Dukung UMKM Indonesia

Banyaknya UMKM yang bermunculan di Indonesia khususnya di Bogor membuat saya bahagia. Munculnya UMKM jelas akan membangkitkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja.

Dari data yang dihimpun Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Bogor mencatat hingga September tahun 2021, UMKM di Kota Bogor meningkat tajam sekitar 64,37% dari 27.377 pelaku UMKM tahun 2020 menjadi 45 ribu pelaku UMKM. Data ini untuk UMKM yang sudah tercatat dan didaftarkan, sedangkan UMKM yang belum tercatat dan terdaftar pun masih banyak.

Bicara soal UMKM, ada salah satu UMKM di Kota Bogor yang bergerak di bidang ekonomi kreatif yang terus berinovasi tidak hanya bertujuan profit namun juga memberikan dampak positif kepada sekitar melalui produknya.

Salamuda Creative

Awalnya Salamuda berfokus ke produk produk kaos edukasi. Kaos yang dibuat biasanya memiliki pesan tertentu terkait dengan isu pendidikan, lingkungan dan kemanusiaan. Seperti saat kasus plastik sedotan yang mendera banyak penyu di Indonesia dan dunia, Salamuda membuat kaos dengan desain bergambar penyu dan bertuliskan, “the future of turtle skip the plastic straw now!”

Ada juga beberapa kaos yang desainnya berupa quotes yang diambil dari kearifan lokal daerah Sunda seperti ulah kumeok samemeh dipacok yang memiliki arti jangan kalah sebelum bertempur.

Selain mengedukasi lewat desain produknya, Salamuda juga memproduksi kaos, hoodie, baju lapang, celana lapang untuk bebarapa sekolah alam di Indonesia seperti Sekolah Alam Bogor dan Sekolah Alam Bekasi. 

Dampak pandemi membuat Salamuda harus memutar otak untuk terus bertahan. Selain bergerak di bidang fashion kreatif, Salamuda mengembangkan bisnisnya dengan memproduksi buku karya anak anak Sekolah Alam Bogor, buku karya guru dan buku buku inspiratif.

Salah satu buku yang diproduksi oleh Salamuda adalah buku yang bertajuk Sekolah Alam Legacy (Tribute to Lendi Novo) yang merupakan buku tentang pemikiran pemikiran penggagas sistem pendidikan sekolah alam Bang Lendo Novo. Buku yang diterbitkan akhir 2021 ini sudah terjual lebih dari 1000 eksemplar. 

Buku lain yang juga diproduksi oleh Salamuda adalah buku karya anak anak Sekolah Alam Bogor. Buku kumpulan cerita anak anak kelas 6 SD Sekolah Alam Bogor rutin diproduksi setiap tahun. Tulisan yang mereka buat bertemakan tentang isu lingkungan dan isu isu sosial kemanusiaan yang ditulis sesuai dengan kemampuan dan sudut pandang mereka. Ada sekitar 6 buku yang sudah diterbitkan.

Tidak hanya memproduksi untuk kepentingan profit UMKM, Salamuda juga berkolaborasi dengan lembaga lain dalam memproduksi kaos dan buku untuk kepentingan kemanusiaan. Kolaborasi yang pernah dilakukan adalah membuat kaos tentang Palestina bersama Salam Aid ( salah satu lembaga kemanusiaan di Kota Bogor).

Naik turun sebuah bisnis menjadikan tantangan tersendiri untuk Salamuda terus bertahan di tengah tengah pandemi dan persaingan bisnis. Namun kembali ke tujuan semula bahwa Salamuda tidak hanya mengejar profit semata akan tetapi menyebarkan manfaat mellaui produk yang dibuat.

Kompetisi JNE tentang UMKM


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kekuatan perekonomian Indonesia. Di masa pendemi seperti ini, ketika banyak karyawan dirumahkan, UMKM menjadi back-up penting. 

Maka dari itu, tugas kita bersama untuk ikut menguatkan UMKM yang ada di sekitar kita dengen membeli dan menggunakan produk produk yang ada sebagai bentuk dukungan. 

Sebagai bentuk JNE dalam mendukung UMKM di Indonesia, JNE mengadakan kompetisi bertajuk JNE Content Competition 2021.

Mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam 4 kategori lomba yaitu writing competition, photo competition, video competition dan desain competition.

Hadiah yang ditawarkan pada JNE Content Competition 2021 ini adalah uang dengan total nilai ratusan juta rupiah.

Diperpanjang hingga 31 Januari 2022

Awalnya kompetisi yang diadakan oleh JNE berkolaborasi dengan Kompasiana dilaksanakan dari tanggal 6 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 baik untuk kategori umum maupun untuk kategori karyawan di perpanjang hingga 31 Januari 2022.

Ayo ikutan kompetisinya karena konten konten yang kita buat jadi salah satu bentuk dukungan terhadap UMKM yang ada di sekitar kita agar terus tumbuh dan berkembang. 

Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, infonya ada di micosite ya.... 

Tidak ada komentar

Posting Komentar