Momderful Bersama House Kari Ala jepang

 

“Food, to me, is always about cooking and eating with those you love and care for”

(Makanan, bagiku, selalu tentang memasak dan makan dengan orang yang anda cintai dan sayang).

David Chang

Kalau ditanya masakan siapa yang paling enak di dunia? Sebagian orang mungkin bilang makanan chef ternama, tapi sebagian yang lebih banyak setuju kalau masakan paling enak di dunia adalah masakan ibu. Walaupun ibu bukan seorang chef ternama, namun masakan ibu pasti jadi juara di hati anak-anaknya.

Ngomongin soal masakan ibu, yang jadi favorit saya adalah ikan pindang, sambal seruit, dan keripik pisang khas Lampung. Soal rasa mungkin nggak sewow buatan chef, tapi tetap saja masakan ibu segosong apapun tetap terasa begitu nikmat karena dibuat dengan menghadirkan hati dan cinta. 



Nah pekan kemarin, instagram @dapurkarialajepang mengabarkan akan melakukan Live Instagram bertajuk momderful yang merupakan singkatan dari Mom dan Wonderful. Momderful akan menghadirkan live cooking bersama Putri Habibi dan experience Chef Chandra. Wuih, saya begitu antusias dong. Dan hari Sabtu, 19 Desember 2020 jam 4 sore saya langsung join di kegiatan Momderful by House Kari Ala Jepang.

Acara dibuka oleh host bersama Chef Chandra. Kemudian Tetsufumi Koda ikut bergabung membuka dan menjelaskan tentang sejarah House Kari Ala Jepang.

“Tahun 2016 adalah gerbang utama bagi House Kari ala Jepang memperkenalkan produknya kepada masyarakat Indonesia, yaitu bumbu kari saus padat atau curry roux yang bercita rasa otentik kari Jepang melalui hotel, restoran, dan katering. Bumbu House Kari ala Jepang juga merupakan pioneer curry roux halal pertama di Indonesia.”

Kemudian ada mbak Putri Habibie yang sedang melakukan live di dapurnya dan  sedang bersiap-siap untuk memasak. Sebelum menyaksikan Mbak Putri Habibie melakukan live cooking dengan menggunakan Spicy Curry by House Kari ala Jepang, Chef Chandra menjelaskan pengalaman pengalamannya tentang memasak menggunakan kari.



Bedanya Kari Jepang dengan Kari India

Kalau ngomongin kari, yang ada di otak saya pertama kali adalah kuah kental berwarna kuning, beraroma rempah yang kuat dan khas dari India. Dan tadinya saya pikir kari jepang itu sama dengan kari dari India. Ternyata berbeda…

Menurut Chef Chandra, pada umumnya kari dibagi menjadi dua yaitu oriental/asian curry dan middle east curry. Karakternya pun berbeda, kari oriental/asian seperti kari jepang memiliki warna merah atau cenderung gelap, sedangkan kari dari India atau Middle East cenderung kuning dan sedikit merah.

Dari rasa dan kekentalan pun berbeda, kari jepang lebih kental dibandingkan kari asal india.  Soal rasa asian curry manis, gurih dan sedikit pedas sedangkan indian curry lebih kuat akan bumbu bumbu khas timur tengah.

Banyak makanan yang bisa dikombinasikan dengan kari jepang ini. Nasi dengan bumbu kari, ayam katsu, udon, ramen, dan makanan jepang lainnya. Selain itu, makanan khas Indonesia juga dapat dikombinasikan dengan kari jepang seperti tumis tumisan, risol, bahkan gorengan khas Indonesia.

Live Cooking bersama Putri Habibie

Acara yang ditunggu-tunggu tiba, live cooking dengan Putri Habibie. Kali ini resep yang akan dieksekusi adalah Curry Taco.



Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

1      House curry ala Jepang

2      Air

3      Bawang bombay (1 buah) (iris kotak-kotak kecil)

4      Wortel (1 buah) (potong kecil kecil)

Daging sapi 350, cincang daging sapi secukupnya

6      Soft Taco/taco shell siap pakai

7      Selada, iris secukupnya

Cara membuat:

1      Tumis wortel dan bawang bombay hingga harum

2      Masukkan daging hingga berwarna kecoklatan

3      Lalu, tuangkan air dan aduk hingga mendidih

4      Matikan api lalu masukkan curry block aduk hingga larut dan mengental

5      Sajikan dengan taco shell dan selada

6      Taco’s curry siap disajikan

Melihat Mbak Putri memasak  Taco’s Curry ini, aduh gampangnya luar biasa. Nggak pake ribet. Jadinya bisa dieksekusi di rumah.

QNA bersama Mbak Riany

Setelah live cooking, saatnya host membacakan pertanyaan pertanyaan dari netijen yang ikut live, terkait dengan produk House Kari ala Jepang.



Apakah produk kari ala jepang sudah tersertifikasi halal?

Produk House Kari ala Jepang sudah tersertifikasi halal jadi aman dikonsumsi khususnya untuk masyarakat muslim Indonesia.

Apakah produk ini aman untuk MPASI?

Salah satu kandungan dalam produk House Kari ala Jepang adalah MSG, jadi tidak aman dikonsumsi bayi yang sedang MPASI. Seperti yang kita ketahui, bayi usia MPASi hingga umur lima tahun sebaiknya mengkonsumsi makanan alami yang rendah gula dan garam.

Apakah setelah dibuka, produk House Kari bisa disimpan di suhu ruang?

Produk House kari aman jika disimpan di suhu ruang. Jadi setelah dibuka, produk bisa disimpan di wadah tertutup dan berada di suhu ruang.





 Recook Taco’s Curry

Saatnya saya memasak Tacos Curry dengan menggunakan produk dari House Kari ala Jepang dengan varian Spicy Curry. Nah, karena pengen yang simpel, aku mengganti soft taco/taco shellnya dengan roti tawar, sedangkan daging sapinya aku ganti dengan filet daging ayam.

Nah, saking gampangnya. Nggak sampai 30 menit, saya sudah rampung masak Taco’s Curry ala Erfano.

 


Saatnya mencicipi.


Rasanya juara enaknya....

Tentang House Kari ala Jepang

PT House And Vox Indonesia memulai perjalanannya pada tahun 2010 dengan nama PT Vox Trading Indonesia, yang pada awalnya merupakan perusahaan perdagangan atau ekspor-impor. Perusahaan ini dibentuk dari investasi Vox Trading Co., Ltd. dengan House Foods Group Inc., Jepang.

Pada 2016, PT Vox Trading Indonesia berganti nama menjadi PT. House And Vox Indonesia, dengan saham terbesar dimiliki oleh House Food Group Inc., Jepang sebanyak 96,56%. PT House And Vox Indonesia adalah afiliasi dari House Foods Group Inc., Jepang.

House Foods Group Inc., Jepang adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di Jepang yang didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1913.

PT House And Vox Indonesia mulai menjual produknya yaitu bumbu saus padat, produksi dalam negeri tepatnya di Semarang yang menerapkan standar teknologi Jepang.

Produk penjualan utama PT House And Vox Indonesia adalah House Kari ala Jepang, bumbu saus kari Jepang bersertifikat Halal Pertama di Indonesia. Selain House Kari ala Jepang, PT House And Vox Indonesia juga menjual Bubuk Wasabi dan Bubuk Kari untuk hotel, restoran, dan katering.

Tidak ada komentar

Posting Komentar