Kegiatanku dalam Menyegarkan Pikiran

 


Bulan Juni adalah bulan yang cukup sibuk dan melelahkan untuk saya. Betapa tidak, untuk kami yang bekerja di ranah pendidikan, Bulan Juni adalah bulan kenaikan kelas untuk peserta didik. Di bulan inilah kami menyiapkan rapor atau laporan perkembangan siswa selama satu semester.

Format laporan perkembangan yang dibuat di sekolah tempat saya mengajar memang berbeda dengan sekolah lain. Laporan yang kami buat lebih terperinci yang terdiri dari narasi atau deskripsi setiap kompetensi dasar mata pelajaran. Jika sudah begini, saya perlu ekstra fokus agar laporan perkembangan anak yang dibuat tidak salah dan saya dapat menjelaskan perkembangan anak yang sesungguhnya.

Dua minggu sebelum pertemuan dengan orangtua siswa untuk membagikan hasil rapor, saya dan guru-guru lain sudah menyusun, memasukkan data, dan menulis deskripsi demi deskripsi setiap siswa. Dua minggu membuat laporan perkembangan anak, biasanya bosan dan penat akan mudah menyergap. Di pikiran narasi demi narasi muncul dan terasa begitu monoton sehingga di sela-sela pembuatan laporan perkembangan siswa, saya butuh sekitar 15 hingga 30 menit untuk rehat dengan tujuan menyegarkan kembali pikiran.

Nah, apa saja ya kegiatan 15 hingga 30 menit yang saya lakukan agar pikiran kembali fresh. 

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik saat rehat adalah pilihan yang tepat. Saya biasanya buka aplikasi streaming musik untuk mendengarkan lagu-lagu masa kini. Cukup pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskannya. Sekitar 4 lagu yang saya dengarkan rupanya cukup memberikan ekstra energi untuk kembali berjibaku dengan narasi laporan perkembangan siswa.

2. Karaoke

Karena saya suka sekali bernyanyi, biasanya kalau pikiran sudah mulai penat dengan banyaknya pekerjaaan, saya akan mencari lagu karaoke di youtube kemudian mulai bernyanyi.

Sekitar tiga hingga empat lagu dalam masa menyegarkan pikiran, bernyanyi rupanya cukup efektif dalam menyiapkan diri untuk kembali melanjutkan pekerjaan membuat laporan perkembangan siswa.

3. Nonton Film/Kartun Pendek

Saya suka menonton film, atau serial. Namun menonton film panjang di sela-sela menyelesaikan laporan perkembangan siswa bisa menghabiskan waktu. Biasanya untuk membuat pikiran kembali segar, saya menonton film-film pendek atau sketsa komedi yang berdurasi pendek. Tontonan komedi yang dapat membuat saya tertawa rupanya cukup efektif dalam menyegarkan pikiran. 

4. Snack Time

Lima belas menit hingga 30 menit dalam rangka menyegarkan pikiran, saya menyiapkan snack bernutrisi seperti roti isi daging dan sayuran, susu, atau makanan khas Indonesia seperti pempek, pisang goreng, batagor, siomay atau keripik pisang.  

Camilan yang disiapkan tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk menutrisi tubuh setelah dipenuhi dengan narasi laporan perkembangan siswa yang membuat pikiran penat.

5. Bermain Game

Bermain game sebagai salah satu kegiatan untuk menyegarkan pikiran dapat menjadi pilihan yang tepat. Jujur, saya tidak suka bermain game yang terlalu lama. Saya suka bermain game dengan tujuan menghilangkan kepenatan apalagi di sela-sela mengerjakan laporan perkembangan siswa. Bermain game sekitar 15 menit hingga 30 menit cukup untuk menyegarkan pikiran.

Banyak jenis game yang bermunculan dengan mengunduh aplikasi. Hal ini cukup merepotkan karena akan banyak aplikasi yang terpasang di telepon genggam sehingga membuat memory handphone semakin berat dan penuh.

Kalau saya tidak perlu repot-repot untuk mengunduh aplikasi karena cukup mengunjungi https://www.solitaire.org, banyak game-game seru yang bisa dimainkan. 

Saat penat dengan tulisan untuk narasi laporan perkembangan siswa saya bermain game Mahjong yang disediakan di Solitaire.org. Banyak sekali permainan Mahjong yang bisa kalian pilih. Saya pun memainkan game Animal Mahjong dengan mencocokkan binatang satu dengan binatang lain yang sama jenis, bentuk dan warnanya. Serunya di permainan Animal Mahjong ini, sound binatang yang diklik akan terdengar membuat game ini seru dan menarik untuk dimainkan. Game Animal Mahjong ini terdiri dari banyak level dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk menyegarkan pikiran Animal Mahjong ini cocok sekali dimainkan di sela-sela pekerjaan yang membuat pikiran penat.

Selain Animal Mahjong, saya juga memainkan Zuma Ball, permainan klasik ini juga terdiri dari 10 level di mana semakin tinggi levelnya, semakin besar tingkat kesulitannya. Game ini, sangat mudah untuk dimainkan, kita hanya perlu menembakkan bola berwarna di rantai bola yang sedang berjalan. Jika susunan 3 bola berwarna atau lebih, maka bola tersebut akan hilang dan membuat rantai bola yang berjalan ke arah akhir akan terhenti atau berkurang. Semakin sering kita menembak dan tepat ke bola dengan warna yang sama semakin besar kans kita untuk menang.

Satu lagi permainan di Solitaire yang juga jadi favorit saya yakni Candy House. Cara bermainnya juga mudah, tukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama di kolom vertikal atau baris horizontal. Semakin lebih item yang dicocokkan Nah,  gerakan yang valid mengharuskan Anda menyelesaikan 3 set akan ada keuntungan berupa power upatau piece yang memiliki kekuatan untuk menghancurkan satu garis penuh sehingga poin yang dihasilkan akan semakin banyak. Ada sekitar 50 level yang bisa kalian mainkan di permainan ini.

Nah itu lima kegiatan yang biasanya saya lakukan untuk kembali menyegarkan piliran di sela-sela pembuatan laporan perkembangan siswa. Kalau kalian sedang penat dengan pekerjaan, kegiatan apa saja yang kalian lakukan untuk menyegarkan pikiran?

Xodiac

Jika dibilang apakah ikutin perkembangan musik K-Pop, saya akan menjawab setengah setengah