Sabtu, 02 Februari 2019

Aman Bertransaksi Nyaman Segala Urusan



Era digital seperti sekarang, semuanya serba gampang. Mau melakukan perjalanan tidak perlu antre untuk beli tiket. Mau pergi ke sebuah tempat, tidak perlu repot naik kendaraan umum offline, mau membeli barang tertentu tidak perlu repot berdesak-desakan di supermarket, mau transfer atau bayar cicilan ini itu tidak perlu capek antre di bank, bahkan mau nonton di bioskop tidak perlu juga untuk datang lebih awal lantas mengantre. Semua itu dapat dikakukan dengan gadget kita, segala aplikasi tersedia dan membantu banyak urusan.
Di telepon genggam saya, aplikasi pemesanan tiket hingga pembelian barang untuk keperluan rumah tangga sudah ada. Segala urusan makin bertambah lancar karena saya tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran, cukup dengan mobile banking, semua dapat dibayar dengan cepat dan mudah.
Namun, semudah-mudahnya kita bertransaksi, ada saja mata-mata jahat yang siap mengambil kesempatan di setiap kelengahan kita. Sehingga awalnya kita berharap kemudahan jadi jatuhnya malah kecewa. Untuk itu, sebagai konsumen kita kudu cerdas dalam melakukan transaksi.
Aman Bertransaksi
Penggunaan mobile banking dan kemudahan pembayaran di era digital seperti sekarang memang tidak dapat terelakkan. Hadirnya Dana, Ovo, Go pay dari gojek, tokocash memudahkan kita dalam melakukan transaksi. Nah, agar transaksi senantiasa aman, beberapa tips yang sudah saya lakukan berdasarkan pengalaman dapat rekan-rekan pelajari....
Teliti saat Bertransaksi
Saya pernah mengalami kesalahan ketika memesan tiket pulang ke Jakarta. Kesalahannya terdapat pada tanggal, seharusnya saya pulang pekan ini namun saya memesan untuk kepulangan minggu depan. Ketidaktelitian saya terbongkar ketika akan melakukan check in secara online. Kode booking tiket tidak terdaftar. Saya cek lagi, ternyata saya salah pesan. Saya akhirnya pesan tiket lagi dengan harga tiket jauh lebih mahal.
Ketidaktelitian dalam bertransaksi membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk, itu ketelitian dalam bertransaksi harus diutamakan. Cek kembali tanggal, nominal, alamat, nomor identitas agar semua berjalan seperti yang diharapkan.

Amankan Password Emailmu
Saya agak ketar ketir ketika telepon genggam saya hilang. Mana hilangnya saat resepsi pernikahan saya lagi. Kekhawatiran telepon genggam yang hilang bukan karena barangnya namun karena data di dalamnya.  Terutama email. Beruntung telepon genggam dibuat dua kali pengamanan. Pengamanan pertama pada layar utama. Pengamanan kedua setiap aplikasi ditambah pengamanan lagi.
Akan tetapi, itu tidak membuat saya lega. Banyak aplikasi canggih juga yang dapat menjebol keamanan. Saya buru-buru buka laptop dan mengganti password email dan menonaktifkan nomor telepon dari telepon genggam yang hilang. Saat hari kerja saya langsung urus nomor telepon agar dapat digunakan kembali.
Kenapa email begitu penting? Karena semua data aplikasi pasti mencantumkan email. Dan jika ada penyalahgunaan, email yang pertama kali akan memberitahu. Kalau email dijebol, bisa diacak-acak semuanya. Untuk itu, jaga emailmu. Jangan pernah beritahu password emailmu kepada siapa pun dan buatlah password yang sulit tapi mudah diingat. Biasanya perpaduan huruf besar dengan huruf kecil serta angka.
Buat Pin yang Tidak Sederhana
ATM dan mobile banking biasanya menggunakan pin untuk bisa melakukan transaksi. Buatlah pin yang tidak sederhana. Jangan buat pin berdasar tanggal-tanggal bermakna untuk kehidupan kita, seperti tanggal kelahiran dan tanggal pernikahan.
Ibu saya guru PNS dan sudah paruh baya. Temannya sesama guru pernah tertipu orang karena pin ATM-nya adalah bulan dan tahun lahirnya. Akhirnya uang di dalam rekening ATM tersebut raib tak bersisa padahal uang itu akan digunakan untuk kuliah anaknya.
Pemilihan pin ini terlihat sepele namun jika gegabah bisa merugikan kita sebagai konsumen. Untuk itu selain membuat pin yang tidak sederhana, jangan pernah beritahu pinmu kepada orang lain, dan gantilah pin perperiode tertentu.
Hati-hati Penipuan Toko Online
Khusus yang satu ini, saya jarang sekali menggunakan. Berbelanja bagi saya lebih asyik bertransaksi langsung dengan penjualnya. Namun untuk barang-barang tertentu, saya biasanya membeli di toko online.
Jika mendengar beberapa cerita teman terkait dengan penipuan dari toko online. Kita juga perlu hati-hati. Perlu lihat track record toko online sebelum kita melakukan transaksi. Jangan karena ingin mudah, harga lebih murah kita malah dirugikan.
Jangan Asal Klik, hati-hati Virus Mengintai Datamu.
Data internet kita dalam bertransaksi secara online bisa disalahgunakan akibat virus yang sengaja atau tidak sengaja kita klik. Untuk itu, hindari mengklik situs-situs yang tidak jelas keberadaanya. Pasang anti virus agar laptop dan gadget kita aman dari virus.
Kalau cara ampuh bagi saya adalah tidak mengklik situs-situs aneh yang berpotensi mengandung virus. Aman berinternet akan membuat aman data-datamu.
Abaikan Email dengan Iming-iming Tertentu
Saya pernah dapat email dari luar negeri yang ingin menghibahkan hartanya untuk saya. Tapi saya harus mengikuti langkah-langkah yang sudah ia tentukan. Karena tidak mau repot dan khawatir ini penipuan saya akhirnya mengabaikan pesan email itu.
Dulu, saya pernah diceritakan perihal tersebut. Email tentang iming-iming tertentu, mengikuti langkah yang diberikan, dengan kesadaran yang tidak penuh uang di rekeningnya terkuras.
Untuk itu, jangan pernah tergoda akan email dengan iming-iming tertentu. Hari gini gitu loh, enggak ada sesuatu yang cuma-cuma alias gratis.
Abaikan juga SMS dan Telepon Penipuan
Baru-baru ini, istri saya mendapat telepon dari nomor yang tidak dikenal. Kebetulan saya yang mengangkat karena sebelumnya istri agak curiga. Benar adanya, si penipu mengatakan bahwa kami mendapatkan uang  dari undian bank tertentu. Padahal saya dan istri tidak membuka rekening di bank tersebut.
Saya menolak permintaan penipu untuk pergi ke ATM, saya bilang zaman sekarang lebih praktis menggunakan mobile banking. Namun, penipu tersebut masih saja ngotot, meski akhirnya ia menyerah. Soal telepon ini juga pernah ibu saya alami. Nyaris saja, ibu dan adik sudah pergi ke ATM. Namun segera sadar saat diminta untuk memasukkan jumlah nominal tertentu.
Selain telepon, banyak juga sms-sms penipuan yang mengatasnamakan pembelian tertentu, persetujuan terkait harga jual tanah tertentu dll. Jika kita tidak teliti, saat kita memang sedang akan bertransaksi dan menunggu pesan terkait deal suatu hal, malah salah transfer karena pesan yang masuk duluan dari penipu.
Untuk itu perlu lebih diteliti dan hati-hati dalam menyikapi sms dan telepon penipuan. Karena jika tidak ditelaah dengan baik akibatnya bisa fatal.
Aktifkan Notifikasi SMS Banking.
Fitur notifikasi debit dan kredit perlu diaktifkan di sms banking. Terlihat sepele namun kita dapat mengontrol debit dan kredit dan mengatasi jika ada transaksi debit dan kredit yang tidak sesuai.
Banyak Membaca.
Barangkali hal ini terlihat begitu sepele, apalagi minat baca di Indonesia masih rendah. Pengetahuan akan pentingnya kemananan dalam bertransaksi sebenarnya sudah banyak diinformasikan bank-bank di Indonesia. Namun, banyaknya warga yang abai membuat penipuan kerap terjadi. Hampir setiap hari saya mendapatkan sms terkait penipuan, hal tersebut menandakan jika banyak orang yang tertipu sehingga modus penipuan tersebut masih saja dilakukan.
Jangan Anggap Sepele!
Segala kemudahan dalam transaksi di era digital ini benar-benar saya rasakan. Segala urusan beres dan tentu saja aman. Aman yang tercipta membuat kenyamanan dan kemudahan segala urusan.
Nah, keamanan dalam bertransaksi tentu saja diciptakan tidak hanya dari bank saja. Keamanan terbesar tercipta dari nasabah atau pelanggan itu sendiri. Banyak yang menyepelakan hal-hal kecil terkait keamanan bertransaksi namun berakhir pada kekecewaan karena penipuan atau ketidaktelitian saat bertransaksi. Padahal jika lebih memperhatikan dan tidak menganggap enteng, keamanan dapat terwujud sehingga kenyamanan akan mempermudah segala urusan.
Yuuk, lebih banyak memperhatikan dan tidak menganggap sepele keamanan bertransaksi! Karena jika transaksi aman, kenyamanan dan kemudahan urusan dapat diwujudkan.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...