Edukasi Kewirausahaan lewat Student Company

Ada pepatah bijak yang mengatakan ......

"Pendidikan terbaik bagi seorang wirausahawan ialah pengalaman. Engkau mendapat pengalaman jika mencoba."

Saya termasuk dibesarkan dalam jiwa kewirausahaan, meski tipis tipis namun lumayanlah jiwa kewirausahaan sudah tertanam. 

Sejak SD, saya sering membantu ibu dalam mengemas camilan untuk dititipkan ke warung di sekolah. Berlanjut ke SMP pun masih hingga kuliah, saya menjual aneka jajanan di kos-kosan. Hasilnya lumayan buat jajan dan tambahan biaya hidup di perantauan.

Ketika sudah memasuki dunia kerja, saya mengajar di salah satu sekolah di mana salah satu pilar pendidikannya adalah Enterpreneur. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur seperti berjualan, magang dan kunjungan ke UMKM.

Jiwa entrepreneur saya tidak berhenti. Hingga kini, saya dan istri masih menjalani bisnis kuliner kami yaitu Pempek Mafaza. Meskipun belum terlalu serius digeluti mengingat saya yang masih berkerja tapi pesanan demi pesanan masih berlanjut hingga kini.

Student Company


Jujur, saya baru tahu program ini (kemana aja selama ini ha ha ha). Jadi Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) di bawah dukungan Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) konsisten mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC). Keren banget ya.....

Nah, program ini turut berkontribusi dalam upaya mereduksi angka pengangguran muda di Indonesia, Prestasi Junior. Apalagi program Student Company ini sudah berjalan semenjak 12 tahun yang lalu dan melibatkan 13.358 pelajar baik dari SMA maupun SMK.

Program Student Company ini memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan keterampilan berwirausaha melalui pengalaman langsung. Jadi para peserta terjun langsung dalam mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikronya di sekolah.

Program ini juga memfasilitasi peserta menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan produksi dan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Luar biasa detail....

Student Company 2021

Pada implementasi tahun ini, sebanyak 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten di Indonesia (Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar) ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Sejak difasilitasi dan beroperasi dari Mei 2021, 30 bisnis baru yang diinisiasi lewat program Student Company 2021 berhasil memperoleh total omzet mencapai Rp 239 juta. 

Selama periode program, guru serta relawan dari mitra PJI ikut terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Para pelajar partisipan pun berkesempatan mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia usaha yang sesungguhnya, memperoleh gambaran lebih baik tentang keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk sukses, dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir potensial.

Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021.


Sebagai puncak pelaksanaan program Student Company, Indonesia Student Company of the Year Competition 2021 digelar untuk merayakan pencapaian bisnis dan perkembangan kompetensi personal para peserta. Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan mengerucutkan 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021; yaitu Qreate SC (SMAN 34 Jakarta), Wignesa SC (SMAN 3 Semarang), Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta), Neon SC (SMAN 2 Denpasar), Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan), Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat), dan Alanza SC (SMAN 16 Surabaya).

Berikut 7 Student Company dari 7 Sekolah yang berhasil terpilih..... 

1. Qreate SC

Qreate SC ini merupakan finalis dari SMAN 34 Jakarta di sponsori oleh Marsh Indonesia. Produk yang mereka tawarkan adalah Kreaktiv Crate, alat pembelajaran STEAM  (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) yang interaktif dan menyenangkan untuk anak-anak dan remaja.

2. Wignesa SC

Finalis kedua ini adalah Wignesa SC dari SMAN 3 Semarang yang disponsori Citi Foundation. Produk yang Wignesa SC buat adalah Tatilo yaitu tas kombinasi daur ulang kain jeans bekas dengan batik yang tersedia dalam tiga varian, yaitu sling bag, backpack, dan pouch bag.

3. Covarsi SC

Finalis ketiga adalah Covarsi SC dari SMAN 81 Jakarta. Disponsori oleh Citi Foundation Pineary, paket menyulam dengan kain serat yang terbuat dari limbah daun nanas dan dilengkapi dengan portal khusus berisi video tutorial, daftar putar lagu, dan layanan cepat konsumen.

4. Neon SC

Neon SC berasal dari SMAN 2 Denpasar. Disponsori oleh Citi Foundation. Produk yang dibesut oleh Neon SC yaitu Your Hat, paket bucket hat dua sisi dan masker kain yang terbuat dari paduan kain drill dan kain endek.

5. Semaja SC

Finalis kelima adalah Selama SC yang merupakan Student Comapny dari SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan. SC yang disponsori oleh AIG Insurance Indonesia ini membuat produk Bintang Eco-Friendly Notebook yang merupakan binder dengan kertas isi daur ulang yang dilengkapi recycling kit kertas. Produk ini diperkenalkan dengan IP character Bintang dan Tora.

6.Mico SC

Finalis keenam adalah Mico SC yang berasal dari SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat. Disponsori oleh Citi Foundation, Mico SC ini membuat produk Mico T-Shirt, kaus berbahan katun dengan desain khusus dari kreasi gambar anak-anak yang dijual dengan misi menyediakan media bagi orangtua untuk mengasah kreativitas anak tanpa gadget.

7. Alanza SC

Alanza SC merupakan Student Company dari MAN 16 Surabaya. Disponsori oleh Citi Foundation, Alanza SC membuat La Cocina, paket alat memasak talenan dan spatula yang terbuat dari kayu mahoni dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk, makanan, dan resep masakan.

Nah, tujuh tim terbaik tersebut akan mempresentasikan performa bisnis mereka untuk memperebutkan kehormatan mewakili Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik. Selama empat tahun terakhir, pelajar Indonesia telah menorehkan prestasi gemilang dengan masuk ke dalam jajaran tiga besar bisnis terbaik di kawasan Asia Pasifik.

Bangga dan Bahagia 

Melihat bagaimana Prestasi Junior Indonesia melaksanakan program Student Company. Saya yang baru tahu merasa bangga dan bahagia. Bangga karena program ini benar benar memberikan kesempatan untuk anak muda dalam mengembangkan jiwa enterpreneur. 

Seperti pepatah yang saya utarakan di awal tulisan ini, "Pendidikan terbaik bagi seorang wirausahawan ialah pengalaman. Engkau mendapat pengalaman jika mencoba." Sejak 12 tahun hingga sekarang sudah banyak pelajar yang mencoba menjadi enterpreneur melalui Student Company ini, mereka mencoba mengemas ide, melakukan banyak kesalahan hingga akhirnya membuat produk yang berdampak pada sekitar tak hanya menghasilkan profit semata. 

Dan saya merasa bahagia sebab edukasi kewirausahaan semakin banyak terutama untuk anak anak muda level pelajar. Hal ini tentu saja akan memicu munculnya ide-ide bisnis baru yang akhirnya tumbuh dan berkembang yang dampaknya menguatkan perekonomian bangsa. 

Bravo Prestasi Junior Indonesia (PJI)! 

Bravo Student Company! 









Tidak ada komentar

Posting Komentar