Rabu, 30 Oktober 2019

MOLA TV Sajikan Program Unggulan Garuda Select -The Series


Ada yang menarik Senin siang kemarin di CVG fX Sudirman. Salah satu layanan multi platform melakukan screening dan penjelasan tetang program-programnya yang seru dan menarik. Adalah Mola TV yang siap memanjakan mata penonton di rumah dengan ragam tontonan yang tidak saja menarik juga mengedukasi.

MOLA TV merupakan layanan multi platform (televisi, parabola, IPTV-Video on Demand) karya anak muda Indonesia untuk menikmati tayangan olahraga dan entertainment dengan cara yang baru dan menyenangkan. Sebagai pemegang lisensi hak tayang eksklusif Premier League di Indonesia, MOLA TV yang resmi mengudara pada Agustus 2019 lalu telah mencapai 12 juta pengguna di Indonesia dengan 2.5 juta subscribers untuk penonton/pengakses Liga Inggris. Selain itu, MOLA TV juga menyajikan program yang memberikan pengetahuan, inspirasi positif tanpa meninggalkan unsur entertainment.

Banyak program keren yang dihadirkan salah satunya yang akan aku tonton hari ini yaitu Program Garuda Select - The Series.  Saat mendengar penjelasan dari Perwakilan MOLA TV Mirwan Suwarso tentang program-program yang dihadirkan, aku terkagum. Bagaimana tidak banyak program keren dengan memerhatikan teknik pengambilan gambar yang juga enggak kalah keren.


Bapak Mirwan Suwarso menjelaskan program di Mola TV

Ada beberapa cuplikan program yang diputar. Salah satunya ada Masakan Rumah oleh Happy Salma, pemain film yang sekarang berdomisili di Bali. Menu-menu yang coba dihadirkan di program ini adalah menu tradisional yang merupakan resep dari nenek Happy Salma. Dijamin ya nonton ini, aku langsung ingin ambil talenan, pisau, beli bahan pangan lalu memasak ala rumahan.

Selain Masakan Rumah, ada talkshow seru yaitu Dinner With Sophia. Acara talkshow ini menghadirkan narasumber narasumber keren. Talkshow yang dikonsep ringan dan bergizi ini wajib buat ditonton karena akan menambah value untuk kehidupan kita.

Yang suka musik, ada Eva Celia yang hadir lewat Let Me Be Me. Di program ini, kita diajak mengenal Eva lebih dalam, mengenal karir musiknya, karir aktingnya dan bagaimana ia mencoba melepaskan diri dari bayang-bayang sang ayah Indra Lesmana dan sang mama Sophia Latjuba. Acara lain  yang juga enggak kalah keren ada Life In Minor Keys, acara yang pengambilan gambarnya dilakukan di Indonesia ini adalah film dokumenter yang menceritakan tentang perjalanan. Salah satu bintang tamu yang dihadirkan adalah Caitlyn Jenner, ayah dari Kim Kardashian. Selain itu ada juga Ten Count bersama Dwayne “The Rock” Johnson, A Season On The Edge bersama Joey Barton, Blusukan Kartaredjasa, Go Local or Go Home yang merupakan program program untuk segmen hiburan.

 Program Masakan Rumah oleh Happy Salma

Selain program yang diproduksi, Mola Tv juga menghadirkan film-film Holywood. Bahkan beberapa film Holywood yang tayang di bioskop bisa langsung dilihat di Mola TV. Untuk anak-anak, banyak program anak yang juga bisa ditonton dan mengedukasi tentunya.

Untuk urusan bola, selain pertandingan Premier League musim 2019/2020 – 2021/2022 ada juga We Got Game, Football Family  yang melibatkan pemain bola internasional dan serial dokumenter Dream Chasers yang mengikuti kehidupan pemain muda di akademi Inter Milan dan Borussia Dortmund yang juga sudah bisa dilihat di aplikasi Mola TV saat ini. Dan yang akan kami tonton hari ini yaitu Garuda Select-The Series.

Garuda Select-The Series
Membaca judulnya saja sudah ada buncahan kebanggan apalagi saya bisa langsung menyaksikan the seriesnya.


Garuda Select - The Series adalah program serial dokumenter eksklusif MOLA TV yang mengikuti cerita kehidupan para pemain tim Garuda Select selama mereka berada di Eropa. Direkrut dari seluruh pelosok Indonesia untuk lalu mengikuti program akselerasi pengembangan pemain muda yang diselenggarakan di Inggris dan Italia, para pemain Garuda Select dipilih langsung oleh Dennis Wise, mantan pemain Timnas Inggris yang juga mantan kapten Chelsea sebagai Technical Director dan Des Walker, mantan pemain Timnas Inggris yang pernah mengikuti ajang Piala Dunia 1990 yang turut bergabung menjadi Head Coach. Garuda Select melakukan pemusatan latihan di Inggris dan Italia dimana mereka dijadwalkan bertanding melawan tim-tim lokal di kedua negara tersebut untuk mengasah jam terbang dan pengalaman mereka. Penayangan serial dokumenter Garuda Select - The Series diharapkan dapat memacu semangat para pemain muda di tanah air untuk lalu meningkatkan prestasinya masing masing, karena kini sudah semakin terbuka jalurnya untuk bisa berkarir di dunia sepak bola. 
Pemain Garuda Select The Series dan Mirwan Suwarso dari Mola TV


“Dalam menggarap program Garuda Select bersama PSSI kami ingin memberikan dua hal, membentuk sebuah program akselerasi pembinaan jangka panjang yang berstandar dunia, dan membuka jalur bagi para pemain muda Indonesia untuk semakin mudah dilihat oleh klub-klub dunia sehingga diharapkan dapat memperbesar peluang untuk semakin meningkatkan kesejahteraan mereka,” jelas Mirwan Suwarso.

Musim lalu, kisah perjalanan kelompok pertama diceritakan dalam 18 episode, mengikuti para pemain dari pertama kali mereka menginjak tanah Inggris, hingga ke pertandingan melawan tim akademi Chelsea u17 di episode terakhir.

Saat menyaksikan episode awal Garuda Select-The Series, penonton seperti dibawa ikut serta dalam setiap pertandingan yang berlangsung. Beberapa kali kami teriak ketika saat para pemain melakukan tendangan ke arah gawang.

Tiga Pemain Garuda Select( Braif Fatari, Bagus Kahfi, Brylian Aldama)

Penonton juga dibuat gregetan saat Garuda Select harus menerima kekalahan atau memenangkan pertandingan. Kami bersedih tatkala Salman dan Andre mengalami cidera, atau kami dibuat terpingkal oleh kelakuan si kembar Bagas dan Bagus.

Kini memasuki musim kedua, Dennis Wise dan tim pelatih memutuskan untuk hanya menyimpan 6 pemain dari kelompok pertama (Andre Oktaviansyah, Bagus Kahfi , Bagas Kahfi, Brylian Aldama, David Maulana , Fajar Fathurrahman) sehingga Garuda Select - The Series di musim kedua pun akan diwarnai dengan wajah baru yang lebih muda (kelahiran 2003). Sesuai dengan konsep program Garuda Select, memang tujuan Dennis Wise dan tim pelatih bukan untuk melatih pemain pemain terbaik di saat ini, namun lebih ke mencari pemain pemain yang dinilai memiliki potensi terbaik untuk berkembang, dan  lalu dibina oleh mereka di Eropa.

Selain di Inggris, program Garuda Select sekarang juga akan diselenggarakan di Como, Italia sehingga para pemain dapat merasakan bermain menghadapi lawan dengan tipe permainan dan taktik yang berbeda. Arsenal, Leicester, Chelsea dan lawan lawan lama dari musim lalu kembali akan menjajal tim Garuda Select, namun kali ini ada tambahan beberapa lawan baru seperti Manchester City di Inggris dan Como, Torino, Juventus dan Inter di Italia.

Program Garuda Select merupakan kerja sama antara MOLA TV dan PSSI sebagai bentuk komitmen MOLA TV untuk turut mengembangkan industri sepak bola di Indonesia.

“Sebagai pemain muda, program Garuda Select sangat berarti untuk membuka jalan karir profesional saya. Dengan program latihan yang intensif baik secara fisik maupun teknik sangat membantu perkembangan saya sebagai pesepakbola. Kesempatan untuk bermain di luar negeri secara regular menghadapi klub-klub elit di Inggris, serta merasakan langsung atmosfer bertanding di Eropa, turut membantu mengangkat mental bertanding saya. Selain itu, tiada yang lebih membanggakan bagi saya karena dapat membela Tim Nasional Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di ajang international. Dukung sepak bola Indonesia dan saksikan perjalanan Garuda Select - The Series hanya di MOLA TV” ujar Bagus Kahfi, pemain Garuda Select yang sedang menjalani training camp bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Sebelumnya, program Garuda Select angkatan pertama terbukti diminati oleh pemirsa melalui angka hasil streaming yang luar biasa, baik Live Match ataupun liputan dokumenter mingguannya. Terbukti untuk siaran Live Match berhasil meraih hingga 4,7 juta penonton, sedangkan untuk dokumenter berhasil meraih hingga 70 juta penonton. Terbukti ya, Garuda Select The  Series memiliki penggemar yang tidak sedikit.

Program Garuda Select - The Series digarap serius dengan kualitas pengambilan gambar setara dokumenter dokumenter serupa di platform streaming sekelas Netflix dan Amazon. Hal ini memang karena Mola TV pun merupakan pemasok program untuk konsumsi pasar internasional melalui konten originalnya.
  
Mola TV dapat disaksikan melalui berbagai sarana diantaranya tayangan Free-To-Air (FTA) parabola, aplikasi Mola Tv dan juga perangkat streaming Mola Polytron Streaming yang disambungkan ke televisi. Kalau kalian berminat untuk memasang Mola TV di rumah, informasi lebih lanjut hubungi.
Achmad Sagitta                     0812 8909 5280 (gitta@imagedynamics.co.id)
Rara Lhaksmi Kirana  0821 2616 7682 (rara@imagedynamics.co.id)

Senin, 28 Oktober 2019

Siliwangi Bolu Kukus Oleh-oleh Khasnya Bumi Pasundan


Bangsa yang maju adalah bangsa yang hormati kearifan lokal.

Kearifan lokal terdiri dari dua kata, jika diartikan satu-satu dalam Kamus Bahasa Indonesia, kearifan diartikan sebagai kebijaksanaan sedangkan lokal diartikan lokal atau tempat. Secara umum kearifan lokal dapat dijabarkan sebagai suatu kebijaksanaan yang memberikan dampak baik yang ada di wilayah tertentu.


***


Berlibur. Kata-kata itu kayaknya memiliki muatan magic buatku Bayangkan, rutinitas dari pagi ke sore, hari ke hari, minggu ke minggu seakan memiliki ritme yang sama. Makanya kalau dengar kata berlibur atau ajakan berlibur, rasanya ada angin segar yang berhembus menenteramkan. Karena bagiku berlibur menjadi penjaga semangat saat mabuk rutinitas.
Liburan sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang cukup diperhitungkan manusia di era kini. sehingga tak mengherankan pemerintah maupun daerah-daerah mulai memperhitungkan wisata sebagai salah satu penunjang dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Semenjak acara Wisata Kuliner tayang tahun 2005 dan dibawakan oleh Bondan Winarno, masyarakat sepertinya diingatkan wisata tidak hanya berkunjung ke sebuah tempat semata. Kuliner sebuah daerah juga menjadi daya tarik yang tidak dapat dilepaskan.

Majunya teknologi dengan munculnya ragam sosial media membuat kuliner sebuah daerah semakin banyak dikenal. Dulu, kebanyakan kuliner-kuliner yang sudah melanglang buana di nusantaralah yang dikenal, sebut saja pempek dari Palembang, rendang Sumatera Barat, batagor dari Bandung, gudeg Yogyakarta dan beberapa kuliner daerah lain, sedangkan kebanyakan kuliner lainnya masih hanya dikenal di daerahnya saja atau sudah mulai langka dan hilang dari peredaran.

Kekhasan kuliner sebuah daerah tidak terlepas dari banyaknya sumber daya alam yang tumbuh di daerah tersebut. Pempek misalnya, olahan ikan ini awalnya ada karena melimpahnya ikan belida di Sungai Musi.  Begitu pula denga keripik pisang lampung, melimpahnya buah pisang membuat warga Lampung mencari cara agar pisang dapat dikonsumsi lebih lama dalam bentuk olahan lain.
Pempek Palembang

Kekhasan demi kekhasan sumberdaya alam setiap daerah inilah yang akhirnya memunculkan ragam kuliner khas. Makin berjalannya waktu, kuliner khas daerah tidak hanya dapat dinikmati di daerahnya langsung namun bisa dinikmati dalam bentuk oleh-oleh.

Melihat kekayaan Indonesia yang melimpah, CV. Boga Karya Siliwangi menghadirkan kearifan lokal khas Bumi Pasundan melalui produk Siliwangi Bolu Kukus. Nama Siliwangi yang digunakan sebagai merk dagang juga memiliki nilai histori yang kuat dan lekat dengan Bumi Pasundan.

Muhammad Faizal Chaniago, selaku Director CV. Boga Karya Siliwangi, mengatakan, “Hari ini kami memperkenalkan kepada masyakat suatu bentuk karya yang mengangkat nilai sejarah dan nilai kearifan lokal, dimana hasil karya tersebut kami beri nama Siliwangi Bolu Kukus (SBK).” Itulah mengapa nama ‘Siliwangi’ lebih ditonjolkan pada kemasannya karena inilah nama yang begitu melekat dengan Bumi Pasundan.

Nama Siliwangi berasal dari kata ‘Silih’ dan ‘Wawangi’. Menilik dari sejarahnya, Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh dianggap sebagai pengganti kakeknya, Niskala Wastu Kancana, yang bergelar Prabu Wangi. Sri Baduga dianggap mempunyai kekuasaan yang sama besarnya dengan kakeknya, sehingga beliau pun dikenal sebagai Prabu Siliwangi. ‘Silih Wawangi’ juga menjadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi, ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi’.

 Siliwangi Bolu Kukus

“Semoga apa yang kami karyakan dapat diterima dengan baik oleh kalangan masyarakat luas dan memberikan nilai kebaikan sertamanfaat bagi siapapun yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung,” lanjut Faizal.

Semua itu tercermin dalam  misi perusahaan CV. Boga Karya Siliwangi

1) Dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia;
2) Menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia;
3) Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan proses berdasarkan filosofi-filosofi Ketuhanan dan keilmuan serta teknologi;
4) Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat. Semua itu kemudian mengerucut pada budaya sehat, sejahtera, bahagia, kearifan lokal, dan humanis.

Siliwangi Bolu Kukus

Ada delapan varian rasa yang akan memanjakan lidah melalui Siliwangi Bolu Kukus. Seperti yang sudah dikemukakan, Siliwangi mengeluarkan beberapa varian rasa dengan menggunakan bahan lokal dari daerah  Pasundan. Sebut saja, Ciwidey. Salah satu daerah di Jawa Barat ini merupakan penghasil stroberi terbaik di Jawa Barat. Kekayaan bahan alam Ciwidey ini diambil Siliwangi Bolu Kukus dalam varian rasanya.

Berikut 8 varian rasa yang bisa kalian nikmati....

1. Siliwangi Bolu Kukus rasa Susu Lembang
Lembang selain memiliki banyak tempat wisata yang seru dan menarik, kekayaan alam Lembang juga tidak main-main. Peternakan sapi di Lembang menghasilkan kuantitas susu yang banyak dan kualitas yang baik. Data dari Koperasi peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), dalam sehari Lembang mampu menghasilkan susu 130 hingga 150 ton. Jumlah yang melimpah ini menjadi varian rasa yang tidak dapat dilewatkan Siliwangi Bolu Kukus.


2. Siliwangi Bolu Kukus rasa Stroberi Ciwidey.
Ciwidey yang merupakan daerah penghasil stoberi terbaik di Jawa Barat meskipun produksi stoberi di Ciwidey mulai mengalami penurunan.  Stroberi sudah sejak lama menjadi bahan toping untuk kue, sehingga pas jika Siliwangi Bolu Kukus memilih stoberi Ciwidey sekaligus mengangkat kekhasan daerah Bnadung Selatan ini.


3. Siliwangi Bolu Kukus rasa Kopi Bogor
Siapa sangka Bogor adalah salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Salah satu sumberdaya alam di Bogor ini menjadi varian rasa Siliwangi Bolu Kukus yang tidak bisa dilewatkan.

4. Siliwangi Bolu Kukus rasa Ubi Cilembu
Hanya daerah Cilembu yang menghasilkan ubi Cilembu dengan rasa yang mumpuni, konon unsur hara tanah di Cilembu yang membuat ubi ini terasa begitu nikmat dan berbeda. Beberapa daerah yang menanam ubi Cilembu nyatanya tidak sama hasilnya ketika ditanam di daerah asalnya. 

5. Siliwangi Bolu Kukus rasa Ketan Kelapa
Banyak daerah di Bumi Pasundan yang menghasilkan ketan dan kelapa. Siliwangi Bolu Kukus tidak melewatkannya sebagai salah satu varian rasa.

6. Siliwangi Bolu Kukus rasa Alpukat Mentega
Alpukat mentega yang juga banyak tumbuh di Bumi Pasundan menjadi daya tarik sendiri karen baru Siliwangi Bolu Kukus yang memanfaatkan alpukat mentega untuk varian rasanya.

7. Siliwangi Bolu Kukus rasa Brownies Coklat
Daerah daerah di Jawa Barat seperti Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Karawang dan Sukabumi adalah daerah daerah dengan luas areal tanam kakao terbesar di Jawa Barat. Kakao sebagai bahan pembuat coklat ini memang menjadi varian yang tepat untuk Siliwangi Bolu Kukus.

8. Siliwangi Bolu Kukus rasa Talas Bogor
Bicara soal daerah Bogor, talas merupakan salah satu komoditi andalannya. Beberapa penganan khas Bogor juga terbuat dari talas. Tak mengherankan, Siliwangi Bolu Kukus menjadikan Talas Bogor sebagai salah satu varian rasanya.



Launching Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Bogor
Jumat pekan kemarin, tepatnya tanggal 25 Oktober 2019, Siliwangi Bolu Kukus launching store di Stasiun Bogor menghadirkan promo buy 1 get 1 hanya dengan Rp. 25.000,-. Akan ada 500 transaksi yang berarti akan ada 1000 bolu kukus yang akan dijual dalam masa promo.

Pagi-pagi, saya sudah berada di Stasiun Bogor. Jujur ya, saya penasaran dengan promo yang diadakan dan tentu saja dengan bolu kukusnya sendiri. Benar saja, ketika baru sampai ke storenya yang dekat dengan jembatan penyeberangan. Antrean orang untuk membeli sudah terlihat mengular. 
Siliwangi Bolu Kukus oleh oleh Bogor

Saya tidak buru-buru ikut mengantre karena transaksi masih berjalan 100an. Saya lebih memilih foto-foto di luar store dan di dalam store. Saat masuk, suasana store di Stasiun Bogor ini terlihat rapi dan Pasundan banget. Rak bambu yang mendisplay semua varian bolu kukus, tas rotan kas Tasik yang digunakan untuk mengambil varian bolu. Beberapa snack dan sambal khas juga didisplay.

Tidak sampai situ, pegawai Siliwangi Bolu Kukus juga memakai kebaya dengan dandanan khas Sunda.

Di meja dekat kasir, ada tesetr varian yang boleh dicoba. Saya pun mencobanya...

Testimoni Rasa
Jujur ya, selama ini saya kurang begitu suka makan kue ala-ala oleh-oleh daerah tertentu, apalagi kue yang diprakarsai artis. Belum pernah sepertinya saya coba dan beli. Hanya ada beberapa kue atau bolu yang saya coba dan saya suka.

Saat ada di meja kasir testernya saya mencoba yang ketan kelapa terlebih dahulu. Ah, saya langsung jatuh cinta. Rasa ketannya terasa sekali, teksturnya pun tidak terlalu kasar seperti pada bolu ketan. Fiks saya mau yang varian aras ketan kelapa. Kemudian saya mencoba yang varian alpukat mentega, jarang bolu menggunakan alpukat untuk varian rasa. Saat satu potong bolu kukus rasa alpukat mentega masuk ke dalam mulut, super... rasa alpukatnya terasa benar-benar ada.

Siliwangi Bolu Kukus oleh oleh Bogor
Siliwangi Bolu Kukus rasa stroberi Ciwidey. 
Super super Yummy!

Saya kemudian mencoba yang rasa susu lembang, asliik ini nagih. Rasa susunya terasa banget. Kemudian saya mencoba Siliwangi Bolu Kukus rasa stroberi, ini juga juara enaknya. Selai stroberinya terasa sekali. Varian rasa brownies coklat, juga terasa sekali coklatnya.
Dari semua varian yang paling juara menurutku adalah rasa Ubi Cilembu. Konsumen seperti menikmati ubi dalam bentuk bolu kukus.  Seriusan, super.... juara enaknya! Soal tekstur, semua varian teksturnya lembut dan moist.

Pertanyaan berikutnya, kenapa Siliwangi mengeluarkan bolu kukus. Bolu kukus dengan cara memasak dengan dikukus lebih menyehatkan dibandingkan cara memasak yang lain. Untuk itu Siliwangi lebih memilih bolu kukus.

Siliwangi Bolu Kukus oleh oleh Bogor

 “Melestarikan kearifan lokal melalui kuliner adalah bentuk dari kontribusi kami untuk Bumi Pasundan.” Ucap GM CV. Boga Karya Siliwangi saat launching store Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Bogor.
***
Kala senja, saat hujan mulai turun. Saya menikmati Siliwangi Bolu Kukus ditemani secangkir minuman hangat. Sembari mengunyah saya memandang jalanan yang disapu hujan. Nikmat rasanya. Seperti di quote awal pada tulisan ini “Bangsa yang maju adalah bangsa yang hormati kearifan lokal.”, CV. Boga Karya Siliwangi dengan produk Siliwangi Bolu Kukusnya sudah selangkah lebih maju karena tak saja menghadirkan kuliner oleh-oleh, namun juga memerhatikan kearifan lokal sebagai bentuk kontribusi terhadap Bumi Pasundan, terhadap Indonesia. Salut!

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...