Senin, 11 November 2019

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal


Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang.


Kereta yang akan membawaku sebentar lagi akan tiba beberapa menit. Benar saja,  dalam hitungan menit kereta sudah datang. Stasiun pemberhentian kali ini adalah Stasiun Duren Kalibata, karena tempat acara lebih dekat dari stasiun itu.

Perjalanan kembali aku lanjutkan dengan menggunakan ojek online. Sekitar pukul 8.30, aku sudah sampai di studio masak di bilangan Kebayoran Baru yaitu Almond Zucchini Kitchen Studio.
House Kari Ala Jepang
  Delicious, Easy Cooking Demo with Chef Chitra.

Keterampilan Memasak
Jujur, ini pertama kalinya aku masuk studio masak dan ikut acara demo masak. Setelah registrasi dan mengambil kupon undian aku masuk dan duduk sembari sesekali ambil foto. Selang beberapa waktu, teman-teman blogger yang diundang dalam acara ini mulai berdatangan. Beberapa wajah sudah familiar, beberapa masih baru aku lihat.

Bicara soal masak memasak, meskipun aku seorang lelaki namun keterampilan masak memasak sudah diajarkan dari kecil oleh orangtua. Meskipun ibu tidak mengajarkan secara khusus, namun kami anak-anaknya melihat bagaimana ibu memasak setiap hari. Jadi terbiasa.
House Kari Ala Jepang 
Memasak dan Selfie di Autumn Feast

Keterampilan memasak makin terasah ketika aku merantau. Walau kebanyakan makanan diperoleh dari warung makan, namun sesekali aku masih memasak. Saat punya rumah sendiri, baru deh kelihaian memasak makin kuasah. Kadang ya, dengan mencicipi sebuah hidangan, aku tahu bahan bahan yang digunakan dan cara memasaknya.

Kecintaanku pada masak memasak membuatku jadi suka sekali menonton acara memasak. Mulai dari Master Chef Indonesia, acara memasak yang dipandu oleh Rudy Khoirudin atau Ibu Sisca  hingga acara memasak di kanal youtube. Rasanya bahagia bisa menonton acara masak, terus mencobanya di rumah.

Makanya ketika diminta ikut untuk acara demo masak. Aku langsung yes tanpa pikir panjang lagi.

Autumn Feast by House Kari ala Jepang

House Kari Ala Jepang

Acara Autumn Feast by House Kari ala Jepang diadakan pada Sabtu, 9 November 2019. Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan bumbu saus padat kari jepang halal secara luas ke masyarakat Indonesia dan juga para anak-anak muda yang suka memasak praktis, mudah dan lezat. Bumbu ini dapat digunakan untuk berbagai masakan seperti sup, mie, pasta, udon, isian roti dan sebagainya.

Kegiatan pada acara Autumn Feast kali ini adalah demo memasak “Delicious, Easy Cooking Demo with Chef Chitra.” Sebelum melaksanakan demo cooking, kami menikmati sajian aneka kue dari Ann’s Bakehouse & Creamery dan minuman teh kopi dari Caribou Coffee Indonesia.

House Kari Ala Jepang 
Cake dan Coffee

Acara dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari tim House Kari ala Jepang, tim media yang meliput acara Autumn Feast ini dan kami para food blogger yang enggak hanya jago foto makanan doang, jago nyicipin aneka kuliner namun jago juga dalam urusan masak-memasak.

House Kari Ala Jepang
 Mbak Dewi Febina Iriani selaku Marketing Communications Executive PT. House and Vox Indonesiamenjelaskan tentang produk House Kari Ala Jepang

Setelah beberapa games, acara dilanjutkan dengan sambutan dari mbak Dewi Febrina Iriani selaku Marketing Communications Executive PT. House and Vox Indonesia dan sambutan President Director PT. House & Vox Indonesia; Mr. Kuramochi.

House Kari Ala Jepang
Sambutan Mr. Kuramochi selaku President Director PT. House & Vox Indonesia

Setelah sambutan, saatnya untuk demo masak bersama Chef Chitra. Kami keluar dari ruang pertemuan menuju studio memasak. 

Saat masuk ke studio masak, aku berasa kayak finalis Master Chef Indonesia ha..ha..ha.. Studionya lumayan besar, beberapa meja sudah terpasang, di atasnya terdapat kompor, pelengkapan masak dan bahan untuk memasak. Aku jadi deg-degan sekaligus bahagia, kupikir demo hanya dilakukan oleh chef. Ternyata kita juga diminta melakukan demo masak. Horeee!

Sebelum kami memilih meja. Kami berkumpul di meja besar di mana Chef Chitra akan mendemonstrasikan tiga menu yaitu appetizer, main course dan dessert. Nah, menu pertama yang akan dibuat adalah menu dessert.

House Kari Ala Jepang 
Hasil karyaku ini. Bangga!



Strawberry Milk Panacotta.

Bahan yang digunakan
Untuk toping: produk house strawberry premix, susu dan cookie crumble.
Untuk panacotta: cream, jus strawberry, gelatin, lemon.

Alat :
Alat yang digunakan kompor, panci, spatula, ladle, gelas ukur, mangkok untuk semua ingredients dan gelas saji.

Cara membuat:
Kita buat panacottanya terlebih dahulu dengan memasak cream dengan jus stroberi dan sedikit perasan lemon. Kemudian tambahkan gelatin yang sudah direndam dalam es dan masak hingga berbuih. Tempatkan pada cetakan atau wadah gelas dan didinginkan.

Kemudian dilanjutkan dengan membuat topping campurkan produk dari House yakni House strawberry mix dengan susu, aduk-aduk kemudian didinginkan.

Panacotta yang sudah dingin kemudian diberi topping yang juga sudah didinginkan. Lalu tambahkan cookie crumble di atasnya. Untuk mempercantik, bisa tambahkan garnish berupa daun mint, edible flower dan buah stroberi.
Panacotta ditempatkan di wadah/gelas
Setelah menu pertama siap, Chef Chitra melanjutkan dengan menu kedua, yakni menu appetizer.

Vegetarian Curry Puff Pastry

Bahan :
Untuk puff :
Telur, garam, susu, puff pastry, tepung terigu

Untuk isian :
Blok Kari ala Jepang, kecap inggris, saus tomat, wortel ( diced ), kentang rebus (diced ), bawang bombay ( diced ), paprika ( diced ), kacang polong, air, lada putih, bubuk bawang putih parsley ( cincang ), coriander ( cincang ), tepung maizena, minyak

Garnish : tomat ceri, parsley, edible flower

Alat :
Tray / loyang, kuas, mangkok untuk semua ingredients, oven.

Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay, paprika bersama kecap inggris dan saus tomat
  • Masukkan wortel, kentang, kacang polong, air dan blok Kari ala Jepang
  • Tambahkan bubuk bawang putih, masak hingga matang
  • Masukkan air maizena, aduk dan tambahkan parsley serta coriander
Setelah jadi sisihkan dan siapkan puff pastry
  • Lapisi kulit puff pastry dengan campuran telur, susu dan garam
  • Taruh isian curry di dalamnya
  • Berikan sapuan campuran telur pada kulit luar puff pastry
  • Panggang dalam oven dengan suhu 180 C selama 20 menit
  • Kemudian plating dan sajikan.
House Kari Ala Jepang
Ini juga hasil buatanku, lho: Vegetarian Curry Puff Pastry

Sembari menunggu dipanggang, lanjut ke menu main course.

Rice Burger with Chicken Katsu Curry

Bahan :
Untuk nasi : Beras jepang, mirin, gula, garam, togarashi, seaweed kering, biji wijen hitam dan putih

Untuk katsu : Dada ayam, bread crumbs, telur, susu, garam, lada, bubuk bawang putih, bubuk ketumbar, bubuk paprika.

Minyak untuk salad : lettuce, olive oil, jeruk lemon, garam, lada
Isian puff pastry.

Alat :
Tray / loyang, capitan, spatula, mangkok untuk semua ingredients,, kompor, wajan, ring burger, whisk

Cara Membuat : 

Untuk nasi : bulatkan nasi dengan cetakan ring burger, setelah jadi taburi dengan seaweed, togarashi, biji wijen. Sisihkan

Untuk katsu : siapkan ayam, bumbui dengan bumbu - bumbu. Kocok telur untuk merendam ayam dan bubuhi dengan bread crumbs. Goreng katsu dan sisihkan.

Untuk salad : campur semua bumbu dengan selada / lettuce

Untuk menyatukan semua : siapkan nasi yang telah dicetak, berikan salad dan ayam katsu, tambahkan isian puff pastry diatasnya sebagai saus.

House Kari Ala Jepang
 Rice Burger with Chicken Katsu Curry

Saatnya beraksi! 

Setelah beres memperagakan ketiga menu. Kami memilih meja untuk melakukan demo tiga menu yang tadi dibuat. Satu meja ada yang dua orang, ada juga satu orang bloger. Aku memilih meja paling depan. Beberapa teman blogger berduet sedangkan aku melakukan demo masak sendiri.
House Kari Ala Jepang
 
Aku mendemonstrasikan menu dengan hati berdebar. Terus terang, ini pertama kalinya aku masak ditonton banyak orang. Belum lagi ada salah satu finalis Master Chef Indonesia yaitu Chef Irene, aduh makin deg-degan. Namun kapan lagi coba, bisa masak keren di studio masak dan “dimentori” chef chef keren.

Kami membuat menu dessert Stroberi Milk Panacotta terlebih dahulu karena harus didinginkan. Step by step  dilakukan sesuai arahan chef Chitra. Duh, seriusan deg-degannya kerasa banget, namun lambat laun aku mulai bisa menguasai keadaan.
House Kari Ala Jepang

Selesai menu dessert, menu kedua yaitu appetizer vegetarian curry puff pastry. Aku masih ingat langkah demi langkah yang dicontohkan Chef Chitra. Setelah semua bahan ditumis, baru deh tambahkan potongan kari ala Jepang. Caranya gampang banget, potongan kari tinggal dimasukkan ke dalam tumisan dan diaduk-aduk, setelah itu tambahkan air dan tunggu hingga mengental.

Tantangan pada menu appetizer ini adalah membuat pastrynya. Puff yang sudah disediakan kemudian diisi dengan isian tumisan yang sudah mengental. Beberapa bloger terlalu banyak memasukkan isian sehingga saat ditutup isian keluar karena kepenuhan. Sungguh, moment ini begitu membahagiakan, seru dan buat food blogger tertawa lepas. Selesai mengisi puff dengan isian, kemudian pastry siap dipanggang. Kami pun siap-siap memasak menu ketiga, main course Rice Burger with Chicken Katsu Curry.

Tantangan pada menu ini adalah membuat chicken katsunya, harus matang merata, juicy dan tidak gosong. Jadi harus dijagain terus.

House Kari Ala Jepang
Strawberry Milk Panacotta

Oh ya, yang nggak kalah serunya adalah saat plating. Tata letak makanan, bahan untuk garnish berupa bunga yang bisa dimakan jadi pilihan seru dalam plating. Di sini kelihaian seni diperhatikan ha... ha... ha....

House Kari Ala Jepang 

Jujur nih, aku jarang banget membuat makanan berbahan kari. Soalnya mau buat karinya suka bingung apalagi banyak bumbu yang digunakan. Nah, bicara soal kari, aku ngehnya kari Jepang dengan kari asal India atau Timur Tengah itu setipe. Ternyata beda, kari jepang lebih kental sedangkan kari India lebih encer. Kemudian bedanya lagi bumbu dari kari India lebih tajam dibandingkan kari asal Jepang.

Nah, masakan dengan menggunakan bumbu instan sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia kan makanya aku excited sekali ketika ada bumbu kari berbentuk padat yang praktis digunakan.

Oh ya, bumbu saus padat House Kari ala Jepang ini sudah bersertifikasi halal dan menjadi produk pertama di Indonesia yang sudah ada label halalnya. House Kari ala Jepang ini telah hadir sejak tahun 2016 dan menjadi distributor utama untuk bahan baku menu kari jepang di hotel, restoran dan catering.
House Kari Ala Jepang

 House Kari ala Jepang

Bumbu saus padat House Kari ala Jepang ini berbentuk seperti blok cokelat dalam kemasan 935 gram untuk penyajian hingga 50 porsi makanan. Memasak dengan bumbu saus padat House Kari ala Jepang sangat mudah dan cepat, cukup dengan memanaskan air lalu memasukan blok House Kari ala Jepang dan larutkan hingga mendapatkan kekentalan kuah kari yang pas. Rasa lezat yang mild dengan tekstur kental tanpa santan bisa dikonsumsi siapa saja termasuk anak-anak sampai orang dewasa. Produk ini sudah tersedia di beberapa supermarket, seperti Grand Lucky, Papaya Supermarket, Kemchick, Ranch Market dan di seluruh cabang Lotte Grosir di Indonesia.

Bereksperimen di Rumah

Saat pulang dari acara Autumn Feast, aku kan dapat goodie bag. Saat kucek, kami dapat dua kotak House Kari Ala jepang ukuran 100 gram. Ah, bahagianya. Aku bisa bereksperimen di rumah.

Karena masaknya gampang dan praktis, aku coba buat Bakmi Ayam with Bumbu Kari. Aku masak buat dua porsi, untukku dan istri. Dan, saat istri cobain masakan bakmi ayam dengan bumbu kari, istri langsung suka karena rasa karinya kerasa banget. 
House Kari Ala Jepang
Bakmi Ayam with Bumbu Kari

Nah, berhubung bumbu karinya masih ada. Aku mau bereksperimen lagi. Salah satu yang mau kubuat adalah cireng isi ayam pedas bumbu kari. Pasti juara enaknya. Tunggu saja ulasannya di blog dan channel youtubeku he... he....

Buat kalian yang penasaran dengan House Kari Ala Jepang, kalian bisa kepoin ignya di @dapurkarialajepang, Fanpage Facebook di House Kari Ala Jepang, Channel Youtube di House Karia ala Jepang atau bisa cari produknya di  seluruh cabang Lotte Grosir Indonesia. Kudu dicoba sih menurutku sebab memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang.

37 komentar:

  1. Seri acaranya ya, Mas Erfano. Saya sesekali juga pengin ikut acara seperti ini, karena saya pun suka masak.
    Hampir sama dengan cerita Mas Erfano, saya juga diajari mandiri. Dan pengetahuan masak itu sangat saya rasakan pas merantau sendiri di Jakarta. Jadi lumayan menghemat gaji yang sudah ngepas hahaha.

    Dan saya tertarik nih, pengin nyobain House Kari ala jepang ini.

    BalasHapus
  2. Tuh kan jadi pengen juga beli bumbunya, maklum lagi malas ngulek-ngulek sekarang. Apalagi kalau bumbu instannya enak dan simple begini. Bisa jadi solusi banget.

    BalasHapus
  3. Waaah kok menarik nih bikin bakmi pakai bumbu kari!! Jadi mau coba juga di rumah~

    BalasHapus
  4. Jepang juga punya bumbu kari ya. Beruntung banget, Mas Erfano bisa ikutan masak di studio, hehe. Bareng chef cantik lg yaa.
    Btw appetizernya, Vegetarian Curry Puff Pastry pingin nyoba ah. Tfs yaa

    BalasHapus
  5. House kami ala jepang dijual di minimart terdekat gak ya mas erfano?
    Aku emang biasa masak mie telur atau bihun pake bumbu kare, enak banget.
    Tapi yang ini aku belum pernah coba. Nanti kalo liat di minimart aku mau eksekusi juga ah

    BalasHapus
  6. hwiiii keren. saya kalo urusan masak, angkat tangan. jadi lumayan juga kalo nemu bumbu instan yang recomended. btw, cowo yg jago masak itu sexy loh :D

    BalasHapus
  7. Masakannya kelihatannya enak-enak semua nih. Apalagi mienya tuh, heuheuheu..Salah bener baca postingan ini malam-malam. Kan..kan..gagal lagi dietnya~

    BalasHapus
  8. Keren banget ya acaranya. Ngiri banget bisa ikutan acara masak memasak kaya gitu. Pilihan menu yang didemokan juga menarik. Kere abis. Sukses terus mas

    BalasHapus
  9. Fix, mampir kesini auto kenyang. Aku ingin banget bisa masak-masak gitu, ingin banget, tapi kok cuma bisa makan ya, hhehe, btw acaranya kelihatannya seru banget ya mas....

    BalasHapus
  10. Hobi masak juga ya mas, terlihat kelihaian saat memegang alat masaknya, dan produknya ini sangat membantu dalam memasak jadi menarik dan enak.

    BalasHapus
  11. Ngomong-ngomong mas Erfano, rasa dari kari jepang sama gak sama kari indonesia?

    BalasHapus
  12. Wah seru ya mas acaranya. Aku belum pernah ikut demo masak, yang pesertanya harus masak juga, wWah aku mundur teratur deh 😆 Apalagi liat karyanya mas Erfano, keren banget mas!

    BalasHapus
  13. Wah asyik banget bisa belajar masak sama ahlinya, sebagai seorang cowok emang harus bisa memasak sih biar nanti kalau istri sakit atau melahirkan bisa gantiin .

    BalasHapus
  14. Kayaknya produknya baru bisa ditemukan di supermarket premium ya mas? Penasaran nih sama bumbunya. Praktis nih kalau bisa bikin masakan dengan bumbu kyk gini. Acaranya seru banget dapat oleh2 banyak resep dari chefnya yaaa. Jd di rumah dipraktekin lagi gak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jd awalnya dulu dia stok dulu buat support rumah makan, hotel, catering gede2 ya mas, trus sekarang produk ini diproduksi massal gtu? Jd penasaran sama rasa karinya, krn kebetulan kari jepang cocok di lidahku :D

      Hapus
  15. Baru tahu bih bumbu kare instant ini. Jadi menelan ludah. Sedap banget pastinya. Say atermasuk penyuka kare. Rasanya lebih lezat. Ternyata juga bisa dijadikan macam2 menu makanan ya

    BalasHapus
  16. Wah, Mas Erfano ternyata jago masak juga, ya? Cakeeep. Ini aku berasa ada di dalam acara demo masak lho saking serunya. Sayangnya, nggak berasa icip masakannya, hahaha ...

    Untung aku nggak ikutan, bisa kalah telak dari dirimu.

    Tapi kalau demo masak di rumah boleh lah. Cireng isinya kok sepertinya bakal yahud juga, tuh. Nyam, nyam ...

    BalasHapus
  17. Bahagianya yang jadi istrimu, pasti sering dimasakin. Hihi

    Duh aku jadi pengen beli bumbu kari Jepang ini deh. Praktis, ngga pake ribet masak jadi lebih cepet. Udah ada belum ya di minimarket atau supermarket?

    BalasHapus
  18. Auto ngences liat makanannya. Secara emak-emak ini belakangan malas bener masak. Kalaupun masak cari yang prkatis. Solusi bener ada bumbu instan yang enak ini.

    BalasHapus
  19. Memasak zaman now jauh lebih mudah, cepat, dan menyenangkan ya, Mas Erfano. Semua serba praktis termasuk bumbunya. Jadi pengin nyoba House Kari jepang ini, Mas. kemarin cari belum ketemu. padahal mau coba dan paemrin hasil masakannya ke Mas Erfano hehehe.

    BalasHapus
  20. Laki-laki kalau suka memasak malah keahliannya melebihi perempuan lho.. Wah, itu hasil memasaknya malah sudah kayak chef profesional..praktis ya pakai bumbu kari yang sudah jadi

    BalasHapus
  21. Boleh dicoba dan dipraktekkan ini resep Kari Jepang ini. Biar serasa lagi di JEpang

    BalasHapus
  22. Hasil masaknya sudah bagus si kak,gak ribet kan cari bumbu kari yang sudah jadi dan halal

    BalasHapus
  23. Saya pernah nonton dorama Jepang yang kisahnya tentang koki berikut romansa. jadi penasaran dengan kari ala mereka, juga yang ala Korea. samakah dengan yang di indonesia dan India?
    Sayang House Kari ala Jepang adanya di toserba eksludif, kapan ada di toserba jaringan luas di kecamatan? Saya juga penfen coba.

    BalasHapus
  24. Seru banget bisa ikutan acara masak memasak mas. Bisa dapet ilmu masak baru dan cicip makanan enak tentunya, hehe. Bumbu praktis jaman sekarang memang udah banyak ya. Jadi nggak ada lagi alasan untuk malas masak karena ribet sebenernya.

    BalasHapus
  25. Ngences aja liat foto hasil karyanya mas. Gak pengen pindah profesi jd chef nih? Keren bgt lho plating dan makanannya juga tampak enak 🤤🤤🤤

    BalasHapus
  26. Praktis dan enak ya Mas masak pake bumbu jadi gitu... Hasilnya juga enak kok gak beda jauh dengan kari yang diolah langsung bukan instan gitu. Ya gak??? Gak nyangka loh ternyata mas Erfan jago juga masaknya sampe gak perlu teman duet lagi saat demo masak, sampai rumah pun langsung praktek masakin istri,... asiik

    BalasHapus
  27. Saya salut banget sm bapak² suka masak kayak Mas Erfano ini,, sampe ikutan event demo masak di studio lg, mantul deh

    BalasHapus
  28. Yah, jadi laper dah ini liat makanannya mas. Auto pen nyobain cem mana rasa House Kari Ala Jepangnya mas.
    Btw keren ya Mas Erfan bisa masak

    BalasHapus
  29. Baru tahu Jepang itu punya resep Kari. Selama ini saya tahunya Kari itu khas dari India, rupanya di Jepang juga ada.

    BalasHapus
  30. Saya pengen juga la ikutan acara masak-masak gini.
    Blom pernah yg peserta ikutan demo juga

    BalasHapus
  31. Penasaran juga bagaiaman rasa kari ala jepang ini, mau mencoba masak pakai kari ini, terlihat lebih simpel.

    BalasHapus
  32. kalau aku yang hadir acara beginian, pulangnya bakalan langsung eksperimen. Karena sudah melihat cara memasaknya secara langsung

    BalasHapus
  33. Mas Erfano selain jago ngeblog juga pinter masak nih. Saya dong, cuma bisa ngrebus mie doang. Hahhaha

    Aku seriusan tertarik sama bumbu karinya. Mau dicoba juga ah di rumah. Kapan2 aku colek buat diajarin masak ya mas.hihi

    BalasHapus
  34. Kari Jepang yang resep asli sama kari ramen yang ditersedia di restoran (Japanese) Indonesia rasanya sama gak sih om? Penasaran deh

    BalasHapus
  35. Menarik banget pengalamannya. Pengen cpba ah bumbu karinya. Yengkyu

    BalasHapus
  36. Boleh neh resepnya kak elfaro bakmi ayam with bumbu kari, sepertinya menggugah selera banget....

    BalasHapus

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...