SME Connect dari FWD Insurance: Berasuransi Jadi Mudah dan Menyenangkan


Sebagai salah satu pelaku UMKM, saya memulai usaha di bisnis kuliner bersama istri saat pandemi melanda. Sekitar September 2020, bisnis kuliner pempek kami lahir. Tujuan membuka bisnis pempek tersebut karena kami lumayan terdampak pandemi sehingga harus memikirkan cara lain agar mendapatkan penghasilan. Selain terdesak faktor ekonomi, tujuan kami membuka usaha adalah cita-cita kami sejak awal menikah.

Memulai sebuah usaha memang tidaklah mudah. Sebelum akhirnya “nekad” menjalani usaha pempek, saya dan istri melakukan survey dan riset kecil-kecilan. Kami berkunjung ke kota sumbernya pempek berada yaitu Palembang. Niatnya tidak hanya melakukan survey namun sekaligus liburan, kebetulan jarak Palembang dengan Lampung kampung halaman kami tidaklah terlalu jauh. Selain ke Palembang, kami juga menikmati pempek di Bandar Lampung saat mudik. Selain survey, istri juga mengikuti pelatihan pembuatan pempek beberapa kali baik secara online maupun offline.

Awalnya kami masih ragu dalam memulai usaha ini, namun karena faktor ekonomi saat pandemi, kami akhirnya memberanikan diri. Usaha berjalan dan banyak tantangan yang dihadapi seperti konsistensi bahan baku dan kualitas produk, pemasaran hingga urusan karyawan mulai dari upah yang diberikan, jam kerja hingga urusan asuransi juga sempat dipikirkan mengingat salah satu pengikat antara usaha dan karyawan, salah satunya dengan asuransi juga. Namun, UMKM yang kami jalankan benar-benar masih kecil, karyawan yang dipekerjakan juga tidak banyak, agak sulit mencari asuransi yang pas.

Peluncuran platform digital SME Connect


SME Connect dari FWD Insurance

Nah, menjawab kegundahan para pelaku UMKM yang memiliki karyawan hitungan jari. PT FWD Insurance Indonesia atau lebih dikenal dengan FWD Insurance” meluncurkan platform digital yakni SME Connect. Peluncuran yang dilaksanakan di Jakarta, 22 September ini dihadiri Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance dan para petinggi FWD Insurance lainnya.

Fyi, FWD Insurance menawarkan asuransi yang berbeda. Didukung oleh teknologi maju dan memiliki berbagai rangkaian produk, mencakup produk asuransi yang berkaitan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi. Untuk urusan izin, FWD Insurance telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Selain itu, FWD Insurance adalah anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan.

Kemudahan Berasuransi bersama FWD Insurance

Asuransi FWD mudah dan menyenangkan

SME Connect hadir dengan didukung teknologi terkini untuk memberikan kemudahan akses bagi para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menyediakan employee benefit bagi para karyawannya dengan premi yang terjangkau. 

SME Connect ini merupakan platform digital yang dihadirkan FWD Insurance untuk menawarkan perlindungan produk asuransi dari FWD Employee Benefits pada lini bisnis Asuransi Kumpulan untuk Karyawan UMKM. Ada tiga jenis perlindungan yang dapat dipilih dan disesuaikan oleh calon nasabah, yaitu pelaku UMKM, dengan minimal premi sejumlah Rp5.000.000 per tahun.

Produk-produk tersebut antara lain:

1. Bebas Hidup

Pada produk ini memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan   

2. Bebas Karya

Melalui produk asuransi ini, karyawan diberikan perlindungan jiwa akibat kecelakaan.

3. Bebas Sehat

Pada produk asuransi ini, karyawan diberikan perlindungan kesehatan tidak hanya untuk karyawan itu sendiri namun juga untuk keluarganya.

Pengalaman Berasuransi Mudah dan Menyenangkan

Dalam peluncuran SME Connect di bilangan SCBD, Anantharaman Sridharan selaku Direktur Utama FWD Insurance mengatakan,

“Upaya FWD Insurance untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan adalah dengan melakukan digitalisasi akses serta kolaborasi dengan partner distribusi yang mampu menjawab kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat terkait proteksi. Kami paham betul bahwa karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah bisnis dan platform SME Connect hadir untuk mempermudah proses berasuransi.” 

Anantharaman Sridharan

Berbicara UMKM di Indonesia, kita patut bangga karena perkembangan UMKM di Indonesia mulai berkembang. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (website Kementerian Keuangan RI), perkembangan UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta unit usaha. UMKM ini tersebar di berbagai sektor usaha dengan potensi target pasar sebanyak 80.500 bisnis UMKM. Nah, dari 80.500 bisnis UMKM ini menyerap tenaga kerja sebanyak 950.000 karyawan.

Namun, pilihan jenis proteksi untuk pekerja UMKM di Indonesia kini masih relatif kecil dan masih belum sebanding dengan jumlah serapan tenaga kerja. Dengan hadirnya Platform digital SME Connect dan tiga produk unggulannya, diharapkan produk-produk FWD Insurance dapat menjadi solusi dan meningkatkan tingkat proteksi bagi pekerja UMKM serta membantu mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Peresmian SME Connect

“Dengan pengalaman FWD Insurance yang mumpuni dalam bidang bisnis employee benefit serta jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang luas, kami ingin menghadirkan pengalaman berasuransi yang lebih baik sembari menjalankan visi kami dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Semua kegiatan berasuransi tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur e-Friend lewat platform digital FWD MAX. SME Connect merupakan inisiatif kami untuk meningkatkan inklusi keuangan sebagai solusi dari pesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ucap Anantharaman Sridharan menutup sambutan di acara Peluncuran platform digital SME Connect.

Dengan adanya Platform digital SME Connect, pengaturan akan perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan UMKM dengan langkah-langkah mudah, dan dengan harga yang kompetitif tentunya.

UMKM bersama SME Connect dari FWD Insurance

#FWDUnstoppable30

SME Connect menjadi wujud nyata dan komitmen FWD Insurance dalam memperluas akses asuransi terhadap masyarakat khususnya UMKM UMKM yang ada. Dengan tagline Bebaskan Langkah, dengan adanya SME Connect ini besar harapannya para karyawan UMKM dalam mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan agar terus bebas melangkah.

Talkshow membahas SME Connect fwd insurance

Hal ini sejalan dengan tema #FWDUnstoppable30 tahun ini, yang menunjukan kekuatan FWD Insurance yang unstoppable dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi melalui produk dan pengalaman asuransi yang berbeda yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah proses klaimnya, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan. Sehingga pengalaman dalam berasuransi lebih mudah dan menyenangkan.

FWD Insurance selalu memberikan inovasi-inovasi terbaiknya dalam berasuransi.  Untuk program #FWDUnstoppable30, serta penjelasan mengenai inisiatif terbaru SME Connect dapat diakses melalui Website FWD Insurance .

 

 

 

 

 

 

6 komentar

  1. Keren ya bisa digunakan untuk UMKM

    BalasHapus
  2. SME Connect memudahkan UMKM dalam mengelola bisnisnya ya

    BalasHapus
  3. Sekarang berasuransi jadi gampang dan mudah ya dengan adanya SME Connect ini

    BalasHapus