Kamis, 17 Januari 2019

Ini Dia 14 Film Terlaris Tahun 2018



Bicara soal film, tahun 2018 adalah salah satu tahun di mana penonton film Indonesia mencapai penonton yang dapat dikatakan menggembirakan. Bagaimana tidak, ada 14 film yang penontonnya berada di atas satu juta penonton. Awalnya saya menunggu penonton Film Asal Kau Bahagia yang tayang di penghujung tahun 2018, saya berharap film ini dapat tembus hingga satu juta penonton. Namun hingga pertengahan Januari, Film Asal Kau Bahagia yang menggandeng Aliando Syarief, Aurora Ribero dan Teuku Rassya sebagai pemeran di garda terdepan, film ini hanya mampu menembus sekitar 700.000 penonton, tidak sesuai ekspektasi mengingat Film Asal Kau Bahagia ini memiliki komposisi pemain yang tidak main-main, alur cerita yang apik dan lumayan jor-joran dalam beriklan, bahkan dengan jadwal tayang lebih dulu Film Milly dan Mamet: Ini Buka Cinta dan Rangga berhasil menembus penonton di atas 1,5 juta. Kalau Film Asal Kau Bahagia bisa tembus di angka satu juta, dipastikan tahun 2018 pecah rekor baru karena 15 film bisa tembus penonton di atas satu juta. Sayang sekali.
Ada beberapa faktor yang membuat Film Asal Kau Bahagia gagal tembus penonton di atas satu juta. Salah satunya adalah gempuran film asing yang tayang di minggu bersamaan seperti Film Bumblebee, Aquamen dan Spiderman. Kendati demikian, hal ini tidak terjadi pada Film Milly Mamet yang tayang bersamaan dengan film-film tersebut namun masih menunjukkan tajinya dan meraup penonton yang tidak sedikit.
Faktor lain, yang menyebabkan Film Asal Kau Bahagia tidak tembus hingga satu juta penonton adalah target pasar yang terlalu segmented, dari tema yang diangkat dari film ini jelas sekali arah pasar yang dituju yaitu para remaja. Bisa jadi remaja terpecah tontonannya karena gempuran-gempuran film asing yang kualitasnya dan ceritanya lebih disukai.
Akhirnya tahun 2018, sebanyak 14 film berhasil meraup penonton di atas satu juta diikuti satu film yang jumlah penontonnya meraup 900 ribu. Di tahun sebelumnya, 2017 sebanyak 11 film yang berhasil meraup penonton, posisi 12 hingga 15, penonton rata-rata 800.000an, sedangkan di tahun 2016, jumlah film yang tembus di angka satu juta penonton hanya ada 10 penonton. Jauh telak di tahun-tahun sebelumnya, jumlah film yang tembus di angka satu juta penonton hanya dua hingga tiga film saja. Tahun 2018 ini menjadi rekor tersendiri karena jumlah penonton yang menonton film Indonesia dengan film yang ditonton di atas satu juta mencapai 14 film.
Satu Juta Penonton
Box Office di Amerika atau di beberapa negara biasanya mengacu pada jumlah uang yang dihasilkan di minggu minggu penayangan. Semakin tinggi jumlah uang yang dihasilkan, semakin tinggi juga keberdaannya di chart box office.
Lain Amerika, lain Indonesia. Film dikatakan box office ketika jumlah penonton mencapai jutaan. Biasanya film-film yang tayang akan melihat dan menargetkan jumlah penonton di atas satu juta. Saya tidak paham apakah dengan tembus penonton di atas satu juta, keuntungan sebuah film sudah terlihat atau belum. Namun, beberapa film dengan budget yang cukup tinggi biasanya mergatekan lebih dari satu juta penonton.
Jadi, satu juta penonton itu adalah ukuran sukses atau tidak sebuah film yang tayang di Indonesia.
Gendre Film yang Diminati
Seperti yang tadi sudah diutarakan, tahun 2018 adalah tahu penuh kegembiraan untuk industri film Indonesia. Kita tidak bicara soal kualitas, namun lebih ke arah banyaknya masyarakat yang menonton film. 14 film yang tembus di angka tersebut, sebanyak 50 persen atau 7 film adalah film dengan gendre horor. Judul film tersebut yaitu Suzanna: Bernafas dalam Kubur, Danur 2: Maddah, Asih, Jailangkung 2, Kuntilanak, Sebelum Iblis Menjemput dan Sabrina. Sepertinya film-film bertemakan horor masih banyak digandrungi masyarakat kita, apalagi di tahun sebelumnya salah satu film horor terbaik Indonesia, berhasil menjadi nomor satu sebagai film terlaris yaitu film garapan Joko Anwar, Pengabdi Setan. Tren ini yang akhirnya masih diikuti di tahun 2018 dan berhasil, film-film bertema horor masih banyak peminatnya.
Film dengan tema drama percintaan juga masih banyak digarap sineas kita. Dari 14 film yang tembus satu juta penonton, ada tiga film bertemakan drama percintaan. Film tersebut adalah Dilan 1990, #Teman tapi menikah dan Eiffel... I’m In Love 2. Bahkan Film Dilan 1990 menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak pertama di thaun 2018 dan posisi kedua untuk film dengan yang banyak ditonton sepanjang sejarah perfilman Indonesia.
Film dengan tema drama keluarga juga merupakan tema yang masih diminati, sebut saja Si Doel the Movie dan Milly dan Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga. Perolehan penonton kedua film ini cukup memberikan angin segar untuk tema-tema drama keluarga.
Film Wiro Sableng dan Ahok
Ada du film yang juga tembus di angka satu juta penonton. Pertama adalah film action kolosal yang diadaptasi dari novelnya yaitu Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212. Wiro Sableng yang dibuat dengan teknologi canggih dan setting yang terlihat mahal ternyata hanya berhasil tembus 1,5 juta penonton terpaut sedikit dengan jumlah penonton Milly dan Mamet. Padahal jika dilihat dari berbagai aspek seperti komposisi pemain, kekuatan cerita, setting tempat dan kepopuleran tokoh Wiro Sableng, film ini seharusnya bisa tembus di angkat 3jutaan. Namun animo masyarakat atau ekspektasi berlebih membuat penonton Film Wiro Sableng hanya berhasil tembus setangahnya dari perkiraan saya. Apalagi film ini digandeng salah satu PH besar dunia yaitu 20th Century Fox.
Yang lumayan mecengangkan adalah kehadiran Film tentang Ahok yang berjudul A Man Called Ahok yang tembus hampir di angkat 1,5 juta penonton. Mengingat tokoh Ahok bukanlah tokoh pahlawan perjuangan seperti Soekarno dan lainnya. Apalagi Ahok sempat tersandung kasus terkait penistaan agama, rasanya pesimis, film ini bisa tembus di atas satu juta penonton. Namun penggemar Ahok yang barangkali tak sedikit membuat film ini dinanti-nanti dan hasilnya dapat tembus satu juta penonton.
14 Film Dengan Satu juta Penonton
Dari puluhan film yang edar di tahun 2018, berikut 14 film yang tembus satu juta penonton
1. Dilan 1990
Awal tahun 2018, demam Dilam melanda, film yang diperankan oleh Iqbal dan Vanesha ini menjadi film terlaris tahun 2018 dan meraup 6.315.664 penonton. Film ini juga berhasil menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak kedua sepanjang sejarah perfilman Indonesia.
2. Suzanna: Bernafas dalam Kubur
Peran Luna Maya yang berperan sebagai Suzanna nyatanya berhasil menorehkan penonton sebanyak 3.346.185, akting Luna Maya di film ini begitu meyakinkan.
3. Danur 2: Maddah
Perolehan danur 2 tidak jauh berbeda dengan Danur 1 meskipun lebih rendah, Danur 2: Maddah berhasil meraup 2.572.672 penonton.
4. Si Doel the Movie
Saya kira film ini akan membosankan dan sengaja diada-adakan. Apalagi pemainnya tidak diganti dan sudah berumur pastinya. Namun pesona Doel dkk dengan cerita yang dikemasi apik, film ini berhasil tembus 1.757.653 penonton.
5. Asih
Saya tidak terlalu tahu tentang film ini namun film Asih berhasil meraup 1.714.798 penonton dan masuk lima besar film yang banyak ditonton di tahun 2018.
6. #Teman Tapi Menikah
Film dengan cerita  tentang kisah asmara Dito dan Ayu ini  lumayan ditonton banyak orang, terbukti 1.655.829 orang telah menyaksikan film ini.
7. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Mau Naga Geni 212
Di luar prediksi, film Wiro Sableng hanya mampu meraup 1. 552. 014 penonton. Padahal masih bisa melebihi jumlahnya menurut saya.
8. Milly dan mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga
Film besutan Ernest Prakasa ini memang membawa unsur komedi dan drama keluarga. Meksipin film ini harus berbarengan tayang dengan beberapa film asing, film Milly dan mamet berhasil tembus 1. 542.252 penonton.
9. Jailangkung 2
Jailangkung 2 berhasil berada di posisi 9 dengan perolehan jumlah penonton sebanyak 1. 498. 632.
10. A Man Called Ahok
Film yang berkisah tentang kehidupan masa kecil hingga besar seorang Ahok ini berhasil meraih penonton sebanyak 1. 465. 145.
11. Sabrina
Film horor memang tiada duanya, terbukti Sabrina berhasil mengambil jumlah penonton sebesar 1. 337. 510
12. Kuntilanak
Kuntilanak ditonton sebanyak 1. 236. 000 orang.
13. Sebelum Iblis Menjemput
Film horor yang digarap dengan kualitas yang cukup baik ini juga memperoleh penonton yang cukup banyak, terbukti 1. 122. 187 penonton telah menyaksikan film horor ini.
14. Eiffel... I’m in Love 2
Awalnya ragu, film tentang percintaan Tita dan Adit yang sudah lama ceritanya ini akan sukses. Meskipun tak sesukses film perdana, perolehan 1. 008. 392 penonton sudah sangat lumayan mengingat film ini dibuat seperti membalas kerinduan para penggemar Tita dan Adit.
Demikian 14 film yang berhasil tembus satu juta penonton di tahun 2018. Kita berharap industri perfilman di Indonesia menjadi tuan rumah di rumah sendiri dan mampu bersaing dengan gempuran film-film asing,
Tahun 2019, sudah ada Film Keluarga Cemara yang berhasil menembus satu juta penonton. Semoga tahun 2019 ini tidak hanya 14 film yang berhasil tembus 1 juta penonton, semoga ada 20 film yang bisa tembus dan menjadi rekor tersendiri pada sejarah perfilman di Indonesia.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Padang Rumput Savana di Puru Kambera, Sumba.

Pergi ke Sumba tentunya menjadi salah satu impian seseorang. Ya, meski nggak semua orang juga tentunya. Seperti yang sudah tersebar di medi...