JNE Pemenang Mindful Company Award 2022


Kompetisi dan Mental Health

Saya suka menonton acara kompetisi di televisi, apapun konsepnya. Dulu, saat Asia Bagus muncul, saya adalah penggemar setianya. Setiap pekan Asia Bagus muncul, saya menyaksikan sembari menjagokan penyanyi asal Indonesia yang berlaga di Asia Bagus. FYI, Asia Bagus adalah kompetisi bernyanyi yang diikuti oleh beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang. Setelah Asia Bagus, muncul kompetisi di Indonesia yang melahirkan l keren, sebut saja Indonesian Idol, Akademi Fantasi Indosiar (AFI) , Dangdut Academy, X-Factor, The Voice Indonesia, Mamamia dll.

Setahu saya, saat nonton Diary AFI, panitia penyelenggara mendatangkan psikolog untuk mendengar keluh kesah para kontestan. Apalagi banyak kontestan kompetisi yang berasal dari luar daerah. Kekhawatiran, ketakutan akan kompetisi yang berlangsung dan home sick peserta pasti akan selalu ada. Sehingga penyelenggara mendatangkan psikolog sebagai tempat peserta merilis emosinya.

Tahun 2022, kompetisi makin berkembang, salah satunya adalah Indonesian Next Top Model (INTM) yang sudah masuk seasons 3. Acara INTM 3 sudah berlangsung, dan beberapa model telah tereliminasi. Yang menarik saat minggu keempat, salah satu peserta bernama Synka masuk bottom 2 namun masih diselamatkan juri sehingga Kezia yang berada di bottom 2 bersama Synka yang harusnya pulang. Namun Synka memutuskan untuk mengundurkan diri.

Banyak hal yang dikemukakan Synka  saat mengundurkan diri dari kompetisi INTM3. Salah satunya isu mental health yang mereka alami. Salah satu hal terberat dari seorang Synka hingga akhirnya memutuskan untuk mundur adalah tidak tahan dengan komentar juri yang kurang mengapresiasi kerja kerasnya di kompetisi selama ini.

Isu mental health sekarang ini telah menjadi salah satu hal penting dalam memutuskan sesuatu. Generasi  yang lahir tahun 2000an yang lumayan konsen ke isu mental health ini. Dalam dunia kerja, isu mental health pun menjadi sesuatu yang teramat penting. Lingkungan kerja yang toxic, rekan kerja yang kompetitif sehingga menghalalkan segala cara, bos yang arogan, dan tekanan pekerjaan yang bejibun serta tidak mengenal waktu jelas akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Sehingga tidak mengherankan jika generasi 2000an memilih untuk resign dibandingkan berada di lingkungan yang toxic.

Sebagai perusahaan atau lembaga, isu tentang kesehatan mental haruslah diperhatikan. Banyak perusahaan-perusahaan yang masih memikirkan profit dan mengabaikan kesejahteraan dan kesehatan mental pekerjanya. Untuk itu dalam acara ALIVE Fest 2022 menyelenggarakan Mindful Company Brand 2022.

Mindful Company Brand 2022.


Acara ALIVE Fest 2022 merupakan festival mediasi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan Markplus.Inc yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental, emosional, dan fisik.

JNE, sebagai perusahaan ekspedisi terbesar dan terbaik di Indonesia menjadi bagian dalam Mindful Company Brand 2022. Dengan skor tertinggi 0.781, JNE berhasil menjadi salah satu pemenang dalam Mindful Company Award 2022.

Indikator penilaian dalam penghargaan ini adalah terpenuhinya konsep Mindfulness 360° dengan memperhatikan keseimbangan 4 aspek di antaranya purpose, people, planet dan profit.

Sebagai perusahaan yang memiliki tagline Connecting Happinnes, JNE sangat memperhatikan kesehatan mental pekerjanya. Banyak kegiatan yang dilakukan JNE untuk menciptakan tingkat kebahagiaan di lingkunganya. Sebelum-belumnya, JNE telah memberangkatkan karyawannya dari penjuru Indonesia untuk berangkat umroh khusus untuk karyawan yang beragam muslim. Untuk karyawan yang berbeda aga, JNE juga memfasilitasi ibadah mereka sesuai dengan keyakinannya.

Agustus lalu, JNE mengadakan pesta olahraga untuk karyawannya di seluruh penjuru tanah air. Olahraga yang diadakan membuat erat antar karyawan, menambah indeks kebahagiaan, dan tentu saja menguatkan kesehatan mental pekerjanya.

Untuk urusan purpose dan planet yang menjadi bagian penilaian Mindful Company Award 2022. JNE tidak hanya fokus pada profit saja, namun juga turut serta dalam membangun value dalam lingkungan, turut berempati dalam permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam sosial dan kemasyarakatan. Hal ini membuktikan jika, JNE tidak hanya fokus membangun perusahaan untuk menghasilkan profit semata. Segala bukti telah terpampang nyata, sehingga tidak mengherankan dalam Mindful Company Award 2022, JNE berhasil meraih skor tertinggi.

Untuk kalian yang  ingin tahu media internal JNE kalian bisa cek ke websitenya JNE di https://jnewsonline.com/

Selamat untuk JNE, atas capaian yang telah diraih. Sebagai konsumen yang menggunakan JNE dalam setiap pengiriman barang, saya turut bangga.... JNE luar biasa!

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar