Pemain Cosmo JNE FC Berlaga di Piala AFF Futsal Championship 2022


Ngomongin soal bola kaki, entah itu sepakbola atau futsal. Saya bukan penggila mutlak olahraga ini. Selain memang tidak jago main bola, saya memang jarang bermain olahraga ini.

Dulu, waktu masih SD, hampir setiap sore saya bermain futsal di lapangan upacara di Sekolah Dasar Negeri dekat rumah. Jangan bilang saat itu saya jago main bola, saya bergabung seperti tim penggembira saja.

Walau pun seperti tim penggembira, namun posisi saya saat itu lumayan penting. Saya sempat beberapa kali jadi penjaga gawang atau keeper. Fokus saya saat jadi keeper adalah tidak kebobolan bola dari lawan masuk ke gawang. Itu. Meskipun tetap saja beberapa kali kebobolan.

Saat pertandingan bola saat itu, rata rata dari kami tidak memiliki keterampilan yang mumpuni. Kami hanya bermain dengan sesama teman sebaya dengan penuh rasa bahagia.

Beranjak dewasa saya nyaris tidak pernah bermain bola. Kesibukan yang semakin bertambah membuat saya jarang sekali olahraga. Satu-satunya hal yang berurusan dengan olahraga adalah menonton acara olahraga seperti bulutangkis dan sepakbola.

Saat kuliah, salah satu keseruan di kos-kosan adalah saat menyaksikan tontonan bola. Yang paling saya ingat adalah saat tahun 2004, ada Piala Tiger (sekarang Piala AFF). Saat final antara Indonesia lawan Singapura, kami nonton bersama-sama. Keseruan dan berujung kekecewaan menjadi sesuatu yang menarik saat itu.

Berikutnya, keseruan Piala AFF terjadi tahun 2010. Saat itu Indonesia beradu final dengan Malaysia. Leg pertama Indonesia kalah 3-0. Dan di leg kedua Indonesia menang 2-1. Meskipun di pertandingan kedua menang, namun secara agregat Indonesia kalah dari Malaysia.

Masih ngomongin soal bola, akhir tahun 2021 lalu saya sempat ikut persemian Cosmo JNE Futsal Club. Jadi klub Futsal Cosmo bekerjasama dengan JNE dan mengikuti laga di Liga Futsal Profesional Musim 2021/2022.

Saat menghadiri peresmian Cosmo JNE Futsal Club, para pemain hadir berikut dengan pelatih dan tim official. Selang beberapa bulan, saya mendapatkan kabar kalau beberapa pemain dan tim official dari Cosmo JNE FC turut serta dalam laga di Piala AFF Futsal Championship Thailand pada 2-10 April 2022.


Piala AFF Futsal Championship Thailand

Kejuaraan Futsal AFF atau Kejuaraan Futsal ASEAN merupakan ajang kompetisi futsal internasional yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara. Piala AFF Futsal ini diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Perbara (AFF).

Kejuaraan Futsal AFF berlangsung pada tahun 2001 dan kemudian digelar setiap dua tahun sekali hingga tahun 2005. Tahun berikutnya, turnamen ini diadakan setiap tahun.

Tahun 2022 ini kompetisi AFF Futsal kembali digelar. Kali ini Thailand yang menjadi tuan rumah. Salah satu hal yang membanggakan adalah beberapa pemain dari Cosmo JNE FC dan tim official berhasil bergabung dalam tim yang akan membela timnas Indonesia. Nah, dari sekian pemain yang terpilih oleh Coach Mohammad Hashemzadeh pelatih yang berasal dari Iran, terpilihlah empat pemain yaitu M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian.

Selain empat pemain tersebut ada juga dua orang dari tim official yang ikut serta. Mereka adalah Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Daulay selaku asisten pelatih. Keenam orang ini turut serta dalam membela Timnas Futsal Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF Futsal Championship Thailand pada 2-10 April 2022.

Pada laga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021, Cosmo JNE FC berhasil meraih posisi kedua dengan perolehan 26 poin dengan kemenangan sebanyak 8 kali, pertandingan hasil sering sebanyak dua kali dan mengalami kekalahan sebanyak satu kali. Hasil pertandingan ini membuat coach memilih beberapa pemain dan official dari Cosmo JNE FC. Kemampuan bermain yang dimiliki empat pemain tersebut  saat Liga Futsal Profesional di atas rata-rata dari pemain lainnya sehingga dapat menembus menjadi pemain inti tim nasional yang berasal dari gabungan beberapa tim futsal yang berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021.

“Mewakili keluarga besar JNE, kami merasa bangga, Cosmo JNE FC menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas futsal Indonesia yaitu  4 pemain dan 2 official dipanggil untuk membela Timnas Futsal Indonesia yang akan berlaga di Thailand nanti dan kini ada di peringkat 2 Liga Futsal Professional Indonesia 2021, sehingga tim ini membawa harum nama JNE di lapangan,” jelas M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE memberikan sambutan pada acara ‘Meet and Great Cosmo JNE FC with Director.

Bapak Feriadi berharap  agar Cosmo JNE FC selain berprestasi di lapangan, juga bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas, di mana JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni, sehingga tagline “Connecting Happiness” dapat terwujud untuk selalu memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat  Indonesia  dan Cosmo JNE FC menjadi berbeda dengan tim futsal lainnya.

Ungkapan ini senada dengan harapan Bapak Feriadi saat peresmian Cosmo JNE FC.

"Sebagai perusahaan asli Indonesia JNE tentunya akan terus mendukung kemajuan anak bangsa baik UKM, olahraga, pendidikan maupun ekonomi sesuai tagline Connecting Happiness yaitu memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat. Melalui olahraga kita semangat,  melalui olahraga kita mendapat banyak hal, tapi kita juga berharap melalui olahraga menjadi salah satu kendaraan kita dalam menuju surga Allah SWT.

Owner dari Cosmo JNE FC yakni Bapak Akbar Pera Baharudin atau yang lebih popular dengan Ajudan Pribadi mengungkapkan rasa bangganua dan bersyukurnya serta ucapan terima kasih kepada JNE yang selama ini memberikan dukungan penuh sehingga Cosmo JNE FC mampu berprestasi di tingkat nasional.

“Terima kasih JNE atas dukungannya, kami akan balas dukungannya dengan bekerja keras pada saat berlatih maupun bertanding, sehingga pada putaran selanjutnya nanti tekad kami adalah juara 1.”

Kapten Tim JNE FC, Bang Fachri Reza mengungkapkan rasa bangganya dan rasa terima kasihnya untuk dukungan JNE selama ini.

“Dukungan JNE bagi tim kami sangat membanggakan sehingga bisa membawa prestasi yang sudah ditargetkan sebelumnya menjadi peringkat 2 di putaran pertama. Peluang menjadi juara terbuka lebar dari 11 pertandingan yang sudah kami jalani, menang 8 kali, seri 2 kali dan sekali kalah. Pencapaian terbaik, selain terpilihnya 4 pemain dan 2 official adalah kebanggaan tersendiri bagi tim kami."

Semoga di gelaran Piala AFF Futsal Championship di Thailand berjalan dengan baik dan lancar. Dan semoga timnas futsal Indonesia dapat meraih juara 1 pada laga ini. 

“Terus bekerja keras, terus berjuang dan terus bertanding, semoga di Thailand dan pada putaran ke-2 nanti target juara bisa diraih,” ujar M. Feriadi penuh semangat.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar