7 Makanan yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Bandar Lampung


Lampung. Provinsi yang satu ini secara geografis dekat dengan Pulau Jawa karena berada di ujung Sumatera. Akses menuju Lampung juga sangat mudah. Jika kamu berada di Jakarta, kamu hanya perlu berpindah dari satu tol ke tol yang lain untuk kemudian berada di tol pamungkas, Tol Merak.

Sampai di Pelabuhan Merak, kamu tinggal masuk kapal ferry dan menyeberangi Selat Sunda menuju ke Lampung. Simpel kan?  Namun karena tujuan tulisan ini adalah Bandar Lampung, ibukota provinsi Lampung, kamu perlu melewati satu tol lagi yaitu tol Bakauheuni-Bandar Lampung.

Kuliner menjadi salah satu daya tarik untuk mengunjungi sebuah daerah. Nah, ada beberapa kuliner khas atau yang terkenal di Bandar Lampung. Apa saja? Berikut 7 makanan yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Kota Bandar Lampung….

1.    Seruit Lampung

Sebagai orang Lampung, seriut adalah makanan khas yang ngangenin. Seruit ini biasanya disajikan saat kumpul-kumpul dengan keluarga atau acara acara tradisonal seperti pernikahan dan acara adat lainnya.

Seruit ini terdiri dari tiga kondimen utama yaitu ikan, sambal dan lalap. Ikan yang digunakan pun bisa ikan apa saja, tapi biasanya jenis ikan yang digunakan adalah ikan gabus, ikan patin, ikan mas, dan ikan baung. Ikan laut juga bisa digunakan. Nah, ikan bisa diolah dalam bentuk apa saja. Ikan bisa digoreng, dibakar, atau dipepes.

Untuk sambal, sambal yang biasa digunakan adalah sambal terasi. Sambal tomat juga bisa. Sambal dengan campuran mangga kweni juga bisa jadi pilihan. Bahan sambal adalah cabai (biasanya cabai keriting), bawang putih, bawang merah, garam, dan rampai (jenis tomat kecil). Jika ingin jadi sambal tomat/rampai, bahannya tinggal diperbanyak. Jika mau jadi sambal terasi, tinggal diberi terasi yang dibakar.

Untuk lalap, bisa menggunakan segala jenis lalapan. Tapi yang utama biasanya adalah kemangi, mentimun, terung dibakar.

Nah, semua bahan ini, daging ikan, sambal, dan terung serta timun dicampur jadi satu. Beres deh, seruit Lampung bisa kalian coba.

Kalau kalian berkunjung ke Lampung, sempatkanlah makan seruit ini. Ada beberapa tempat makan di Bandar Lampung yang mulai menjajakan seruit sebagai hidangan utamanya. Hmme… Ada Seruit lampung dan Seafood di Jalan Raden Imba Kusuma Ratu No.57 Sumber Rejo, Kemiling, Nuwow Seruit Holy di Jalan Diponegoo No.81A Teluk Betung.

2.    Pempek Lampung

Selain Palembang yang memang asal pempek dan sentranya, pempek Lampung juga nggak kalah enaknya. Di Bandar Lampung, ada beberapa kedai pempek yang menjual untuk dimakan di tempat dan dibawa pulang.

Pempek Lampung yang dapat kamu nikmati ada Pempek Tenda Biru yang terdapat di beberapa tempat di Bandar Lampung. Pempek ini ada di Jalan Tamin No.150, Suka Jawa Tanjung Karang. Ada juga di Jalan ZA. Pagar Alam No.57 Rajabasa.

Selain Pempek Tenda Biru, ada juga Pempek 123 yang telah membuka cabang ketiganya di Jalan Teuku Umar, Sidodadi Bandar Lampung. Selain di Jalan Teuku Umar kedai Pempek 123 ada di Jalan Jenderal Sudirman  No. 35-37, Rw. Laut, Tanjung Karang, kedai pertama ada di Jalan Ikan Belanak, Pesawahan Teluk Betung, lumayan jauh dari pusat kota.

Soal rasa, dua kedai ini memiliki rasa pempek yang juara enaknya. Untuk urusan harga, pempek Tenda Biru lebih murah berkisar 4ribuan untuk pempek kecil sedangkan Pempek 123 lumayan harganya 6ribu untuk pempek kecil.

3.    Bakso Sony

Bakso kayaknya sudah jadi makanan favorit hampir semua msayarakat di Indonesia. Di setiap daerah pasti ada bakso yang enak dan ramai. Nah, di Bandar Lampung, ada bakso yang terkenal hingga luar Lampung. Namanya Bakso Sony ada juga kedianya yang menyebut Kedai Bakso Son Haji Sony

Sebenarnya nggak ada yang istimewa dari kedai di Bakso Sony. Sama seperti kedai bakso bakso pada umumnya. Tapi… yang istimewa adalah rasa baksonya yang bakso banget ha..ha… Dalam satu porsi, ada 6 bakso kecil dan kuah. Oh ya, daging yang digunakan untuk bakso berasal dari sapi hasil ternak sendiri, makanya rasa baksonya berbeda dari bakso lainnya. Selain bakso, kamu juga bisa mencicipi mie ayam dan beragam minuman.

Bakso Sony ada di Jalan Wolter Monginsidi Durian Payung, Bandar Lampung, Jalan Cut Nyak Dien, Kaliawi, di Jalan Gajah Mada Tanjung Agung, di Jalan Gunung Rajabasa Perumnas Way Halim, Sukarame Bandar Lmapung, Jalan Pemuda Tanjung Karang, Jalan Citra Garden, Negeri Olok, Jalan Raden Intan, Enggal, Tanjung Seneng Bandar Lampung dan Jalan Pangeran Antasari, Tanjung Baru Bnadar Lampung.

Banyak sekali cabang yang dapat kalian kunjungi, jadi jangan khawatir enggak kebagian. Selain bisa makan langsung di tempat, Bakso Sony atau Son Haji Sony ini menyediakan frozen food seperti bakso, pempek khas Bakso Sony yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

4.    Mie Khodon

Kalau agak lama di Bandar Lampung, mie khodon ini bisa jadi pilihan tepat untuk memperkaya khasanah kuliner kamu. Mie Khodon menggunakan mie besar yang biasanya digunakan untuk mie aceh. Penyajian mie khodon ini mirip dengan pembuatan bakmi jawa.

Soal rasa enaknya juara, soal porsi mengenyangkan sekali, soal harga murahnya bikin aman di kantong. Mie khodon di Bandar Lampung terletak di Jalan W. R. Supratman No.132, Kupang Teluk Betung Utara. Ada juga di  Jalan Imam Bonjol No.446, Langkapura Kemiling Bandar Lampung. Selain dua tempat tadi, ada juga di Telukbetung Selatan, tepatnya di Jalan Ikan Bawal No.22 Pesawahan.

5.    Kerupuk Kemplang

Selain empat makanan yang mengenyangkan di atas, kerupuk kemplang khas Lampung dapat jadi camilan buat menemani kalian saat kulineran. Di Bandar Lampung, kerupuk kemplang dijual di berbagai tempat termasuk minimarket minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, di supermarket besar, kerupuk kemplang juga banyak beredar, Jadi kalain tinggal pilih. Untuk merk, kerupuk kemplang ini tidak ada merk yang dominan. Rata-rata semua enak…

Kerupuk kemplang terbat dari tepung tapioka dan ikan yang diadon kemudian dipanggang. Sebagai pelengkap ada sambal dengan asam Jawa. Kemplang yang dicocol sambal, rasanya enak pake banget.

6.    Ikan Pindang Lampung

Selain terkenal di Palembang, ikan pindang lampung juga banyak terdapat di Lampung. Ikan yang digunakan untuk pindang adalah ikan baung dan ikan pindang. Kedua ikan ini biasanya banyak hidup di sungai-sungai yang terdapat di Provinsi Lampung. Melihat potensi banyaknya tempat makan yang menggunakan bahan kedua ikan ini, sekarang banyak juga budidaya ikan baung dan ikan patin.

Di Bandar Lampung ada beberapa tempat makan yang menyediakan ikan pindang sebagai sajian utama, sebut saja Warung Pindang Kepala Simba di Pahoman Tanjung Karang dan yang cukup terkenal adalah Pindang Riu di Jalan Pangeran Antasari, Tanjung Baru, Kedamaian Bandar Lampung. Ada juga Rumah Makan Pindang Meranjat Riu di Durian Payung Tanjung Karang.

Biasanya selain ikan pidang restoran-restoran tersebut juga menyediakan Seruit Lampung dan tempoyak yang terbuat dari daging durian.

7.    Keripik Pisang

Selain kempalng, sembari berkeliling untuk kulineran, ada baiknya kalian menyediakn keripik pisang khas Lampung. Yang paling terkenal keripik pisang cokelatnya. Ada beberapa sentra yang menjual keripik pisang, salah satu yang terkenal di Lampung adalah Aneka Sari Rasa di daerah Teluk Betung. Di pusat Kota Bandar Lampung, keripik pisang ini juga tidak sulit untuk ditemukan. Jadi kalian akan dengan mudah mendapatkan dan menikmatinya.



Demikianlah 7 makanan yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Bandar Lampung. Beberapa makanan mungkin kurang familiar di lidah, tapi dijamin rasanya enak dan bikin ketagihan. Selain itu kamu juga lebih mengenal kekayaan khasanah kuliner di Indonesia.


Tidak ada komentar

Posting Komentar