Nikmatnya Minuman Kopi di Dapur Solo

Nikmatnya Kopi di Dapur Solo Matraman


"Kopi yang baik akan selalu menemukan penikmatnya."

 - Ben Filosopi Kopi

Bicara soal kopi, tanaman yang satu ini sudah tidak asing dalam kehidupan saya. Sejak kecil, tanaman kopi jadi salah satu tanaman yang kerap saya temui sekitar rumah. Jika musim kopi berbunga, wangi bunganya akan semerbak mewangi di kebun. Warna bunga kopi yang putih  bergerombol dan muncul di sela-sela ranting memberikan keindahan tersendiri.

Selang beberapa waktu, bunga kopi akan berguguran dan berganti menjadi pentil-pentil kopi untuk akhirnya menjadi buah kopi yang berwarna hijau lantas memerah dan siap dipanen.

Kopi yang dipanen dijemur terlebih dahulu kemudian mengering dan mengelupas. Untuk menikmatinya, kopi disangrai hingga menggelap dan beraroma kuat, lalu ditumbuk dan disaring. Selepas itu, kopi yang halus akan disedu dengan air panas dan disajikan dalam acara- acara di kampung.

Mengenyam masa kecil di Lampung sungguh kenangan indah yang luar biasa. Sebagai salah satu daerah penghasil kopi, Lampung adalah pemasok kopi jenis robusta, dan sudah jadi hal yang biasa jika berpergian ke Lampung salah satu oleh-oleh khas yang diminati adalah kopi Lampung. Kenangan lain yang tidak kalah indah adalah dapat menikmati ragam kuliner dari lintas daerah. Sebagian besar penduduk Lampung bersuku Jawa yang merupakan pendatang atau peserta yang mengikuti program transmigrasi. Sebagai orang Lampung asli yang berada di lingkungan tetangga bersuku Jawa, saya sangat sangat terbiasa dengan kuliner Jawa yang enak dan nikmat. Saat merantau ke Pulau Jawa tepatnya ke Jawa Barat, saya makin menikmati kuliner khas Jawa yang melimpah.

Dapur Solo

Salah satu tempat makan khas daerah Jawa yang perlu sekali untuk dicoba adalah Dapur Solo. Kebetulan saya berkunjung ke Dapur Solo Matraman. Kesan pertama kali datang, interior yang dihadirkan sangat apik. Perpaduan antara tradisional Jawa yang khas dengan sentuhan modern nan elagan.

Interior Dapur Solo Matraman

Dapur Solo Matraman menghadirkan ruangan indoor dan ruangan outdoor (smoking area) untuk menikmati setiap hidangan. Selain itu, Dapur Solo juga menyediakan ruangan-ruangan yang dapat digunakan untuk acara-acara seperti ulang tahun, arisan, tunangan, rapat dan acara lainnya. Jika digunakan semua area, Dapur Solo mampu menampung 200 hingga 250 orang. Untuk ruangan gathering bisa menampung 60-80 orang, sedangkan untuk private room bisa menampung hingga 15 orang. Soal parkiran tak perlu khawatir karena parkiran di Dapur Solo terdapat di depan dan di belakang restauran. Restauran juga dilengkapi dengan toilet yang bersih dan nyaman, mushala dan ruang tunggu untuk driver ojol yang memesan makanan.

Ahlinya Masakan Jawa

Walaupun restauran bernama Dapur Solo, namun bukan berarti menu yang dihadirkan adalah masakan-masakan khas dari Solo saja. Menu yang dihadirkan di Dapur Solo Matraman adalah kuliner khas dari barat Jawa hingga timur Jawa. Sebut saja makanan khas dari Jakarta seperti ketoprak, soto betawi. Lalu makanan khas Jawa Barat seperti nasi timbel sunda, karedok, rujak subang, empal gentong. Makanan dari Jawa Tengah dan Yogyakarta seperti gudeg yogya, selat solo, nasi langgi solo, garang asem ayam. Dan kuliner khas  dari Jawa Timur yakni rawon komplit, nasi pecel madiun, sate madura dan menu khas lainnya.

Nasi Langgi khas Solo

Saat ke Dapur Solo, makanan yang pengen banget saya coba adalah nasi langgi solo. Nasi langgi adalah salah satu jenis nasi rames dari Jawa Tengah. Kondimen/lauk sebagai pelengkap nasi cukup beragam mulai dari ayam goreng/daging, keripik kentang, suwiran telur, abon, kentang balado, sambal dan lalap. Jujur ya, sebagai pecinta nasi rames, nasi langgi solo ini juara enaknya. Masing-masing lauk memberikan pengalaman kuliner yang mengesankan buat saya. Kalian wajib datang ke Dapur Solo dan mencoba nasi langgi solo ini. Recommended!

Jika ada kesempatan untuk ke Dapur Solo lagi, menu lain yang ingin saya nikmati adalah mie goreng, gudeg yogya, pecel madiun, nasi goreng Jawa. Tapi dari hati terdalam, inginnya semuanya saya coba…

Menu Khas Dapur Solo

Tersertifikasi Halal

Buat kalian yang bertanya, “Apakah dapur solo sudah tersertifikasi halal?” Tenang restauran Dapur Solo sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Jadi aman dikonsumsi terutama untuk kaum muslimin.

Minuman Kopi di Dapur Solo

Kembali bicara soal kopi, jujur walau dunia kopi dekat dengan saya sedari kecil. Namun hingga kini saya belum dapat menikmati kopi pahit murni. Selain ada keluhan maag, saya lebih suka kopi yang diolah dengan susu atau gula aren.

Walaupun Dapur Solo terkenal sebagai #AhlinyaMasakanJawa namun untuk urusan kopi Dapur Solo tidak main-main. Kopi di Dapur Solo didatangkan dari Temanggung. Racikan kopi yang dibuat adalah tipe house blend yakni perpaduan beberapa jenis kopi. Untuk Dapur Solo,  kopi terdiri dari 70% jenis kopi robusta dan 30% jenis kopi arabika. Perpaduan ini membuat kopi yang dihasilkan lebih kuat rasa kopinya apalagi semua kopi di Dapur Solo dibuat dengan menggunakan alat presso manual sehingga kopi yang dihasilkan beraroma dan bercita rasa kuat.

Es kopi susu gula aren dapur solo

Banyak minuman kopi yang ditawarkan Dapur Solo  para pecinta kopi. Buat yang suka dengan kopi dengan tipe strong, kopi kelotok, kopi hitam, kopi jahe, dan kopi tubruk bisa jadi pilihan. Yang menyukai kopi dengan campuran susu atau gula aren, ada kopi susu gula aren, alpukat kopi susu, kopi susu, kopi jelly, dan yang akan segera rilis kopi tetes dan kopi hitam putih.

Saat berkunjung, saya mencoba es kopi susu gula aren, aroma dan rasa kopi yang kuat dipadu dengan gula aren dan susu rasanya pas banget buat saya yang belum bisa mentolerir kopi murni. Kopi susu gula aren ini cocok buat kalian yang memiliki keluhan maag tapi pengen tetap menikmati kopi.

Selain mencoba es kopi susu gula aren, saya juga mencoba alpukat kopi susu. Alpukat yang digunakan di restauran Dapur Solo ini adalah buah alpukat pilihan yang diblender kemudian disajikan dalam gelas terpisah dengan kopi. Kalian bisa mengukur campuran kopi untuk minuman alpukat kopi susu ini. Perpaduan antara alpukat dan kopi memiliki keunikan tersendiri dalam menikmati minuman kopi. Bagi pecinta kopi lainnya, Dapur Solo juga akan merilis minuman kopi terbaru yakni kopi tetes dan kopi hitam putih.

Alpukat kopi susu dapur solo

Camilan untuk Teman Kopi

Kalau ngopi enaknya ditemani kue-kue tradisional. Nah, di Dapur Solo juga menyediakan aneka kudapan dari penjuru Jawa mulai dari comro, misro, serabi solo, sosis solo, tahu susur, mendoan, gemblong dan kudapan lainnya.

Menikmati kopi dan camilan di outdoor room sembari kongkow bareng teman, keluarga, rekan kerja, jadi pengalaman yang menyenangkan tentunya. Kalau ingin makan berat tinggal pesan menu-menu khas Jawa.

Dapur Solo Ny. Swan Matraman

Kopi dan Penikmatnya

Terkenal sebagai #AhlinyaMasakanJawa , Dapur Solo juga tidak mau kalah dalam menghadirkan menu minuman kopi yang merupakan salah satu minuman khas yang digandrungi di Indonesia, apalagi Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi dan salah satunya adalah Pulau Jawa juga memiliki kopi dengan kekhasan aroma dan cita rasanya.

Seperti quote di awal tulisan ini, "Kopi yang baik akan selalu menemukan penikmatnya." Maka tak perlu heran jika Dapur Solo menghadirkan ragam jenis minuman kopi, karena akan ada penikmat-penikmat kopi yang akan menemukannya. Termasuk saya yang jatuh cinta pada es kopi susu gula aren Dapur Solo.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar