Liburan Seru Tanpa Drama Ruam Popok pada Bayi


"Pengalaman hidup akan mengenalkanmu pada titik terendah untuk membawamu pada titik terindah."

Dulu, saat anak pertama lahir. Kami nihil pengalaman terkait pengasuhan anak. Kami juga masih meraba-raba, peralatan bayi apa yang cocok seperti perlengkapan mandi hingga diapers. Perlu mengalami terlebih dahulu untuk kemudian bermuara menjadi pengalaman untuk jadi pembelajaran ke depannya.

Salah satu cara yang kami lakukan untuk menambah pengetahuan adalah dengan bertanya kepada orang yang sudah lebih dahulu punya buah hati. Hal lain yang kami lakukan agar wawasan terkait pengasuhan anak adalah banyak membaca literatur yang berhubungan dengan parenting dan tumbuh kembang anak. Kami juga rajin ikut kelas, berkonsultasi dengan psikolog untuk meluaskan wawasan kami. Untuk urusan peralatan bayi seperti perlengkapan mandi dan diapers, selain bertanya kami juga mencoba hampir semua produk yang ada di pasaran.

Saat anak pertama, banyak jenis diapers yang kami coba. dengan ragam keunggulan, jangkauan harga, serta testimoni dari pengguna sebelumnya. Akhirnya pilihan kami ada pada satu produk yakni MAKUKU SAP Diapers, itu juga setelah anak pertama akan menginjak usia 4 tahun.

Anak kedua lahir tahun 2022 inj, pengalaman anak pertama yang cukup melimpah membuat kami sadar dan mengerti bahwa kesalahan yang kami alami di anak pertama sebisa mungkin kami minimalisir di anak kedua.

Bedanya Anak Pertama dan Kedua Bulan Awal Lahir

Produk MAKUKU SAP DIAPERS sudah mantap kami gunakan saat anak pertama berusia tiga tahunan dan anak kedua yang baru lahir. Sekedar membedakan bulan bulan awal anak pertama adalah bulan bulan berat bagi saya dan istri. Anak rewel, kurang tidur jadi makanan sehari-hari. Rupanya salah satu yang membuat anak rewel adalah diapers yang mudah penuh, tidak cepat kering sehingga anak tidak tidur nyenyak dan akhirnya rewel. Akibatnya saya dan istri berkali-kali harus bangun tengah malam untuk mengganti diapers yang penuh. Kalau sudah begitu kualitas tidur kami terus terang amburadul dan beberapa kali saya dan istri bergantian drop sakit karena kurang tidur.

Berulang kali, kami mencari-cari produk diapers lain. Namun ternyata rata-rata sama saja, apalagi ada diapers yang gampang bocor sehingga air pipis anak ke mana-mana. Baru setelah anak pertama berumur tiga tahunan, kami menemukan produk MAKUKU, meskipun kami menggunakannya tidak seintens anak yang baru lahir karena dinrumah toilet training sudah berjalan di rumah, namun MAKUKU ini membuat nyaman anak apalagi saat berpergian.

Saat anak kedua lahir, kekhawatiran saya dan istri kembali menyeruak. Kekhawatiran akan banyak begadang, kurang tidur dan bayi rewel saat kami sedang beristirahat adalah kekhawatiran yang berdasar pada pengalaman sebelumnya. Saat anak kedua baru lahir otomatis kami mantap menggunakan MAKUKU untuk popok sehari-hari. Dan, terlihat sekali bedanya dengan anak pertama. Anak kedua tidur nyenyak, tidak rewel sehingga saya dan istri dapat beristirahat lebih baik, dapat mengerjakan pekerjaan lain di sela-sela anak tidur.

Intensitas tidur anak yang terjaga dengan baik membuat kualitas tidurnya pun terjaga baik. Hal ini jelas berpengaruh pada tumbuh kembang anak sebab kualitas tidur bayi ada hubungannya dengan tidur.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pHbasa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

MAKUKU

Jujur, saya dan istri tahu produk MAKUKU awal tahun 2022. Rupanya MAKUKU ini adalah produk baru yang berdiri sejak tahun 2022. MAKUKU berorientasi pada penyediaan kebutuhan ibu  dan anak yang memperhatikan kualitas setiap produknya. Memposisikan diri sebagai profesional value delivery, intimate friend yang menyedihkan kebutuhan terbaik untuk buah hati.

Kehadiran MAKUKU sebagai popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super anti gumpal). Popok dari MAKUKU ini adalah popok tertitipis di antara popok lain di Indonesia. MAKUKU juga memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok karena sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

Sebagai pengguna popok MAKUKU untuk dua anak, satu anak yang sudah berusia 3 tahunan dan satu  anak yang baru lahir. Apa yang dijelaskan terkait dengan MAKUKU sebagai popok berkualitas dengan penyerapan yang efektif, berteknologi super anti gumpal dan popok yang tipis sehingga kedua anak saya benar-benar merasa nyaman saat menggunakan popok MAKUKU baik saat berada di dalam rumah maupun saat berpergian untuk liburan.

Liburan Seru Tanpa Drama Ruam Popok

Sebagai seorang yang menyukai jalan-jalan, jajan dan mengeksplore tempat baru, saya dan istri kerap merencanakan untuk liburan ke sebuah tempat. Membawa si kecil saat liburan memiliki tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, liburan bersama anak yang saat perjalanan atau berada di tempat liburan tiba-tiba rewel rasanya bikin mood liburan jadi kacau.

Saat pertengahan tahun 2022 kemarin kami sempet liburan sejenak ke Lampung. Walaupun liburan kali ini sekalian menghadiri pernikahan sepupu istri namun kami masih sempat datang ke beberapa tempat untuk jalan dan jajan.

Sepanjang liburan, anak kami tentram dan  nyaman sekali. Popok MAKUKU yang digunakan adalah salah satu kunci kenyamanan bagi si kecil.

Saat liburan lebaran 2022 kami sengaja tidak pulang ke Lampung untuk mudik. Mumpung Jakarta sepi, saya, istri yang saat itu sedang hamil anak kedua dan si kecil anak pertama berkunjung ke Jakarta di hari lebaran kedua. Jakarta yang tidak begitu ramai seperti di hari biasa membuat kami lebih nyaman mengunjungi Jakarta dengan transportasi umum. Si kecil yang saat itu sudah menggunakan popok MAKUKU juga makin semangat menjelajahi Jakarta. Kami menyempatkan diri untuk datang ke Jembatan Kapal Pinisi di sekitar Sudirman, kemudian kami ke Kota Tua. Hari berikutnya, saya, istri dan si kecil mendatangi Kebun Binatang Ragunan untuk mengajarkan si kecil aneka binatang secara konkret, tidak lagi melalui gambar-gambar yang tersedia di buku-buku.

Berbeda saat akhir tahun 2021, saat berlibur ke salah satu pantai di Lampung. Saat pulang kembali ke rumah, si kecil  rewel minta ampun. Saat dicek ternyata kulit bayi terlihat kemerahan akibat popok.

Khawatir terjadi ruam popok pada kulit bayi, kami segera mengganti dengan popok merk lain yang lebih mahal harganya. Kami pikir jika popok bayi yang lebih mahal maka anak akan lebih nyaman ketika melakukan liburan. Namun ternyata tidak demikian. Harga mahal tidak menjamin kualitas popok dan kenyamanannya. 

Ruam Popok

Terbayang di benak kita, saat menikmati liburan bersama keluarga. Akibat popok yang tidak cepat kering karena daya serap dan daya tampung yang tidak banyak, akhirnya si kecil mengalami ruam popok.

Diaper rash atau lebih dikenal dengan ruam popok adalah iritasi yang terjadi pada kulit bayi akibat penggunaan popok yang penuh dan tidak kering. Ruam popok biasanya ditandai dengan kulit bayi di daerah lipatan paha, pantat dan kelamin yang kemerahan.

Ruam popok biasanya disebabkan oleh urine yang penuh dan tinja yang berkumpul di popok. Selain itu popok yang ketat juga dapat mengakibatkan ruam pada bayi.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menjelaskan, “Ruam popok merupakan salah satu dari penyakit kulit yang paling umum dialami oleh bayi, setidaknya sekali selama penggunaan popok.

Sebagai perusahaan yang memiliki misi memberikan yang terbaik untuk anak dengan kualitas produk terbaik dalam setiap aspek perawatan keluarga. MAKUKU Indonesia memberikan edukasi tentang produk terbaik bukan hanya soal harga, tapi juga kualitas dan kebutuhan.

Salah satu edukasi yang diberikan adalah mengenai ruam popok yang dilakukan oleh MAKUKU diikuti oleh Nikita Willy, Fiona Antoni, Chelsea Olivia dan Jessica Iskandar selama harbolnas 12.12 live TikTok diadakan selama 24 jam; pukul 13.00-15.00 WIB bersama dengan tiga Brand Ambassador MAKUKU yaitu, Nikita Willy, Chelsea Olivia, dan Jessica Iskandar dengan topik “Rahasia Super Moms Atasi Drama Ruam Popok”. Sementara pukul 19.00-21.00 WIB bersama Fiona Antoni dan dr.Marlisye Marpaung, SpA (K) dari Bina Medika dengan topik “Drama Ruam Popok dan Cara Mengatasinya”.

BA Chelsea Olivia, menjelaskan, “Mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok bayi. Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatan bayi, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi.”

Hal senada juga diungkapkan BA MAKUKU lainnya yakni Nikita Willy, “Anak saya sejak lahir sudah menggunakan popok MAKUKU. Sebagai seorang Ibu baru, saya tidak ingin ada masalah ruam popok pada Si Kecil. Jadi, saya lebih memilih untuk mengantisipasinya. Selain menggunakan diaper cream, saya juga memilih popok yang cocok untuk kulit sensitif bayi. Dengan adanya MAKUKU, drama ruam popok yang dialami oleh para Ibu dapat lebih mudah diatasi. Tidak hanya menyerap cairan lebih banyak, teknologi SAP dari MAKUKU menjadikan MAKUKU sebagai popok anti gumpal dan anti bocor.”

Teknologi SAP pada Produk MAKUKU

Banyaknya masalah yang terjadi pada anak akibat penggunaan popok seperti rasa tidak nyaman lalu rewel, iritasi kulit yang berujung ruam popok membuat MAKUKU mengembangkan teknologi SAP untuk terus meningkatkan kualitas produnya. Produk MAKUKU SAP Diapers ini merupakan upgrade produk sebelumnya yakni MAKUKU AIR Diapers.

Super Absorbent Polymer (SAP) adalah polimer penyerap air yang dapat menyerap dan menahan cairan dalam jumlah yang sangat besar dibandingkan dengan massanya sendiri. Polimer penyerap air, yang diklasifikasikan sebagai hidrogel ketika dicampur, menyerap larutan berair melalui ikatan hidrogen dengan molekul air.

Salah satu produk yang kami gunakan untuk anak kedua kami yang baru lahir adalah MAKUKU SAP Diapers Slim New Born. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik.

Anti gumpal membuat nyaman karena tidak bocor, lalu permukaan yang lebih kering karena mengunci cairan, popok yang tipis 1,66mm sehingga lebih ringan dan membuat bayi lebih tenang dan senang, lalu Desain “U” Shape yang mampu melindungi tali pusat bayi sehingga aman dan terjaga.

Selain MAKUKU SAP Diaper Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan daya tampung yang sebelumnya hanya 250ml menjadi 400ml. Untuk penyebaran penyerapan yang lebih optimal, MAKUKU SAP Diapers Comfort memperluas lebar permukaan dari 11cm menjadi 11,5cm. Sementara itu, untuk meminimalisir kebocoran pada bagian samping, MAKUKU SAP Diapers Comfort memperbaharui panjang tepi popok dari 4cm menjadi 4,5cm.

Komitmen MAKUKU

Sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, MAKUKU berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi kekeliruan mengenai kesehatan bayi.

MAKUKU menghadirkan konsultasi dokter gratis. Konsultasi dapat dilakukan dengan tanya dokter gratis mengenai kesehatan bayi. Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi kesehatan gratis termasuk konsultasi ibu dan anak. Ada 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.

ProdukMAKUKU hadir dalam pilihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL). Semua produk MAKUKU SAP Diapers ini telah tersedia di e-commerce. Akun MAKUKU Indonesia Official ada di e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

1 komentar

  1. Drama Diapers memang seru, tapi kalau dibiarin kasihan kulit bayi yg sensitif ya mas 😊

    BalasHapus