Selasa, 06 November 2018

Domus Rumah Permanen Instan yang Tahan gempa

***
Dulu, saat tinggal di kampung, tetangga yang pindah rumah memang benar-benar memindahkan rumahnya ke lokasi baru. Jadi kerangka rumah yang terbuat dari kayu dan bambu diangkat bersama-sama oleh puluhan orang ke tempat yang baru. Terlihat unik dan menyenangkan, apalagi setelah kegiatan pindah memindah, sang pemilik rumah akan menjamu orang orang yang membantu dengan hidangan makanan dan minuman tradisional.
 
Tradisi Angkat Rumah Suku Bugis (sumber Momotrip Journal)
Uniknya lagi, ketika terjadi bencana seperti gempa bumi, rumah-rumah ini tidak mudah ambruk seperti rumah-rumah beton kebanyakan. Salah satu yang membuat rumah-rumah di kampung tahan gempa adalah adanya pemasangan pasak dan tidak dipaku sehingga ketika terjadi gempa bumi, rumah tinggal mengikuti gerakan gempa. Tidak adanya perlawanan antara gerakan rumah dengan gempa inilah yang membuat rumah-rumah tradisional di perkampungan tidak ambruk.
Semakin ke sini pola berubah. Rumah dibuat lebih permanen sehingga jika sang pemilik rumah akan pindah, rumahnya tidak dapat ikut serta. Dan saat terjadi bencana seperti gempa bumi, rumah-rumah permanen ini gampang sekali retak bahkan ambruk.
Dua bencana gempa bumi di Lombok dan Palu menegaskan bahwa rumah-rumah permanen mudah sekali ambruk dibandingkan rumah-rumah tradisional. Trauma akibat gempa di Lombok membuat masyarakatnya memutuskan untuk kembali menggunakan bahan dari bambu untuk membangun rumah. Akan tetapi, mulai berkurangnya pasokan bambu membuat pembangunan rumah pasca gempa tidak berjalan semestinya.
Demikian pula yang terjadi di Palu dan  Donggala. Hunian-hunian cepat perlu diadakan agar para pengungsi tidak lama bertahan di tenda-tenda pengungsian yang secara kelayakan memang tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.
 
Tinggal Pilih Hunian Tetap atau Hunian Sementara
  • Rumah Instan Huntara
Untuk itu, telah hadir teknologi Domus yakni teknologi untuk hunian sementara yang dibuat oleh PT. Tatalogam Lestari. Perusahaan genteng metal dan rangka baja ringan terbesar di Indonesia ini selalu melakukan pengembangan dan inovasi terhadap produk-produk yang dihasilkannya. Salah satu inovasi terbaru dari PT Tatalogam Lestari adalah teknologi/sistem pembangunan rumah yang cepat, kuat, indah dan tahan gempa yang dinamakan DOMUS, DOMUS : Membangun Rumah Hanya 5 Hari.
Teknologi Domus bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik dan gudang. Dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan, menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat, indah, dan tahan gempa. Teknologi Domus bukan hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen, teknologi ini ternyata sangat tepat diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam.
 “Untuk Huntara dengan teknologi Domus, material dinding yang awalnya memakai bata ringan tinggal diganti material lain yang tersedia dan sesuai kemampuan, seperti bilik bambu, panel gypsum, triplek, spandek atau bahkan bisa memakai terpal”, ujar Stephanus Koeswandi, Vice President PT. Tatalogam Lestari.
 
Huntara: Solusi terbaik untuk daerah gempa 
 Ide ini bermula dari Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR, yang disampaikan kepada Tatalogam dalam sebuah even pameran, yang menginginkan bahwa rumah hunian sementara (Huntara) harus siap untuk difungsikan dan dikembangkan menjadi hunian tetap (Huntap). Dan belajar dari pembangunan rumah pasca gempa di Lombok, bahwa masyarakat memerlukan waktu guna memulihkan trauma akibat gempa. Maka dibutuhkan huntara yang siap dialih fungsikan menjadi huntap dalam waktu singkat dan memiliki konsep berkelanjutan, sehingga tidak ada huntara yang mubazir dalam pembangunannya.
 “Karenanya kami coba kembangkan produk huntara dengan memadukan smart technology dan efisiensi untuk menghasilkan huntara yang bisa dikembangkan/dilanjutkan menjadi hunian tetap,” ujarnya.  Huntara Domus standar dengan luas bangunan 36 M2 bisa dibangun dalam waktu 2 (dua) hari saja. Apabila masyarakat yang akan menempati bersedia, maka desain huntara pada lahan terbatas bisa dibuat menjadi bentuk kopel, yaitu rumah yang berpasangan (berhimpitan), satu atap terdiri dari lebih dari satu unit rumah. Huntara dengan teknologi Domus ini, jika sudah tidak terpakai bisa dibongkar lalu disimpan dan bisa digunakan lagi jika terjadi bencana. Atau bahkan bisa dikembangkan mejadi hunian tetap, dengan hanya mengganti material dinding sebelumnya dengan bata ringan.
 Spesifikasi Huntara  :
1. Rangka kolom : praktis
2. Rangka atap : taso/kaso
3. Penutup atap : sakura mx
4. Penutup dinding : terpal tanpa sekat ruangan 
 
Jenis baja ringan yang digunakan untuk rangka
  • Rumah Permanen Instan Domus
Selain memfasilitasi hunian semantara untuk perumahan yang tahan gempa. Domus juga memfasilitasi rumah permanen yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT. TataLogam Lestari yang memungkinkan Anda membangun rumah dengan cepat. Kuncinya terletak pada perencanaan  yang matang, material yang tepat serta teknik pengerjaan yang benar, efektif dan  efisien.
Domus memiliki 3 pilihan paket  
Paket Rangka mencakup rangka praktis, rangka  kuda-kuda taso, rangka plafon dan genteng metal Sakura MX.
Paket Putih mencakup paket rangka ditambah  bata ringan, roster keramik, kloset dan kran, jendela, pintu dan penutup plafon, instalasi listrik dan air
Paket Komplit  mencakup paket putih ditambah plesteran ditambah aci (bagian luar) aci (bagian dalam) dan  pengecatan. 
 
Hanya 5 hari dapat membangun rumah tipe 21 
Pengerjaan rumah dengan Domus ini memiliki keunggulana seperti  :
Kuat. Rangka bangunan, kolom praktis dan rangka atap menggunakan baja ringan dari PT. Tatalogam Lestrai yang merupakan produsen baja ringan terbesar di Indonesia. Kombinasi dinding bata ringan, genteng metal dan material berkualitas lainnya menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat dan tahan gempa.
Cepat. Karena direncanakan secara matang mulai dari penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan dan pemasangan. Semuanya dilakukan dengan manajemen terukur dan sistematis dalam satu paket siap pasang.
Hemat. Selain hemat biaya karena efisensi bahan juga hemat waktu. Empat orang tukang terlatih (Metal Man) proses awal hingga finishing untuk rumah tipe 21 dapat diselesaikan dalam tempo lima hari saja.
Indah. Kualitas material, rasa tanggung jawab pada hasil pekerjaan dan sentuhan artistik menghasilkan produk yang indah.
Jadi... bagi kalian yang sedang berencana untuk membangun rumah atau renovasi rumah. Domus layak menjadi pilihan bagi anda yang memerlukan rumah baik di perkotaan, di daerah urban, perkebunan, pertambangan maupun daerah bencana. Domus tersedia dalam 3 tipe standar yakni tipe 21, tipe 30, tipe 36 dan tipe 45.
Mau rumah keren? Didomusin aja!
 
Buat rumah didomusin aja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

House Kari Ala Jepang: Bumbu Kari yang Enak dan Halal

“ Memasak simpel, cepat, praktis dan enak jaman sekarang sangat cocok dengan menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang. ” ...