart key dengan tombol start-stop. Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control melengkapi rem ABS + EBD dan BA. Dual SRS airbag digunakan untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan. Ada juga sensor parkir dan kamera mundur pada tipe VL.
Harga
All New Nissan Livina ditawarkan dalam 5 varian mulai dari All New Nissan Livina E M/T yang dijual Rp 198,8 juta hingga All New Nissan Livina VL A/T yang dibanderol Rp 261,9 juta. Angka ini sudah on the road DKI Jakarta.
***
Mendengar penjelasan tentang kerennya All New Nissan Livina, tekad saya semakin kuat untuk banyak menabung dan semangat dalam menjemput rezeki. Siapa tahu, tahun depan Al New Nissan Livina ini dapat dibeli. Aamiin.
Jika tahun depan, All New Nissan Livina sudah masuk garasi rumah. Akan banyak #ceritaLivina yang mengalir dari waktu ke waktu. Semoga harapan ini terwujud. Aamiin.



23 komentar

  1. Walau belum pny mobil tp mnrt saya artikelnya cukup menarik.

    Boro2 pnya mobil, nyicil motor ja rada susah
    Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dimudahkan segala urusannya ya mas. he..he... Aku juga nih, jadi peru banyak menabung biar keinginan bisa terwujud.

      Hapus
  2. Livina sekarang makin elegan ya, makin top deh.
    RAsanya mevvah juga keliatannya.
    Keren deh all new Nissan Livina

    Jadi pengen punya Livina, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, All New Nissan Livina sekarang itu makin keren dan makin kece. Jadi pengen punya buat dibawa mudik.

      Aamiin...

      Hapus
  3. Yang saya suka, semua kursi dapat dilipat hingga 90 derajat, sehingga barang yang akan dibawa dapat lebih banyak namun kenyamanan pengemudi masih terjaga.Pas buat IRT seperti saya
    Terus, sensor parkir dan kamera mundur pada tipe VL..
    Ini penting karena saya parkir enggak pinter-pinter kwkw
    Baiklah, keknya bisa dikepoin nih All New Nissan Livina.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kudu dikepoin ini All New Nissan Livinanya... he...he...

      Hapus
  4. jadi semnga nabung buat beli mobil yang keren seperti itu mas. seperti bakal cocok banget untuk dipakai kalau udah berkeluarga

    BalasHapus
  5. Toss! Saya juga nih jadi tambah semangat buat menabung.

    BalasHapus
  6. All New Nissan Livina yaa... Noted. Mobil masa depan nih kayaknya... Cocok buat kerja and buat jelong² juga ama keluarga. Makasih infonya ya Mas, jadi tau info ttg New Livina

    BalasHapus
  7. Mobil Livina memang cocok untuk keluarga, muat seabrek, lebih elegan lagi kesannya tidak murahan seperti mobil sejuta umat. Heheh

    BalasHapus
  8. Beruntungnya,bisa hadir di pameran otomotif terbesar dan termeriah. Pasti banyak mobil keluaran baru yang dipamerkan.. Termasuk livina...Livina memang keren...

    BalasHapus
  9. Aku naksir Livina juga nih tapi Livina LV series lebih kece dan berkelas hehe.

    BalasHapus
  10. Sempat jalan ke GIIAS melihat pameran mobil terbaru, dan pandanganku tertarik sama livina ini, lihat langsung bikin pengen bawa langsung itu mobil

    BalasHapus
  11. Ngomong ngomong soal Livina memang bikin ngilir.Muatanya banyak ,praktis,cangih dan harganya relatif standar.Mari berdoa semoga kita diluaskan rezki .

    BalasHapus
  12. Mobil memang sudah jadi kebutuhan ya, Mas Erfano. Pasitnya juga menunjang aktivitas keseharian kita. Dan memang benar, lebih nyaman berkendaraan sendiri, lebih fleksibel, mau ke mana-mana juga enak. Karena tidak selamanya transportasi umum bisa diandalkan. Dan.. ini mobilnya cakep benar. Langsung naksir saya hahaha.

    BalasHapus
  13. Mobil keren begitu, muat berapa orang bang? Cocok buat mobil keluarga yang isinya 8 orangkah? Atau kapasitasnya hanya 5 orang?

    Aku belum nemu di artikelnya bang. Buat bahan pertimbangan beli mobil suatu saat 😊

    BalasHapus
  14. All new Livina designnya bagus ya ... terkesan mewah. Kalau melihat kapasitasnya memang cocok banget buat mobil keluarga

    BalasHapus
  15. Owalah aku kira Mas Erfano tu org Bogor asli hehehe.
    Iya Livina ini aku sering juga liat dan termasuk mobil bandel ya. Apalagi Livina generasi terbaru, dari sisi desain makin apik dan kyknya agak tinggian dibanding kakaknya dulu dan speknya jg makin komplit. Jd pengen punya Livina terbaru :D

    BalasHapus
  16. Aku juga nggak paham mengenai otomotif tapi berkali-kali ikut duduk di Nissan Livina, rasanya memang nyaman dan luas. Ditambah informasi dari Mas Erfano mengenai spesifikasi All New Nissan Livina, wah, rasanya semakin komplit dan cocok dimasukkan ke dalam daftar mobil idaman.

    BalasHapus
  17. Kirain pas GIIAS kakak dapat hadiah livina
    Asik betul jadi narablog bisa dapat mobil keren keren sekeren livina ya kan

    BalasHapus
  18. Dulu tuh aku ngeliatnya livina mobilnya ga nyaman. Jadi city car alakadarnya aja. Tapi sekarang makin elegan ya

    BalasHapus
  19. Bagus mobilnya kak, luas dan panjang kl punya duit pngen jgbeli

    BalasHapus
  20. Wah.. udah milih mobil baru aja nih. Semoga kesampaian ya membeli mobil Livina ini. Aku juga suka sih sama modelnya*

    BalasHapus