Stephanie Poetri: dari I Love You 3000 hingga Straight To You



Nyebut sosok penyanyi cewek satu ini. Apa yang kamu ingat? Menik nama panggilannya? Anak sang diva, Titi DJ? Cewek yang hidungnya kayak perosotan saking mancungnya? Atau penyanyi I Love You 3000? 

Pasti kebanyakan kalian tahu Stephanie Poetri sebagai penyanyi I Love You 3000. Ya kan?

Saya tahu Stephanie Poetri di awal karirnya banget. Waktu itu, Stephanie Poetri duet bareng Goodbye Felisa (anaknya Melly Goeslaw dan Anto Hoed) nyanyiin lagu untuk OST Ada Apa Dengan Cinta 2. Awal terjun, baca komentar netijen banyak yang bilang lebih suka versi lagu ini dinyanyiin Melly. Atau ada yang komentar Stephanie Poetri terlalu kaku nyanyiin lagu ini. Ada netijen yang bilang nyanyi B aja. Namanya netijen bebas berkomentar, siapa tahu beberapa tahun kemudian Stephanie Poetri merintis karir internatonalnya.

Emang sih, lagu yang direcycle lagi oleh mereka ini emang nggak sukses sukses amat. Viewersnya cuma ratusan ribu kala itu. Tergolong sedikit. Setelah mengisi lagu untuk Ada Apa Dengan Cinta 2, kiprah Stephanie Poetri di dunia musik tidak begitu terdengar.

Lagu Appreciate
Stephanie Poetri kembali muncul dengan membawakan lagu yang ia ciptakan sendiri. Appreciate judulnya. Ada dua versi bahasa untuk lagu ini, Inggris dan Indonesia. Di kanal youtube, lagu Appreciate ini kurang diapresiasi, viewernya nggak terlalu banyak tapi untuk ukuran penyanyi baru, lumayanlah. 

Gara gara lagu ini, Stephanie Poetri akhirnya muncul di salah satu stasiun televisi dan berkolaborasi dengan anak diva lainnya yaitu Aurel Hermansyah dan Aaliyah. Kalau lihat di youtube, Stephanie Poetri masih terlihat malu malu dan nggak begitu ambisius untuk menjadi penyanyi populer apalagi ngikutin kiprah ibunya, menjadi seorang diva.

I Love You 3000
Usai Appreciate, Stephanie Poetri bikin lagu lagi. Judulnya I Love You 3000, pas pertama kali dengerin di hari kedua, viewersnya masih puluhan ribu. Awal denger dan baca liriknya lagu ini kedengaran lucu dan unik karena bawa bawa Iron Man. Video musiknya pun digarap sederhana tapi kelihatan keren.




Lagu I Love You 3000 sudah dilihat 62 juta kali.

Waktu beranjak, ya udahlah ya,. Saya nggak ngikutin lagi lagu I Love You 3000. Pas iseng lihat youtube dan keingat lagu Menik ini, saya buru buru buka. Dan kagetlah…. Baru seminggu lagunya udah ditonton sekitar 1,5 jutaan viewers. Wuih…
Dari sini, saya jadi mantaulah perkembangan lagu ini (seriusan benar benar memantau), sebulan dua bulan lagu I Love You 3000 ditonton hingga puluhan juta. 
Banyak faktor yang membuat lagu ini booming. Lirik yang ringan dan kocak karena bawa-bawa Iron Man. Lagu ini muncul setelah Film Avanger rilis beberapa bulan, judulnya saja diambil dari kata-kata yang diucapkan Iron Man ke anaknya. 


Baby, take my hand
I want you to be my husband
'Cause you're my Iron Man
And I love you 3000
Baby, take a chance
'Cause I want this to be something
Straight out of a Hollywood movie

Bergabung dengan Rising88
Waktu bergulir. Berkat lagu I Love You 3000, Stephanie Poetri ditarik rising88 buat masuk ke manajemennya. Luar biasa lho ini… Dan lagu I Love 3000 ini kembali dirilis dengan berkolaborasi bareng Jackson Wang, salah satu anggota GOT7. Lagu ini pun trending di kanal youtube wilayah Indonesia dan jadi hits di Cina.

Berkah I Love 3000 belum selesai, kontrak Stephanie Poetri dengan rising88 masihlah berlanjut. Stephanie pun diajak beberapa konser 88rising. Memang sih, genre musik Stephanie di rising88 sedikit berbeda dengan penyanyi yang bernaung di manajemen yang sama. Stephanie lebih ngepop dan easy listening gitu, agak berbeda dengan Niki atau Rich Brian.

Setelah bergabung dengan rising88, Stephanie belum mengeluarkan single (hanya duet bareng Jakson Wang untuk lagu I Love 3000 2). Pada bulan Februari kemarin, Stephanie Poetri merilis dua single sekaligus yang berjudul Touch dan Do You Love Me. Lagu Touch dirilis di channel youtube Rising88 sedangkan Do You Love Me dirilis di kanal youtube milik Stephanie sendiri.

Dua bulan lebih setelah dirilis, lagu Do You Love Me sudah ditonton 7 juta viewers, sedangkan lagu Touch sudah ditonton 2 juta orang.

Gaya Khas Stephanie Poetri
Yang menarik dari Stephanie Poetri adalah gayanya. Gaya apa adanya yang nggak dibuat-buat seperti penyanyi cewek kebanyakan. Stephanie tampil dengan pakaian seusianya, menggunakan make up juga sesuai umur. Nggak berlebihan. Stephanie juga tidak mati-matian untuk mengikuti stigma yang beredar kalau cantik itu harus kurus, dia terlihat enjoy dengan berat badannya sekarang.
Saat melihat video wawancara Stephanie di beberapa channel youtube luar negeri, sisi kanak-kanak khas remajanya terlihat sekali. Pengaruh sebagai anak bungsu cukup mendominasi karakternya. Ini yang menarik. Kadang juga, Stephanie bergaya kocak tanpa ada jaim-jaiman. Gaya khas ini membuat banyak pecinta musik jatuh hati. 

Straight To You
Awal Ramadhan kemarin, Stephanie Poetri mengeluarkan Straight To You, yang merupakan single kelimanya. Berikut sepenggal lirik bagian awal lagu ini…

Slept through my alarm looked at my phone i'm kinda late
Now my schedule's all messed up i didn't even start my day
But i had a dream that i flew up to the sky
And it was pretty great
I guess it's worth it
Pretty worth it

Caught my sleeve goin' out the door messed up my favorite sweater
My reflection caught my eye now it looks even better
Then i lost my keys and i
Had a reason to say hi
To my new cute new neighbour
I guess it's worth it
Really worth it

Cause it brought me straight to you
And it's like i always knew
That the littlest things i would never do
It would bring me straight to you
Straight to you
Straight to you



Daster pun ikut go international

Lagu yang ditulis Stephanie ini, musik videonya digarap sendiri dengan memanfaatkan teknologi greenscreen. Di video lagu Straight To You, kekoplakan Stephanie tercermin dengan menggunakan daster. Bayangkan lagu tentang jatuh cinta wadrobenya daster. 
Baru seminggu dirilis di youtube, lagu ini sudah ditonton lebih dari 1 juta orang. 

Jalan karir Stephanie Poetri masih panjang. Ide-idenya juga masih bisa diasah. Satu hal yang saya lihat di diri Stephanie Poetri, dia terlihat santai, nggak ambisius untuk mengejar karir menyanyinya apalagi dalam lingkup international.

Saat berada di vlog Aurel Hermansyah bersama Aaliyah anak dari Reza Artamevia, ada pertanyaan netijen, "Apakah mau menjadi seorang diva?" Aurel dan Aaliyah dengan semangat dan kompak menjawab mau. Tapi tidak dengan Stephanie Poetri, dia menolak, dia tidak ingin menjadi diva yang terkesan ribet. Stephanie ingin menjadi dirinya sendiri dan itu terbukti sekarang. Bahkan dibandingkan Aurel dan Aaliyah, karir menyanyi Stephanie lebih gemilang.
Lanjutkan, Stephanie Poetri!




14 komentar

  1. Lirik lagi yang ringan dan kocak itu banyak digemari ya karena orang paham. Stephanie Poetri ini memperkaya khazanah penyanyi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Liriknya yang ringan dan kocak bikin Stephanie Poetri ini jadi salah satu musiaik cewk yang unik dan.berbeda.

      Hapus
  2. Lama nggak berakrab ria dengan kabar Diva kita Titi DJ, pertama kali melihat Stephanie Poetri, aku nggak tahu lho kalau anaknya Mbak Diva. Seriusan. Kukira pula dia itu memang asli bule. Ternyata ya, bayi mungil cantik yang dulu sering masuk TV itu udah jadi anak remaja. Cantik banget dan suaranya merdu, jernih, bersih. Enak banget didengerinnya.

    Kalau melihat penyanyi yang santai seperti Stephanie ini malah asyik. Terlalu ambisius apalagi di masa muda, capek juga lihatnya, hihihi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau lihat penyanyi dengan gaya apa adanya, gak ngoyo ngoyo buat karir international jadi malah asik ngelihatnya. Terkesan lebih natural aja.

      Hapus
  3. Awal kemunculanna, aku dulu gak tahu kalau stephanie poetri ini anaknya Titi DJ. Salut, dia gak ngedompleng nama besar ibunya.

    BalasHapus
  4. aku sempat kepoin kehebohan lagu i love you 3000 ini...dan karena anakku remaja (pria) aku seneng saat dia komen: stephanie putri itu sopan untuk ukuran penyanyi perempuan, gayanya apa adanya dan enggak gila..
    Haha,
    Ternyata beneran....dia kelihatan enjoy dengan hidupnya dan itu tercermin juga dengan karyanya yang ringan dan enak didengar.

    BalasHapus
  5. Saya tau Menik ini sejak masih anak-anak, Mas Erfano. Dulu justru saya kira Salma dan Salwa yang bakal ngikutin jejak Ibunya. Ini kemampuan bernyanyi Menik mulai kelihatan pas ikutan lomba nyanyi di televisi khusus anak seleb.
    Nah, justru saya belum pernah dengar nih, lagunya I Love 3000, Mas. Saya malah taunya si Menik model iklan sebuah bank hehehe.

    BalasHapus
  6. Lagunya emang hits banget ya, suaranya lembut banget jadi pengen tidur pas denger pertama kali. Salut juga kalau dia ga ingin jadi diva tapi pingin jadi diri sendiri.

    BalasHapus
  7. Siapa sih yang nggak kenal sama penyanyi I Love You 3000, sejak kemunculan lagu Stefanie booming aja aku langsung search di google saking penasaran nya.

    Jujur baru tau juga kalau doi anak nya Diva papan atas tanah air "TITI DJ" yang udah jauh terkenal di Indonesia dengan lagu lagu nya.

    Lagu yang bikin hati syahdu,terutama tuk anak muda yang lagi jatuh cinta

    BalasHapus
  8. Suka banget dg karakter yg dimiliki Stephanie ini ya Mas Erfano. Dia tetap jd diri sendiri gak maksa mesti kurus² banget kaya anak sekarang. Dan Stephanie sendiri cantiknya udah dr sono gak perlu dimacem²in lg.

    BalasHapus
  9. Menarik banget. Saya nggak terlalu update di dunia musik. Tapi habis ini pengen kepoin sthepanie.

    Two thumbs buat dia yang mau sukses dengan menjadi dirinya sendiri. Karena kebanyakn ank artis suka ngekor kan ya mas. Hihi

    BalasHapus
  10. Go go go Stephanie Poetri hahahaha
    jujur kukira dulu ia penyanyi luar negeri lho Mas, soalnya lagunya bawa2 Iron Man
    Buseet langsung melejit ya dia, dan gayanya sesuai ma umurnya ga neko2 banget sederhana, aku juga suka.

    BalasHapus
  11. Anaknya cantik lagunya bagus liriknya..kyknya darah seni ibunya mengalir ya sama anak inim..sukses terus ya kedepannya...

    BalasHapus
  12. Stephanie ini yg waktu kecil suka dipanggil Menik itu ya sama Titi DJ. Hahahaha. Udah gede ajaaa dia sekarang, bahkan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah musik internasional.

    BalasHapus