The Royal Kitchen Jakarta: Juaranya Restoran India di Jakarta

India

Mendengar Negara India disebut, saya terngiang banyak hal. Salah satunya film India. Dulu saat sekolah dasar, film action India senantiasa menemani. Film berdurasi lebih dari tiga jam ini menggambarkan sosok jagoan, Inspektur Vijay serta tarian khas India yang berlatarbelakang rumput hijau dan pepohonan. Film India lainnya yang banyak saya tonton adalah film film yang dibintangi Shah Rukh Khan, Kajol sebut saja Kuch-kuch Hota Hai, Kabhi Kushi Kabhi Gham dan My Name Is Khan. Film Amir Khan juga banyak saya tontontonton yang paling memoreabe adalah Three Idiots.

Yang khas dari India dari film yang saya tonton tentu saja tarian. Berbagai koreografi dihadirkan bukan saja pemanis dalam film namun menjadi bagian film yang tak terpisahkan. Begitu pula dengan lagu dan nyanyian di film India yang juga jadi ciri khas dan menjadi bagian jalan cerita di film.

Yang juga kerap muncul di film-film India tentu saja kuliner khas India. Yang terngiang sekali di benak saya adalah manisan. Di beberapa adegan misalnya memperingati hari besar, manisan ini jadi makanan yang sering muncul. Kuliner khas India lain yang juga kerap muncul adalah roti khas India yang menjadi sumber karbohidrat yang dihidangkan bersama kari.

Kuliner India

Bicara tentang kuliner khas India, yang muncul di benak saya adalah makanan dengan bumbu kari yang pekat disertai rempah rempah yang banyak. Setelah saya baca literatur tentang makanan khas India. Ternyata banyak kesamaan dengan makanan di beberapa daerah di Indonesia khususnya Aceh dan beberapa wilayah di Sumatera. Beberapa makanan khas Aceh merupakan pembauran budaya. Pada abad pertengahan, telah terjalin hubungan dagangan antara Indonesia (Nusantara) dengan saudagar dari Mesir dan India.

Nah hubungan perniagaan antara Aceh dan India berdampak pada pembauran budaya termasuk di dalamnya pengaruh kuliner India dalam kuliner Aceh. Pengaruh ini mencakup kosa kata kuliner dan bumbu masakan. Pedagang India mengenalkan bakung/bawang, jinten, ketumbar, jahe yang menjadi bahan untuk kari dan gulai.

Saat berkunjung ke Aceh dua tahun silam, beberapa makanan seperti kari ayam dan kari kambing jadi salah satu hidangan lezat yang saya nikmati. Hidangan Aceh juga kuat akan bumbu dan rempah-rempah mirip sekali dengan hidangan India.

Kenikmatan kuliner Aceh membuat saya penasaran dengan kuliner khas India. Meskipun saya sudah tidak asing dengan budaya India (dari tontonan film), tapi saya hampir tidak pernah menyengajakan diri untuk datang ke restoran India. Alasannya klise takut kurang cocok. Sampai akhirnya seorang teman merekomendasikan restoran India yang menyediakan hidangan khas India tapi disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

The Royal Kitchen

The Royal Kitchen merupakan Restoran India di JakartaTerletak di Bellagio Boutique Mall daerah Kuningan. The Royal Kitchen menghadirkan aneka hidangan khas India yang otentik. Terletak di GF 16 Bellagio Boutique Mall, kita berada dibawa ke atmosfir India ketika masuk ke The Royal Kitchen.

Interior restoran yang mengusung tema India mengingatkan saya pada latar suasana film film India. Beberapa display khas India dipajang memberikan kesan mewah dan elegant. Betah rasanya....

Dan seperti di film-film, sepanjang berada di The Royal Kitchen lagu-lagu India jadi teman santap yang menarik dan memanjakan telinga.

Mulailah hidangan demi hidangan dihadirkan. Kali ini saya memesan Kalmi Kebab, Gosht Sedih Kebab, Butter Naan, Chicken Biryani, dan Lamb Rogon Josh.

Hidangan yang saya coba pertama adalah butter naan yakni roti pipih yang terbuat dari tepung gandum khas India. Roti ini sangat pas dinikmati bersama lamb rogon Josh yakni kari kambing yang kaya akan bumbu rempah. Menyobek butter naan lalu diberi potongan daging kambing beserta kari lalu disuap ke mulut membuat hidangan ini begitu enak dinikmati. Daging kambingnya terasa lembut, tidak bau prengus, ditambah kari yang kaya akan rempah dan bumbu. Nikmat sekali... Kalian perlu mencoba hidangan ini jika berkunjung ke The Royal Kitchen.


Kemudian saya mencoba   kalmi kebab, yang merupakan ayam bakar khas India. Dari segi rasa, bumbu dan rempahnya terasa sekali tapi seasoning tidak sekuat makanan Padang atau makanan Makasar. Justru ini yang saya suka. Kalmi kebab yang lembut cocok juga dipadukan dengan chicken biryani yang nggak kalah nikmat. Untuk Chicken Biryani di The Royal Kitchen bisa dinikmati dua hingga tiga orang. Untuk rasa, saya suka dengan chicken biryani dari The Royal Kitchen ini. Bumbu dan rempahnya tidak berlebihan jadi pas sekali. Yang aku suka semua masakan The Royal Kitchen ini tidak pakai micin jadi otentik rasa bumbu dan rempah terasa nikmatnya.

Yang nggak kalah enak adalah gosht seekh kebab yang terbuat dari daging domba dan dibentuk seperti sosis. Dicocol ke dalam Chutney khas India yang terbuat dari daun mint membuat gosht seekh kebab memiliki citarasa unik dan segar.

Untuk harga, aneka hidangan di The Royal Kitchen ini cukup terjangkau mulai dari Rp. 60 ribu dengan porsi yang bisa dinikmati dua hingga tiga orang.

Buat kalian yang ingin menikmati makanan India di Jakarta, kalian perlu menikmati hidangan India di The Royal Kitchen. Ada juga buffet yang bisa kalian coba setiap harinya.

Buat kalian pecinta film India dan penasaran dengan hidangan khas India. Kalian harus datang ke The Royal Kitchen restoran India di Jakarta Selatan ini. Suasana restoran yang “India banget” dengan hidangan makanan khas India yang otentik dari rasa dan penyajian wajib banget dicoba!


The Royal Kitchen

Jl. Lingkar Mega Kuningan Kav 3-5 | Bellagio Boutique Mall, GF 16 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta 12950, Indonesia

Operational Hours: 11.00-23.00

Instagram: @theroyalkitchen.id

Tidak ada komentar

Posting Komentar