Kolaborasi Keren JNE dan UMKM Jember

Jember

Apa yang pertama kali terlintas di benak kalian, jika mendengar kata Jember?

Kalau aku, hal yang pertama kali terlintas di benakku ketika mendengar kata Jember adalah event Jember Fashion Carnaval yang sudah dikenal tidak hanya di Indonesia saja tapi dikenal hingga manca negara. Jember Fashion Carnaval juga jadi event yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Dari wikipedia yang aku baca, Jember Fashion Carnaval ini bermula di tahun 1997 atas inisiasi dari Dynand Faiz bersama sang kakak Suyanto yang mendirikan Dynand Fariz Fashion House. Dari sinilah muncul Dynand Fariz Fashion Week yang menjadi agenda tahunan dan diselenggarakan sekitar bulan Juli Agustus. Di event Pada ini selama satu pekan, para karyawan dari Dynand Fariz Fashion House berpakaian bertema sesuai dengan trend mode yang lagi hits di dunia.

Jember Fashion Carnaval

Pada tahun 2003, Jember Fashion Carnaval pertama hadir. Carnaval. Jujur ya, aku belum pernah lihat Jember Fashion Carnaval secara langsung. Tapi kalau lihat eventnya di televisi dan media sosial,  aku pengen banget untuk menonton  langsung di Jember. Salah satu listku untuk destinasi traveling nanti.

Oh ya, kini JFC sudah memasuki perhelatan ke-20. Hampir dua dekade JFC telah menorehkan banyak prestasi, di antaranya menjadi karnaval terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Jember Fashion Carnaval berhasil meraih Best National Costume di ajang internasional yang diikuti puluhan negara di dunia.

Tiara Andini

Nah selain Jember Fashion Carnaval, salah satu yang melekat dalam benakku ketika mendengar kata Jember adalah asal daerah dari penyanyi yang lagi digandrungi remaja saat ini, Tiara Andini.

Kalau ngomongin tentang Tiara Andini, aku cukup mengikuti perjalanannya saat mengikuti kompetisi Indonesian Idol Seasons ke-10 dan perjalanan karirnya hingga sekarang. Kiprah Tiara Andini saat ikut kompetisi tidaklah mudah. Saat audisi, Tiara nyaris tidak lolos karena dua juri mengatakan tidak. Untung saja, Judika memberikan kesempatan kepada Tiara lewat Platinum Ticket.

Penampilan Tiara dari babak ke babak yang semakin meningkat membuatnya berhasil melaju ke Grand Final bersama Lyodra Ginting. Dan Tiara berhasil menjadi runner up di perhelatan Indonesian Idol Seasons 10.

Hingga kini, Tiara Andini telah merilis mini album duet bersama Arsy Widianto dan album perdana. Lagu lagu Tiara pun kerap trending di youtube dan kanal musik. Bicara tentang penghargaan, Tiara pun berhasil meraih penghargaan sebagai pendatang baru terbaik terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2020 dan Indonesian Best Artist di MAMA 2020.

Kolaborasi JNE bersama UMKM Jember

Masih ngomongin Jember, ada yang menarik nih antara kolaborasi keren UMKM Jember dengan JNE. Seperti yang kita ketahui, dampak pandemi selama lebih dari dua tahun ini memberikan imbas tidak hanya ke faktor sosial dan politik tapi juga ke faktor ekonomi. Dampak pandemi juga dirasakan sekali pada pelaku usaha terutama UMKM UMKM.

Nah, pada 20 Mei kemarin JNE melalui kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada pelaku UMKM di Jember dalam memperkuat branding usaha mereka. Kegiatan yang bertema Transformasi Digital Bisnis UMKM di Era New Normal. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui zoom dan YouTube channel JNE.

Kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember ini menghadirkan tiga narasumber Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE, Nesi Septiani selaku Owner Khadijjah Collection, Fathurrohman selaku Owner Musae Chips.

“Kalau untuk kolaborasi kita sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap ada komunitas UMKM, saya kunjungi dan ajak sharing apa nih yang dibutuhkan UMKM. Kita juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas,” ucap Agung Fathur saat membuka Kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember.

“Dulu itu saya berawal jadi reseller, dari situ saya dapat keuntungan dan tertarik untuk melakukan bisnis, kunci dari membuka bisnis adalah harus konsisten,” ujar Nesi.  “Di sini saya menjual baju daster dan dress. Saya bertahan dengan kualitas harga, kalau kita jual yang berkualitas seperti jahitannya rapi pasti customer akan balik lagi. Kualitas menjadi hal yang utama untuk teman-teman yang ingin membuka bisnis,” lanjutnya.

Senanda dengan Nesu, narasumber lain yang juga pelaku UMKM Fathurrohman, “Kita mulai dari 2018, cuman baru jualan di 2019. Dari develop sebuah brand sampai launching brand, kita melakukan research terkait kompetitor, kategori segmen mana yang mau kita ambil. Saya lebih memilih dengan demografi anak millenial karena mudah viral, mereka kaum yang sangat menggunakan media sosial,” ucap Fathurrohman selaku Owner Musae Chips yang bercerita soal perjalanan bisnisnya Ia juga memberikan tips and trick untuk para UMKM yang baru ingin membuka bisnisnya. “Hal yang perlu dimiliki UMKM untuk bisa bersaing dalam sebuah bisnis yaitu market-nya, ingin bidik market mana. Lalu, di sisi kuliner enak adalah kewajiban bukan diferensiasi,” lanjutnya lagi.

Mendukung UMKM Jember untuk terus berkembang, JNE Jember memberikan berbagai jasa dan solusi bagi para UMKM setempat.

“Kita perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa. Jujur, bertanggung jawab dan visioner, termasuk dalam tagline kita “Connecting Happines” yang di mana tak hanya mengantarkan barang, tapi juga kebahagiaan,”  ujar Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE.

JNE juga melaksanakan kegiatan sosial dan CSR seperti menyalurkan bantuan bencana alam pada erupsi semeru dan membangun yayasan yatim. Program dengan para UMKM yaitu memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM, selain layanan bisnis terpadu. Selain itu, program UMKM lainnya adalah kolaborasi dengan bank BNI. “Di sana kita bisa memberikan permodalan kepada teman yang membutuhkan permodalan untuk bisnis mereka,” tambah Agung Fathur R.

Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan merupakan kota ke-sebelas dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Jember, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Semarang pada 25 Mei 2022.

Jadi nggak sabar ya, lihat kolaborasi JNE dengan UMKM UMKM di kota lain.....

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar