Kamis, 18 Oktober 2018

Malea Emma dan Kepercayaan Dirinya

“Di balik anak yang percaya diri, ada orangtua yang selalu memercayai dirinya.”
Matthew Jacobson

Akhir-akhir ini, di sosial media viral tentang seorang gadis cilik yang menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat. Yang membuat viral, sang anak bernyanyi dengan teknik yang luar biasa, mengingatkan cara Christina Aguilera bernyanyi. Di Indonesia, yang membuatnya viral karena sang gadis cilik yang berusia tujuh tahun itu masih berdarah Indonesia.
Malea Emma (Sumber: Instagram @maleaemma)

Malea EmmaTjandrawidjaja, gadis cilik yang berhasil mencuri perhatian itu kini laris ke beberapa acara televisi di Amerika. Dari interview yang dilakukan, Malea Emma mampu menjawab dengan sangat percaya diri tentang dirinya, hobinya, dan cita-citanya. Apalagi saat diminta untuk bernyanyi, lagu-lagu dengan tingkat kesulitan tinggi mampu ia taklukkan. Di acara Good Morning Amerika, Malea Emma bernyanyi lagu And I’m Telling You           yang dipopulerkan Jennifer Holiday dan Jennifer Hudson. Saat bernyanyi, ia mendapat surprise duet langsung dengan Jennifer Holiday.
Awalnya saya tidak terlalu “ngeh” dengan Malea Emma. Yang saya tahu, ia keturunan Indonesia di saat video viralnya wara-wiri di instagram. Namun akhirnya, saya tertarik untuk melihat penampilannya saat menyanyikan lagu kebangsaan Amerika. Dan... speechless. Di usia yang terbilang masih sangat muda, penampilan Malea nggak kalah dengan penyanyi-penyanyi dewasa saat menyanyikan lagu itu. 

Sumber Instagram @maleaemma
Kekepoan saya berlanjut, saya penasaran dengan Malea. Youtube jadi sarana informasi yang tepat karena video-video Malea banyak terdapat di situ. Apalagi, Malea punya channel youtube. Ternyata, Malea sudah bernyanyi di panggung-panggung kecil di Amerika. Pilihan lagunya sadiss, I Have Nothingnya Whitney Houston, I Surrendernya Celine Dion, Listennya Beyonce, lagu-lagunya Christina Aguilera mampu ia libas. Ya, meskipun, di beberapa bagian masih terkesan dipaksakan namun untuk ukuran usia  kurang dari tujuh tahun, menurut saya sudah kece badai.
Kekepoan saya masih berlanjut, saya lihat instagram dan mencari tahu siapa orangtuanya. Beberapa kali diinterview, Malea sering menyebutkan kalau ayahnya yang menemani ia berlatih bernyanyi. Update terakhir, Malea tampil di American Idol atas undangan Ryan Seacrest yang sebelumnya menelepon Malea untuk acaranya On Air With Ryan Seacrest. Saat tampil di depan juri seperti Katy Perry. Malea terlihat begitu percaya diri. Malea pun mendapatkan golden tiket untuk American Idol 2027 (ini sekedar hiburan).
 Bersama Ryan Seacrest (Sumber Instagram @maleaemma)
Teknik Malea dalam bernyanyi patut untuk diapresiasi. Namun, bukan itu yang membuat saya kagum. Percaya diri dan etika Malea Emma saat diinterview yang membuat saya kagum. Kontak mata, artikulasi saat menjawab pertanyaan host, tampil di depan publik (apalagi di acara televisi) mampu ia tunjukkan dengan sangat baik.
Kepercayaan diri bukanlah sebuah bakat. Ia muncul karena ada tangan-tangan yang menstimulus itu. Dalam pengamatan saya terhadap Malea Emma, orangtuanya punya peranan besar, Malea dididik tanpa paksaan untuk menuruti keinginan orangtua. Malea Emma dibirakan bebas memilih apa keinginan kelak, apa cita-citanya. Sehingga, tak heran ketika ditanya host tentang cita-citanya di beberapa acara televisi Amerika, Malea mantap menjawab, “Aku ingin jadi aktris, penyanyi, pianis, pemain biola, dan dokter.” Orangtua percaya sepenuhnya kepada Malea, itu sebabnya Malea tampil begitu percaya diri.
Sebagai guru, saya melihat karakter percaya diri siswa merupakan pantulan orangtua. Anak yang penakut, tidak percaya diri biasanya akibat orangtua yang terlalu mengekang, overprotected, dan suka menyalahkan anak jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi orangtua. Sedangkan anak yang berani dan percaya diri biasanya karena orangtua yang percaya sepenuhnya dan memberi kebebasan yang tidak bablas kepada anaknya.
Karir bermusik Malea Emma masihlah panjang. Saya yakin, jika orangtua memberi kepercayaan yang kuat dan terus membimbing potensi dan talenta yang dimiliki Malea Emma, karir bermusiknya akan gemilang. Kita tunggu gebrakan-gebrakan gadis cilik ini di Amerika dan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Me Time Bersama Zea

“Aku jatuh cinta 'Tuk kesekian kali Baru kali ini kurasakan Cinta sesungguhnya” (Lagu Cinta - Dewa 19) Lebay sih kayaknya...