Senin, 29 Juli 2019

Cerita Livina: Mobil Favorit Orangtua


Transportasi umum di Indonesia yang belum memadai dengan standar dan kualitas yang sama membuat banyak keluarga lebih memilih untuk memiliki mobil sendiri. Terlebih sarana transportasi umum di daerah-daerah yang masih jauh dari harapan.

Kampung halaman saya berada di Lampung, tepatnya salah satu kabupaten yang terletak di utara Lampung. Transportasi di kampung halaman hanya ada angkutan kota yang beroperasi dari pagi hingga sore, selebihnya hanya ada ojek yang hanya “berani” beroperasi pagi hingga menjelang sore. Jika ada keperluan mendesak, atau harus berangkat malam atau dini hari, satu-satunya kendaraan yang dijadikan andalan adalah mobil. 

Bicara soal kendaraan, mobil sepertinya sudah menjadi salah satu barang yang tidak lagi masuk dalam kebutuhan tersier namun sudah masuk menjadi kebutuhan sekunder (Setidaknya ini yang saya lihat di perkotaan, khususnya domisili saya Kota Bogor). Bagaimana tidak, mobilitas kegiatan manusia makin meningkat dan beragam. Kebutuhan mobil tidak lagi untuk bekerja atau berbelanja, lebih dari itu mobil digunakan untuk beragam hal seperti arisan, liburan, mudik ke kampung halaman hingga untuk mengantar dan menjemput anak ke sekolah.
#CeritaLivina Mobil Favorit Orangtua Murid

Bertahun-tahun menjadi guru di Sekolah Alam Bogor, saya mengamati banyak hal termasuk anak-anak yang diantar oleh jemputan maupun yang diantar langsung oleh orangtua. Saat saya pegang kelas bawah, biasanya saya akan mengantar anak-anak hingga parkiran. Selain mengantar mereka, saya menyapa anak-anak dan memastikan mereka masuk ke dalam jemputan atau menunggu kedatangan orangtua yang masih di perjalanan menuju ke sekolah.

Nah, moment mengantar anak ke jemputan atau bertemu orangtua adalah salah satu moment yang menarik. Saya biasanya akan mengamati orangtua yang menjemput dan mengendarai mobil. Banyak orangtua yang membawa mobil dengan merk dan jenis mobil tertentu. Namun, kebanyakan jenis-jenis mobil tertentu yang digunakan, mobil keluarga yang designnya keren dan muat untuk banyak anggota keluarga. Salah satu yang sering saya temui dan dimiliki banyak orangtua adalah Mobil Nissan Livina.

Mobil Nissan Livina biasanya dibawa ibu-ibu yang tidak sekadar mengantar atau menjemput anak, juga digunakan untuk banyak kegiatan ibu rumah tangga dengan seabrek kegiatan seperti berbelanja ke pasar, arisan ikut acara amal, antar jualan ke pelanggan dan membereskan kegiatan sekolah (khususnya bagi Komite Sekolah).

Pernah, saya menumpang salah satu mobil Livina milik orangtua murid saat akan menjenguk salah satu guru yang sedang dirawat. Saat menaiki mobil, kelegaan ruang terasa sekali. Posisi kursi terasa begitu nyaman. Saat mobil melaju, kenyamanan makin terasa.

Jujur, bicara mengenai dunia otomotif seperti mobil saya masih awam. Bagi saya, kalau naik kendaraan yang enak dan nyaman itu sudah cukup, enggak peduli apapun jenis dan merknya. Beberapa kali saya naik mobil dengan menggunakan kendaraan online, beberapa mobil terasa kurang nyaman dimulai dari kursi yang kurang leluasa, perpindahan mobil yang smooth (maaf, saya kurang paham antara gigi, kopling, mobil manual dan mekanik). Yang saya tahu saat supir mengendarai, kenyamanan mobil bakal dirasakan penumpang.

Di lain waktu, saya kembali menumpang mobil Livina milik orangtua lain. Kali ini orangtua mengajak belanja untuk keperluan acara sekolah yang dibuat oleh Komite Sekolah. Saat naik, kenyamanan Livina kembali terasa. Kursi yang leluasa dan nyaman, dan saat mobil menembus jalanan terasa begitu smooth. 

Saya pikir kenyamanan sebuah mobil tergantung pengendara atau supirnya, namun dugaan saya tidak tepat. Mobil adalah penentu utama kenyamanan dalam berkendara dan itu ada di Livina he..he..he...

Pernah saya iseng, bertanya kepada orangtua mengapa memilih Livina. Orangtua menjawab dengan begitu antusias.

“Saya pilih Livina, enak bawanya, pak,” jawab salah satu orangtua yang memiliki Livina.

“Kalau ada apa-apa, servicenya gampang banget. Terus muat banyak untuk saya, suami, anak-anak dan nenek kakeknya anak-anak,” jawab orangtua lain.

“Design mobil keluaran Nissan keren keren, pak. Apalagi yang Livina. Terus kalau bawa mobil ini ringan, enggak berat. Apalagi tipikal emak-emak kayak saya, pak, bantu banget,” ucap orangtua yang lain.

Saya mengangguk, emang terasa sih kenyamanan dan kemudahan Livina.
GIIAS 2019

Jodoh memang enggak bakal ke mana. Kalau kata Afgan sih jodoh pasti bertemu. Saat ada undangan perhelatan GIIAS 2019 dengan teman “Cerita Livina”, saya buru-buru mendaftar, berharap terpilih dan mengenal lebih dekat tentang mobil Nissan Livina.

Hari Senin yang lalu, saya berkesempatan untuk datang ke pameran mobil terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show, GIIAS 2019 di ICE BSD.Acara yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 28 Juli 2019 ini menghadirkan mobil-mobil dari brand-brand terkenal di Indonesia, termasuk Nissan.

Menuju GIIAS tidaklah sulit, saya lebih memlilih naik kereta api dari Bogor. Pertama saya naik KRL ke Tanah Abang, lalu dilanjutkan naik kereta ke arah Parung Panjang. Saya berhenti di stasiun Rawa Buntu. Saat keluar dari stasiun, shuttel bus gratis menuju ke ICE BSD sudah tersedia. Saya buru-buru mendaftar, beberapa menit kemudian bus datang dan membawa saya ke ICE BSD.

All New Nissan Livina

Ketika masuk ke ICE BSD, saya terperangah. Ini pameran yang luar biasa kerennya, pantas saja timeline di facebook maupun instagram ramai membincangkan gelaran GIIAS ini dan banyak juga teman-teman dan orangtua di sekolahku yang menanti-nanti gelaran ini.

Saya menuju pameran mobil produksi Nissan. Akan ada talkshow yang dihadiri oleh Donna Agnesia host, pemain sinetron dan bintang iklan, yang juga BA dari Nissan Livina. Dan... saya baru tahu, ternyata Nissan Livina mengeluarkan produk baru yaitu All New Livina dengan keunggulan-keunggulan yang berbeda dengan pendahulunya.



Nah, apa saja keunggulandari All New Nissan Livina ini. Berikut ulasannya....
Body dan Design Eksterior
Untuk body, sekilas mirip salah satu mobil tertentu. Namun body baru All New Livina ini terlihat lebih tangguh dan elegan. All New Nissan Livina mempunyai body yang lebih besar dengan panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm (1700 mm untuk tipe VE AT dan VL AT), sedangkan wheelbase berukuran 2.775mm. Untuk Ground Clearance, jarak ke tanah 200-205 mm, tergantung model dan ukuran velg. Untuk lampu, Livina terbaru ini menggunakan Dual LED Signature with DRL.
Mesin
Untuk mesin All New Nissan Livina menggunakan mesin 1.499 cc dengan tenaga 104 ps pada 6000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4000 rpm sedangkan transmisi menggunakan manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan.
Design Interior
Untuk urusan kabin, Livina terbaru mempunyai banyak saku untuk menyimpan barang. Saku saku tersebut ada di belakang kursi depan, di bawah kursi baris kedua  dan di kursi baris ketiga. Nah, yang keren lagi semua kursi dapat dilipat hingga 90 derajat, sehingga barang yang akan dibawa dapat lebih banyak namun kenyamanan pengemudi masih terjaga.
Untuk kursi, Livina terbaru ini menggunakan jok kulit sebagai pembungkus kursi. Terlihat lebih elegan kan? Nah, Livina ini bisa muat 7-8 orang loh (termasuk supir)
Fitur-fitur Keren
Secara fitur, Livina terbaru ini begitu memuaskan. Fitur hiburan dengan Varian Highway Star (HWS), All New Livina memiliki head unit 7-inci layar sentuh dengan konektivitas ponsel pintar secara Android Auto dan Apple Carplay. Selain itu, tersedia pula sambungan Bluetooth dan koneksi USB. Keren kan?
Fitur lainnya yang enggak kalau keren adalah fitur dalam memudahkan pengendara dalam menjaga keselamatan diri. Fitur seperti smart key dengan tombol start-stop. Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control melengkapi rem ABS + EBD dan BA. Dual SRS airbag digunakan untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan. Ada juga sensor parkir dan kamera mundur pada tipe VL.
Harga
All New Nissan Livina ditawarkan dalam 5 varian mulai dari All New Nissan Livina E M/T yang dijual Rp 198,8 juta hingga All New Nissan Livina VL A/T yang dibanderol Rp 261,9 juta. Angka ini sudah on the road DKI Jakarta.
***
Mendengar penjelasan tentang kerennya All New Nissan Livina, tekad saya semakin kuat untuk banyak menabung dan semangat dalam menjemput rezeki. Siapa tahu, tahun depan Al New Nissan Livina ini dapat dibeli. Aamiin.
Jika tahun depan, All New Nissan Livina sudah masuk garasi rumah. Akan banyak #ceritaLivina yang mengalir dari waktu ke waktu. Semoga harapan ini terwujud. Aamiin.



Kamis, 25 Juli 2019

5 Fakta Keren Kota Wisata Cibubur

“Home is where we should feel secure and comfortable.”
— Catherine Pulsifer
(Rumah adalah tempat dimana kita seharusnya merasa aman dan nyaman.)
***
Ngomongin soal rumah, banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang atau pasangan dalam memilih rumah. Pertimbangan itu bisa jarak rumah dengan tempat kerja atau sekolah anak, fasilitas sebuah perumahan, akses rumah dengan tempat umum seperti stasiun, terminal, tempat perbelanjaan, harga rumah, dan tentu saja keamanan dan kenyamanan sebuah hunian. 

Nah, bicara soal hunian, beberapa pekan yang lalu, saya sempat mengunjungi sebuah tempat keren di bilangan Cibubur.  Tempat yang sudah menjadi salah satu trademark daerah Cibubur. Yap! Kota Wisata Cibubur.
Logo Kota Wisata Cibubur
Jujur ya, ini adalah kali pertamanya saya berkunjung ke Kota Wisata Cibubur. Di bayangan saya, Kota Wisata Cibubur ini adalah pusatnya Cibubur dengan banyak tempat wisata. Namun, saat saya datang dan berkunjung, Kota Wisata Cibubur bukan saja pusatnya Cibubur dan tempat wisata, namun juga menjadi tempat hunian-hunian kece berada.

Jadi, Kota Wisata Cibubur itu adalah hunian persembahan dari  Sinarmas Land yang terdiri dari cluster-cluster perumahan. Ketika memasuki gerbang, pepohonan berjajar dengan rapi, hawa yang sejuk mulai terasa di tengah teriknya matahari. Cluster-cluster yang sudah dihuni terlihat begitu nyaman, dan seperti namanya ada beberapa spot wisata keluarga yang dapat dikunjungi.

Kunjungan saya ke Kota Wisata Cibubur awalnya mengikuti workshop Optimalisasi Youtube dengan narasumbernya adalah @inimasabi, seorang youtuber ngehits yang didaulat menjadi salah satu duta Youtube Indonesia. Keren kan!

Acara dimulai dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian, para blogger dan vlogger diminta mengambil salah satu menu untuk makan siang. Saya mengambil nasi bogana dari tiga menu lainnya (gudeg Yogya, soto Semarang dan Padang). Saya sih belum pernah nyobain makan nasi bogana, tapi informasi terkait nasi bogana saya cukup tahu banyak. Soalnya nasi bogana ini pernah direview youtuber Ria SW di akun youtube channelnya.

Dari @inimasabi, saya belajar banyak mengenai optimalisasi youtube. Mulai dari pengambilan gambar, editing, cara menggunakan lagu tanpa kena copyrigt, menggunakan judul video yang menarik dan memasang thumbnail yang juga enggak kalah menarik. Ini dilakukan agar penonton dalam video yang diunggah jumlahnya bisa banyak.
Optimalisasi Youtube bersama @inimasabi
Peserta terlihat begitu antusias, termasuk saya. Apalagi sepanjang acara, Kang @harrismaul dan panitia acara sudah menyiapkan puluhan hadiah yang diberikan bagi peserta yang bertanya maupun untuk kompetisi video di instagram.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tour Kota Wisata Cibubur. Wuih, ini kayaknya yang ditunggu-tunggu. Tour berlangsung sekitar dua jam sekalian makan siang sesuai dengan menu yang tadi dipilih di awal registrasi.

Nah, dari tour keliling ini, saya merangkum ada 5 (lima) fakta keren yang wajib diketahui tentang Kota Wisata Cibubur. Apa saja 5 fakta keren tersebut? Ini dia....

Fasilitas belanja yeng lengkap

Hunian itu enggak keren kalau jauh dari pasar dan tempat belanja. Gimana enggak, makan adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Untuk itu, perlu dong tempat-tempat belanja yang dekat dengan hunian atau rumah. Apalagi kalau sedang memerlukan bahan-bahan pangan yang segar, enggak perlu kan jauh-jauh belanjanya.

Nah, di Kota Wisata Cibubur ini ternyata lengkap banget tempat belanjanya. Mau yang mana? Dan mau yang seperti apa? Ada semuanya. Fresh Market: pasar tradisional,  supermarket, tempat makan, mini market. Semuanya ada di sini.

Mau konkow konkow atau kumpul kumpul, selain cafe, tempat makan yang menyajikan makanan cepat saji seperti Burger King, Mc Donald, dan Domino Pizza ternyata suda ada loh. Saat saya berkeliling, gerai kopi Starbuck juga sedang dibangun. Keren kan.
Gerai cepat saji yang lengkap tersedia
Sumber gambar: kota-wisata.com

Saat makan siang, saya makan di Rumah Makan Selera Bogana dengan menu utamanya adalah nasi bogana. Nah, rumah makan ini terletak di Sentra Eropa, di sentra ini terdapat toko-toko yang tidak hanya menjual makanan. Ada apotek, ATM, mini market, bank, bahkan tempat pijat/refleksi sekalipun. Mantap!

Fasilitas pendidikan yang juga lengkap

Salah satu pertimbangan dalam memilih hunian adalah dekatnya rumah tempat tinggal dengan sekolah anak-anak. Beberapa orangtua murid di sekolah saya rela loh pindah rumah agar dekat dengan sekolah anaknya. Nah, kerennya hunian di Kota Wisata Cibubur ini, sarana pendidikannya lengkap. Beberapa sekolah seperti Fajar Hidayah Islamic School, BHK Catholic School, BPK Penabur School, kinderfields, bahkan beberapa sekolah negeri ada di Kota Wisata Cibubur. Jadi, enggak perlu bingung buat cari hunian yang akses pendidikannya lengkap.
SDIT Fajar Hidayah di Kota Wisata Cibubur
Selain sekolah, sarana pendidikan untuk menunjang minat bakat anak juga ada. Musik misalnya, Purwacaraka, Yamaha Music School dan Yovie Music School bisa menjadi tempat anak-anak yang memiliki kecerdasan musikal. Selain itu, Kumon, EF, ELP dan beberapa kursus tersedia juga.

Sarana kesehatan yang enggak kalah lengkap

Susah ya kalau sebuah hunian jauh dari tempat kesehatan seperti klinik atau rumah sakit. Nah, jangan khawatir, Kota Wisata Cibubur ini akan menghadirkan Eka Hospital Cibubur yang sekarang sedang dibangun dan akan segera beroperasi di tahun 2019 ini. Dengan adanya rumah sakit ini harapannya, masyarakat Kota Wisata Cibubur dapat dengan mudah terfasilitasi kesehatannya di sini.

 Pembangunan Eka Hospital Cibubur

Penunjang kesehatan lainnya adalah tempat olahraga. Nah, di Kota Wisata Cibubur ini penunjang olahraganya juga lengkap sekali. Mau main bulutangkis. Ada. Mau main tenis. Tenang. Main basket atau futsal. Juga ada. Main billiard atau berenang di kolam renang. Semua ada. Lengkap kan!

Cluster baru “Cluster Nashville”

Cluster-cluster yang sudah dihuni memang sudah berdiri sejak lama. Tapi tenang, ada cluster baru yang kalau dibilang kecenya ampun-ampunan. Cluster Nashville namanya, adalah cluster dengan rumah tingkat dua yang terdiri dari 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang belakang yang lega.
Cluster Nashville (tampak depan)
Saat masuk rumah contoh, kemegahan rumah di Cluster Nashville ini terlihat begitu memikat. Tipe bangunan yang dibuat dengan konsep kekinian tanpa menanggalkan fungsi ruangan. Pengerjaan rumahnya pun terlihat begitu rapi mulai dari penembokan, pengecatan hingga pemasangan keramik terlihat sangat rapi.

Oh ya, Cluster Nashville ini minimal luas bangunannya 100 m2 untuk luas tanah 112 m2 sampai yang paling luas dengan luas bangunan 220 m2 dengan luas tanah 190 m2.  Cluster Nashville ini dibandroll dengan harga 1.6 Milyar hingga 3.2 milyar. 

Tol Cimanggis-Cibitung

Akses jalan itu penting banget dan jadi pilihan dalam memilih hunian. Ya kan? Belum lagi kalau akses jalanannya macet. Aduuh, bikin kepala pusing jadinya. Terlebih Cibubur ini salah satu tempat yang padat sekali, sehingga di jam jam tertentu kemacetan enggak dapat dihindari.

Tapi tenang! Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sedang dibangun.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (on progress) 
Sumber kota-wisata.com

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung adalah salah satu jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 yang rencananya akan tersambung dengan jalan Tol Cinere-Jagorawi di bagian selatan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di bagian utara. Jalan tol yang menghubungkan Kota Depok dengan Kabupaten Bekasi ini melintasi beberapa kawasan di antaranya adalah kawasan Cibubur dan melewati Kota Wisata Cibubur. 

Saat saya berkunjung ke sana, pembangunan Tol Cimanggis – Cibitung sedang berlangsung. Jadi kalau jalan tol sudah terbangun dan terhubung, tinggal ucapin selamat tinggal pada kemacetan ha... ha... ha...

Selesai tour, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang. Beberapa blogger turun di Fresh Market untuk makan gudeg, saya turun di Sentra Eropa dan melipir ke Rumah Makan Selera Bogana yang menyediakan nasi Bogana tentunya. Meskipun baru pertama kali makan nasi bogana, tapi saya sudah yakin kalau makanan ini bekalan enak. Dan... dugaan saya tepat.

Usai makan siang, sembari menuju ke ruang workshop. Saya berdoa kenceng, “Semoga ada rezeki nomplok sehingga salah satu rumah di Cluster Nashville bisa saya beli. Aaamiin. Aamiin.”
***
Selain, lima fakta tersebut. Kota Wisata juga dilengkapi dengan tempat tempat ibadah seperti Masjid Jami’ Darussalam dan Gereja Maria Bunda Segala Bangsa. Jadi nyaman kan karena ada tempat ibadahnya. Untuk urusan transportasi, Kota Wisata menyediakan berbagai macam alat transportasi seperti Feeder Busway untuk mencapai Kota Wisata Cibubur, Intrabus untuk berpindah lokasi di dalam Kota Wisata, Mini Bus Transportation ke airport, taxi pool di depan Sentra Eropa serta Bu JR Connection.

Cluster Nashville yang sedang dibangun juga sudah banyak peminatnya. Saat saya berkunjung ke rumah contoh, beberapa keluarga sedang melihat-lihat rumah, sepertinya mereka tertarik untuk membeli rumah di Cluster Nashville, Kota Wisata Cibubur.

Cluster Nashville yang terlihat begitu nyaman dengan pengamanan yang tidak kalah hebatnya sudah sangat layak dikatakan “rumah”. Karena seperti pada quote di awal  Rumah adalah tempat dimana kita seharusnya merasa aman dan nyaman.”
***
Bagaimana, apakah anda juga tertarik mencari hunian di Kota Wisata Cibubur?

Padang Rumput Savana di Puru Kambera, Sumba.

Pergi ke Sumba tentunya menjadi salah satu impian seseorang. Ya, meski nggak semua orang juga tentunya. Seperti yang sudah tersebar di medi...