Tips Tetap Sehat, Bugar dan Energik di Bulan Ramadan

 


Puasa itu menyehatkan? Setuju?

Kalau bicara soal puasa selain iklan sirup yang mulai bermunculan. Iklan yang juga nggak kalah munculnya adalah iklan obat maag. Beragam merk obat maag dengan versi iklannya muncul seolah memberikan solusi bagi kita yang terkena asam lambung. Padahal jika ditilik secara sciences, puasa itu menyehatkan loh. Lantas kenapa kalau puasa ada yang kurang sehat dibuatnya?

Secara umum, puasa jelas menyehatkan. Apalagi ada hadist shahih yang menjelaskan perkara puasa dan kesehatan.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” (Hadist diriwayatkan Ath Thabrani dalam Mu'jam al Awsath).

Kata Niscaya di hadist ini menjelaskan tentang kepastian atau jaminan jika melakukan puasa dengan baik, tubuh termasuk di dalamnya jiwa dan raga akan sehat.

Lantas kenapa banyak yang berpuasa malah maag kambuh atau terkena sakit lainnya? Berikut tips sehat dan tetap energik di bulan Ramadan!

1. Perhatikan Asupan Makanan

Kesannya klise, kalau bicara soal kesehatan pasti berhubungan erat dengan makanan. Benar adanya pepatah yang mengatakan “You Are What You Eat” karena salah satu sumber penyakit muncul adalah dari makanan yang kita makan.

Nah, kebanyakan makanan yang dimakan saat berpuasa adalah makanan berminyak seperti gorengan, makanan bersantan seperti kolak, makan makanan manis seperti sirup, es buah, dan lainnya. Makanan-makanan seperti ini jelas memperberat kinerja lambung. Makanan yang disebutkan di atas adalah jenis makanan yang susah dicerna. Jadi wajar saja ketika berbuka puasa lalu makanan berminyak, minuman manis yang dimakan dan diminum, tubuh bukannya sehat malah sakit.

Saat berpuasa, saatnya tubuh melakukan detoks. Tubuh mengeluarkan racun-racun yang selama ini menumpuk di luar bulan Ramadan. Sehingga memperhatikan jenis makanan saat berpuasa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun, menghilangkan lemak dan memperbaiki sel-sel tubuh yang mati.

Nah apa saja sih makanan yang sebaiknya dimakan saat berpuasa agar semakin sehat dan energik. Lagi-lagi klise jawabannya, perbanyak sayuran, buah-buahan, dan protein hewani maupun nabati serta karbohidrat kompleks.

Kita juga dapat mengatur menu sahur dan berbuka dengan nutrisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Informasi mengenai menu yang pas banyak terdapat di reel Instagram, TikTok dan YouTube. Cukup dengan menggunakan Internet Provider berjaringan stabil dan kencang, informasi mengenai menu sehat untuk berbuka dan sahur dapat dengan mudah diakses.

2. Perhatikan Kebutuhan Tidur

Perubahan yang terjadi saat berpuasa terutama jam tidur terasa sekali ya. Biasanya sekitar jam delapan atau jam sembilan sudah tidur dan bangun sekitar jam empat atau jam lima. Saat berpuasa, memulai tidur biasanya jam sepuluh atau jam sebelas. Mundurnya jam tidur karena ada tambahan shalat tarawih setelah shalat isya, belum lagi tambahan ibadah yang dikerjakan setelah shalat tarawih seperti baca Al Quran atau tadarusan yang sangat dianjurkan saat bulan Ramadan.

Waktu tidur makin terbatas tatkala kita disunnahkan untuk makan sahur sebelum adzan subuh. Yang berarti sekitar jam tiga atau jam setengah empat waktu setempat, kita sudah harus bangun untuk makan sahur.

Kebayangkan terbatasnya waktu tidur ini bisa membuat tubuh tidak sehat dan energik. Seharian berpuasa, menahan lapar dan dahaga ditambah lagi kurang tidur membuat badan jadi tambah lemas.

Saat berpuasa, kita perlu atur tidur sebaik mungkin. Sebaiknya setelah melaksanakan shalat tarawih langsung istirahat atau tidur. Untuk tadarusan atau membaca Al-Quran bisa dilakukan setelah shalat subuh atau siang hari setelah shalat wajib seperti shalat dzuhur dan shalat ashar.

Jika ada kesempatan tidur di siang hari. Lakukan itu seefisien mungkin, yang terpenting kualitas tidur terpenuhi.

3. Jaga Asupan Cairan

Kebayang puasa di siang hari,  selain membatasi asupan makanan, minum pun terbatas. Untuk itu, semalam Ramadan harus pintar menjaga asupan cairan. Delapan gelas air sesuai kebutuhan harus tetap dijaga. Caranya minum air sebelum berbuka  satu gelas, sesudah berbuka satu gelas, menjelang shalat isya satu gelas, sesudah shalat tarawih satu gelas. Bangun tidur bisa minum dua gelas sebelum santap sahur ditutup dengan dua gelas setelah sahur.

Jumlah air yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat, menghindari dehidrasi selama berpuasa dan membuat tubuh jadi lebih energik. Kebutuhan air pada setiap individu berbeda-beda tergantung berat badan, kalian bisa mengecek kebutuhan air di google atau kalkulator kebutuhan air, tentunya didukung dengan internet dari Internet Provider yang tepat sehingga pencarian tidak mengalami kendala.

4. Olahraga Ringan

Berolahraga saat melakukan ibadah puasa? Kenapa tidak? Meskipun sedang berpuasa olahraga dapat dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Kalian bisa loh cari olahraga yang sesuai di bulan Ramadan. Jalan kaki bisa dijadikan pilihan dalam berolahraga di bulan Ramadan. Dengan Internet Provider yang kencang dan stabil, kita juga bisa mengikuti senam di YouTube.

Untuk waktu berolahraga, bisa dilaksanakan satu jam sebelum berbuka puasa. Atau melakukan olahraga ringan di waktu dini hari sebelum makan sahur.

5. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Bulan Ramadhan memang saatnya untuk meningkatkan ibadah seperti memperbanyak membaca Al-Quran, berdzikir, bersedekah, dan memperbanyak sholat sunnah.

Selain memperbanyak ibadah, kalian bisa melaksanakan aktivitas-aktivitas kesukaan seperti biasanya. Sekarang ini banyak aktivitas yang dilaksanakan dengan mengandalkan internet. Bermain game, menonton video di youtube atau melihat resep baru masakan di tiktok untuk berbuka puasa juga dapat dilakukan. Aktivitas yang membutuhkan Internet Provider dengan kecepatan stabil dan cepat.

Sebagai Internet Provider terkemuka di Indonesia, IndiHome sudah sejak lama memberikan akses internet terbaik bagi penggunanya. Merupakan bagian dari Telkom Indonesia, IndiHome selalu berusaha memberikan akses internet yang cepat dan stabil, tentunya dengan pilihan paket internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di rumah.

Dengan melakukan aktivitas menyenangkan saat berpuasa, tentunya dapat menghindari diri dari stress dan menjaga mood dengan baik.

***

Puasa merupakan saat yang tepat untuk tubuh dalam mendetoks racun, menghilangkan lemak, dan meregenerasi sel sel mati. Untuk itu, ikuti tips tips sehat di atas ya agar saat puasa Ramadan maupun setelah berpuasa Ramadan penampilan kita tetap sehat, bugar dan energik.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar