Hari Bahagia Bersama

"Bahagia lahir dari rasa syukur yang tak henti padaNya dan usaha untuk senantiasa berbagi apa yang kita bisa pada sesama. Itulah sebabnya kita bisa memilih untuk berbahagia setiap hari, setiap kali." -Helvy Tiana Rossa


Sudah beberapa bulan ini, sejak pandemi makin menjadi-jadi, kebahagiaanku semakin lama semakin senyap, lenyap. 

Sebagai orang overthinking, pikiranku bebas melanglang buana, menjelajah waktu tanpa kuminta. Dan yang sering melintas di pikiranku adalah kekhawatiran. Dan itu lantas merenggut kebahagiaan hidupku secara perlahan-lahan. 

Di saat ingin kembali mencari arti kebahagiaan, di sela sela ingin mencari makna hidup ini. Ada saja cara Allah dalam menyadarkanku untuk kembali ke lintasan,  dan itu dimulai dari webinar bersama JNE Deklarasi Hari Bahagia Bersama yang ditandai peluncuran buku Bahagia Bersama. 

Selasa sore, 7 September 2021 pukul 15.30, acara dimulai dengan menghadirkan berbagai narasumber menginspirasi seperti M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Maman Suherman selaku penulis buku Bahagia Bersama, Muhammad Misrad (Mice) selaku ilustrator buku Bahagia Bersama, Ivan Gunawan (pengusaha dan entertain), Melanie Soebono selaku aktivis dan founder Rumah Harapan Melanie dan Andi F Noya (presenter dan founder benih baik (dot) com). 

Kunci Bahagia

Sebagai seorang penulis, menulis bagi kang Maman adalah self healing, bukan saja untuk kesenangan pribadi namun juga untuk memberikan hikmah kepada sesama. 

Penulisan buku Bahagia Bersama bagi Kang Maman adalah sebuah kehormatan dapat menjadi penulis Buku Bahagia Bersama dan turut menularkan prinsip serta nilai-nilai berbagi yang membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi individu mau pun masyarakat luas”.  

Bagi Kang Maman, berbagi agar dapat bahagia bersama perlu dilakukan sebanyak mungkin oleh tiap orang, tidak hanya dalam keadaan lapang tapi juga bahkan dalam kondisi sempit”, tambah pegiat literasi ternama yang akrab disapa Kang Maman ini.

Bagi Mice, selaku ilustrator buku Bahagia Bersama ketika berkarya baginya sudah membahagiakan diri sendiri, menghibur diri sendiri. Ketika bukunya terbit dan dinikmati khalayak dan mereka bahagia karenanya sehingga kebahagiaan buat Mice menjadi double. 

Bagi Mice merupakan sebuah challenge yang sangat asyik bisa menjadi bagian dari penyusun isi Buku Bahagia Bersama. Prinsip berbagi agar semua bisa bahagia bersama harus disampaikan secara berbeda sehingga pesan bisa diterima oleh semua kalangan dan semua umur, bahkan anak-anak”.

Menurut Ivan Gunawan, kunci bahagia dalam berkarya baginya adalah melakukan apa saja hingga saat ini yang merupakan pilihan hidup saya. Banyak orang yang berkerja namun tidak merasa bahagia. Orangtua Ivan Gunawan benar benar memberikan kepercayaan untuk menjadi apa saja yang diinginkan. 

Bagi Ivan Gunawan, salah satu kunci bahagia dalam hidupnya adalah membahagiakan orang terdekat lalu sekitar, " Apa yang saya punya tidak sepenuhnya milik saya. Jadi sudah menjadi tugas saya dalam membahagiakan orang terdekat dan sekitar. Selain itu, kunci kebahagiaan bagi Igun begitu ia akrab disapa yaitu jujur dalam berkarya dan apa adanya. 

Kunci bahagia bagi Andi F Noya adalah berbagi kepada sesama. Menurutnya berbagi tidak harus menunggu cukup lebih dulu, tidak harus menunggu kaya karena ketika hidup kita bukan untuk diri sendiri adalah kebahagiaan sejati. 

Melalui platform Benih Baik Dot Com, Bang Andi F. Noya berharap siapapun bisa mengakses untuk melakukan kebaikan. 

Kunci bahagia menurut Melanie Soebono adalah mewujudkan hal hal kecil orang lain,.  Mewujudkan hal hal kecil yang diinginkan seseorang ternyata membuat saya bahagia. Melalui Rumah Harapan Melanie yang sudah berjalan selama 14 tahun, Melanie dkk dapat mewujudkan hal hal kecil bahkan kebutuhan primer keluarga di Indonesia melalui donasi donasi yang dilakukan. 

Kunci Bahagia Bapak Feriadi Soeprapto( Presiden Direktur JNE) 

Sejak awal JNE berdiri, almarhum Aji Suprapto mengubah mindset adalah berbagi meskipun perusahaan belum stabil. Untuk mendapatkan sesuatu yang besar bahagiakan orang lain dan sekitar. Peduli terhadap anak yatim, berbagi kebahagiaan ke panti jompo, peduli terhadap lingkungan. Apabila kita membahagiakan orang lain dan sekitar maka keberkahan hidup akan diraih. 

Menurut Pak Feri, perihal berbagi banyak disebutkan di ayat ayat dalam Al Quran. Setiap kebaikan yang kita lakukan akan ada balasannya. 

“Dalam menjalankan bisnis, JNE memiliki tagline “Connecting Happiness” yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Maknanya sangat luas, sehingga jika bicara tentang JNE, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek kehidupan. “Bahagia Bersama” adalah hasil yang dituju dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan”.

Makna Bahagia

Talkshow webinar berlangsung seru dan makin menarik. Masing masing narasumber telah memaparkan kunci bahagia menurut mereka. 

Saat ditanya mengenai makna bahagia, Pak Feri menjelaskan jika kebahagiaan dalam JNE dan pribadi adalah dapat memberikan pelayanan terbaik antara penjual dan pembeli. Posisi JNE berada di tengah tengah, berada di antara keduanya.... 

Makna bahagia menurut Melanie Soebono adalah berguna dan nggak nyusahin orang. Makanya Melanie membuat hastagh #JanganMatiSebelumBerguna di akun sosial medianya. 

Giliran Ivan Gunawan, makna bahagia menurutnya adalah dapat berbagi. Karena saat berbagi hal itu merupakan stress realize. 

Andi F. Noya menjelaskan makna bahagia menurutnya adalah berbuat baik kepada siapapun. Bagi Bang Andi, hidup hanya satu kali jadilah berarti. Beliau pun berpesan, "Gunakan hidupmu, berbuat baiklah karena banyak juga orang yang tidak punya kesempatan untuk berbuat baik. 

Bagi ilustrator buku Berbagi Bersama, makna bahgia menurut Mice adalah berbagi bahagia melalui karya seni sedangkan menurut Kang Maman bahagia itu adalah buku. Bahagia menurutnya adalah orang orang di daerah dapat menikmati buku buku yang dikirimnya. 

Connecting Happiness JNE

Tagline yang diusung oleh JNE ini benar benar dirasakan narasumber, Kang Maman merasakan kemudahan dari JNE dengan bantuan gratis pengiriman buku ke daerah daerah yang lumayan besar budgetnya. Begitu pula dengan platform benih baik dot com besutan Bang Andi F. Noya yang dibantu JNE dalam menyalurkan donasi. 

Hal itu juga dirasakan oleh Rumah Harapan Melanie yang dibantu dalam pengiriman paket donasi ke daerah daerah sesuai dengan kebutuhan penerima. Untuk Ivan Gunawan, JNE telah memberikan kemudahan untuk pelanggan bajunya dalam gratis ongkir. 

Hari Bahagia Bersama dengan buku Bahagia Bersama

Salah satu bentuk bahagia seseorang termasuk saya adalah mendengar teriakan paket dari kurir paket. Kalian jugakah? 

Nah, JNE berkolaborasi bersama penulis Kang Maman dan kartunis Mice menghadirkan Buku Bahagia Bersama sebagai bentuk inspirasi untuk orang banyak akan pentingnya berbagi terhadap sesama. 

Proses pembuatan buku yang lebih banyak dilakukan secara virtual rupanya terlaksana dengan baik dan lancar. Energi positif antara JNE, penulis dan ilustrator membuat pengerjaan buku ini begitu lancar. 

"Pengerjaan buku ini tidak banyak editingnya," ucap Kang Maman seraya tersenyum. 

Bagi Kang Maman buku ini patut dimiliki karena mengandung banyak pesan tentang memberi dan menyantuni, sedangkan bagi Mice buku ini adalah buku siraman rohani karena banyak hal positif yang bisa ditiru. Bagi JNE, Buku Bahagia Bersama ini adalah buku bagaimana cara mencari kebahagiaan hidup. 

Penasaran dengan Buku Bahagia Bersama? 

Buku “Bahagia Bersama” dapat dibeli secara offline di toko buku Gramedia dan juga secara online melalui website gramedia.com serta toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. Berbagai program menarik terkait buku Bahagia Bersama pun dapat diikuti semua orang melalui akun resmi sosial media JNE.

Demikianlah Deklarasi Hari Bahagia Bersama sekaligus peluncuran buku Bahagia Bersama. Mendengar narasumber bercerita perihal berbagi, kunci bahagia dan maknanya, aku seperti tertonjok. Buncahan kekuatan seperti hinggap dan memelukku yang sedang tidak terlihat bahagia. 

Bahagia itu sederhana, jujur aku sering mendengar kata kata ini, dan berbagi pada sesama apapun itu adalah kunci kebahagiaan. Aku juga sering mendengar kata kata itu. Namun kata kata tentang bahagia itu perlahan terlupakan karena sibuk dalam memaknai kebahagiaan dan sibuk dengan diri sendiri, sibuk dengan pikiran sendiri. Dan lewat webinar Deklarasi Hari Bahagia Bersama, aku kembali diingatkan bahwa bahagia itu dekat, sederhana dan ada di sekitar kita. Dan.... Setiap tanggal 7 September kita peringati Hari Bahagia Bersama. 

Tiba-tiba pikiranku seperti menemukan AHAnya. Aku tahu apa yang harus kulakukan untuk kembali bahagia, dan kali ini bahagia itu tidak untuk sendiri. 









Tidak ada komentar

Posting Komentar