Wujudkan PTN Impianmu bersama Kelas Persiapan PTN Sinotif

 


Masuk PTN Idaman

Sebagai anak daerah, bisa kuliah ke perguruan tinggi negeri adalah sebuah bentuk kebanggaan keluarga yang luar biasa. Masuk ke kampus negeri impian adalah idaman pelajar seperti saya kala itu. Berhubung saya tinggal di daerah pertanian dan bersekolah di sekolah menengah kejuruan pertanian (SMK), sehingga saya berharap sekali dapat diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ada dua jalur masuk IPB yang bisa saya lalui, pertama melalui jalur rapor dan yang kedua melalui jalur tes masuk. Persyaratan dengan mengumpulkan nilai rapor sudah saya lakukan. Alhamdulillah, nilai rapor cukup tinggi bisa jadi salah satu kans masuk ke IPB. Sembari menunggu pengumuman, saya juga belajar lagi untuk tes masuk perguruan tinggi negeri. Kala itu tes yang dilakukan bernama SPMB (Seleksi Penerimaan Siswa Baru), sebelumnya UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri), sekarang menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes).

Sebagai pelajar SMK, belajar mata pelajaran yang diujikan untuk tes masuk PTN tidaklah gampang mengingat di sekolah, kami tidak hanya mempelajari mata pelajaran umum, juga mempelajari mata pelajaran yang berhubungan dengan pertanian sehingga secara pendalaman materi sangatlah kurang. Dan ketika ujian, saya lumayan kewalahan menghadapi soal matematika, fisika, kimia. Sebagai anak daerah, saya hanya mengandalkan belajar sendiri tanpa ikut bimbel, latihan soal dll. Keterbatasan waktu dan dana membuat saya kewalahan menghadapi soal ujian. Tapi akhirnya saya bisa lolos IPB melalui jalur rapor yang sudah saya kirim sebelum SPMB/SNBT.

Persiapan PTN 2023

Sebagai seorang guru yang sudah belasan tahun mengajar, saya senang dan bangga sekali ketika anak murid yang saya ajar di SD atau SMP diterima di kampus impian mereka. Yang terbaru, salah satu murid di kelas bahasa saya, Kekey yang berhasil masuk jurusan Teknik Metalurgi.

Saya pun berkesempatan berbincang dengan orang tua Kekey, bertanya tentang tips agar dapat diterima di Universitas Indonesia. Salah satu kuncinya adalah mempersiapkan jauh-jauh hari agar kans masuk PTN lebih besar dan semua itu sudah dimulai dengan mengikuti bimbel sejak kelas 10, karena sejak kelas 10 masih ada waktu untuk meningkatkan nilai rapor semester 1-5 untuk SNBP. Kekey pun dapat masuk UI lewat jalur SNBP.

Lanjut kata orang tua Kekey, sebelum persiapan PTN 2023, kita harus sudah menentukan akan kuliah di mana, universitas apa yang dituju dan jurusan apa yang diinginkan sehingga persiapan yang dilakukan jelas. Apalagi Kurikulum Merdeka yang berlaku sekarang sudah tidak ada lagi penjurusan sehingga siswa akan memilih mata pelajaran pilihan di kelas 11 sesuai minat dan bakatnya.

Nah, untuk jalur masuk kampus mulai 2022/2023 proporsinya SNBP minimal 20%, SNBT minimal 40% dan jalur Mandiri maksimal 30%. Semua jalur masuk ini tentunya memerlukan nilai yang tinggi agar bisa masuk ke PTN. Seperti SNBP sejak kelas 10 sudah mulai ikut bimbel karena masih ada waktu untuk meningkatkan rapor semester 1-5 , selain itu juga perlu mengumpulkan mata pelajaran pendukung yang sesuai dengan jurusan yang diharapkan.

Misalnya nih untuk jurusan/fakultas Farmasi di Universitas Indonesia minimal rapor adalah 88.49. Jadi nilai rapor ini sudah dapat dipersiapkan sejak kelas 10 melalui bimbingan belajar. Salah satunya dengan Kelas Persiapan PTN Sinotif yang juga mencakup persiapan tes SNBT dan tes jalur Mandiri.

Kelas Persiapan PTN Sinotif

Buat kalian yang ingin menyiapkan masuk ke kampus impian. Jangan khawatir karena Sinotif juga menghadirkan Kelas Persiapan PTN Sinotif sebagai Persiapan Masuk PTN.

Untuk Kelas 10, Kelas Persiapan PTN Sinotif dapat membantu siswa dalam belajar sesuai kebutuhan seperti PR dan persiapan ulangan harian, review materi sekolah, persiapan PTS, PAT dan US, serta persiapan SNBT dan Mandiri.

Kesiapan kalian dalam menghadapi ujian sekolah seperti ulangan harian, PTS dan PAT tentu saja akan berpengaruh pada nilai rapor kalian di setiap semester yang nantinya dapat digunakan untuk jalur masuk kampus lewat SNBP.

Untuk teman-teman Kelas 12, jika belum dapat kesempatan lewat jalur SNBP masih ada kesempatan di jalur SNBT dan jalur Mandiri. Kelas Persiapan PTN Sinotif juga menyiapkan kelas untuk SNBT dan Mandiri. Untuk SNBT, kalian akan mempelajari 4 sub-tes TPS secara intensif karena diperkirakan level kesulitan yang meningkat, sedangkan untuk jalur Mandiri kalian akan mempelajari semua atau disesuaikan dengan ketetapan pihak kampus. Kelas Persiapan PTN Sinotif ini terbukti meluluskan siswa UTBK SBMPTN tahun 2022 sebesar 88,24%.

Kelas Persiapan PTN Sinotif ini dalam satu pekan ada 4-6 sesi belajar dengan fasilitas modul UTBK lengkap, website video materi dan latihan soal, tanya soal 24 jam non-stop, tes pendahuluan, VAK dan learning style, konsultasi penjurusan PTN, report dan evaluasi belajar, try out UTBK, try out untuk ujian sekolah.

Untuk modul persiapan sudah tersedia dengan lebih dari 4310 soal pilihan yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) seperti kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, dan pengetahuan kuantitatif dan juga Tes Literasi yang terdiri dari literasi dalam bahasa Indonesia, literasi dalam bahasa Inggris dan penalaran matematika.

Untuk website materi belajar  dan latihan soal terdiri dari penjelasan materi lengkap yang disusun oleh guru-guru profesional sehingga komunikatif dan mudah dipahami. Semua materi lengkap untuk penunjang pembelajaran hingga ke level persiapan Tes Mandiri 2024. Ada juga latihan soal berserta pembahasan yang mencakup berbagai variasi berbeda dari kumpulan soal UTBK SBMPTN edisi 10 tahun terakhir.

Buat yang penasaran contoh video seratus Institute by Sinotif

(Embed video YouTube)

Nah, buat kalian yang sedang mempersiapkan untuk masuk PTN. Sudah saatnya mengikuti Kelas Persiapan Masuk PTN Sinotif karena sudah terjamin kualitas dan persentase lolosnya para siswa ke PTN. Untuk info lebih lanjut klik https://sinotif.com/bimbel

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar