Sentuhan Cinta JOHNSON’S


Memiliki anak adalah pengalaman yang menakjubkan dalam proses kehidupan saya.  Apalagi  ini adalah anak pertama. Campur aduk rasanya, ya rasa bahagia juga rasa khawatir yang kadang melintas.

Zea lahir bulan Maret 2019 yang lalu. Proses kelahiran yang menegangkan terbayar ketika melihat wajah bayi. Saya jatuh cinta.  Akhirnya, status saya naik kelas, saya telah menjadi ayah. Bahagia rasanya. 

Dari hari ke hari, minggu ke minggu, saya dan istri melihat perkembangan Zea.  Perkembangan secara fisik seperti berat dan tinggi badan, kontak mata, pendengaran sesuai dengan milestone usianya, warna BAB, intensitas buang air kecilnya, kami perhatikan dengan seksama. Walaupun banyak yang bilang, setiap perkembangan anak tidak akan sama.
Johnson's dan Kampanye Sentuhan Cinta
Zea di usia 3 Bulan

Berat badan Zea sempat turun di minggu awal kelahiran, di minggu berikutnya beratnya naik perlahan. Namun cukup lambat. Istri pun mendatangi klinik laktasi dan berkonsultasi dengan dokter anak sekaligus ahli laktasi. Ternyata ada kekeliruan dalam pelekatan.

Sebagai seorang ayah baru dan suami yang berusaha untuk siaga, saya sedapat mungkin meyakinkan semua berjalan dengan baik, ketersediaan makanan bergizi untuk istri, perlengkapan bayi dan kondisi rumah yang dibuat nyaman. Walaupun kadang ekspektasi dengan realita tidak sejalan.

Informasi di era digital yang mudah sekali diakses membuat saya banyak belajar. Salah satunya adalah pijat bayi. Pernah di minggu keempatnya Zea belum BAB selama beberapa hari. Kekhawatiran saya mulai melintas, takut terjadi apa-apa dengan Zea. Dari berbagai tulisan yang saya baca, salah satu cara yang dilakukan untuk memperlancar BAB adalah dengan pijat bayi. Saya coba memijat perut Zea dengan gerakan I Love You. Keesokan harinya Zea sudah BAB kembali. Lega rasanya. Semenjak itu, saya berbagi tugas dengan istri. Urusan memandikan Zea adalah tugas istri sedangkan memijat bayi setelah mandi adalah tugas saya.

Proses memijat bayi adalah salah satu proses yang membahagiakan dan saya tunggu-tunggu. Biasanya saya akan mempersiapkan minyak bayi atau minyak telon, tempat yang dibuat nyaman. Sebelum memijat, saya akan berbincang apa saja kepada Zea, mengajaknya ngobrol dan tertawa. Kemudian mulai melakukan pemijatan di sekitar dada masih sembari mengajaknya ngobrol atau bernyanyi. Pijatan kemudian dilanjutkan ke arah perut, agar pencernaannya lancar, saya memijat dengan gerakan ILY (pijat I Love You). Kemudian pijatan dilanjutkan ke tangan dan kaki.

Jangan bingung, kenapa saya bisa melakukan pijat terhadap bayi padahal seumur-umur baru berani pegang bayi. Pertama naluri orangtua yang kuat dan kedua seperti yang saya bilang tadi, akses informasi yang cepat membuat cara pijat bayi tersedia di kanal-kanal seperti youtube dan instagarm.

Kalau saya lebih enak mencari teknik pijat bayi melalui youtube. Banyak sekali video-video yang memaparkan mengenai pijatan. Salah satu channel youtube yang saya ikuti adalah youtube Johnson’s Baby Indonesia.



Manfaat Pijat Bayi

Dari berbagai literatur yang saya baca, pijat bayi ini tidak dapat dianggap enteng karena memiliki manfaat tidak hanya jangka pendek juga jangka panjang. Nah, apa saja manfaat dari pijat bayi tersebut? Berikut ulasannya....

1. Proses pemijatan adalah proses interaksi antara anak dan orangtua. Kedekatan antara fisik dan hati akan menguatkan sehingga membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi. Hal ini membantu saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.

2. Memijat adalah proses menyentuh, sentuhan yang dilakukan ternyata berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang sehingga nantinya akan mampu menghadapi tekanan hidup. Bonding yang terjadi antara bayi dan orangtua akan membuat sang anak nyaman, selanjutnya sang anak akan berkembang dengan karakter yang baik, mampu mengelola emosi atau dapat mengungkapkan perasaan. Stimulasi sensorik saat proses pemijatan juga akan membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.

3. Proses memijat (seperti yang saya lakukan) biasanya mengajak Zea untuk berbincang, bermain,  tersenyum, tertawa, bernyanyi dan melatih kontak mata. Nah, hal ini akan memudahkan sang anak nantinya untuk bersosialisasi dengan baik, dengan memperhatikan lawan bicara melalui kontak mata (menatap lawan bicara), mudah tersenyum dan mengobrol dengan ramah.

4. Kerewelan bayi akan berkurang banyak. Saat Zea berumur dua bulan, kami mengajaknya untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran. Perjalanan darat yang dilakukan membuat Zea letih dan rewel. Ketika sampai di rumah, saya pun melakukan ritual pijat. Zea yang tadinya rewel terlihat lebih segar dan ceria.

5. Pijat bayi dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi. Kenyamanan yang tercipta antara bayi dan orangtua akan membuat anak mudah untuk tidur dengan kualitas dan durasi yang cukup.

Produk Pijat dan Mandi Bayi
Selain mempelajari teknik pijat bayi dan mengetahui manfaatnya. Hal lain yang saya dan perhatikan untuk perkembangan Zea adalah mengetahui jenis produk bayi yang sesuai. Banyak produk-produk bayi yang beredar di luar terkadang tidak memerhatikan komposisi bahan yang aman untuk bayi.
Selain menentukan produk untuk bayi dari segi kualitas, hal lain yang tidak luput menjadi perhatian saya dan istri adalah program yang dikembangkan oleh perusahaan produk bayi dalam komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup bayi.
Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Meskipun demikian, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran.
Untuk itu, dukungan dari semua pihak masih diperlukan untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal.
Sentuhan Cinta Johnson's
Komitmen Johnson's untuk meningkatkan kualitas hidup bayi

Kampanye Sentuhan Cinta: Kampanye Penuh Cinta dari JOHNSON’S®
Pernah dengar periode emas bayi? Banyak riset yang memaparkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Selain itu, ternyata tidak hanya nutrisi yang cukup yang penting untuk perkembangan bayi, namun juga bayi perlu afeksi (kasih sayang). Nah, salah satu bentuk afeksi ini adalah melalui sentuhan. Sentuhan cinta yang dapat orangtua lakukan adalah dengan ritual pijat dan mandi bayi.
Untuk itu, JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. (klik untuk informasi kerennya).
Johnson's dan kampanye Sentuhan Cinta
Salah satu produk Johnson's


Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.Dalam menjalankan kampanye tersebut, JOHNSON® bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak  (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.
Tidak berhenti disitu saja, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, JOHNSON’S® melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama  22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON'S untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.


Pelatihan Pijat Bayi bersama JOHNSON’S® dan The Urban Mama
Hari Rabu, 26 Juni 2019 kemarin pelatihan pijat bayi dilaksanakan oleh JOHNSON’S® dan The Urban Mama. Acara yang dilaksanakan di Gran Mahakam Magnolia Ballroom lantai 2 ini menghadirkan narasumber kece yaitu dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH (Dokter Sepesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial) dan Emillya Eventha (Certified Infant Massage Instructor).
Kampanye Sentuhan Cinta Johnson's
Pelatihan Pijat Bayi oleh Johnson's dan The Urban Mama
Dari pelatihan ini, dipaparkan banyak hal...
Bayi yang baru lahir, masih sangat rentan terutama di masa awal kehidupannya. Kerentanan itu antara lain rentan kulit yang belum berkembang. Ini membuat bayi rawan terjadi gangguan dan infeksi. Selain itu, bayi yang baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Satu lagi, pencernaan bayi yang baru lahir juga masih belum berkembang sehingga asupan nutrisi harus tepat (ASI).
Sejak dilahirkan, bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari. Kontak mata, indera pendengaran, penciuman, dan sentuhan terhadap kulit membuat bayi belajar, sehingga sebagai orangtua perlu menstimulus panca indera tersebut agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya yang mencakup kecerdasan, emosi, fisik dan mental. Untuk itu, perlu penangan khusus dan perlu stimulasi sehari-hari yang rutin dalam merawatnya. 

Suasana Pelatihan Pijat Bayi
Sebagai orangtua, kita perlu memahami dan memenuhi kebutuhan bayi. Apa saja kebutuhan bayi tersebut?
Kebutuhan Fisik
Kebutuhan fisik ini mencakup kebutuhan akan kecukupan nutrisi dalam hal ini kebutuhan susu. Selain nutrisi, kebutuhan fisik lainnya adalah stimulasi, seperti yang dikemukakan di atas. Sejak dilahirkan bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari.
Kebutuhan Mental/Emosional
Ikatan bonding antara anak dengan orangtua sudah terjadi sebelumnya. Hal ini karena dari sejak bayi dilahirkan, anak anak menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan.
Dalam memenuhi kebutuhan bayi, perlu dilakukan stimulasi dalam sehari-hari. Stimulasi tersebut mencakup multi sensori yang mencakup penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, pengecap dan keseimbangan.

Lantas kapan sih kita berinteraksi dengan bayi?
Interaksi dapat dilakukan kapan saja dan setiap saat, seperti saat mandi, makan, main, persiapan tidur dan pada saat sentuhan atau stimulasi pijat.
Stimulasi pijat dilakukan dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Biasanya sebelum melakukan pijat terhadap Zea, saya mengajak bicara, tertawa, bernyanyi dan bermain. Biasanya Zea akan tersenyum senang. Saat itulah sentuhan demi sentuhan saya lakukan masih sambil berbincang. Jika Zea tidak nyaman karena dingin, atau kalau dia mulai menangis, pijat biasanya saya sudahi.
Masih dalam pemaparan narasumber, stimulasi pijat bayi memberikan manfaat fisik dan emosional untuk bayi. Nah, ini dia manfaat pijat secara fisik dan emosional.
Manfaat Fisik.
  1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan.
  2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah.
  3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernafasan.
  4. Membantu meningkatkan berat badan sehingga bayi akan tumbuh sehat.
  5. Membantu meningkatkan sistem immunitas.
  6. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur, sehingga bayi akan tidur lebih lelap dan lama yang akan memicu perkembangan memori bayi.
Manfaat Emosional
  1. Membuat ikatan atau bonding dengan ibu atau orangtua.
  2. Lebih mudah bersosialisasi. Contohnya berupaya menjangkau, tersenyum dan kontak mata.
3.    Membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik atau tumbuh gigi.
4.     Menurunkan produksi hormon stres yang akan membuat bayi selalu riang.
5.     Mengurangi rewel.
6.    Membantu bayi untuk berlatih relaksasi.


Acara dilanjutkan dengan workshop teknik memijat bayi. 

Langkah-langkah Pijat Bayi
Metode pijat bayi JOHNSON’S® telah dikaji oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan telah dijadikan pedoman pijat bayi oleh para bidan se-Indonesia melalui pelatihan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Berikut langkah-langkah singkat dalam proses pijat bayi.
1. CARESS LOVE
Letakkan kedua telapak tangan anda di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya, seperti membuka buku.
2. RELAX
Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.
3. SMILE
Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir
4. BUTTERFLY
Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.
5. CROSS/MENYILANG
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.
6. “I”
Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”
7. “L.O.V.E”
Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”.
8. “U”
Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari Anda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.
9.WALKING FINGERS
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara.
10. FINGER SHAKE
Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.
11. ROLLING
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.
12. MILKING
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.
A. Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
B. Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas
13. RELAX (KAKI)
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.
14. SLIP (PIJATAN MELUNCUR)
Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah (tengkurap). Posisikan satu telapak tangan Bunda, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong.
***
Sebagai orangtua baru ataupun orangtua yang sudah memiliki anak kedua dan ketiga, pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Sentuhan cinta melalui stimulasi pijat dan kegiatan mandi dapat menjadi solusi untuk menstimulus perkembangan buah hati secara fisik maupun emosional. Yuuk, rutin melakukan sentuhan cinta melalui mandi dan pijat bayi!

 Baca juga:

25 komentar

  1. Sebagai ibu saya sebenernya malu karena baru tahu masalah pijat bayi setelah punyak anak 3, tapi ga ada kata terlambat. Anak pertama dan kedua dapet pijatannya dari nenek, anak ke 3 dapet pijatan dari Amma nya, kebetulan sekarang merantau jauh dri ummi dan mamah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. setidaknya memeluk anak juga salah satu bentuk dari sentuhan cinta. Apalagi kalau anak sedang kecewa, marah atau kesal. Anak yang sudah besar juga bisa dipijat-pijat, sekadar membaeri Sentuhan Cinta.

      Hapus
  2. Selamat atas kelahiran anaknya, Mas. Memang memijat bayi itu sangat bagus Mas. Ibu saya juga dulu sengaja memanggil tukang pijat untuk datang ke rumah. Mah, ini keponakan saya juga baru lahir akhir april. Adik saya pun sudah berencana memijatnya, sama seperti dua kakaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas terima kasih. Kalau ke tukang pijat biasanya kalau lagi kecetit atau ada pergeseran otot, atau pegal karena perjalanan jauh. Nah, pijat bayi sebaiknya dilakukan sendiri oleh orang tuanya dan boleh setiap hari. Tapi enggak kayak pijat atau urut bayi ya. Memijatnya dengan sentuhan cinta ala Johnsoon's

      Hapus
  3. aih beruntung banget ya punya suami dan ayah yang siaha dan ikut ambil bagian membesarkan anak.Semoga Zea selalu sehat 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mabk. Sebagai suami dan ayah, selain mencari nafkah dalam bentuk materi juga perlu memberikan nafkah kasih sayang. Semoga nilainya dapat pahala. Tapi, pijat bayi dengan Sentuhan Cinta itu membahagiakan juga sih. Saya happy gitu kalau mijat Zea, apalagi kalau ketawa senang. Bahagia rasanya.

      Hapus
  4. Wah makasih kak buat sharingnya. Memijat bayi juga bagian dari stimulasi ke anak dan kasih sayang orang tua ke anak ya. Jadi pembelajaran aku buat nanti kalau udah punya anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Annisa. Semoga segera diberi momongan. Aamiin. Bonding antara anak dan orangtua, tercpta salah satunya dengan pijat bayi. Makanya saya senang sekali kalau mijat Zea dengan Sentuhan Cinta.

      Hapus
  5. Alhamdulillah jadi banyak tau tentang tata cara memijit bayi. Sekarang gak perlu manggil tukang pijit lagi deh buat mijit bayi. Cukup ikuti panduan dari Johnson aja ya. Makasih sharingnya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Pijat bayi dengan Sentuhan Cinta ini dapat dilakukan di rumah dan boleh setiap hari agar bonding antara anak dan orangtua terjalin. Btw, aku bukan mbak loh... ha..ha...

      Hapus
  6. Acara ini mengedukasi kita para mamah agar bisa bonding time Di rumah dengan sentuhan cinta, pijat bayi manfaatnya bngd sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Aluna, manfaatnya enggak main-main melakukan pijat bayi dengan Sentuhan Cinta. Bonding antara anak dan orangtua akan terjalin. Insyaa Allah...

      Hapus
  7. Wah keren jadi suami siaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semoga saya dan banyak suami di luar sana bisa jadi suami yang siaga untuk anak dan istrinya. Ya, salah satu kesiagaan saya adalah menjaga bobding saya dengan Zea, caranya salah satunya dengan melakukan ritual pijat bayi Sentuhan Cinta. Dengan begitu, kami bisa membentuk generasi yang baik, sehat, tangguh dan berakhlaq. Aamiin.

      Hapus
  8. Johnson kyknya produknya makin banyak variasinya yaaa.
    Uhuy senneg liat potret ayah dan anak. Dulu anakku jg gtu nemplok ke ayahnya, apalagi BB lahirnya rendah jd selalu digendong di dada ma ayahnya dna tentu saja dipijat donk wajib :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... Johnson's ini produknya makin banyak. yang aku suka ya program Sentuahn Cinta Johnson's yang mengajak orangtua untuk lebih peduli lagi terhadap interkasi antara orangtua dengan anak agar bonding dapat terjalin.

      Bahagia ya kalau lihat suami peluk anak, anak nyaman dan enggak perlu cari orang lain untuk menggantikan figur bapak. Semoga kita bisa jadi orangtua yang baik untuk anak-anak kita. Aamiin

      Hapus
  9. Ternyata banyak juga ya manfaat pijat bayi itu, nanti deh kalau punya bayi lagi mau sering ku pijat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan ternyata melakukan pijat bayi dengan Sentuhan Cinta ini boleh dilakukan setiap hari agar bonding anatara bayi dan orangtuanya terjalind engan baik. Makanya salah satu hal yang saya tunggu-tunggu adalah memijat Zea setelah mandi. Bahagia rasanya...

      Hapus
  10. selamat atas anak pertamanya, hebat nih abang bisa jadi bapak tauladan dan ditiru bapak-bapak muda lainnya agar bisa lebih care ke kesehatan serta kenyamanan anaknya. terutama dengan memberikan sentuhan cinta johnsons

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, terima kasih. Iya nih, saya sedang beriktiar menjadi ayah yang baik dan dapat memberi contoh. Semoga bisa konsisten dalam memberikan Sentuhan Cinta dengan rutinitas pijat bayi setelah mandi. Semoga dnegan begitu, ikatan bonding kami sebagai orangtua terhadap anak dapat berjalan dengan baik dan makin erat. Aamiin.

      Hapus
  11. Aku catat langkahlangkah pijat bayinya. Seru ini kalau dibikin konten youtube. Praktik langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus untuk konten youtube. Aku juga belajar pertama kali dari youtube tentang teknik pijat...

      Hapus
  12. Terima kasih Mas telah share info tentang sentuhan cinta melalui manfaat pijat bayi.

    Duh!! Jadi pengen cepet2 punya anak 😆

    BalasHapus
  13. Wahhh super sekali bapak yg satu ini. Memijat memang saat ini bisa dijadikan salah satu bonding yg kuat ya buat para orangtua terhadap buah hatinya. Senang sekali bisa ikut pelatihan pijat bayi ini. Makasih sudah share info yg sangat bermanfaat ini pak

    BalasHapus