SME Connect dari FWD Insurance: Berasuransi Jadi Mudah dan Menyenangkan


Sebagai salah satu pelaku UMKM, saya memulai usaha di bisnis kuliner bersama istri saat pandemi melanda. Sekitar September 2020, bisnis kuliner pempek kami lahir. Tujuan membuka bisnis pempek tersebut karena kami lumayan terdampak pandemi sehingga harus memikirkan cara lain agar mendapatkan penghasilan. Selain terdesak faktor ekonomi, tujuan kami membuka usaha adalah cita-cita kami sejak awal menikah.

Memulai sebuah usaha memang tidaklah mudah. Sebelum akhirnya “nekad” menjalani usaha pempek, saya dan istri melakukan survey dan riset kecil-kecilan. Kami berkunjung ke kota sumbernya pempek berada yaitu Palembang. Niatnya tidak hanya melakukan survey namun sekaligus liburan, kebetulan jarak Palembang dengan Lampung kampung halaman kami tidaklah terlalu jauh. Selain ke Palembang, kami juga menikmati pempek di Bandar Lampung saat mudik. Selain survey, istri juga mengikuti pelatihan pembuatan pempek beberapa kali baik secara online maupun offline.

Awalnya kami masih ragu dalam memulai usaha ini, namun karena faktor ekonomi saat pandemi, kami akhirnya memberanikan diri. Usaha berjalan dan banyak tantangan yang dihadapi seperti konsistensi bahan baku dan kualitas produk, pemasaran hingga urusan karyawan mulai dari upah yang diberikan, jam kerja hingga urusan asuransi juga sempat dipikirkan mengingat salah satu pengikat antara usaha dan karyawan, salah satunya dengan asuransi juga. Namun, UMKM yang kami jalankan benar-benar masih kecil, karyawan yang dipekerjakan juga tidak banyak, agak sulit mencari asuransi yang pas.

Peluncuran platform digital SME Connect


SME Connect dari FWD Insurance

Nah, menjawab kegundahan para pelaku UMKM yang memiliki karyawan hitungan jari. PT FWD Insurance Indonesia atau lebih dikenal dengan FWD Insurance” meluncurkan platform digital yakni SME Connect. Peluncuran yang dilaksanakan di Jakarta, 22 September ini dihadiri Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance dan para petinggi FWD Insurance lainnya.

Fyi, FWD Insurance menawarkan asuransi yang berbeda. Didukung oleh teknologi maju dan memiliki berbagai rangkaian produk, mencakup produk asuransi yang berkaitan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi. Untuk urusan izin, FWD Insurance telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Selain itu, FWD Insurance adalah anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan.

Kemudahan Berasuransi bersama FWD Insurance

Asuransi FWD mudah dan menyenangkan

SME Connect hadir dengan didukung teknologi terkini untuk memberikan kemudahan akses bagi para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menyediakan employee benefit bagi para karyawannya dengan premi yang terjangkau. 

SME Connect ini merupakan platform digital yang dihadirkan FWD Insurance untuk menawarkan perlindungan produk asuransi dari FWD Employee Benefits pada lini bisnis Asuransi Kumpulan untuk Karyawan UMKM. Ada tiga jenis perlindungan yang dapat dipilih dan disesuaikan oleh calon nasabah, yaitu pelaku UMKM, dengan minimal premi sejumlah Rp5.000.000 per tahun.

Produk-produk tersebut antara lain:

1. Bebas Hidup

Pada produk ini memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan   

2. Bebas Karya

Melalui produk asuransi ini, karyawan diberikan perlindungan jiwa akibat kecelakaan.

3. Bebas Sehat

Pada produk asuransi ini, karyawan diberikan perlindungan kesehatan tidak hanya untuk karyawan itu sendiri namun juga untuk keluarganya.

Pengalaman Berasuransi Mudah dan Menyenangkan

Dalam peluncuran SME Connect di bilangan SCBD, Anantharaman Sridharan selaku Direktur Utama FWD Insurance mengatakan,

“Upaya FWD Insurance untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan adalah dengan melakukan digitalisasi akses serta kolaborasi dengan partner distribusi yang mampu menjawab kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat terkait proteksi. Kami paham betul bahwa karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah bisnis dan platform SME Connect hadir untuk mempermudah proses berasuransi.” 

Anantharaman Sridharan

Berbicara UMKM di Indonesia, kita patut bangga karena perkembangan UMKM di Indonesia mulai berkembang. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (website Kementerian Keuangan RI), perkembangan UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta unit usaha. UMKM ini tersebar di berbagai sektor usaha dengan potensi target pasar sebanyak 80.500 bisnis UMKM. Nah, dari 80.500 bisnis UMKM ini menyerap tenaga kerja sebanyak 950.000 karyawan.

Namun, pilihan jenis proteksi untuk pekerja UMKM di Indonesia kini masih relatif kecil dan masih belum sebanding dengan jumlah serapan tenaga kerja. Dengan hadirnya Platform digital SME Connect dan tiga produk unggulannya, diharapkan produk-produk FWD Insurance dapat menjadi solusi dan meningkatkan tingkat proteksi bagi pekerja UMKM serta membantu mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Peresmian SME Connect

“Dengan pengalaman FWD Insurance yang mumpuni dalam bidang bisnis employee benefit serta jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang luas, kami ingin menghadirkan pengalaman berasuransi yang lebih baik sembari menjalankan visi kami dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Semua kegiatan berasuransi tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur e-Friend lewat platform digital FWD MAX. SME Connect merupakan inisiatif kami untuk meningkatkan inklusi keuangan sebagai solusi dari pesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ucap Anantharaman Sridharan menutup sambutan di acara Peluncuran platform digital SME Connect.

Dengan adanya Platform digital SME Connect, pengaturan akan perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan UMKM dengan langkah-langkah mudah, dan dengan harga yang kompetitif tentunya.

UMKM bersama SME Connect dari FWD Insurance

#FWDUnstoppable30

SME Connect menjadi wujud nyata dan komitmen FWD Insurance dalam memperluas akses asuransi terhadap masyarakat khususnya UMKM UMKM yang ada. Dengan tagline Bebaskan Langkah, dengan adanya SME Connect ini besar harapannya para karyawan UMKM dalam mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan agar terus bebas melangkah.

Talkshow membahas SME Connect fwd insurance

Hal ini sejalan dengan tema #FWDUnstoppable30 tahun ini, yang menunjukan kekuatan FWD Insurance yang unstoppable dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi melalui produk dan pengalaman asuransi yang berbeda yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaimnya, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan. Sehingga pengalaman dalam berasuransi lebih mudah dan menyenangkan.

FWD Insurance selalu memberikan inovasi-inovasi terbaiknya dalam berasuransi.  Untuk program #FWDUnstoppable30, serta penjelasan mengenai inisiatif terbaru SME Connect dapat diakses melalui Website FWD Insurance .

 

 

 

 

 

 

Nikmatnya Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly Tangerang

 

Sate Domba Afrika H.Ismail Coulibaly Tangerang

"Makanan adalah segalanya bagi kita. Ini merupakan perpanjangan dari perasaan nasionalis, perasaan etnis, sejarah pribadimu, provinsimu, daerahmu, sukumu, nenekmu. Itu tidak dapat dipisahkan sejak awal." - Anthony Bourdain

Sebagai orang Indonesia asli, lidah saya kurang bisa berkawan dengan makanan makanan dari negara lain. Sepotong pizza saya nikmati saat masa kuliah. Saat itu, kakak kelas membawa beberapa boks pizza dari gerai pizza ternama. Kami yang berkumpul di rumahnya begitu antusias termasuk saya. Apalagi ini kali pertama saya menikmati pizza. Sepotong pizza saya ambil lantas saya gigit dan kunyah. Tapi lidah kampung saya rupanya tidak mampu menalar rasa. Saya tidak dapat menikmatinya.

Kejadian berikutnya adalah menikmati burger terkenal dari gerai burger hits juga. Saat memakan burger, kembali otak saya tidak mampu menalarnya dengan baik. Saya tidak menikmatinya dan hanya menghabiskan setengahnya.

Waktu bergulir, lambat laun saya menikmati hidangan hidangan dari luar negara. Rasa penasaran dan eksperimen akan kuliner daerah lain membuat lidah saya lambat laun mampu menalar rasa, mampu menikmati setiap hidangan dan merasakan hidangan memiliki historinya masing-masing.

Ketika teman ada yang memberitahu tentang Sate Domba Afrika, saya hanya tersenyum tipis. Saya pernah mendengar tentang kuliner satu ini. Namun belum tertarik untuk mencobanya.

Sate Domba Afrika

Apa yang terbersit di benak kalian ketika mendengar kuliner Sate Domba Afrika. Pasti yang muncul adalah sate domba yang dombanya diambil dari Afrika. Setidaknya itu yang terbersit di benak saya ketika mendengar sate domba Afrika. Namun dugaan saya tentang sate domba Afrika tidaklah tepat saat saya berkunjung ke Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly Tangerang Cabang Tanah Abang.

Menu Sate Domba Afrika Tangerang

Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly Tangerang

Saat berkunjung ke Foodcourt Si Bungsu area di mana Sate Domba Afrika Tangerang cabang Tanah Abang berada. Ketika masuk, parkiran terlihat cukup luas, kursi-kursi untuk pengunjung tertata rapi satu baris dengan pohon ketapang kencana yang menjadi naungan bagi pengunjung sehingga sun tempat menjadi adem dan nyaman.

Di belakang tempat terdapat tiga saung yang bisa dijadikan tempat makan lesehan bersama teman, kolega dan keluarga. Di bagian belakang terdapat barusan meja dan kursi yang bisa digunakan untuk makan juga. Toilet dan musala di area ini juga tersedia membuat pengunjung makin nyaman dibuatnya.

Tiga Menu Utama

Ada tiga menu yang dihadirkan Sate Domba Afrika Tangerang ini. Semua menu utama ini wajib sekali untuk kalian coba.

Sate Domba dengan Nasi Putih

Sate domba yang empuk dengan bumbu khas Afrika disajikan dengan sambal dan mustard akan pas sekali dinikmati dengan seporsi nasi putih. Buat kalian yang ingin mengeksplorasi sate daging domba, perpaduan menu yang satu ini cocok sekali.

Sate Domba Afrika dan Nasi Putih


Sate Domba dengan Nasi Kebuli

Buat pecinta nasi kebuli, perpaduan sate domba, sambal dan nasi kebuli di Sate Domba H. Ismail Coulibaly Tangerang ini wajib banget kalian coba.  Nasi kebuli yang kaya akan rempah namun tidak mendominasi sangat pas sekali dinikmati dengan sate domba yang empuk, tasty ditambah dengan sajian sambal dan mustard membuat kuliner ini makin juara enaknya.

Sate Domba Afrika dengan Nasi Kebuli


Sate Domba dengan Goreng Pisang

Buat yang ingin mengeksplorasi pengalaman dalam kuliner, menu yang satu ini cocok sekali. Sebagian besar orang Indonesia barangkali merasa agak aneh ketika pisang yang diolah baik digoreng maupun direbus, percayalah goreng pisang tidak kalah enak dinikmati dengan sate domba ini. Rasanya yang manis jadi perpaduan yang unik dengan sate domba dan sambal.

Sate Domba Afrika Tangerang dengan goreng pisang


Teknik Memasak dan Bumbu Khas Afrika

Saat mencoba sate dombanya, teksturnya yang empuk dengan bumbu yang meresap membuat saya penasaran bagaimana teknik memasak sate domba ini. Saya pun berkesempatan untuk melihat “behind the scene” pembakaran sate domba.

Pertama potongan sate dibakar selanjutnya diungkep sebelum dibakar kembali. Nah, tujuan dari pengungkepan ini adalah agar lemak penyebab kolesterol turun dan keluar dari daging. Setelah itu, daging dipotong lebih kecil lagi kemudian dicampur dengan bumbu khas Afrika.

H. Ismail Coulibaly

Sate domba H. Ismail Coulibaly merupakan signature dish milk H. Ismail asli Negara Mali,  Afrika. Tahun 1998, beliau datang ke Indonesia Dan menikahi wanita asal Cirebon yang menetap di Jakarta. Di bilangan Tanah Abang, sate domba Afrika mulai mengudara hingga kini.

Salah satu, penggemar sate domba Afrika ini adalah Bapak Angga dan Ibu Lirra. Bekerja di sebuah maskapai Pak Angga kerap kali mengajak teman-temannya ke sate domba H. Ismail Coulibaly di Tanah Abang. Empuknya daging domba dan rasa yang enak membuat mereka ketagihan dan balik lagi balik lagi.

Melihat peluang yang ada, Pak Angga dan Bu Lirra meminta ijin ke H. Ismail untuk membuka sate domba di Tangerang. Disambut dengan sangat baik, akhirnya pertengahan September ini, Sate Domba H. Ismail Coulibaly Tangerang cabang Tanah Abang resmi dibuka dan dapat dinikmati khalayak termasuk saya.

Sate Domba Afrika di daerah Tangerang


Makanan adalah Identitas

Seperti quote yang ada di awal tulisan, makanan adalah segalanya. Makanan juga jadi perpanjangan sebuah identitas bangsa atau negara, suku dan daerah. Dan, sate domba H. Ismail Coulibaly ini adalah perpanjangan identitas salah satu makanan daerah Afrika yang akhirnya dapat dinikmati di seputaran Tangerang.

Buat kalian yang penasaran, langsung datang ke Foodcourt Si Bungsu Jalan Marsekal Suryadarma No. 18, RT. 01/RW. 06, Karang Sari, Neglasari, Kota Tangerang. Lalu jelajahi kenikmatan Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly Tangerang cabang Tanah Abang di sana.

Selain datang langsung, kalian juga bisa pesan lewat gofood dengan nama merchant Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly Tangerang. 

Jangan lupa juga untuk cek instagramnya di @satedombaafrika.tangerang



 

 

 

 

 

 

 

Pekan Olahraga JNE

 


Kalau ada pertanyaan kapan terakhir olahraga, barangkali saya adalah salah satu orang yang akan mantap menjawab, "Setahun yang lalu!"

Yap, setahun yang lalu atau rentang tahun 2020 hingga 2021, saya rajin betul olahraga terutama jalan kaki. Saat itu, penyebaran virus sedang naik baiknya, dan salah satu cara agar imun tubuh naik dan membaik adalah dengan berolahraga.

Biasanya saya jalan kaki ke kebun-kebun di sekitar rumah. Atau jalan kaki ke kampung-kampung di sekitar rumah. Udara bersih, pohon yang banyak, sinar mentari pagi yang hangat membuat jalan kaki semakin nikmat dilakukan.

Kadang jalan kaki bisa sampai kebun kebun yang cukup jauh, pernah saya jalan kaki dari pagi hingga sore, dari rumah menuju ke Sentul lalu Hambalang. Menemukan    tempat-tempat baru saat jalan kaki adalah hal hal yang menyenangkan.

Efek jalan kaki membuat badan jadi lebih fit. Selain itu badan jadi langsing karenanya (selain atur pola makan tentunya). Efek lainnya, jalan kaki membuat pikiran jadi fresh di tengah-tengah masalah hidup dan tekanan pekerjaan akibat covid.

Tahun 2022, di saat pekerjaan makin merajai. Saya mulai hilang kendali, lupa atur makan dan lupa olahraga mau tidak mau makin melebar dan makin berat. Bahkan sekarang berat badan saya adalah berat dengan timbangan terberat sepanjang hidup. Dan badan saya sudah masuk ke fase obesitas. Astaghfirullah....Kalau ada pertanyaan kapan terakhir olahraga, barangkali saya adalah salah satu orang yang akan mantap menjawab, “Setahun yang lalu!”

Yap, setahun yang lalu atau rentang tahun 2020 hingga 2021, saya rajin betul olahraga terutama jalan kaki. Saat itu, penyebaran virus sedang naik baiknya, dan salah satu cara agar imun tubuh naik dan membaik adalah dengan berolahraga.

Biasanya saya jalan kaki ke kebun-kebun di sekitar rumah. Atau jalan kaki ke kampung-kampung di sekitar rumah. Udara bersih, pohon yang banyak, sinar mentari pagi yang hangat membuat jalan kaki semakin nikmat dilakukan.

Kadang jalan kaki bisa sampai kebun kebun yang cukup jauh, pernah saya jalan kaki dari pagi hingga sore, dari rumah menuju ke Sentul lalu Hambalang. Menemukan    tempat-tempat baru saat jalan kaki adalah hal hal yang menyenangkan.

Efek jalan kaki membuat badan jadi lebih fit. Selain itu badan jadi langsing karenanya (selain atur pola makan tentunya). Efek lainnya, jalan kaki membuat pikiran jadi fresh di tengah-tengah masalah hidup dan tekanan pekerjaan akibat covid.

Tahun 2022, di saat pekerjaan makin merajai. Saya mulai hilang kendali, lupa atur makan dan lupa olahraga mau tidak mau makin melebar dan makin berat. Bahkan sekarang berat badan saya adalah berat dengan timbangan terberat sepanjang hidup. Dan badan saya sudah masuk ke fase obesitas. Astaghfirullah….

Saat sekolah tempat saya bekerja mengadakan Pekan Gembira yakni acara perlombaan untuk guru-guru dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77, saya pun ikut serta. Saya mengikuti beberapa lomba seperti balap karung dengan helm dan lomba berpindah tempat dengan kardus. Berat badan yang mulai obesitas rupanya cukup menghalangi gerak gerik saya dalam mengikuti lomba. Puncaknya adalah keesokan harinya setelah bangun tidur, badan saya sakit semua seperti dipukuli orang sekampung.

Sebenarnya, mengikuti Pekan Gembira di sekolah membuat saya bahagia terlepas menang atau kalah hasilnya. Namun kondisi tubuh yang tidak memungkinkan membuat saya tidak mengikuti semua perlombaan.

Pekan Olahraga JNE

Ngomongin soal olahraga, JNE tidak mau ketinggalan memberikan kebahagiaan untuk karyawannya. Maka dari itu dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke -77 dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, JNE sebagai ekspedisi pengiriman terbesar di Indonesia menyelenggarakkan 6 pertandingan cabang olahraga dari tanggal 20 Agustus hingga 28 Agustus 2022. Olahraga yang dipertandingkan adalah futsal, sepakbola, bola basket, tenis meja, badminton, panahan dan funbike yang diperuntukkan untuk seluruh karyawan.



Nah, acara puncak Pekan Olahraga JNE ini dilaksanakan di Orion Sport Center yang bertempat di Jl. Bandengan Utara Raya no. 73 Kec. Penjaringan Utara, Jakarta Utara.

Dari banyaknya olahraga, futsal jadi primadona karena paling diminati dan menjadi favorit 58.000 karyawan JNE seluruh Indonesia. Untuk urusan Futsal, turnamen internal yang diselenggarakan JNE pun rutin dilakukan sejak tahun 2007 yang diikuti “Ksatria” dan “Srikandi" JNE. Prestasi yang JNE raih adalah juara 1 Asperindo Cup di Palembang tahun 2017 mengalahkan beberapa tim dari perusahaan ekspedisi dan logistik.

Sebanyak 37 klub bertanding dan Tim Pickup Marketplace meraih juara 1 setelah menekuk Tim Futsal JKT 48. Luky Bachtiar dari Tim Pickup Marketplace menjadi pemain terbaik pilihan Coach Deny Handoyo.

“Mewakili keluarga besar JNE, kami bangga, bahwa momen Pekan Olahraga JNE 2022 setelah vakum selama lebih dari 2 tahun, dapat kembali digelar. Momen yang tepat ini untuk kembali memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan untuk dapat berprestasi memberikan penampilan terbaiknya di masing-masing cabang olahraga. Selain itu hadirnya Cosmo JNE FC dapat memotivasi karyawan JNE agar terus berprestasi. “ ucap Eri Palgunadi, selaku VP Marketing JNE.

Dalam acara ini, Manajemen JNE yang diwakili oleh VP Marketing JNE, Eri Palgunadi sekaligus memberikan apresiasi kepada Cosmo JNE  FC yang telah berhasil meraih juara 3 pada Profesional Futsal League 2021-2022 yang diwakili oleh Manajer Tim, Hansen Tjubianto, kemudian dilanjutkan pertandingan Fun Match antara Cosmo JNE FC melawan Tim Futsal JNE Jakarta, untuk memeriahkan Pekan Olahraga JNE 2022.



Pelatih Kepala Cosmo JNE FC, Deny Handoyo menyatakan, animo para karyawan JNE dalam mengikuti ajang Pekan Olahraga JNE 2022 begitu tinggi. “Saya sangat mengapresiasi JNE yang mengadakan event olahraga untuk para karyawannya. Ini sangat bagus untuk kebersamaan, tim dan juga mencetak atlet dalam cabang olahraga masing-masing. Siapa tahu dari 37 tim futsal yang bertanding, ada pemain bagus dan nantinya bisa gabung di Cosmo JNE FC. Lanjutkan terus event olahraga seperti ini,” ucapnya. 

Pekan Olahraga yang dilaksanakan JNE ini semakin menguatkan peran JNE di semua lini kehidupan termasuk olahraga. Seperti tagline JNE Connecting Happiness, JNE ingin dan akan selalu memberikan kebahagiaan tidak hanya kepada karyawannya namun juga kepada semua lapisan masyarakat di Indonesia. 

Waspada Kejahatan Siber Perbankan

 


Saat kantor akan mengganti pembayaran gaji dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), saya bahagia bukan main. Sebagai salah satu bank terbaik dan terbesar di Indonesia, BRI gampang sekali untuk diakses terutama ATM-nya. Bisa dipastikan di setiap daerah, ATM BRI pasti ada dan hadir sehingga jika ingin melakukan transaksi dan mengambil uang tidak akan menyulitkan.

Saat peralihan bank lama menuju BRI, terbersit keraguan yang tiba-tiba melintas. Banyak kasus yang beredar di masyarakat dan lumayan viral di sosial media terkait kejahatan siber yang akhirnya merugikan nasabah. Dan tidak sedikit kejadian yang menimpa nasabah BRI terkait dana di tabungan yang tiba-tiba raib begitu saja.

Namun keraguan saya mereda, karena adanya kejahatan siber termasuk penipuan terhadap nasabah bukan kesalahan bank, akan tetapi murni kesalahan nasabah yang dengan mudahnya memberikan akses dan kesempatan kepada pelaku kejahatan termasuk pelaku kejahatan siber.

Pernah beberapa kali saya ditelepon pihak yang mengatasnamakan bank atau e-commerce tertentu. Modus yang biasa mereka gunakan adalah menjadi pemenang dengan hadiah uang tunai yang menggiurkan jumlahnya. Jika tidak teliti, maka si penipu akan dengan mudah menggiring kita untuk ke ATM terdekat dan mentransfer uang dari rekening kita.

Pernah juga kejadian di saya, tiba-tiba dapat WA Dari nomor yang mengatasnamakan  olshop dengan pesan jika saya mendapatkan hadiah uang. Lantas si penipu, meminta saya untuk memfoto kartu ATM yang terlihat 16 angka dan tiga angka di baliknya. Untung saya paham jika ini adalah salah satu modus penipuan. Saya pun melaporkan nomor tersebut kemudian memblokirnya.

Ada lagi kejadian yang membuat saya terperanjat, saat itu saya berkunjung ke minimarket untuk membeli sesuatu. Seperti biasa, saya membawa kartu debet sebagai alat pembayaran. Entah apa.maksud kasir minimarket tersebut, kartu ATM saya difoto dengan alasan struk belanja sebelumnya belum keluar. Alasan yang aneh. Saya naik pitam. Saya meminta si kasir untuk menghapus foto tersebut. Karena kartu debet tersebut ada mobile bankingnya, saya langsung mengamankan uang yang masih ada dengan mentransfer  semua uang ke bank yang lain. Besoknya saya datang ke bank tersebut dan segera mengganti kartu ATM dengan yang baru. Secara otomatis 16 nomor yang ada di ATM berganti dengan 16 nomor ATM yang baru.

Barangkali kejadian yang menimpa saya kemudian saya antisipasi sedemikian rupa terlihat berlebihan. Tapi percayalah, saya melakukan itu semua agak terhindar dari kejahatan siber.

Baru-baru ini, beberapa nasabah BRI terkena pishing dengan modus pesan whatsapp dengan perubahan biaya transaksi menjadi 150ribu. Nasabah diarahkan untuk mengklik dan menyerahkan data-data pribadi kepada penipu.

Dari beberapa kejadian yang saya alami, ada beberapa jenis kejahatan perbankan yang patut kita waspadai agar kita dapat menjadi Nasabah Bijak dalam menghadapi setiap kejahatan:

1. Skimming

Ini biasanya terjadi di ATM. Data nasabah digandakan dengan mesin ATM yang terpasang alat skimmer. Untuk itu sebagai Nasabah Bijak, saat melakukan transaksi di ATM lihat dulu mesin ATM yang digunakan, cek juga nomor BRI yang valid.

2. Phising

Nah ini yang juga marak terjadi, pishing biasanya menggandakan data nasabah melalui layanan internet banking, SMS dan penyebaran link palsu.

3. One Time Password

Pada kejahatan ini, uang nasabah disedot melalui sejumlah situs jual beli (e-commerse).

4. Vishing (Voice Phising)

Pelaku menghubungi nasabah melalui sambungan telepon dan berpura-pura berasal dari pihak bank.

5. Sim Swap

Kejahatan ini merupakan pencurian data dengan mengambil alih nomor handphone untuk mengakses alun perbankan korban.

Untuk mengantisipasi inj, BRI memastikan bahwa BRI tidak pernah mengirimkan pesan terkait perubahan biaya transfer. BRI juga mengimbau kepada semua nasabahnya untuk tidak memberikan data pribadi seperti kata sandi, kode OTP kode CVC/ CVV, PIN dan M-Token kepada orang lain. Selain itu BRI juga mengingatkan nasabah untuk menghubungi nomor resmi dan official sosial media BRI.

Menjadi Penyuluh Digital

Sebagai Nasabah Bijak, sudah seharusnya kita menjadi bagian dari Penyuluh Digital dengan membuat konten-konten terkait kewaspadaan akan kejahatan siber. Membuat konten Tiktok terkait kejahatan perbankan yang harus diwaspadai. Atau membuat konten terkait pengalaman yang pernah dialami yang berhubungan dengan Membuat tulisan di blog terkait tips menghindari kejahatan siber atau menceritakan pengalaman terkait penipuan atau kejahatan siber.

Yuuk bergabung dengan gerakan Nasabah Bijak dan ikut menjadi Penyuluh Digital untuk Indonesia yang lebih baik dari kejahatan siber.