Makna Kemerdekaan OYPMK

 


Sebagai orang yang bekerja di dunia pendidikan, sekolah saya termasuk sekolah inklusi yang menerima anak anak berkebutuhan khusus seperti anak anak penyandang autis, ADHD, hiperaktif, dan lainnya. Karena termasuk sekolah inklusi, satu kelas terdapat 2 anak berkebutuhan khusus. Ada juga kelas khusus ABK yang agak sulit berinteraksi di kelas.

Meskipun kami berupaya untuk “menormalkan” teman teman berkebutuhan khusus ini. Namun diskriminasi terhadap teman-teman ABK masih saja terjadi. Bullying, ejekan, diskriminasi masih saja terjadi baik dikalangan siswa itu sendiri, guru bahkan orang tua sekalipun. Miris memang di sebuah sekolah inklusi, yang harusnya orangtua paham kalau sekolah menerima anak berkebutuhan khusus namun beberapa oknum orangtua masih memandang mereka sebelah mata. Bahkan tak pelak mereka juga melakukan bullying dan diskriminasi.

Itu terjadi di sekolah inklusi, yang menurut saya visi dan misi sekolah jelas. Sebagian besar penghuni sekolah punya pemahaman yang tidak sedikit terkait ABK. Bagaimana anak ABK yang berada di sekolah biasa atau di tempat umum yang kurang pemahamannya terhadap anak anak berkebutuhan khusus. Dapat dibayangkan bagaimana perlakuannya terhadap anak anak berkebutuhan khusus. 

Tidak hanya teman-teman penyandang autis, ADHD, hiperaktif yang mengalami bullying dan diskriminasi. Teman-teman penyandang disibalitas lainnya juga masih mengalami diskriminasi termasuk teman-teman penyandang kusta.

Kusta

Kusta atau lepra adalah penyakit infeksi bakteri kronis yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi, dan saluran pernapasan. Kusta atau lepra dikenal juga dengan nama penyakit Hansen atau Morbus Hansen. Kusta atau lepra dapat ditandai dengan lemah atau mati rasa di tungkai dan kaki, kemudian diikuti dengan timbulnya lesi di kulit.

Dulu kalau mendengar kata kusta atau levra, yang jadi buah pikir hanya orang adalah kusta atau levra adalah salah satu jenis penyakit kutukan. Siapa pun yang mendekati penyandang kusta pasti akan tertular terkena hal yang serupa. Masih perihal dulu, penyandang kusta pasti akan dijauhi atau dikucilkan. Untuk sebagian masyarakat keluarga yang memiliki anggota penyandang kusta adalah aib yang harus disingkirkan.

Pada event Ruang Publik Berita KBR Rabu tanggal 24 Agustus 2022, telah berlangsung diskusi seru dengan tema Makna Merdeka Bagi OYPMK,  Seperti Apa? Telah hadir dua narasumber keren yakni Ibu Marsinah Dhede seorang aktivis difabel dan perempuan sekaligus mantan penyandang kusta sejak umur 8 tahun. Hadir juga dr. Mimi Mariani Lusli seorang dokter dan Direktur Mimi Institue yang sekaligus seorang disabilitas (tunanetra). 

Dari diskusi yang berlangsung satu jam, Ibu Dhede bercerita bagaimana diskriminasi yang dialaminya saat orang orang mengetahui kalau dia adalah penyandang kusta. Diskriminasi tidak hanya terjadi oleh teman-temannya bahkan oleh gurunya. Untung saja keluarga Ibu Dhede tidak mengucilkannya malah melindungi dan melakukan pengobatan yang rutin untuknya sehingga sembuh dari kusta yang dialami.

Sebagai dokter yang disabilitas, dr. Mimi yang mengalami kebutaan pada usia remaja juga mengalami diskriminasi. Mendapatkan fasilitas fasilitas yang kurang memadai untuk tunanetra seperti beliau. 

Makna Merdeka Bagi OYPMK,  Seperti Apa?

Penyakit kusta yang masih dianggap penyakit kutukan sudah semestinya diluruskan oleh semua pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat sipil. Sosialisasi demi sosialisasi sebaiknya dilakukan sebagaimana pemerintah yang mampu mensosialisaikan prokes covid dan vaksin dengan baik kepada masyarakat sipil.

Selain itu, perlu sosialisasi lebih kenceng lagi terhadap masyarakat sipil kalau penyebaran penyakit kusta tidak semudah menyebarkan penyakit flu, atau batuk pilek. Dan sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjadi “duta” kusta untuk masyarakat Indonesia.

 

Hutan dan Perubahan Iklim

 


Bicara Hutan

Kalau bicara soal hutan, kita patut berbangga dengan hutan yang ada di Indonesia. Kenapa begitu? Banyak sekali fakta-fakta yang mengagumkan dari hutan di negeri ini. #IndonesiaBikinBangga kita sebagai rakyatnya.

Hutan di Indonesia lebih dikenal sebagai hutan hujan tropis (tropical rain forest) merupakan hutan terluas ketiga di dunia. Kerennya lagi sebesar 82 hektare luas daratan di Indonesia masih tertutup hutan (data dari  Forest Watch Indonesia).

Fakta berikutnya yang tidak kalah membanggakan, hutan yang ada di Indonesia merupakan salah satu paru-paru di dunia. Mengutip Wikipedia hutan di  Indonesia lahan terluas ada di Papua (32,36 juta ha), diikuti berturut-turut oleh Kalimantan (28,23 juta ha), Sumatera (14,65 juta ha), Sulawesi (8,87 juta ha), Maluku dan Maluku Utara (4,02 juta ha), Jawa (3,09 juta ha), serta Bali dan Nusa Tenggara (2,7 juta ha).

Selain sebagai sumber oksigen di dunia, hutan di Indonesia juga menjadi tempat tinggal flora dan fauna. Fakta tak terbantahkan sebesar 60 persen flora dan fauna di dunia ada di negeri ini. Bahkan ada beberapa flora dan fauna yang bersifat endemic seperti burung cenderawasih di Papua, bekantan di Kalimantan, anggrek hitam di Papua dan spesies lainnya.

#HutanKitaSultan juga patut kita sematkan, karena hutan mampu menyeimbangkan iklim yang ada di dunia, pepohonan di hutan juga mampu menyerap polusi, hutan juga menjaga ketersediaan sumber air.

Saat menonton film dokumenter Semesta garapan sutradara Chairun Nissa, salah satu sosok yang ditampilkan dalam film dokumenter ini adalah Agustinus Pius Inam yang merupakan kepala dusun di Sungai Utik, Kalimantan Barat. Ada satu ucapan beliau yang masih terngiang di benak saya....

“Hutan itu seperti supermarket buat kami. Semua tersedia di sini. Tugas kitalah menjaganya!”

Ancaman Hutan di Indonesia

Kalian merasakan iklim akhir-akhir ini mudah sekali berubah? Bulan Mei, Juni hingga Agustus yang biasanya adalah musim kemarau masih saja turun hujan yang tidak menentu. Kadang seminggu hujan, seminggu berikutnya panas luar biasa. Belum lagi suhu harian yang lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.

Data yang membuat kita perlu lagi merenung adalah kualitas udara dunia IQAir 2021 yang menuturkan Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling berpolusi di Asia Tenggara.

Perubahan iklim dan polisi yang semakin meningkat erat kaitannya dengan hutan. Industri di Indonesia seperti pertambangan, kertas dan perkebunan kelapa sawit  pada dua dekade ini mengakibatkan kerusakan hutan yang sudah sangat mengkhawatirkan.

Kementerian Kehutanan di tahun 2011 telah memperkirakan ada sekitar 1,2 juta hektare hutan Indonesia hilang setiap tahunnya. Kehilangan hutan ini hampir setara dengan luas Pulau Bali. Diperkirakan puncak kerusakan hutan terjadi pada tahun 1997-2006 yang mencapai sekitar 3,5 juta ha per tahun. Tahun 2012 menurun menjadi sekitar 300 ribu ha per tahun.

Fyi, Dewan Nasional Perubahan Iklim (2010) memprediski, industri pulp dan kertas dan kelapa sawit menyumbang sekitar 50% dari estimasi deforestasi sebesar 28 juta hektar hingga tahun 2030. Angka 2 berikut ini bisa memberikan gambaran. Kebutuhan kertas di Indonesia sekitar 8-10% dipasok dari Hutan Tanaman Industri (HTI). Yang 90-92% disuplai dari illegal logging. Pemakaian satu rim kertas A4 setara dengan sebatang pohon berusia minimal 5 tahun.


Meningkatnya industri makanan berbahan minyak kelapa sawit, membuat penggunaan minyak kelapa sawit semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentu saja membuat produksi minyak kelapa sawit terus ditingkatkan, salah satu caranya adalah dengan memperluas lahan penanaman kelapa sawit. Lahan yang diambil biasanya adalah hutan-hutan yang dibabat lalu dibakar.

Yuuk Jaga Hutan! #TeamUpforImpact

Tidak perlu jadi polisi hutan untuk menjaga hutan ini. Tidak perlu juga menunggu menjadi aktivis hutan agar bisa mengurangi kerusakan hutan. Ada beberapa langkah-langkah kecil kita untuk terus menjaga kelestarian hutan.

Kurangi Penggunaan Kertas

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, salah satu penyumbang kehilangan hutan adalah industri kertas. Bayangkan satu rim kertas A4 setara dengan sebatang pohon berusia minimal 5 tahun. Kebayangkan pohon usia lima tahun, kita babat habis dengan kertas satu rim ukuran A4.

Untuk itu, kurangi penggunaan kertas. Kalian bisa menggunakan kertas bekas, memaksimalkan penggunaan kertas yang ada, tidak ganti buku sebelum benar-benar habis lembarannya.

Di era digital seperti sekarang, banyak kegiatan kegiatan yang sudah menggantikan peran kertas. Surat kabar yang berganti dengan media online, lembar kuisioner yang berganti dengan google form, buku cetak yang bisa diakses lewat buku digital dan contoh lainnya. Kemudahan digital tersebut bisa kita akses untuk mengurangi  penggunaan kertas.

Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Sarapan pagi dengan aneka gorengan memang nikmat rasanya. Belum lagi coffee time dengan menikmati sepotong bolu juga tidak kalah nikmat. Sekali menikmati hidangan tersebut memang tidak mengapa tapi menikmati setiap hari dengan intensitas yang sering nyatanya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan tentu saja #UntukmuBumiku terutama untuk hutan.

Banyak sekali makanan viral yang beredar yang rata-rata dimasak dengan cara digoreng. Perubahan pola makan anak muda sekarang dengan memilih makanan cepat saji yang kebanyakan diolah dengan cara digoreng membuat penggunaan minyak goreng semakin meningkat.

Seeing dengan meningkatnya konsumsi minyak goreng, maka produksi kelapa sawit semakin ditingkatkan. Salah satu cara meningkatkan produksi adalah dengan memperluas lahan tanam kelapa sawit. Lahan yang digunakan untuk penanaman kelapa sawit ini biasanya berasal dari hutan.

Ikuti Kampanye/Aksi Lingkungan

Membagikan hal-hal terkait dengan kampanye lingkungan bisa menjadi salah satu cara dalam ikut serta menjaga lingkungan terutama hutan. Kalian bisa membagikan aksi-aksi ini melalui sosial media.

Salah satu kampanye mengenai hutan adalah dengan mendengarkan lagu dari Laleilmanino yang bertajuk #DengarAlamBernyanyi.

Dengar Alam Bernyanyi

Apakah kalian sudah mendengarkan lagu terbaru dari grup trio Laleilmanino? Lagu berjudul Dengar Alam Bernyanyi ini ditulis Laleilmanino dan dinyanyikan oleh Laleilmanino bersama Chicco Jericho, HiVI Dan Sheila Dara.

Meresapi lagu dan liriknya, ada buncahan rasa bersalah yang sudah dilakukan terutama untuk hutan di Indonesia.

Bila kau ada waktu
Lihat aku di sini
Indah lukisan Tuhan
Merintih ingin kau kembali
Beri cintamu lagi

Bila kaujaga aku
Kujaga kau kembali
Berhentilah mengeluh
Ingat, kau yang pegang kendali
Kau yang mampu obati
Sudikah kau kembali?

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi
(Ah, ha, ha)

Bila kau lelah dengan panasnya hari
Jagalah kami agar sejukmu kembali

Bersatulah, hajar selimut polusi
Ingatlah, hai, wahai kau manusia (wahai kau manusia)
Tuhan menitipkan aku
Ho, di genggam tanganmu (di genggam tanganmu)

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik
angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi

Dengarkanlah
Bisik mesra
Alam bernyanyi
Bawa canda dan riang tawa
Untuk dunia, oh

Gunakan telinga, hati
Cobalah dengar nyanyian kami, oh-oh-ho
Bayangkanlah hidupmu
Bila tak ada kami

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (dengarlah alammu bernada)
Dengar alam bernyanyi

Indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (alam pun bernada)
(Alam pun bernada)
Dengar alam bernyanyi (jangan tunggu lagi, Kawan)
Jangan kau tunggu nanti (jangan tunggu lagi)

Dengar alam bernyanyi
Dengarkanlah
Dengar alam bernyanyi (dengar alam bernyanyi)
Oh, dengar kami bernyanyi


Hiruk pikik dunia. Ambisi dunia kadang membuat kita lupa untuk menjaga bumi ini. Menjaga  kelestarian hutan yang tanpa kita sadari semakin berkurang karena ada andil kita.

Saat mendengarkan lagu Dengar Alam Bernyanyi, saya merasa seperti alien. Merasa jauh dari kata peduli terhadap bumi tercinta ini. Terhadap tanahnya. Terhadap airnya. Terhadap langitnya. Terhadap hutannya.

Yuuk dengarkan lagu Dengar Alam Bernyanyi di spotify https://spoti.fi/3Mn5rVj dan itunes serta kanal musik lainnya. Dengan mendengarkan lagu ini royalti akan digunakan untuk konservasi hutan di Kalimantan. Keren kan? 

 

 

 

 

Empat Laptop Canggih dari HP untuk Content Creator dan Gamers

 

Pandemi. Banyak yang memprediksikan jika banyak orang yang akan tumbang di krisis akibat pandemi. Beberapa karyawan di perusahaan-perusahaan terkemuka mulai banyak yang dirumahkan akibat dampak pandemi. Belum lagi perusahaan besar yang terlihat baik-baik saja, luar biasa terkena dampak sehingga harus tutup usahanya.

Namun, berkat pandemi beberapa UMKM UMKM baru muncul memberikan angin segar bagi perbaikan ekonomi di Indonesia. Berkat pandemi pula, konten kreator bermunculan di kanal Tiktok, Youtube, dan instagram. Selain itu, gamers pun bermunculan baik dari kalangan profesional maupun yang masih amatir. Pertumbuhan yang pesat ini membuat kesempatan tak terbatas baik sebagai pekerjaan tetap maupun paruh waktu.

Baru-baru ini, World Bank memperkirakan angka pekerja bebas (gig workers) di wilayah Asia Tenggara mencapai 150 juta orang dan masih terus bertumbuh . Ditambah lagi, semakin banyak Gen Z dan Milenial yang bermain game, dengan 53% gamers Indonesia menyatakan bermain game membantu mereka untuk mengurangi stres .

Adanya perangkat yang lebih menarik, mumpuni, inovatif, cepat tanggap sangat diperlukan kreators dan gamers. Hal ini karena perangkat yang mumpuni mampu memudahkan dan menunjang aktivitas gamers dan konten kreators dalam berkarya dan mengupgrade level karyanya.

Untuk itu HP Indonesia menghadirkan sekaligus menjawab kebutuhan para konten kreator dan gamers dalam memperlancar aktivitas mereka. Bertenaga prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12, yang didesain dengan fleksibilitas untuk berkreasi, beraktivitas dan bermain game tanpa hambatan di dunia hybrid saat ini.

Launching 4 Laptop Canggih dari HP

Tanggal 2 Agustus bertempat di Dorm Senayan, kami para bloger, influencer, youtuber dan awak media menghadiri launching koleksi laptop baru yang dipersembahkan oleh HP. 

Sebelum menuju venue acara, kami dijamu di salah restauran berornamen Papua di sekitar lokasi. Oh ya, semua pengisi acara di launching ini wajib melakukan swab antigen dulu. 



Sekitar jam satu kami mulai memasuki Dorm Senayan. Suasana gelap hanya lampu merah yang menerangi redup, di atas dorm ada pancaran layar bertuliskan HP Intel. Hiruk pikuk terdengar riuh yang akhirnya semua terkesima saat layar hitam yang menutup panggung dibuka. Acara dimulai..... 

HP's Best Kept Secret

Tidak tanggung-tanggung, HP meluncurkan empat laptop terbaru sekaligus. Tema yang diusung adalah HP’s Best Kept Secret, yang mengunggulkan fitur-fitur inovatif dan cerdas yang tersemat di laptop untuk mendorong para konten kreators, gamer, dan pengguna sehari-hari mencapai tingkatan yang lebih tinggi.


“Komunitas-komunitas kreator dan gamer yang berkembang pesat saat ini membutuhkan perangkat inovatif dan berperforma tinggi yang dapat mendukung mereka dalam bekreasi dan bermain game tanpa hambatan,” ujar Fiona Lee, Managing Director HP Indonesia. “Terinspirasi untuk mendorong kreator dan gamers untuk berprestasi, HP berkolaborasi dengan Intel® untuk mempersembahkan rangkaian laptop untuk kreator dan gaming terbaru, dilengkapi dengan segudang fitur cerdas untuk membantu mereka mengekspresikan berbagai ide, berkolaborasi, bermain game dengan siapa saja, dan berkreasi tanpa batas.”

Di akhir sambutannya Fiona Lee menutup dengan kalimat kalimat bijak yang pantas disambut tepuk tangan gemuruh dari kami. 

"Now you must all be curious about HP’s Best Kept Secret. Guided by our philosophy and the inspiration from you, we are here to share the next step in HP’s journey to empower and enable the creators and gamers of Indonesia. But, before we get to the unveiling, I would like for everyone here to remember that today, we live in a world for those who dare to dream. We are surrounded by an ocean of opportunities for you to do you want and be whoever you want to be. Never stop pursuing your dreams, expressing yourselves, and be who you are and at every step of your way, HP’s technologies and innovations will be there to take your potential to the next level."

Ada empat laptop dari HP yang dilaunching untuk memenuhi kebutuhan para konten kreator dan gamers. Ada HP Spectre x360 dan HP Envy x360 2 in 1 yang diperuntukkan untuk para konten kreator. Lalu ada OMEN 16  by HP dan Victus by HP yang diperuntukkan untuk para gamer. 

Penasaran? Berikut ini review singkat masing-masing laptop.... 

HP Spectre x360

Laptop pertama rilisan HP yang akan saya bahas adalah HP Spectre x360. Sesuai dengan namanya, HP Spectre x360 memiliki layar yang dapat diputar hingga 360 derajat.

HP Spectre x360 ini memiliki bodi laptop yang tipis dengan tebal 13,6 mm Dan berat 1,3 kg menjadikannya salah satu laptop hybrid tertipis di dunia dengan bahan logam aluminium.

HP Spectre x360 menggunakan platform Intel® Evo™ yang ditenagai prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-12  untuk meningkatkan performa dan menyokong multitasking. Laptop 13,5” konvertibel pertama di dunia dengan kamera cerdas 5MP, dan dilengkapi dengan HP GlamCam untuk pengalaman obrolan video yang dinamis dan premium.

HP Spectre x360 memiliki fitur-fitur yang membuat content creator Dan gamers meningkatkan level ya. Fitur-fitur tersebuat adalah

  • Kamera cerdas infrared 5 MP .
  • HP Auto Frame, HP Dynamic Voice Levelling, dan HP Backlight Adjustment.
  • Fitur Appearance Filter  yang memudahkan pengguna untuk memperindah tampilan kulit, gigi, dan mata.

Untuk harga, bagi kalian yang ingin berkreasi dalam konten konten terbaik maupun beraksi saat bermain games, HP Spectre x360 ini tersedia dengan harga Rp 26.999.000,00.

HP Envy x360 2 in 1

Sesuai dengan namanya HP Envy x360 hadir dengan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat. Penggunaan dapat disesuaikan untuk laptop juga untuk tablet. HP Envy x360 ini memang didesain untuk kreator agar bisa bekreasi dari mana saja dengan desain dan pilihan warna yang elegan, tipis dengan berat yang aman dibawa kemana saja.

Dirancang untuk serba bisa dengan platform Intel® Evo™ dan prosesor Intel® Core™ i7 atau i5 Generasi ke-12 , HP Envy x360 hadir dengan aplikasi HP Palette dan memiliki berbagai fungsi: Transfer konten apa pun dengan mudah dan terhubung dengan berbagai perangkat melalui fitur HP QuickDrop  serta Duet® for HP , memudahkan kreasi antar perangkat dengan lancar untuk mewujudkan ide paling kreatif menjadi kenyataan.

Fitur lain yang membuat pengguna dapat mengembangkan kreativitas lebih luas adalah adanya fitur pengenalan wajah bernama Photo Match  dan tautan ke aplikasi kreatif lainnya. HP Envy x360 2 in 1 ini tersedia di bulan September nanti.

OMEN 16  by HP

Buat kalian gamers pro maupun yang masih newbie. Laptop OMEN 16 by HP ini cocok sekali kalian gunakan untuk aktivitas gaming. Dilengkapi dengan kekuatan dan pendinginan menakjubkan dengan outlet termal dan heat pipe tambahan guna meningkatkan performa GPU dan CPU. Dibekali sensor thermopile IR yang tersemat di laptop, OMEN Dynamic Power  memungkinkan gamer untuk mengoptimalkan FPS game berdasarkan aktivitias game terkini mereka untuk pengalaman gaming terbaik untuk game apa pun.

Dikombinasikan dengan prosesor Intel® Core™ i9-12900H  dan grafik mumpuni hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3070 Ti. OMEN 16 mengakomodasi para gamer handal dengan pengalaman baru yang melampaui ekspektasi agar mereka tetap terhubung, terhibur, dan penasaran dengan hal-hal yang akan datang. Tetap dingin meski dalam tekanan dengan Teknologi OMEN Tempest Cooling yang menjaga sistem tetap dingin, bahkan saat game semakin memanas.


Baru di portofolio gaming HP, Laptop Gaming Victus by HP 15 adalah perangkat yang terjangkau bagi para gamer pemula agar dapat bermain game meski saat berpergian. OMEN by HP 16 dengan prosesor Intel® Core™ i9-12900H kini tersedia dengan harga mulai dari Rp 22.999.000,00.

 Victus by HP 

Satu lagi laptop keren dari HP yang lebih terjangkau dari OMEN 16 yakni Victus 15 by HP. Nah, sebagai adik dari brand OMEN yang sudah ternama, Victus didesain dengan DNA OMEN.

Ventilasi belakang yang lebar meningkatkan efisiensi termal, memungkinkan perangkat tetap dingin ketika gameplay memanas. Disempurnakan dengan tampilan cepat melalui grafis hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Ti, kecepatan dan responsivitas gameplay dengan prosesor hingga Intel® Core™ i7-12700H , serta mobilitas dan kepraktisan setiap hari, Victus memperkenalkan pengalaman bermain game yang mudah dipakai namun unggul kepada semua orang.              

OMEN Gaming Hub , yang tersemat pada OMEN 16 dan Victus 15 terus memperkuat segudang fitur profesional, termasuk Optimizer terbaru, yang mampu meringankan system resources dan meningkatkan perfoma PC, terlepas apa pun platformnya.

Optimizer baru OMEN Gaming Hub ini meningkatkan pengalaman bermain game dengan meringankan system resources dan mengubah pengaturan OS level rendah untuk memaksimalkan FPS. Belum lagi, akses ke fitur-fitur lain seperti Gallery, Rewards, Oasis Live, Omen Light Studio dengan lampu Twinkly menghadirkan pengalaman baru yang seru.



Victus by HP 15 didukung prosesor hingga Intel® Core™ i7-12700H kini tersedia dengan harga mulai dari Rp 13.999.000.

Cashback Agustus 2022

Promosi cashback spesial hadir untuk setiap pembelian portofolio gaming terbaru HP melalui mitra resmi HP di Tokopedia. Cashback ini berlaku mulai dari 2-31 Agustus 2022 tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku.



Nah, mumpung ada cashback. Yuuk beli sekarang juga, lumayan loh promosi cashbacknya! 

 

 

 

Dukungan JNE pada UMKM di Indonesia

 


Salah satu yang membuat Indonesia menguat secara perekonomian dan tidak terlalu kritis saat pandemi berlangsung adalah adanya support UMKM. Saat pandemi, banyak pihak yang memperkirakan salah satu bisnis yang terdampak adalah bisnis-bisnis UMKM. Perkiraan tersebut nyatanya tidak benar-benar terjadi....

Dengan mengandalkan grup-grup yang ada di Whatsapp, para penggiat UMKM ini bergerak dan terus bergerak hingga akhirnya tetap bertahan di tengah-tengah pandemi. Di samping itu, usaha usaha besar dibuat babak belur sehingga pengurangan pekerja pun dilakukan, beberapa pabrik ada tempat usaha terpaksa ditutup.

Tepat lima lima bulan sejak pandemi masuk ke Indonesia, saya dan istri beranikan diri untuk memulai usaha pempek. Usaha yang coba kami kerjakan dari rumah ini bukanlah bisnis dadakan. Sejak tahun 2018, kami sudah bermimpi untuk membuat pempek sendiri dan dijual untuk dinikmati publik.

Alasan kami memilih pempek sebagai bisnis jualan karena pempek adalah makanan favorit keluarga. Saya dan istri yang berasal dari Lampung sangat familiar dengan pempek. Bahkan sarapan kami di sekolah, salah satunya adalah pempek, sehingga kami memutuskan untuk berbisnis makanan ini.

Rencana sudah dimulai, pertama kami melakukan survey ke sentra pempek yang ada di Palembang. Ragam pempek dengan merk terkenal hingga pinggir jalan, kami coba. Dari mulai pempek yang dijual di resto dan cafe sampai pempek yang dijual di warung-warung hingga pempek yang dijajakan di perahu di pinggir Sungai Musi juga telah kami rasakan.

Survey selanjutnya, kami menikmati ragam pempek di Kotabumi, Lampung Utara. Sebenarnya sudah sering kami menikmati pempek di sini, tapi kami meyakinkan lagi serta berdiskusi mengenai kelebihan dan kekurangan. Survey berikutnya, kami menjelajah pempek di Bandar Lampung untuk melihat karakteristik dari pempek lain. Setelah melakukan survey, kami lanjut dengan diskusi.

Langkah kami selanjutnya adalah kursus membuat pempek kepada ahlinya. Kursus membuat termasuk mempelajari jenis ikan yang pas dan enak untuk digunakan sebagai bahan baku. Dua tahun berjalan, di masa pendemi tepatnya September 2020 saya tensi meluncurkan pempek buatan kami ke khalayak.

Tantangan demi tantangan dalam melakukan produksi dan penjualan terlebih di masa pandemi kami lalui dengan semangat. Penggunaan sosial media dan promo digital memberi efek yang lumayan. Belum lagi dukungan demi dukungan dari  ekspedisi jasa pengiriman sangat membantu.

JNE dan UMKM

Sudah jadi rahasia umum kalau JNE yang merupakan ekspedisi terbesar di Indonesia memberi dukungan kuat untuk UMKM di Indonesia. Salah satu yang sangat membantu adalah promo pengiriman atau gratis ongkir saat pembelian bahan baku. Hal ini membantu sekali dalam efisiensi pengeluaran.

Ada juga bentuk dukungan JNE yang lain seperti mengadakan kompetisi bertajuk  yang diadakan akhir tahun 2021 hingga Januari 2022. Mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam 4 kategori lomba yaitu writing competition, photo competition, video competition dan desain competition.

Dukungan lain JNE terhadap UMKM adalah rutin mengadakan kegiatan bertajuk Ngajak Online 2022, Goll.. aborasi Bisnis Online di beberapa kota di seluruh Indonesia seperti Jember, Mojokerto, Tanjung Pandan, Manado, Sorong Papua, Denpasar, Purwakarta, Kediri, dan yang akan datang di Kota Padang, 9 Agustus 2022 dan Cirebon, 12 Agustus 2022.



Distribusi Beras Bantuan Sosial

Di beberapa kanal berita tersebar Distribusi Beras Bantuan Sosial di Depok, JNE disudutkan. Padahal dalam menjalankan usahanya, JNE telah menjalankan sesuai standart operating procedure perusahaan sebaik mungkin. Hal ini dipertegas JNE melalui  klarifikasi di akun instagram milik JNE @jne_id

“Terkait dengan pemberitaan temuan beras bantuan sosial di Depok, tidak ada pelanggaran yang dilakukan, karena sudah melalui proses standar operasional penanganan barang yang rusak sesuai dengan perjanjian kerja sama yang telah disepakati dari kedua belah pihak.”



Melihat pemberitaan yang beredar, saya yang cukup tahu banyak kiprah dan perjalanan JNE merasa tidak sependapat dengan netijen yang berkomentar tanpa melihat fakta di lapangan seperti apa. Apalagi mengingat sumbangaih JNE terhadap UMKM di Indonesia yang dilakukan bertahun-tahun.