Kamis, 19 September 2019

Sepuluh Lagu Terbaik Tulus


Setuju kalau saya bilang, Tulus adalah salah satu penyanyi terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Semenjak kemunculannya di tahun 2011, kehadiran Tulus seperti angin segar untuk industri musik Tanah Air. Selain memiliki suara merdu dengan teknik yang mumpuni, Tulus juga jago dalam menciptakan lagu. Lagu yang diciptakannya pun memiliki kualitas di atas rata-rata lagu-lagu  yang beredar. Notasi lagu dan lirik dengan penggunaan diksi yang apik membuat lagu-lagu Tulus tidak gampang dicerna dan mencerdaskan tentunya. Penggunaan kata-kata yang menarik, video klip yang digarap tim Tulus juga tidak tanggung-tanggung, sarat akan makna dengan selalu memerhatikan estetika.


Kecerdasan Tulus dalam menggarap setiap lagu membuat namanya makin disegani di industri musik. Beberapa penghargaan bergengsi di Indonesia berhasil ia sabet. Di perhelatan Anugerah Musik Indonesia, album Gajah dan Monokrom hampir memborong semua piala bergengsi termasuk lagu terbaik-terbaik dan karya produksi terbaik terbaik.
Saya mulai “rajin” mendengar lagu-lagu Tulus saat album Gajah beredar. Sebelumnya lagu Tulus di album pertama yang saya dengar adalah Sewindu dan Teman Hidup, itu juga hanya sekenanya. Awalnya, saya berpikir kalau kehadiran Tulus dengan lagu-lagu yang kurang dapat dicerna akan menyulitkannya untuk diterima dengan baik di industri musik Indonesia. Namun, makin ke sini, Tulus hampir masuk ke semua kalangan. Lagunya disetel di radio-radio, beberapa musisi jalanan pun tidak segan untuk menyanyikan lagunya, acara-acara musik pun tidak absen untuk memutar lagu-lagunya. Hampir semua lagu Tulus hits dan masuk ke tangga lagu.

Dari puluhan lagu Tulus yang sudah dirilis di tiga album maupun lagu kolaborasi, ada sepuluh lagu terbaik Tulus versi saya (catat versi saya). Terus terang sangat sangat sulit menentukan lagu Tulus mengingat semua lagu Tulus emang keren-keren. Apa saja sepuluh lagu terbaik Tulus?


1.    Ruang Sendiri
Ruang Sendiri adalah salah satu lagu yang ada di album Monokrom. Lagu ini dibuat video klipnya setelah lagu Pamit yang menjadi single perdana dan andalan. Ruang Sendiri bercerita tentang hubungan yang perlu jeda untuk menikmati kesendirian. Kalau emak-emak, perlu me time di tengah kesibukan mengatur rumah tangga. Bapak-bapak perlu ruang sendiri bersama teman-temannya tanpa pasangan untuk menikmati hobi dan kesenangan sendiri.

Perhatikan lirik-lirik di awal lagu ini....

Beri aku kesempatan tuk bisa merindukanmu
Jangan datang terus
Beri juga aku ruang bebas dan sendiri
Jangan ada terus...

Aku butuh tahu
Seberapa ku butuh kamu
Percayalah rindu itu baik untuk kita

2.    Monokrom
Kalau dibilang, lagu ini adalah lagu yang membuat hati saya terenyuh. Tulus mampu menghadirkan keindahan lagu dan lirik yang tak kalah indah. Lagu Monokrom adalah lagu yang bercerita tentang ucapan terima kasih seorang anak terhadap kedua orangtuanya. Sesederhana itu sebenarnya, hanya seperti yang saya bilang sebelumnya, Tulus memberikan kekuatan di melodi dan lirik.

Simaklah di bagian reffrein

Di mana pun kalian berada
Kukirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku
dan banyak kenangan indah
Kau melukis aku


3.    Manusia Kuat
Kalau bicara soal motivasi, sepertinya lagu ini cocok untuk kalian nikmati. Tempo lagu yang sedikit cepat dan lirik yang membangkitkan energi juang dihadirkan di lagu Manusia Kuat ini. Lagu ini juga sangat-sangat pas untuk teman-teman yang kerap jadi korban perundungan (bullying), teman-teman berkebutuhan khusus. Video klip Manusia Kuat pun dibuat begitu menarik dengan tetap memerhatikan seni dan estetika namun tetap menghibur dan memotivasi.

Manusia-manusia kuat Itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat Itu kita
Manusia-manusia kuat Itu kita
Jiwa-jiwa yang kuat Itu kita

4.    Sewindu
Pernah mendengar lagu-lagu patah hati? Bagaimana liriknya? Kerapkali lagu galau karena putus cinta atau diduakan berlirik berdarah-darah. Namun berbeda dengan Sewindu Tulus, lagu ini adalah lagu tentang patah hati yang ditulis dengan melodi dan lirik berkelas. Kenapa saya menyebutnya demikian coba perhatikan beberapa perumpamaan-perumpamaan di lagu ini....

Sesaat dia datang pesona bagai pangeran
Dan beri kau harapan bualan cinta di masa depan
Dan kau lupakan aku semua usahaku
Semua pagi kita, semua malam kita

Indah bukan?

5.    Teman Hidup
Lagi cari pasangan hidup? Lagu ini rasanya tepat menggambarkan bagaimana bersyukurnya mendapatkan pasangan hidup. Beberapa kali lagu ini saya nyanyikan di depan istri saya. Apalagi saat bagian lirik yang ini....

Bila di depan nanti
Banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku, kupunya kamu
Selamanya akan begitu....

Nada tinggi dan lirik yang emosional membuat saya bergetar saat menyanyikan bagian ini.


6.    Tukar Jiwa
Pernah naksir sama seseorang tapi bingung cara mengungkapkan betapa kagumnya, betapa sayangnya kamu terhadap seseorang itu? Lagu Tukar Jiwa ini cocok sekali menggambarkan “cinta diam-diam” yang kamu miliki. Seperti pada bagian lirik ini....

(Coba sehari saja)
Coba satu hari saja kau jadi diriku
(Kau akan mengerti)
Kau akan mengerti bagaimana 'ku melihatmu
Mengagumimu
Menyayangimu
Dari sudut pandangku
Dari sudut pandangku

Gemes banget pastinya, mengagumi dan mencintai seseorang namun enggak bisa berbuat banyak. 

7.    Sepatu
Ah, ini juga, lagu yang buat hati saya meleleh. Tulus mampu menganalogikan kegunaan sepatu dalam sebuah hubungan manusia. Sayangnya hubungan itu seperti harapan yang sama sekali tidak akan terealisasikan. Sadar ingin bersama-sama namun karena satu dan lain hal tidak memungkinkan.

Kita sadar ingin bersama
Tapi tak bisa apa-apa
Terasa lengkap bila kita berdua
Terasa sedih bila kita di rak berbeda
Di dekatmu kotak bagai nirwana
Tapi saling sentuh pun kita tak berdaya

Sebenarnya Sepatu adalah lagu galau yang dikemas seapik mungkin sehingga rasa galaunya terobati dengan lirik dan melodi yang unik.

8.    Gajah
Masa kecil adalah masa yang paling indah, hubungan pertemanan juga begitu seru meskipun beberapa mengesalkan. Apalagi kalau waktunya bertengkar, berbagai macam olokan akan keluar mulai dari mengejek badan hingga nama orangtua dibawa-bawa. Saat itu kesalnya minta ampun, namun ketika diingat-ingat saat dewasa bakalan membuat tersenyum sendiri. Lagu Gajah ini hadir saat masa-masa kecil Tulus yang menyenangkan dan mengesalkan tentunya. Saat kecil, tubuh Tulus yang bongsor membuatnya dijuluki gajah oleh teman-temannya. Namun julukan itu ternyata adalah doa, gajah adalah hewan dengan daya ingat yang kuat.

Waktu kecil dulu mereka menertawakan
Mereka panggilku gajah
(Kumarah ...) Kumarah
Kini ku baru tahu puji di dalam olokan
(Mereka ingatku marah)
Jabat tanganku panggil aku gajah
Kau temanku kau doakan aku
Punya otak cerdas aku harus tangguh
Bila jatuh gajah lain membantu
Tubuhmu disituasi rela jadi tamengku


9.    Diaroma
Tahu arti diaroma? Diaroma adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Jika dilihat dari melodi dan lirik, lagu ini sedikit sulit diterjemahkan. Namun kalau menurut saya, lagu ini berkisah tentang hubungan yang jalan di tempat dan berakhir pada ketidakbersamaan.

Sakit hatimu karena aku
Sakit membekas dalam, jadi bagian sejarah
Tak ada kesempatan untuk berkilah
Untuk selamanya masa itu menguasaimu
Harusnya cerita ini bisa berakhir lebih bahagia
Tapi kita dalam diorama
Harusnya sisa masaku buat indah menukar sejarah
Tapi kita dalam diorama
Diorama

10. Jangan Cintai Aku Apa Adanya
Kalau banyak lirik lagu tentang cintaiku apa adanya, Tulus membantah itu semua lewat lagu ini. Jangan Cintai Aku Apa Adanya berkisah tentang satu pasangan yang menerima satu sama lain tanpa menuntut ini dan itu. Justru sang laki-laki minta dicintai dengan menuntut sesuatu agar kehidupanbisa lebih baik, itulah laki-laki sejati.


Video klip lagu ini digarap dengan alur cerita yang sederhana namun kena di hati. Bagaimana perjuangan seorang suami dalam memberikan nafkah untuk keluarganya. Epik sekali, sangat-sangat menyentuh....

Saya suka bagian lirik ini....
Aku....
Ingin lama jadi petamu
Aku....
Ingin jadi jagoanmu
OohOooh
Jangan cintai aku apa adanya
Jangan....
Tuntutlah sesuatu
Biar kita jalan ke depan
Dalem banget kan?
***
Demikianlah sepuluh lagu terbaik tulus versi erfano.com. Kalau menurut kamu, lagu Tulus yang mana yang terbaik?

24 komentar:

  1. yang paling familiar untuk saya cuma 2 mas, jangan cintai aku apa adanya dan sepatu saja, liriknya memang dalam

    BalasHapus
  2. Saya terkesan banget sama lagu Manusia Kuat. Liriknya inspiratif. Tapi lihat di sini, lirik dari lagu-lagu Tulus memang istimewa ya

    BalasHapus
  3. Tulus itu suara nya yang jazzy banget bikin setiap dengar lagu nya enak selalu. Sampe2 aku berpikir ya mas, seandainya dia nyanyi lagu sule "susis" pun bakalan enak, hahaha.


    BalasHapus
  4. Syukaaakkk semua lagu TULUS.
    Cara dia membawakan lagu2nya juga "kena banget"!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Tulus itu emang sesuatu, karena aku tuh jarang - jarang denger lagu Indonesia zaman now karena gak ada 'rasanya '.Tapi tulus beda

    BalasHapus
  6. Menurut aku Tulus itu sangat puitis. Tapi puitisnya beda dengan karya sastra. Pilihan diksinya berbeda, kata2 yang digunakan bukan kata2 yang sulit sih, tapi Tulus bisa merajut kata2 itu menjadi kalimat yang dalam pemaknaannya. Keren lah. Lagu Tulus juga khas banget, pasti ketahuan dr intronya. Aku padanya lah 🤩

    BalasHapus
  7. saya suka lagu sepatu.
    yang lainnya suka juga sih
    tapi paling suka saat ini ya sepatu

    BalasHapus
  8. Kayaknya bagian lirik yang disukai Mas Erfano jawabannya ada di ILY 3000-nya Stephanie Poetri.

    Baby, take my hand
    i want you to be my husband
    cause you’re my Iron Man, hahaha

    Tfs yaa Mas, just kidding. I would rather Jangan Cintai Aku Apa adanya dr Tulus.

    BalasHapus
  9. Saya suka semua lagu Tulus, Mas Erfano. Soalnya dia menciptakan sendiri, jadi sesuai dengan warna vokalnya juga. Dan kalau disuruh memilih satu lagu paling favorit, saya paling suka GAJAH.

    Kau temanku...
    Kau doakan aku...

    BalasHapus
  10. Aku bukan penggemar musik apalagi tulus. Tp kalau denger liriknya tetep aja ikutan nyanyi 😂

    BalasHapus
  11. Memang lagunya tulus enak didengar lho. Maknanya juga dalem.

    BalasHapus
  12. Memang lagu2 tulus itu enak didengar. Maknanya juga dalem.

    BalasHapus
  13. Pertama denger tuh yang Sewindu, dan langsung punya feeling ini Tulus bakalan awet nih, liriknya berkelas, nadanya menghanyutkan, eh bener aja.
    Suka sama yang Jangan Cintai Apa Adanya dan Sepatu juga..

    BalasHapus
  14. Setuju, lirik lagu Tulus penuh diksi yg bagus banget.
    Lagunya easy listening bet heheee

    BalasHapus
  15. Apa cuma aku yang baca sambil nyanyi yaa...wah Tulus adalah salah satu penyanyi pria favoritku dan lirik lagunya itu..daleem

    Pertama tahu lagu Gajah yang ternyata menceritakan kisah bullying waktu Tulus kecil dulu. Tapi diceritakan dengan inspiratif di liriknya.
    Juga lagu lainnya...easy listening dan bermakna. Sukaaa!
    Oh ya, ada typo Diorama ,Mas, bukan diaroma

    BalasHapus
  16. Paling favorit dan ngenaaaa banget sama perjalanan cinta aku ya tentunya "teman hidup". Sama suami suka nyanyiin itu bareng dari jaman belom nikah sampe sekarang beranak 2, hhheee

    BalasHapus
  17. Saya jarang mendengar lagu masa kini, tapi Tulus memang beda. Pernah tanpa sengaja mendengar. Liriknya unik, cepat dihapal, dan asyik.

    BalasHapus
  18. Tulussss... Lagunya memang top abis. Hampir semuanya suka sih. Tapi yang paling favorit tuh jangan cintai aku apa adanya. Hihi

    BalasHapus
  19. saya termasuk orang yang suka musik tetapi musik tahun 90an hihi.... nama penyanyi ini membuat ku kian penasaran dengan lirik lagunya yang dalam banget. Ntar coba browsing ah

    BalasHapus
  20. Aku suka semua lagu2 nya Tulus. Rasanya beda sama lagu2 Indonesia lain.
    Selalu ada kisah di balik lagu2nya dia

    BalasHapus
  21. Saya kok batu tau namanya dan debutnya karena baca tulisan ini ya. Betapa kupernya sayaah.

    Lirik ruang sendiri, bikin sedih, kebayang gimana rasanya si cewek jika diperlakukan begitu.

    BalasHapus
  22. Kak Erfano berhasil meracuni aku untuk menyetel kembali lagu-lagu Tulus nih. Emang musisi ini layak diapresiasi sih karena musikalitasnya oke, lirik lagu menyentuh, punya back story dalam setiap karyanya, dan berani tampil beda..

    BalasHapus
  23. ada beberapa lagunya tulus yang memang bagus didengar, dan emang liriknya asyiknya...

    BalasHapus
  24. Saya paling suka yang Manusia Kuat. Pas di salah satu event tema perempuan, lagu itu dinyanyikan bareng-bareng, Saya sampai mewek karena dalamnya makna yang terkandung

    BalasHapus