Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

 


Sebagai seorang yang bekerja di dunia pendidikan, saya tahu betul berapa sulitnya mengajarkan pendidikan seksual ke peserta didik. Dulu, saat mengajar kelas satu, saya biasa mengenalkan perbedaan laki-laki dan perempuan sebagai awalan dalam melakukan edukasi seksual kepada peserta didik.

Selain mengajarkan mengenai perbedaan laki-laki dan perempuan, saya juga mengajarkan ke peserta didik mengenai aurat (karena sekolah saya berbasis Islami) sehingga cukup mudah menyampaikan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Bagian tubuh mana yang harus ditutup, bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang sembarangan oleh orang lain.

Pendidikan seksual khususnya di Indonesia bukanlah hal yang gampang untuk diberikan. Urusan pendidikan seksual masih sangat tabu dan belum terbuka menjadi pembahasan meskipun itu pendidikan seksual tersebut dibahas dalam sebuah keluarga sekalipun.

Sebagai sekolah yang menerima ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), mengajarkan hal hal terkait pendidikan seks lebih sulit dibandingkan mengajarkan pada peserta didik pada umumnya. Begitu pun dalam mengajarkan pendidikan seksual kepada teman teman disabilitas. Perlu ekstra cara agar teman teman disabilitas mampu memahami perkara ini.

Nah, pada Rabu kemarin tanggal 25 Mei 2022 Ruang Publik KBR berkerjasama dengan NLR Indonesiaengadakan Talk show dengan tema “Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi OYPMK dan Remaja Disabilitas”. Acara yang bisa diakses lewat YouTube Berita KBR ini menghadirkan para narasumber keren diantaranya Westiani Agustustin (Founder Biyung Indonesia), Nona Ruhel Yabloy (Project Officer HKSR NLR Indonesia), Wilhelmina Ice (Champion program HKSR).

“Banyak orangtua yang merasa anak akan tahu sendiri tentang kesehatan seksual dan reproduksi. Padahal pengetahuan tentang ini harus disampaikan secara tepat baik oleh orangtua, pendamping dan guru di sekolah. Untuk remaja disabilitas, step by stepnya harus jelas,” jelas Nona.


Westiani selalu perwakilan dari Bilang Indonesia menjelaskan.... 

“Stigma yang harus diluruskan adalah perempuan menjadi penyumbang sampah terkait dengan pembalut. Untuk itu Biyung Indonesia, tidak hanya fokus dengan sampah pembalut namun fokus juga pada hak kesehatan seksual dan reproduksi pada perempuan, salah satunya hak menstruasi sehat. Program pembalut gratis jadi salah satu program Biyung Indonesia untuk bisa menggunakan pembalut agar memiliki hak menstruasi sehat.” 

“Sebagai remaja disablitas, penting sekali diberikan hak kesehatan seksual dan reproduksi,” ucap Ice remaja disabilitas.

HKSR bisa dimulai dari sejak dini. Anak anak dikenalkan untuk lebih mengenal tubuhnya sendiri. Mulai usia 3 hingga 4 tahun, anak anak bisa dikenalkan toilet training, organ-organ tubuhnya, bagian tubuh mana saja yang boleh dipegang orang lain.

Persoalan pendidikan seksual ini masih tabu karena banyak orangtua yang merasa khawatir pembahasan terkait pendidikan seksual ini melebar ke mana mana.

Banyak sekali program yang dilakukan NLR Indonesia dan Biyung Indonesia dalam mengedukasi hak kesehatan seksual dan reproduksi. Kalian bisa mengaksesnya di sosial media khususnya instagram NLR Indonesia (@nlrindonesia) dan  Biyung Indonesia (@b.i.y.u.n.g). Dan dapatkan informasi mengenai kesehatan seksual dan reproduksi.

 

 

 

 

 

 

 

Usaha Makin Berkembang Dengan Youtap Indonesia

 


Kalau ngomongin soal usaha, nggak kerasa nih sudah lebih dari dua tahun Pempek Mafaza hadir menemani pecinta pempek di daerah Bogor dan sekitarnya.  Bermula dari kecintaan saya dan istri akan penganan pempek membuat kami menyempatkan diri berkeliling Palembang lalu Bandar Lampung untuk mencoba pempek di dua wilayah tersebut.

Pandemi yang hadir membuat keuangan rumah tangga kami cukup terpengaruh. Setelah mengikuti berbagai macam pelatihan, mencoba membuat pempek berkali kali. Akhirnya kami memberanikan diri untuk memulai produksi dan menjual beberapa bulan setelah pandemi berlangsung.

Jujur memulai usaha tak semudah membalikkan telapak tangan. Konsistensi rasa pempek harus kami jaga sedemikian rupa. Mencari bahan baku yang kerap bergant-ganti dan lumayan sulit (suplier biasanya lebih melayani usaha dengan partai besar). Dan pemasaran yang naik surut membuat kami mencoba bertahan agar usaha ini terus berjalan.

Pernah pesanan pempek kami dalam kurun waktu seminggu membludak luar biasa. Secara pencatatan saya lumayan kewalahan, begitu pun dalam hal pembayaran kadang masih tercampur dengan keuangan rumah tangga, laporan penjualan yang belum tercatat secara rapi, serta pembukuan yang belum dilakukan secara profesional.

Aplikasi Youtap Indonesia

Saat tahu ada aplikasi Youtap saya jadi penasaran untuk tahu lebih lanjut. Youtap Indonesia merupakan aplikasi yang menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan. Youtap menghadirkan berbagai transaksi digital terkini kepada mitranya agar dapat lebih baik melayani konsumen. Fyi, Youtap di Indonesia merupakan perusahaan gabungan antara Grup Salim dan Youtap global. Youtap Indonesia resmi diluncurkan pada bulan Februari 2020.

Ada beberapa keuntungan jika bergabung dengan Youtap Indonesia:

  1. Menyediakan berbagai pilihan pembayaran tunai dan nontunai (cashless)
  2. Kesempatan untuk meningkatkan penjualan hingga membuat usaha baru
  3. Kemudahan mengakses laporan penjualan dan membuat pembukuan  usaha lengkap secara otomatis berbasis website
  4. Praktis mengelola usaha dengan  multi perangkat terkoneksi.


Youtap POS

Aplikasi Youtap POS (Point of Sales) memberikan kemudahan untuk usaha yang sedang dijalankan. Di dalam  Youtap POS ini tersedia lengkap berbagai fitur yang dapat digunakan untuk segala jenis usaha.

Banyak fitur-fitur Youtap POS yang membantu dalam melancarkan usaha bisnis. Usaha yang dijalankan dapat dikelola kapan saja dan di mana saja dengan fitur-fitur lengkap melalui solusi digital yang terintegrasi. Fitur-fitur di Youtap Indonesia seperti  fitur POS kasir, pembayaran Qris dan Cashless, E-Menu, analisa pintar yang memuat laporan dan analisa penjualan, kalkulator digital, analisa produk, pembayaran tunai, riwayat transaksi hingga penyesuaian harga dan pajak dapat diakses melalui Youtap POS. Fitur-fitur ini bisa digunakan saat Anda memilih paket usaha Youtap.

Untuk kami yang sedang menjalankan usaha, fitur-fitur dari Youtap POS (Point of sales digital) ini benar-benar membantu dalam mengambangkan usaha agar lebih rapi, terarah dan profesional tentunya.

Pernah saat banyaknya pesanan masuk, dan pencatatan tidak rapi beberapa pesanan yang dikirimkan kepada konsumen tertukar atau tidak sesuai. Hal ini jelas tidak profesional, selain merugikan konsumen, sebagai pelaku usaha kami juga jadi rugi.

 

Belanja Stok Youtap

Saat menjalankan bisnis makanan, salah satu kendala yang kerap kami hadapi adalah ketersediaan bahan baku. Cerita sedikit terkait usaha pempek kami, bahan baku seperti tepung tapioka yang berkualitas dan ikan yang bagus gampang-gampang susah. Khusus untuk ikan, banyak pemasok yang lebih mementingkan usaha partai besar sedangkan kami yang masih skala kecil kadang dianggap sebelah mata atau tidak diutamakan.

Nah, untungnya di Youtap ada fitur yang memudahkan pelaku usaha untuk Belanja Stok.

Belanja stok merupakan fitur aplikasi stok barang untuk para merchant di Youtap. Melalui fitur ini, kebutuhan belanja stok akan lebih mudah.

Belanja Bisa Kapan Saja dan Di Mana Saja

Melalui Belanja Stok, kita sebagai pelaku usaha tidak perlu repot-repot dalam melakukan pembelian untuk kebutuhan usaha. Cukup dengan telepon genggam, stok bahan bisa langsung dipesan.

Ragam Produk Berkualitas

Selain mudah dalam pemesanan, ragam produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik sehingga mampu menunjang berkembangnya usaha bisnis. Selain itu, ragam produk ini berasal dari para pemasok yang terpercaya dengan harga langsung dari pemasok. Untuk pelaku usaha, harga langsung dari pemasok yang lebih rendah membuat keuntungan usaha lebih besar.

Pengiriman yang Cepat

Pengiriman bahan untuk stok usaha yang cepat akan memudahkan saat melakukan produksi.

Daftar Produk yang Lengkap

Pada Belanja Stok, produk yang ditawarkan untuk merchant begitu lengkap dengan deskripsi dan informasi ketersediaan stok. Kalian hanya tinggal pilih jumlah produk, kemudian cek keranjang dan bayar dengan m-bangking, e-wallet melalui QRIS Youtap.

Riwayat Transaksi Lengkap.

Setiap transaksi belanja stok akan otomatis tercatat, lengkap dengan status transaksi. Sehingga akan memudahkan pelaku usaha dalam telusur transaksi pembelian.

Harga Spesial Disertai Promosi

Untungnya pakai Belanja Stok Youtap adalah kalian bisa berlangganan untuk stok mingguan dengan harga spesial dan tambahan promosi. Harga spesial dan promosi jelas menguntungkan pelaku usaha.

 

Nah, buat kalian yang sedang menjalankan atau akan memulai sebuah usaha, agar usaha kalian lebih berkembang yuuk langsung download Aplikasi Youtap Indonesia di Play store maupun di App store.

 

 

 

 

Kolaborasi Keren JNE dan UMKM Jember

Jember

Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian, jika mendengar kata Jember?

Kalau aku, hal yang pertama kali terlintas di benakku ketika mendengar kata Jember adalah event Jember Fashion Carnaval yang sudah dikenal tidak hanya di Indonesia saja tapi dikenal hingga manca negara. Jember Fashion Carnaval juga jadi event yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Dari wikipedia yang aku baca, Jember Fashion Carnaval ini bermula di tahun 1997 atas inisiasi dari Dynand Faiz bersama sang kakak Suyanto yang mendirikan Dynand Fariz Fashion House. Dari sinilah muncul Dynand Fariz Fashion Week yang menjadi agenda tahunan dan diselenggarakan sekitar bulan Juli Agustus. Di event Pada ini selama satu pekan, para karyawan dari Dynand Fariz Fashion House berpakaian bertema sesuai dengan trend mode yang lagi hits di dunia.

Jember Fashion Carnaval

Pada tahun 2003, Jember Fashion Carnaval pertama hadir. Carnaval. Jujur ya, aku belum pernah lihat Jember Fashion Carnaval secara langsung. Tapi kalau lihat eventnya di televisi dan media sosial,  aku pengen banget untuk menonton  langsung di Jember. Salah satu listku untuk destinasi traveling nanti.

Oh ya, kini JFC sudah memasuki perhelatan ke-20. Hampir dua dekade JFC telah menorehkan banyak prestasi, di antaranya menjadi karnaval terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Jember Fashion Carnaval berhasil meraih Best National Costume di ajang internasional yang diikuti puluhan negara di dunia.

Tiara Andini

Nah selain Jember Fashion Carnaval, salah satu yang melekat dalam benakku ketika mendengar kata Jember adalah asal daerah dari penyanyi yang lagi digandrungi remaja saat ini, Tiara Andini.

Kalau ngomongin tentang Tiara Andini, aku cukup mengikuti perjalanannya saat mengikuti kompetisi Indonesian Idol Seasons ke-10 dan perjalanan karirnya hingga sekarang. Kiprah Tiara Andini saat ikut kompetisi tidaklah mudah. Saat audisi, Tiara nyaris tidak lolos karena dua juri mengatakan tidak. Untung saja, Judika memberikan kesempatan kepada Tiara lewat Platinum Ticket.

Penampilan Tiara dari babak ke babak yang semakin meningkat membuatnya berhasil melaju ke Grand Final bersama Lyodra Ginting. Dan Tiara berhasil menjadi runner up di perhelatan Indonesian Idol Seasons 10.

Hingga kini, Tiara Andini telah merilis mini album duet bersama Arsy Widianto dan album perdana. Lagu lagu Tiara pun kerap trending di youtube dan kanal musik. Bicara tentang penghargaan, Tiara pun berhasil meraih penghargaan sebagai pendatang baru terbaik terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2020 dan Indonesian Best Artist di MAMA 2020.

Kolaborasi JNE bersama UMKM Jember

Masih ngomongin Jember, ada yang menarik nih antara kolaborasi keren UMKM Jember dengan JNE. Seperti yang kita ketahui, dampak pandemi selama lebih dari dua tahun ini memberikan imbas tidak hanya ke faktor sosial dan politik tapi juga ke faktor ekonomi. Dampak pandemi juga dirasakan sekali pada pelaku usaha terutama UMKM UMKM.

Nah, pada 20 Mei kemarin JNE melalui kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada pelaku UMKM di Jember dalam memperkuat branding usaha mereka. Kegiatan yang bertema Transformasi Digital Bisnis UMKM di Era New Normal. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui zoom dan YouTube channel JNE.

Kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember ini menghadirkan tiga narasumber Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE, Nesi Septiani selaku Owner Khadijjah Collection, Fathurrohman selaku Owner Musae Chips.

“Kalau untuk kolaborasi kita sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap ada komunitas UMKM, saya kunjungi dan ajak sharing apa nih yang dibutuhkan UMKM. Kita juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas,” ucap Agung Fathur saat membuka Kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember.

“Dulu itu saya berawal jadi reseller, dari situ saya dapat keuntungan dan tertarik untuk melakukan bisnis, kunci dari membuka bisnis adalah harus konsisten,” ujar Nesi.  “Di sini saya menjual baju daster dan dress. Saya bertahan dengan kualitas harga, kalau kita jual yang berkualitas seperti jahitannya rapi pasti customer akan balik lagi. Kualitas menjadi hal yang utama untuk teman-teman yang ingin membuka bisnis,” lanjutnya.

Senanda dengan Nesu, narasumber lain yang juga pelaku UMKM Fathurrohman, “Kita mulai dari 2018, cuman baru jualan di 2019. Dari develop sebuah brand sampai launching brand, kita melakukan research terkait kompetitor, kategori segmen mana yang mau kita ambil. Saya lebih memilih dengan demografi anak millenial karena mudah viral, mereka kaum yang sangat menggunakan media sosial,” ucap Fathurrohman selaku Owner Musae Chips yang bercerita soal perjalanan bisnisnya Ia juga memberikan tips and trick untuk para UMKM yang baru ingin membuka bisnisnya. “Hal yang perlu dimiliki UMKM untuk bisa bersaing dalam sebuah bisnis yaitu market-nya, ingin bidik market mana. Lalu, di sisi kuliner enak adalah kewajiban bukan diferensiasi,” lanjutnya lagi.

Mendukung UMKM Jember untuk terus berkembang, JNE Jember memberikan berbagai jasa dan solusi bagi para UMKM setempat.

“Kita perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa. Jujur, bertanggung jawab dan visioner, termasuk dalam tagline kita “Connecting Happines” yang di mana tak hanya mengantarkan barang, tapi juga kebahagiaan,”  ujar Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE.

JNE juga melaksanakan kegiatan sosial dan CSR seperti menyalurkan bantuan bencana alam pada erupsi semeru dan membangun yayasan yatim. Program dengan para UMKM yaitu memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM, selain layanan bisnis terpadu. Selain itu, program UMKM lainnya adalah kolaborasi dengan bank BNI. “Di sana kita bisa memberikan permodalan kepada teman yang membutuhkan permodalan untuk bisnis mereka,” tambah Agung Fathur R.

Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan merupakan kota ke-sebelas dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Jember, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Semarang pada 25 Mei 2022.

Jadi nggak sabar ya, lihat kolaborasi JNE dengan UMKM UMKM di kota lain.....

 

 

 

 

 

 

 

Keamanan di Ruang Digital

Tepat pukul, 11.30 saya sampai di 7Shades Coffee, lokasi di mana workshop tentang Keamanan Di Ruang Digital. Jujurly, ini adalah workshop offline pertama setelah dua tahun lebih ikut workshop secara online.

Teriknya matahari saat perjalanan dari Stasiun Pasar Minggu Baru menuju lokasi tidak menghalangi keingintahuan saya tentang materi yang akan di sampaikan nanti. Belum lagi keseruan bareng teman-teman blogger setelah lama tidak bertatap muka secara langsung membuat saya makin antusias.

Memasuki Coffee shop 7Shades Coffee, aroma kopi sudah tercium ramah menyapa. Belum lagi para karyawan coffee shop yang juga nggak kalah ramah. Belum juga tempat yang cukup estetis yang pas banget untuk foto foto. Workshop dilaksanakan di lantai atas.

Sebelum memulai acara, kami menikmati hidangan yang disediakan. Ada puding coklat, makaroni skotel, dan minuman yang boleh dipesan langsung. Saya pilih kopi aren latte. Sedangkan untuk makan siang saya pesan nasi ayam bumbu pedas dengan salad dan pangsit. Workshop dimulai tepat pukul satu siang.

Keamanan Data Pribadi

Bicara soal data pribadi, kalian sadar enggak sih kalau data yang kita punya tuh sudah tersebar ke mana-mana. Makanya nggak mengherankan kalau tiba-tiba, ada panggilan telepon dari asuransi tertentu, atau panggilan terkait penawaran sebuah barang. Belum lagi penipuan-penipuan yang tiba tiba masih baik lewat panggilan atau lewat SMS yang membuat kita bertanya-tanya, dari mana mereka mendapatkan nomor telepon kita.

Tanpa kita sadari, kadang kita dengan mudah memberikan data kita berupa nomor telepon, bahkan data pribadi seperti KTP dan data penting lainnya. Belum lagi aplikasi aplikasi mencurigakan yang mengambil data data kita tanpa kita sadari. Atau link-link tertentu yang sengaja atau tidak sengaja kita klik ternyata spam yang juga mencuri data-data kita.

Menurut Mas Andri Hutama selaku Presiden Direktur of ITSEC Asia, menjaga data pribadi yang akan dibagikan ke luar itu harus. Jangan sampai data-data yang diberikan disalahgunakan pihak pihak yang tidak bertanggungjawab.

Teh Ani Berta selalu konten kreator menegaskan, sebagai blogger dan influencer hal-hal berupa data sudah diupayakan karena sebagian besar blogger dan influencer sudah memahami jika data data pribadi sudah sepatutnya tidak diberikan begitu saja.

Tips Menjaga Data Pribadi

Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Mas Andri dan Teh Ani terkait dengan cara menjaga data pribadi agar tidak mudah disalahgunakan pihak lain, atau data-data kita tidak dapat diambil alih lalu disalahgunakan gunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

1. Password: gunakan password yang tidak mudah orang lain menduganya.

Password atau kata kunci merupakan pintu gerbang orang lain untuk masuk ke akun kita. Banyak dari kita yang memakai password ini dari hal hal yang dekat dengan data pribadi, mulai dari tempat dan tanggal lahir, nama anak, namanya pasangan, nama panggilan dll.

“Gunakan password yang alay untuk akunmu tapi jangan gunakan nama alay untuk username akun,” ucap Teh Ani yang juga diamini oleh Mas Andri.

“Gunakan pasaword yang rumit agar tidak mudah dihack orang lain,” tambah Mas Andri.

2. Email: Update per-periode tertentu

Email dapat diibaratkan seperti rumah, alamatnya diketahui orang lain namun kunci masuknya hanya kita saja yang tahu.

Hampir semua sosial media memerlukan email untuk membuatnya. Sehingga email berperan begitu penting, karena apabila email diambil alih orang, data data di sosial media dengan sangat gampang diketahui dan dapat dengan mudah diambil alih.

Mas Andri berpesan untuk rajin mengupdate password dan informasi lainnya di email per-periode tertentu. Ini akan menghindari pihak tidak bertanggungjawab dalam menyalahgunakan akun email kita.

3. Clustering Email

Selain password email yang diupdate perperiode tertentu. Sebaiknya kita tidak hanya memiliki satu email. Gunakan beberapa email untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Misal untuk urusan akun bank, gunakan satu email. Untuk aplikasi game gunakan akun lain. Untuk kegiatan keseharian surat menyurat, gunakan akun khusus. Hal ini akan memudahkan kita jika ada sesuatu yang mencurigakan dan hal hal yang tidak sesuai dengan email yang digunakan.

Closing Statement

Sebelum sedia tanya jawab, ada beberapa pesan dari Mas Andri yang perlu diperhatikan, “Sudah menjadi tugas kita dalam mengedukasi orang lain dalam keamanan ruang digital. Semua bermula pada diri kita sendiri untuk lebih peduli dalam menjaga keamanan data diri dalam ruang digital.

Pesan dari Teh Ani sebagai konten kreator nggak kalah deepnya, “Sebagai orang yang melek informasi sudah saatnya kita menggali value diri, lalu mau belajar ilmu baru, satu lagi harus relevan dengan konten yang dishare.”

Tentang ITSEC

ITSEC merupakan salah satu penyedia layanan, solusi, dan teknologi keamanan informasi terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Pertama kali didirikan pada tahun 2010 oleh Marek Bialogowy yang merupakan CTO kami saat ini. Kemudian di bawah arahan CEO saat ini, Patrick Dannacher, ITSEC telah berkembang dari konsultasi cybersecurity yang kecil menjadi salah satu grup keamanan informasi terbesar di kawasan APAC/ ANZ. Meliputi lima perusahaan berbeda yang tersebar di lima negara yang berbeda, ITSEC memiliki keunggulan pada jangkauan geografis yang luas serta kapabel melibatkan tenaga profesional information security dari seluruh dunia pada proyek-proyeknya.




Review Buku Literasi Emosi


“Parenting adalah sinergi dari mothering and fathering. Oleh karenanya pendidikan literasi emosi adalah tanggung jawab Ayah dan Bunda. Kehadiran keduanya mampu mencerahkan pikiran dan hati anak tercinta.”

Sebagai seseorang yang lama berkecimpung di dunia pendidikan anak. Saya merasa kenyang sekali dengan ilmu-ilmu terkait dengan pendidikan. Berbagai pelatihan, seminar, workshop sudah kerap saya dapatkan saat menjadi seorang guru. Ilmu-ilmu terkait dengan dunia edukasi tersebut saya aplikasikan ke peserta didik dan semua berjalan sesuai ekspektasi. 

Belasan tahun bergelut menjadi guru rasanya ilmu-ilmu tersebut cukup mudah dilakukan. Namun pindahnya saya dari guru ke Divisi lain dan tidak lagi mengajar ilmu-ilmu itu perlahan mulai tumpul.

Sejak menikah dan memiliki anak, ilmu tentang penanganan anak yang mulai tumpul masih ada yang melekat hanya kadang kondisinya naik turun. Naik turun di sini artinya kadang saya ikuti ilmu yang saya peroleh kadang lupa alias pakai emosi. Belum lagi “luka batin” pegasuhan di masa kecil silam belumlah tuntas, sehingga masih terbawa dalam pengasuhan anak.

Saat saya mendapat kan buku Literasi Emosi ini, saya seperti memperoleh oase di gurun pasir. Jujur kesibukan saya yang berkutat dengan urusan sosial media, nyaris membuat saya jarang sekali mengulik sebuah buku. Duduk berlama-lama sembari larut dalam diksi- diksi, larut dalam pikiran yang berkelana mengikuti alur cerita. Rasanya itu sudah lama tidak saya lakukan. Dan saat buku Literasi Emosi ini sudah berada di tangan, saya kembali larut dalam penyegaran akan ilmu-ilmu yang sudah saya peroleh sebelumnya.

Buku Literasi Emosi

Terdapat 8 BAB dalam buku ini yang berguna sekali untuk calon orangtua maupun yang sudah menjadi orangtua. Setiap Bab dalam buku ini tidak saja menghadirkan materi terkait pengelolaan emosi namun juga disertai dengan sesi praktik dan aplikasi dan sesi refleksi.

Pada tiga Bab terakhir kita disuguhkan dengan jurnal jurnal yang dapat diisi untuk dipraktikkan di rumah bersama buah hati. Ada juga assessment dan testimoni tentang hati yang bahagia dengan literasi emosi.

Menurut Steiner, literasi emosi adalah kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri, kemampuan untuk mendengarkan orang lain dan berempati dengan emosi emosi mereka, serta kemampuan untuk mengekspresikan emosi secara adaptif.

Terdapat lima dimensi Literasi Emosi

1. Kemampuan mengenali dunia rasa dan emosi ( Knowing your own feeling)

Pada kemampuan ini kita belajar tentang mengenal nama emosi, kadar, alasan, bahasa tubuh, pesan juga kebutuhan emosi. Makin sensitif atau peka terhadap dunia rasa makanan literasi emosi akan semakin baik.

2. Kemampuan mengasah hati dengan empati

Pada kemampuan ini, kita mampu berempati secara afektif, kognitif, juga welas asih. Kemampuan membaca dunia rasa dan emosi orang lain.

3. Kemampuan mengelola kehidupan emosi

Kemampuan ini adalah mengelola kehidupan emosi dengan cara yang sehat dan bermanfaat bukan merusak. Kemampuan ini dapat mengarahkan emosi untuk mencapai tujuan hidupnya.

4. Kemampuan menangani dan memperbaiki kerusakan emosi

Kemampuan ini dapat menangani dan memperbaiki kerusakan emosi dengan bertanggungjawab dan meminta maaf disertai kelapangan memaafkan tulus dari hati.

5. Kemampuan mengintegrasikan sempat dimensi literasi emosi

Pada kemampuan in, kita dapat memadukan empat dimensi sebelumnya untuk menangani momen emosional di lingkungan guna tercapainya keharmonisan relasi dalam jangka panjang.

***

Penjelasan demi penjelasan di setiap Bab mampu dijelaskan dengan baik oleh penulis. Pembahasan semakin menarik tatkala di setiap Bab disuguhi contoh kasus, sesi praktik, refleksi dan contoh contoh kegiatan yang mendukung penjelasan setiap Bab.

Saat membaca banyak sekali bagian bagian yang related dengan kehidupan saya terutama dengan si kecil. Pada halaman 27 contohnya, izinkanlah anak anak untuk menginjak gas. Zea masih berumur 3 tahun, di mana usia tersebut si kecil berekspresi spontan, bereksplorasi, berimajinasi, berorientasi pada aku, dan bergerak sebebas mungkin. Tapi karena kadang males meladeni atau merasa terganggu jadilah kami mengerem itu. Padahal dengan mengerem, ini sudah menyalahi kodrat. Anak anak ketika dewasa nanti rentan menjadi sosok peragu dan penakut.

Di halaman 61 dibahas momen momen emosional yang kritis pada anak....

Toilet Training

Perlu ekstra kesabaran saat melakukan proses kegiatan ini. Sebaiknya toilet training anak perempuan ditemani bunda dan jika anak laki laki ditemani sang ayah.

Temper Trantum

Saat anak sedang frustasi, sebaiknya kita mencari sebabnya dan penuhi kebutuhan emosi anak.

Hadirnya Adik

Di bagian ini lebih fokus dalam mengelola emosi cemburu. Libatkan si kecil dalam menyayangi adiknya.

Anak sedang Sakit

Hadirkan kepedulian kita juga harapan akan kesembuhannya. Saat si kecil sakit emosi sedih, tidak berdaya, rasa takut, marah biasanya kerap muncul.

Membaca lembar demi lembar buku ini membuat saya kembali tercerahkan apalagi beberapa bagian related sekali dengan kondisi saya, istri dan si kecil. 

Sebagai seorang ayah yang belasan tahun berkecimpung di dunia pendidikan saya sangat setuju dengan quote yang ada di buku ini sekaligus menjadi pembuka tulisan ini “Parenting adalah sinergi dari mothering and fathering. Oleh karenanya pendidikan literasi emosi adalah tanggung jawab Ayah dan Bunda. Kehadiran keduanya mampu mencerahkan pikiran dan hati anak tercinta.”

Jadi untuk ayah bunda atau guru yang ingin si kecil atau siswanya cakap literasi emosi, sudah saatnya untuk memiliki buku ini, Buku Literasi Emosi.

Judul Buku : Literasi Emosi

Penulis : Dandy Birdy dan Diah Mahmudah

Penerbit : Dandiah Care

Tahun Terbit : 2022

Tebal : 212 halaman